Okt 282015
 

F-35, Akankah varian KF-X 102, 103 dan 203 block 3 mengalahkannya ?

Tergantung. Tergantung bagaimana US akan menekan pesawat kombatan Korea ini jatuh seperti ketika Jepang berusaha untuk merealisasikan pesawat kombatan mereka.

Dalam hal perbandingan antara KF-X dan F-35, Perbedaan harga yang berpaut jauh dan pesawat kombatan bukanlah melulu mengenai seberapa canggih teknologi yang tertanam di pesawatnya.

Karena dalam hal ini, adalah hal yang sulit untuk memperkirakan KF-X akan kalah dengan pesawat F-35. Seperti halnya F-35 dengan risetnya, begitu juga KF-X, tentu Korea sebagai negara pembuat juga melakukan riset yang sedemikian kompleks untuk menghasilkan sebuah pesawat dengan label “Korean Fighter Xperimen”

Coba bayangkan Contoh ini.

Harga sebuah handphone Samsung keluaran terbaru dan Iphone keluaran terbaru akan berpaut jauh hanya dikarenakan ‘daya jual nama negara pembuat’.
Padahal teknologi yang ada di dalamnya hampir sama walaupun ada perbedaan sedikit. Tapi ingat, setiap produk punya kelebihan dan kekurangan. Seperti Iphone yang tidak mampu berbagi konten dengan merek handphone lainnya, begitu juga Samsung yang kalah dalam hal kecepatan proses datanya sedikit lebih lambat dari pada Iphone.

Tentu semua tidak lupa bahwa harga produksi berbeda-beda di tiap negara. Artinya frame, engine perangkat teknologi yang dihasilkan di eropa akan berbeda jauh dengan yang dihasilkan oleh negara-negara berkembang seperti kebanyakan yang terdapat di Asia.
Gak percaya ?. Sekarang coba pikir, kenapa CASA Spanyol menyerahkan pembuatan badan pesawat CN ××× kepada PT. DI.

Jadi, masih adakah yang akan menyangsikan KF-X ?
Ataukah masih mau menunggu ketika mungkin 5 atau 6 tahun lagi saat KAI sudah siap dengan konsep KFX-203 5th Gen fighternya ?.

oleh : B Stepanus

 Posted by on Oktober 28, 2015