Jun 032014
 

tank-22

Tank Scorpion dan Stormer Kostrad dilibatkan dalam latihan gabungan (Latgab) TNI 2014 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Senin (2/6). Tank Scorpion ini dioperasikan oleh Batalion Kavaleri (Yonkav) 1 Cijantung dan Tonkav 8 Pasuruan.

tank23

tank-24

tank44

Pertempuran jarak dekat Kompi Mekanis 1 Yonif 203 di Latgab TNI
Sejumlah anggota pasukan Kompi Mekanis 1 Yonif Mekanis 203 AK melakukan aksi Pertempuran Jarak Dekat (PJD) dengan skenario merebut wilayah lawan saat Latgab TNI 2014 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Senin (2/6).

Dalam aksinya Kompi Mekanis menjebol pertahanan musuh dengan panser Anoa. Aksi Pertempuran Jarak Dekat (PJD) ini merupakan skenario pasukan dalam merebut wilayah pertahanan lawan.

Kompi Mekanis 1 Yonif 203 di Latgab 2014

Kompi Mekanis 1 Yonif 203 di Latgab 2014

yonmek-2

yonmek4

yonmek5

yonmek6

Aksi Marinir dengan Tank BMP3F saat Latgab TNI di Situbondo
Barisan Tank BMP3F milik Marinir TNI AL yang akan diturunkan saat Latgab TNI 2014 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Senin (2/6).

Tank buatan Rusia yang dilengkapi senjata kaliber 100 mm ini mampu melaju di darat 70 km/jam dan di air 12 knot/mil.

Tank Amfibi buatan Rusia ini juga diturunkan pada Latgab TNI bersama dengan Scorpion buatan Inggris milik Kostrad dan Anoa buatan Indonesia milik Yonif Mekanis 203 TNI AD.

marinir57

marinir55

marinir56

marinir58

Manuver helikopter Bell 412 di Latgab TNI
Sejumlah helikopter Bell 412 milik Puspenerbad TNI AD melakukan mobilisasi udara (mobud) di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir, Asembagus, Situbondo, Jatim, Senin (2/6). Helikopter tersebut merupakan salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dikerahkan TNI dalam Latgab.
heli1

heli3

heli4

heli2

(Merdeka.com)

  199 Responses to “Pertempuran Latgab 2014”

  1. Pertamak

  2. Mantap,lanjutkan…!!!

  3. Selamat ya bung

  4. mett..met …selamettt

  5. utk thn ini latgab nya masih bagus tank marinir.. BMP3F,,
    mungkin thn depan akan terasa berbeda dgn dtg nya leopard

  6. Mantap foto2 nya..

  7. izin nyimak

  8. Assalamualaikum semuanya..!!!! Izin nyimak sambil nunggu foto” sama kabar alutsista yg gahar” nih…knp blm nongol ya..?? Mungkin bung@nara, bung@satrio bawa oleh- oleh dari latgab nya ..ngarep banget nih biar warjager semangatnye berkobar lagi …semoga latgab nye sukses..!!! Amiiin..!!! NKRI HARGA MATI..!!!!

  9. fotonya bagus
    tp lebih bagus lagi kalau bisa lihat videonya

  10. TNI luar biasa…! Sayang SBY gak bisa nyaksikan, di akhir pemerintahannya. Bagaimanapun ini buah dr strateginya jg.
    Btw…mana slava, sovermenny, udaloy, tu-22, kilo, akula, su-34? Smg ada bocorannya

  11. kita jga nunggu penampakan itu bung…ngarep.com

  12. air kav nya keren … apalagi kalo 412 EP ditambah lg 300 ekor … bisa cover 3 palagan sekaligus … border kalimantan papua timor

  13. Mbak Bowok Muncullah….
    Datang tak diundang, pulang ga diantar naik keranda melayang…
    Muncullah….muncullah….
    Gedubrak!!!!

  14. MR Jokowi dlm visi misinya akan meningkatkan anggaran militer hingga 1,5 % dr PDB…..yg jd pertanyaan berapa kebituhan riil pertahanan RI?

    • 1,5% PDB tahun 2015 = sekitar Rp. 162 trilliun ……wowww….. kebutuhan rutin ( gaji, dll sekitar 70 T ) ….. ada spare yang cukup sekitar 92 Trilliun …????? wow …. cukup beli 3 swadron pesawat tempur ( sukhoi 34, sukhoi 35, rafale ) dengan senjata komplit + 6 ks armour dll, dll ……..

      • 1,5% itu ya bertahap nggak langsung tahun 2015 seperti itu. itupun kalau ditepati. jangan jangan Anggaran PDB 1,5% tapi MEF dihilangkan, Sama Aja. Heheheh. di jaman SBY pun juga sudah ada rencana ke sana. jadi nggak surprise..

      • saya pun tidak terlalu kaget dengan statement tersebut bung…untuk menuju MEF tahap 2 dan 3 memang dibutuhkan peningkatan anggaran pertahanan..untuk 1,5% itu masih normal, ga surprise2 banget lah..

    • dapet berapa bung jadi JURKAM!

      • He he he…sy bukan jurkam pihak manapun bung, sy cuma seorang anak bangsa yg coba mencermati semua calon pemimpin bangsa esok hari. Masalah anggaran pertahanan yg besar kt semua pasti senang tp apakah memang itu sdh di persiapkan dgn betul alokasi dan berapa kebutuhan riil? berapa yg kt butuhkan utk menata, bukan hanya berdasarkan pd peresentase PDB semata.

    • Iya bung dinaik kan jd 1,5%.. Tapiiiiii….. Jika ekonomi tumbuh sebsr 7%.. Klo ekonominya tmbuh hnya dikisaran 5-6% gmna.? Gk jd dong dinaik kan anggaran utk TNI. Sama aja bohong..

      Kita teriak2 nagih janji kampanye nya yg 1,5% itu pun percuma ( janji kampanye kok ya dipercaya ), krn dia bkal blg..kan sya blg kalau ekonomi tumbuh 7%, klo dibwh 7% sya ndak janji tho.? ( Ngeles Mode : ON ).

      Melihat statement itu hrs secara utuh, agar mksd yg disampaikan itu dimengerti dgn jls bung..

      • Yupp disitu point nya bung bahwa akan ditingkatkan anggarannya kt pada dasarnya setuju, tp apakah nantinya akan berjalan dgn sesuai yg di rencanakan kan kt jg belum tau. Kl berbicara anggaran pertahanan saat ini kt nomer 2 setelah singapore di asean, sing sekitar 2,6% dr PDB (USD 9,7 milyar) RI sekitar 0,8% dr PDB (USD 7 milyar). Kl ditingkatkan lg bs jd kt paling besar di kawasan tp apakah berarti itu kebutuhan riil nya sudah terpenuhi? Jgn sampai isu ini cuma utk menarik simpatik pemilih sj krn menurut sy isu ini sgt seksi bung…maaf pemikiran org awam, salam kenal bung deka

        • Ya..bnr bung..issue ini mmg sgt seksi utk di lempar, apa lg bumbu2 nya udh tersedia sblm nya, cntoh yg pling gress spt kasus tj.datuk.

          Setuju dgn yg anda sampaikan, anggaran pertahanan Negara mmg hrs ditingkatkan tnpa hrs menunggu ekonomi tmbuh 7%. Sya rasa ekonomi tmbuh stabil di 6% sj sdh ckup bgus.
          Toh menaik kan anggaran jg gk msti ujug2 1,5% jg kan, perlahan2 kan bisa, yg pnting ttp di imbangi dgn p’tumbuhan ekonomi.

          Salam kenal jg Bung@Rafly.. Jgn bosan utk sumbang saran, ide, pikiran & kritik dsni ya.
          Kita dsni smua belajar kok, bljar mnjadi warga negara yg cerdas & santun dlm berdiskusi πŸ™‚

        • Jgn pesimis lah bung. Persentasi pemilih untuk alutsista kecil. Simpatisan dari sini mah ga di anggap. Jgn menilai negatif org saja lah.

          • Tdk bung sy tdk pernah berpikir negatif ke siapapun….sy hanya mencermati dan mengkritisi kepihak manapun tambah mendukung jika anggaran di tingkatkan, asalkan isu ini tdk di buat komoditi sesaat…salam kenal bung MEF

    • Disini forum militer bung.. jangan bawa2 politik dimari..
      Salam Persatuan dan Kesatuan Bung..
      NKRI harga MATI

      • Sebaiknya tdk perlu apriori bung. Jika ada peningkatan anggaran militer tentu itulah yang sangat kita harapkan dan perlu didukung kebijakannya. Salam.

    • Kalau bener 1.5% dari GDP, maka kekuatan TNI mungkin bisa masuk 10 besar dalam waktu 10 thn mendatang.

  15. Semoga tahun depan juga diadakan latgab yg sama ato malah lebih besar lagi skalanya dri tahun ini saat Astros II, Apache, KRI Kelas Bung Tomo,MTB dan Alutsista yg lain kita sudah datang….Aminnn

  16. katanya sich mau dinaikkan kalau pertumbuhan ekonomi diatas 7%……

    • Iya.. Msh Kalau.. Kalau ekonomi tumbuh 7%..klo ekonomi tmbuh hnya 5-6% spt prediksi pengamat ekonomi, berarti anggaran TNI ndak jd dinaik kan 1,5% dong.

  17. Tak kirain “Heli tempur Gandiwa” yang beraksi gak tahunya bell 412, mohon pencerahannya sesepuh JKGR…..hehehe

  18. Bung jhon lee, jd untuk latihan gab tahun 2014 ini, keris, lontong dan cocor bebek dan alutsista made mbah ruskie disembunyikan, blm j6ga diespose toch.

    • @4d1en
      salam NKRI.
      maaf bukan kapasitas saya menjawab pertanyaan saudara. sebenarnya sesepuh warjag ini sudah memberi “clue” yang seimbang dengan kenyataan yang ada. Balkanisasi di Yugo, dan arab spring merupakan gambaran nyata ketidaksiapan mereka. kita pernah lengah ketika timor-timur,sipadan dan ligitan “hanya” karena kalah diplomasi, tapi kalo untuk persiapan tempur, saya percaya TNI sampai detik ini.

      • Betul bung sy setuju.
        Tidak semua alutsista harus di exspose kepada umum, dgn di ketahhuinya jenis alutsista dan jumlahnya, mk kekuatan nkri akan mudah diketahui.
        Jika alutsista kita ada yg disembunyikan mk musuh akan kesulitan untuk membaca kekuatan pertahanan RI, dan ketika ada niat untuk menyerang mrk akan berpikir dahulu

  19. kalo kagak salah,dulu pernah di singgung dikit.
    gandiwa baru prototipe,lagi nyari spek mesin yang Bagus.
    mesin yang ada sekarang ada yang di PT DI kurang mumpuni kalo kagak salah,makanya kita order pe Ache dari amruk biar ada komparasi. IMHO..

  20. Hehehe itu ada penampakan kambing dilokasi latihan

  21. Latgabnya masih hambar. Yang pedes pedesnya kok belum ada apa memang ndak ada. Stromer udah jadul banget tuh.

  22. Emang itu aja kali yg kita punya…ya sudahlah gpp, gimanapun harus tetap bersyukur.

    Ternyata layangan yg pedes gak nongol….lontong yg gahar kagak muncul…kalau emang belum punya..ayoo cepat beli..jangan rencana mulu.

  23. TNI mau nyobak misil apa ya bung @jalo, kok pak moel bilang susah cari tempat Latgab yg luas di nusantara ini

    • Kurang luas gmana maksudnya bung? Setahu saya negara ini termasuk yg paling luas di dunia… Pilihan lokasi saya kira jg termasuk paling banyak…

      (maaf cucu lancang)

      • @Bung Flanker, maksud Pak Moel “kurang tempat yang luas” itu di tujukan khusus buat latihan TNI AL..dimana selama ini tempat untuk latihan terdapat pemukiman penduduk. jika tempat latihan TNI AL aja susah, apalagi tempat latgab.. maaf kl salah komen.. πŸ™‚

    • Yg dimaksud luas oleh pak Moel itu wilayah Indonesia ditambah Australia, malaysia jg singapura hehehe…

  24. Trus maksudnya apa bung dg keris yg ada gambarkan; semua orang tahu koq ttg keris… Maksud anda kita punya puluhan pespur, belasan KS dan Kapur canggih tp diumpetin semua gitu? Gini ya bung, andai saya ini sedang menjaga rmh yg banyak hartanya; kalau saya punya AK47, mending saya nenteng AK47 drpd senapan angin, dg begitu maling akan berpikir puluhan kali dulu klo mau membuka pagar rmh saya.

    (maaf cucu lancang)

    • Kalo saya yang jadi malingnya, melihat anda menenteng AK47, saya akan menggunakan senjata SPR. Atau saya menyuruh perempuan cantik yang jualan di depan rumah anda untuk memberikan racun mematikan/melumpuhkan di makanan atau minuman yang biasa anda pesan. Atau cari cara lain yang lebih mudah. Toh kekuatan anda sudah saya ketahui.

    • @Flanker Bravo
      kalau yang anda tanyakan berapa “alat” tempur yang Indo miliki. Bukan kapasitas saya menjawab, yang unik adalah si adek kedua, yang notabene belum merdeka dan belum menjadi “negara” karena masih menyusu ke Elly, dan tetangga belakang si”persemakmuran”yang nete ke Asu, kenapa kok cuma usil dan nakal, kenapa kok ngga kita gebuk sebelum tahun2014, karena doktrin militer kita “belum”kesitu, coba sekarang sampai 2025, mereka yang nakal dan usil akan merasakan akibatnya.
      salam NKARI bung

    • Udah pernah mainin MANHUNT belon?

    • @bung fb : yang dipamerin cukup pisau dapur aj dulu…biar maling cuma bawa colt…setelah maling masuk baru brondong abis AK47nya… πŸ™‚ . Nah ini baru strategi ciamik!

  25. Nah..itu dia air cavalry idaman sy…kecil nonton platoon dan punya game watch helicopter fighter selalu terngiang ngiang musik kalo air cavalry datang yg dr musik klasik itu :mrgreen:

    Paling cakep kalo komposisinya ngegotong satu kompi bersenjata lengkap dgn rudal jinjing milan atau RBS (gak usah mukuk muluk dah javelin πŸ˜› ) buat jebol bunker atau tank dgn armada 6 heli angkut dan empat heli serang (boleh NBO boleh Mi 35) πŸ˜€ …. stationing deh di kalimantan di jamin geser patok atau terobos wilayah bablas angine :mrgreen:

    • Bedanye ame air assault ape ya om..kurang paham ane..
      Iye nih..ane paling demen klo dah liat konvoi copper barengan ame pengawalnye yg serem..bolcow juga gag pape dah.. :mrgreen:

      • Bung akung..setau sy air cavalry merujuk pada satuannya sedangkan air assault merujuk pada taktiknya…

        Air assault adl.serangan dgn menggunakan sarana yg bs take of dan landing vertikal (dlm hal ini adl.helikopter).air assault bs berupa droping pasukan,pengiriman tank ringan dan artileri ke titik operasi atau serangan langsung menggunakan gunship helicopter…

        Kita menyebutnya mobil udara (mobud)….

  26. Wahhh…. ini para “penganut paham” List A1″ pada tiarap semua kayaknya….. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    maaf cucu lancang (lagi)

    • Hahahahaha…palingan nanti ngeles nya gini..”itu kan rahasia, sengaja disembunyikan”…pret.

      “Coba maen2 ke utara biak bung, disitu ada distroyer rusia yg kemaren ditinggalin”..enak aja maen claim barang orang lain. Udah gw cek itu kapal masih aktif di armada utara rusia kok. Abis latian di natuna itu kapal sempet mampir ke pakistan kok. Teknologi semakin canggih bos, ini udah zamannya satelit..maenan segede gitu mau lo sembunyikan dimane?

      Terima apanya aja deh. Doakan semoga ekonomi kita semakin membaik dan tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan kekuatan TNI kita, amin.

      • “Udah gw cek itu kapal masih aktif di armada utara rusia kok.”

        wah kereeeen…..uda jalan2 ke armada utara rusia tooo bung CD?
        tolong foto selfie nya dong bung CD.
        klo gk punya foto selfie pean, gk papa deh… scan paspor pean aja abis dr sana πŸ˜€
        maklum gk pernah ke luar negeri…. eh pernah sih ke luar negeri… alias swasta πŸ˜€
        pisss n salam kenal bung πŸ˜€

      • @Bung Sempak : Maaf ya kemaren kalo nda salah..ada yg ngajak bung sempak ke utara..tapi bung sempak nda mau ikut.. apa bung sempak berangkat kesana sendiri..maaf kalo salah……… ( Ya kalo menurut saya…ya udah Sama2 puya cerita masing2.Saya yakin semua punya maksud dan tujuan…kita tidak usah merasa paling benar di antara yg lain………..) Kita sama sama,orang indonesia kan ???

        • Ngapain ke utara? Toh saya sering ke armatim kok πŸ™‚

          • kemaren pas di ajak ngeliat barang nya….anda jawab nda bung??? karna pas waktu itu saya nunggu jawaban dari anda blm ada jawaban nya…..gth bung!!!! ya sudah yakinilah apa yg anda yakini.jangan mengikuti apa yg org lain yakini….karena dosa itu πŸ™‚

          • Perasaan kemarin itu bukan saya yg diajak deh, tp bung kenyot. Waduh kalau saya ikut nanti ketemu bung nara, bung PS dan bung Daltob, jangan2 kami satu kantor, Kan ga lucu…hahahaha.

            Aggap saja bantahan saya selama ini hanya hiburan meramaikan warung bung Diego. Sampe gw di bilang dicap antek asing sama πŸ™

          • πŸ™‚

          • Aq juga tiap hari lewat armatim, wong kerjaku dijalan jakarta, wkwkwkwk

          • saya juga tiap hari di armabar…kan dagang rokok di kaki lima

          • @dacor : sempat kena banjir juga ga bung??gerobak siap sedia juga koq stanby di armabar kalo banjir…xixixixi

          • Kadang juga nyambi jualan air di pasar petekan, dijajakan didermaga pelra kalimas, peace buat semuanya.

        • ….”Saya yakin semua punya maksud dan tujuan…kita tidak usah merasa paling benar di antara yg lain………..) Kita sama sama,orang indonesia kan ???”

          Setuju bung. Saya juga sedikit paham maksud bung2 yg menebar list A1 itu apa. Intinya baik lah. Salam hormat saya kepada mereka

          • bravo sempak, anda sangat amat bijaksana..mari bersama2 kita pegang ucapan anda. xixix piss.

      • walaupun jamannya satelit, terus pelacakkan harus diumumkan gitu, bisa ketahuan tuh negara yang suka mentengin satelitnya dimari, kalau mereka menyebarluaskan informasi satelit mata-matanya. Paling juga mereka tahu untuk konsumsi intelejen mereka sendiri.

        Coba pake google map, terus sorot pangkalan militer kita, ada beberapa yang bisa dan banyak yang tdk bisa.

        • Lha itu hasil penampakan satelit pangkalan KS china diumumin kok sama US, termasuk reaktor nuklir Iran dan korut..dan masih banyak lg

          • ….”dan juga disengaja oleh amerika untuk membuat perlombaan senjata di asia. Jepang, india, korsel, dan negara2 asia tenggara pasti akan berpikir untuk menambah anggaran militernya setelah melihat kekuatan militer cina”..

            Setelah “melihat” perkembangan militer Indonesia…Kenapa australia, malaysia dan singapore tidak gila2an membeli senjata ke US seperti halnya sekutu US di asia timur? Jawabannya simple, karena list A1 yg digembar gemborkan itu masih rencana!

          • Nah itu memang tujuannya bung, kenapa rilis resmi pemerintah tidak menginformasikan semua senjata strategisnya ke publik, supaya tidak terjadi perlombaan senjata di kawasan

      • sy setuju dgn bung sempak..mari kita doakan agar ekonomi membaik,pemilu berjalan lancar jgn ada keributan,pilih pemimpin menurut anda yg terbaik. kalau ekonomi membaik,pemilu tdk rusuh,presiden terpilih orang yg kuat menghadapi tekanan barat,sy kira TNI akan lebih baik ke depan. untuk masalah list A1 jgn ditelan mentah-mentah, karena kalau kita selalu menganggap kita punya banyak alutsista rahasia kita jadi malas mengkritisi pemerintah dan anggota DPR RI untuk meningkatkan belanja pertahanan.

        waktu awal-awal ane gabung dgn JKGR sekitar 2011 atau 2012 bung DIEGO selaku admin tidak pernah tuh mengeluarkan list A1,palingan kalau ditanya mengenai KILO palingan dijawab “ehmm”,menurut saya itu jawaban paling diplomatis,tmn” dr kaskus yg nongkrong di JKGR tdk kisruh,tmn” drtopix jg aman-aman saja. nama JKGR di kaskus dl cukup disegani. ketika ada isu Indonesia mau membeli BUK-M, bung Diego tidak pernah nulis kita sudah punya 5 baterai BUK-M,bung diego hanya nulis apa sj spesifikasinya dan apa kelebihannya serta mengapa indonesia harus punya disertai harapan agar proses pengadaannya tidak mandek.

        • haha, betul tuh bung diego? tapi masak iya sih artikel yg ada di JKGR gak kena sensor yg punya lapak, kalu menurut yg punya lapak layak tayang berarti ada tiga kemungkinannya, pertama, bung diego seneng kontoversi kedua, yg penting jualan ane laku, ketiga, ,beritanya layak dipercaya.

          nb,pandangan orang bisa berubah tergantung sumber dan informasi yg didapatnya

          • makanya Bung Rules, tolong informasi yang di publish tidak ditelan mentah”.. di sini ada yang sediain menu dan ada yang mengunyah pelan”, nikmatin, rasakan dan telan.. tapi yg lebih parah adalah udah gak tau itu jenis masakan apa, gmn cara makannya langsung maen telan aja..udah itu keselek deh trs muntah”.. hehehhe… πŸ™‚ maaf cuma bercanda..

            tapi saya yakin, admin atau moderator di sini sudah mem-filter setiap informasi yang akan di publish..jadi tidak asal tayang aja..dan saya yakin ada diantara warjager di sini yang berasal dari kesatuan dan warga dalam.. hehehehe…

          • kadang2 lucu yah..
            yang sipil lagunya seperti orang pintar dan benar semuanya
            melebihi militer
            juga yang prajurit dibawah jendral militer..lagu dan kesannya seperti jendral.besar .dan merasa paling benar..
            juga yang wartawan kesan beritanya hebat..ehh ngak taunya copas sana sini ..!
            pada silang pendapat dan bikin emosi..
            nantinya…!!!!
            eehhhh satu gedung semua cuma beda lantai…..ha ha ha ha
            kumpulnya pada di kantin ….xixixi

            canda.com.

          • suka.. silahkan simak..

            tidak suka, pintu keluarnya sebelah sana…

            gampang khan…

            (niru si nick bonex) di sebelah

            http://jakartagreater.com/latihan-operasi-tempur-laut-gabungan-2014/#comment-103592

            coment no 28

            xixixi…lucu .com

    • Maaf Bung Flanker..itu uneg2 ane sama yg ngaku2 kapal orang kemaren udah ada di biak..hehehe

      • Hehehe….betul3x…. Klo dulu sempat ada paham hibahiyah; sekarang ada lg kayaknya List A-satuhiyah πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

        Gini ya, andai saya ini sedang menjaga rmh yg banyak hartanya; kalau saya punya AK47, mending saya nenteng AK47 drpd senapan angin, dg begitu maling dan penjahat akan berpikir puluhan kali dulu klo mau membuka pagar rmh saya (nyenggol pagar dan nginjak halaman aja maling/penjahat ga berani).

        Salam hangat bung,

        ==== Jgn pernah ada yg mengatakan saya tdk nasionalis; NKRI harga mati ====

        maaf cucu lancang (lagi)

        • Analogi yang bagus bung…

          Iran aja pamer maenannya meskipun kebanyakan cuma mockup..mereka gitu biar mereka ga dijajah! Begitu juga dengan Korut

          Salam hangat juga bung

          • @sempak
            salam kenal bung
            mohon pencerahannya
            Apa harus kita seperti Iran dan Korut?
            Dalam keadaan apa Iran dan Korut memamerkan senjata?
            Dan alasan APA dan KENAPA, INDO harus memamerkan senjata?

        • kalau analogi gini mah, paling sudah pasti menyiapkan antidot sebelumnya untuk mengalahkan AK47, jadi gak ada surprise lagi. Lagipula gak hubungannya dengan strategi militer dengan maling jemuran.

          • Bung Ihsan..bisa anda jelaskan knp rusia kemaren melakukan parade militernya di tengah memanasnya hubungan dengan US dan NATo?

          • Parade tersebut dilakukan karena rusia sudah merasa terancam oleh negara-negara NATO dan US. Keadaan Indonesia saat ini tidak ancaman sama sekali cuma masalah perbatasan dengan negara kecil upil ipin saja. Kalau tidak ada alasan kenapa harus mengeluarkan banyak tenaga utk memperlihatkan alutsista strategis kita.

            Dan saya yakin tidak semua alutsista strategis rusia dipertontankan dalam parade tsb spt kaselnya yg merupakan kekuatan utama militer rusia.

          • Jawaban yg cerdas

          • itu belon pada lunas ngkali,makanya diumpetin takut pada lecet
            πŸ˜€
            , bung flangker ngapain sewot2 jelasin apa yg jadi kepercayaan anda, disini semua udah dewasa dan pasti punya alasan sendiri kenapa mereka percaya atau tidak percaya.. apakah kalo semua para warjager percaya tu mainan ada ,semuanya bakal muncul atau sebaliknya kalo nggak percaya itu mainan bakal pada lenyap.

          • bung fb mulai darah tinggi nih yee.sabar aja bung.slow down. πŸ™‚

        • salam kenal bung
          Sebutkan “satu” saja alasan yang SANGAT CERDAS kenapa Indo harus memamerkan senjata yang dimiliki?

        • Analogi yg jelek, situ pamer2 bawa ak 47, malingnya bawa rpg 3 buat ngunyah lu jd bubuk

          Not smart at all

    • Bung cucu kemana yah??

    • Maksud nya gmn sih? Emang Pre Emptive Strike itu yang di pake cuma telor sama “Sempak” doang?

      Maaf cucu ngangkang..

  27. Sadah waktunya borong PAK FA dan stealth UAV nih buat ancurin SAM SONORA

  28. @bung FB
    Moeldoko Mengeluh TNI Kesulitan Daerah Latihan
    Rabu, 04 Juni 2014 , 05:19:00LAUT JAWA
    -Latihan gabungan (Latgab) TNI kemarin (3/6) menjadi kesempatan TNI-AL unjukgigi. Unsur armada memamerkan kehandalan kapal perang dalam berbagai formasi. Mulai pengawalan kapal protokol sejak bertolak dari dermaga Ujung, Mako Armatim, kemudian melewati medan ranjau, pertempuran laut melawan kapal selam dan kapal atas air, hingga menenggelamkan eks KRI Karang Banteng yang disimulasikan sebagai kapal musuh.Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro yang menyaksikan langsung dari KRI Makassar menyatakan dukungan penuh dalam Latgab 2014 yang menyedot anggaran Rp 40 miliar.”Pemerintah mendukung penuh sejak Renstra (rencana strategis) pertama berupa pengadaan alutsista terbaru,” ujar Purnomo didampingi Panglima TNI Jendral TNI Moeldoko ketika iring-iringan KRI melintas di Laut Jawa utara Kabupaten Sampang, Pulau Madura.Latihan perang laut digambarkan berlangsung sengit ketika beberapa KRI mendeteksi keberadaan kapal dan pesawat perang asing yang diidentifikasi negara bernama musang. Sebanyak 23 KRI berbagai tipe dan formasi tempur menembakkan berbagai senjata. Antara lain rudal antikapal permukaan, roket antiserangan udara, meriam penangkis serangan udara, dan bom laut. Tidak ketinggalan roket multilaras antikapal selam dan meriam artileri.Moeldoko mengakui, lokasi latgab TNI tahun ini hampir sama seperti latgab tahun lalu. Kondisi itu akibat sulitnya TNI menentukan tempat yang aman dalam meluncurkan rudal jarak jauh. Saatempat KRI meluncurkan rudal exocet MM-40 dan rudal C-802 kesasaran tembak KRI Karang Banteng, dilakukan dari jarak sekitar 100 kilometer.”Kami miskin daerah latihan. Semakin banyak daerah latihan dihuni masyarakat,” keluh perwira tinggi bintang empat itu.Direktur Latgab Letjen TNI Lodewijk F. Paulus menegaskan bahwa perang laut yang diperankan TNI-AL terintegrasi dengan kekuatan dari TNI-AU. Beberapa pesawat tempur seperti Sukhoi, F-16, dan T-50i menggelegar di atas Laut Jawa bersliweran di atas iring-iringan KRI.Manuver pesawat tempur melindungi formasi laut dari serangan udara dan kapal perang musuh. “Latgab tri matra bagian dari kampanye militer mempertahankan kedaulatan,” ujarnya.Turut hadir anggota DPR Komisi I yang membidangi Pertahanan Keamanan. Di antaranya RamadanPohan dan Susaningtyas Nefo H. Kertopati. “Kami dukung latgab TNI ini untuk mencapai minimum esential force,” terang Ramadan.Susaningtyas menyatakan hal senada bahwa anggaran pertahanan untuk peremajaan danpengadaan alutsista baru agar ditingkatkan. “Kami selalu rapatkan untuk memenuhi kebutuhan hankam,” tuturnya.KSAL Marsetio sebagai tuan rumah kekuatan unsur laut melengkapi penjelasan Moeldoko dan Lodewijk. Dijadwalkan latgab pada hari ini kombinasi kekuatan laut berupa pendaratan pasukan amfibi Marinir TNI-AL dilanjutkan penyerangan pasukan TNI-AD dariPantai Banongan, Asembagus, Situbondo sampai Karangtekok, Baluran, Situbondo.(sep)

    • tersirat.. karena striking force kita sudah canggih…
      cakupan latihan harus di perluas..
      karena rudal kita sekarang jaraknya sudah 3 digit..
      yg sekarang sudah tidak memadari untuk latihan..

    • ya susah lah bung..apalagi di asembagus aja masih dipakai untuk angon wedus oleh masyarakat sekitar πŸ™‚

  29. pekak kali kao…
    liat vietnam, kurang canggih bin jaguh apa alat perang si asu…
    bisa di pukul mundur dari vietnam…
    mengandalkan SAM short-medium range lagi..
    kau pikir bisa mengalahkan TNI.. dream on..

    see men behind the gun..
    askar kao pengsan sewaktu latian bersama..
    liat tu..
    macam gila aja kau malingsial..

    pesawat kao rental, rudal kao rental, ga papa lah nanti kl kao orang punya duit kurang kita take over..
    sekalian kalimantan utara..

  30. wkwkwkwkw πŸ˜€ πŸ˜€
    bisa mengoperasikannya gak?
    pasti bawa buku panduannya tiap hari πŸ˜€ πŸ˜€
    kayak kasus eject..eject hanggar πŸ˜€ πŸ˜€

  31. Maksud ane LATGAB…

  32. Yah…kalau kena bom tuh kambing bisa jadi kambing guling. He…he…he.

  33. Akan lebih mengerikan bila kena Clurit bung.. Entah kenapa ngeri aja ngeliat clurit, dan bagi saya clurit yg paling mematikan dan paling banyak memakan korban..
    Hehehe
    Hanya intermezzo
    Salam hangat dari kalimantan bung
    #NKRIHIDUPDANMATI

    • @Aitarak
      salam NKRI bung.
      Di nusantara ini banyak sekali senjata tradisional. falsafah senjata “CLURIT” merupakan bagian dari keragaman senjata asli dari budaya nusantara, selain sebagai simbol, juga merupakan alat yang multi fungsi. Dari banyaknya keragaman falsafah senjata, adalah modal yang bisa gunakan sebagai strategi militer. Kapan harus mempertontonkan, kapan harus di standby kan dan kapan “HARUS” di gunakan. Dan nama senjata senjata tradisional sudah di aplikasikan pada alat tempur kita. secara tersirat, falsafah yang terkandung didalamnya sudah di serap oleh militer INDONESIA TERCINTA. Semoga semua bisa bermaanfaat buat kenyamanan kita menuju kemakmuran bangsa kita.
      salam hangat dari saya untuk anda.

  34. Setuju bung
    Tidak mungkin tni mempuntai dotrin preemptive strike, jika tidak didukung dgn alutsista yg memadai dgn foktrin tersebut

  35. Like dengan komentarnya bung Anak Deli!

  36. Mantaf bung,
    Lanjut diskusinya bung2 semua, saya cuma tukang sapu

    Maaf Tukang sapu Telentang

  37. loh, mengutip bung wermak, pertahanan terbaik adalah menyerang…betul gak bung wer?

    • @bung rules : bukan mengutip siapapun…ane hanya sedang mencoba untuk “mengunyah”….Klo TNI sudah menerapkan strategi preemtive berarti secara logika defence system kita sudah kuat. Terlepas publik mau bilang hoax atau apapun itu : mau layangan kowang2, kura2 ninja sakti atau lontong pedesnya koq gak ada yang nongol? dll karena memang bukan konsumsi publik…. TNI jalan terus…. πŸ™‚ Salam

      • super sekali Bung Raymond hehhee mana ada sebuah restaurant membeberkan resep dapur andalannya ke public di saat ada restaurant lain yang menyaingi dan sirik kepadanya hehe NKRI JAYA Bung,salam dari Jakarta!

      • Benar juga bung Raymond, secara logika kalau dah pakai peemptive strike berarti tni sudah memiliki segala piranti yg diperlukan.

        Kalo masalah deterrence effect, banyak hal luput dari dokumentasi media saat ‘latihan Latgab’ maupun saat Latgab. Tapi radar jindalee ostrali yg mampu intip sebagian besar wilayah nkri pasti ikutan lihat Latgab :mrgreen:

  38. dulu RI telah berhasil dengan saat baik dalam menangani gerakan separatis dan terorisme. Dan saat ini kita juga harus siap dengan ancaman dari eksternal. Latgab2014 dimata saya puncak dari sekumpulan pelatihan yang kompleks untuk menunjukkan bahwa kita sudah siap dan profesional untuk itu. Bravo.

    • Bravo bung, setuju dengan pendapat anda. Semoga TNI bisa menjadi prajurit yang profesionalisme, sebagai prajurit yg mengemban tugas negara bukan tugas golongan tertentu saja. Saya juga berharap TNI bisa menambah perlengkapan alutsista untuk menunjang keprofesionalismean-nya.

      By the way, rencana kogabwil nya kok sampai sekarang belum jadi padahal inikan sudah bulan juni. Hebat juga kalau TNI bisa mempunyai 3 kogabwil yg setiap kogabwil setara dgn 1 negara sekelas aussie.

  39. 1julah

  40. bung jalo ko ane kaya liat heli serbu apache ea di latgab 2014

  41. Kalo gitu, kenapa TNI memberi judul latgabnya kali ini : Pre-emptive strike? Apa bung Djiancok anggap judul itu abal-abal, dng kata lain tidak mempercayai kekuatan TNI yg akan bisa melakukan pre-emptive strike? Maaf tukang rombeng gembong nanya.

  42. Saya jadi curiga dg pernyataan bahwa radar kita masih bolong-bolong , sistem pertahanan kita masih amburadul dan lemah tanpa keberadaan SAM yang mumpuni,apalagi dg keberadaan KS yg cuma dua buah , lalu kenapa kita pakai preemptive strike….? pola pikir yang harus dibolak-balik agar tidak terkena penyakit Hoak-Haek……

    • betul bung.btw penganut realistisiyah pd tiarap kemana nih.ini realistis lho. πŸ™‚

      • yang aliran realistiyah itu lebih pintar dari panglima TNI lho bung@HQ.sampe2,nama tema dalam latgab juga diperdebatkan,karena alutsista yang kurang mendukung.artinya mereka itu sudah sangat mengetahui dengan pasti jumlah personil ke 3 matra,alutsistanya:jumlah SAM,jumlah kapur,jumlah kasel,jumlah pespur,jumlah radar,jumlah MBT,dll,itu sudah diluar kepala.mungkin sampe hafal nama prajuritnya,alamat rumah,nick name,no.rek.tabungan,no kartu atm&no pin atmnya.(opini wong ndeso yang lemot pengetahuan militer)

    • IMHO buat Kamuflase bung, sengaja disebarkan info yg bisa menyesatkan musuh, agar tidak mengetahui kekuatan militer RI yg sebenarnya sehingga persenjataan yg dimiliki indonesia bisa menjadi alat pemukul yg efektif disaat preemptive strike dikarenakan musuh tdk memiliki gambaran atas alutsista yg digunakan oleh indonesia

  43. Nice!

  44. sudah jelasTNI yang bilang latgab 2014 untuk ” Pre-emptive strike..”
    justru jika TNI bilang latgab 2014 untuk pemanasan ikut perang di LCS baru kita boleh komplain
    jika bagi yang tidak percaya..TNI dengan k ” Pre-emptive strike..” coba deh komplain nya ke TNI.atau MABES…atau tawarkan diri jadi sasaran tembak latihan….di warjag kita gunakan untuk diskusi dengan kata kata yang sopan,dan saling menghargain tanpa dengan otot atau ngotot..

    gitu aja ko repot

    • Biasalah bung, klo aliran realistisiyah lebih paham daripada TNI sendiri

    • PRE-Emptive strike. Yang ngomong Panglima TNI. Mosok panglima nya asal ngomong nggak tahu kekuatan sebenarnya….? Ya pastilah kita punya “SESUATU YANG MUMPUNI” untuk bisa bikin latgab dengan tema tersebut. Terlebih BPK Kita SBY sudah berani “WARNING” ke M-Alay/Aussie supaya jangan macam2 dengan NKRI.

  45. Indonesia hebat…tni kuat..dgn pre emptive strike-nya…salam nkri.
    Dari orang pedalaman kalsel

  46. flysheet campinghttp://www.grandtrunkimports.com/wp-includes/SimplePie/script/w66hs2v5/ flysheet camping

  47. zorbing injurieshttp://www.grandtrunkimports.com/wp-includes/SimplePie/script/w1une/ zorbing injuries

 Leave a Reply