Mar 222017
 

A Syrian pilot prepares for a flight at the Syrian Air Force base in Homs province. (© Sputnik/ Iliya Pitalev)

Beirut – Seorang pemantau perang melaporkan pertempuran sengit berlangsung di Damaskus pada 20/3/2017 saat pasukan pemerintah Suriah melakukan serangan balik terhadap pemberontak yang memasuki wilayah Timur Laut ibukota Suriah itu pada 19/3/2017.

Seorang nara sumber dari pihak militer Suriah juga mengatakan pada Senin 20/3/2017 tentara telah merebut kembali semua lokasi yang sempat direbut pemberontak pada satu hari sebelumnya.

Sementara itu salah seorang saksi mengatakan bahwa pesawat tempur lalu lalang di atas Kota Damaskus pada pagi hari dan beberapa ruas jalan di daerah yang dikuasai pemerintah di dekat lokasi pertempuran pun sudah ditutup.

Pengamat Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah lembaga berbasis di London yang mengumpulkan informasi dari jaringan sumber di Suriah mengatakan pertempuran sengit terus berlanjut di sekitar distrik Jobar dan al-Qaboun di Timur Laut kota Damaskus.

Pemberontak telah menyerang di Jobar untuk mengurangi tekanan militer setelah mereka kehilangan wilayah kekuasaannya di dekat Qaboun dan Barza, seorang komandan dari kelompok Failaq al-Rahman yang berperang di sana mengatakan pada Minggu.

Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pasukannya, bersama dengan Rusia yang menjadi sekutunya, serta milisi Syiah Iran, telah mendesak pasukan pemberontak untuk mundur melalui kemenangan militer selama 18 bulan terakhir, termasuk di sekitar Damaskus.

Pemberontak masih terus menguasai wilayah kantong besar yang padat penduduk di kawasan peternakan Timur Ghouta dan kota-kota di sebelah Timur ibu kota serta beberapa distrik di Selatan, Timur dan Timur Laut kota Damaskus.

Pertempuran terbaru difokuskan pada daerah di sekitar Qaboun dan Barza, di mana pasukan pemerintah telah mengisolasinya dari sisa-sisa wilayah kantong utama di Timur Ghouta dan distrik di Timur Damaskus yang dikuasai pemberontak.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  16 Responses to “Pertempuran Militer Suriah – Pemberontak Bergemuruh di Damaskus”

  1. perang paling kompleks sepanjang perjalanan sejarah

    muser2

    masing2 pihak dan golongan punya kepentingan sendiri2

    • Suriah hanya menjadi “Ladang” untuk pertandingan bola beberapa klup besar

      Tak cukup disitu, “Ladang” tersebut juga akan dijadikan “Tambang Air” oleh salah satu klub.

      • faktor SDA mungkin jadi alasan utama namun faktor lain juga diperhatikan seperti satu2nya markas militer dan aliansi negara antagonis menurut media kebanyakan serta
        kesengajaan diperlemah dgn perang berlarut dg tujuan menggulingkan pemerintahannya sampai ”compromised” dgn tetangganya.

        buktinya negara tetangga tersebut mulai berulah ketika kekuatan pemberontak makin melemah

        faktor agama cuma jadi pengalihan isu

  2. Kasihan rakyat nya

  3. damai itu indah

  4. Bagi kita DAMAI itu INDAH,..tpi bagi ASU damai itu bencana.soalnya dagangan senjatanya gk laku..

    • sigh
      yg jual senjata gak cuma asu saja bung

    • Memangnya Rusia tdk jualan senjata? Liat tuh dampak konflik LCS, Dagangan Rusia laris manis diborong Vietnam.

      Lihat tuh Dampak konflik paki-indi, Dagangan Rusia laris besar diborong oleh india

      Lihat tuh dampak konflik timur tengah, jualan Rusia laris manis diborong Iran n Suriah

  5. Iya ya..soalnya konflik di suriah banyak pedagang senjata yg ikut terlibat.

  6. masa depan suriah ada ditangan rakyatnya sendiri. Masalahnya itu yg mengungsi pada mau balik ga klo perang udah selasai siapapun pemenangnya?

  7. apapun alasannya yang namanya pemberontak wajib di tumpas.

  8. makanya kalau ingin damai harus siap perang… pastinya negara tetangga mikir – mikir kalau mau nyerang duluan…

    kalau Indonesia kuat ( alustsista gahar + TNI + rakyat bersatu ) siapa berani lawan.

    FPDA / asing / aseng semua minggir……

  9. Masing2 pihak merasa paling benar, yg ada jd proxy negara2 yg berkepentingan nasib dan nyawa penduduk menjadi tidak berharga! Semua karena propaganda media masing2 pihak. Siapa yg paling diuntungkan klu Suriyah hancur tentu wahyudi jd pemenang dan cita2 Isreal raya bs terwujud di timur tengah!

  10. Perang segitiga Rezim VS Pemberontak VS ngISIS

  11. Sales senjata untung besarrrr jualan dagangan…tukang sulut adu domba pesta pora di atas warga tak berdosa….sebelum Saddam jatuh dari kekuasaan…Irak dan Syria hidup damai….sekarang negara mereka porak-poranda dan saling bunuh sesama bangsa sendiri akibat fitnah dan adu domba….Kita bisa mengaca dari mereka, jangan sampai NKRI di pecah2 seperti itu….hidup tepo seliro dan gotong royong patut kita jaga….jangan sampai ada dusta di antara kita…..sakitnya tuhh di sini….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)