Jan 202015
 
 Tentara pemerintah Yaman dan pemberontak Syiah Houthi terlibat pertempuran sengit di dekat Istana Presiden Yaman. Konflik ini berakhir dengan gencatan senjata. (Reuters/Khaled Abdullah)

Tentara pemerintah Yaman dan pemberontak Syiah Houthi terlibat pertempuran sengit di dekat Istana Presiden Yaman. Konflik ini berakhir dengan gencatan senjata. (Reuters/Khaled Abdullah)

Sanaa – Pertempuran sengit terjadi antara tentara pemerintah dan pemberontak Yaman di dekat istana presiden di Sanaa pada Senin (19/1/2015). Beberapa orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka dalam insiden yang berakhir dengan gencatan senjata ini.

Diberitakan Reuters, ledakan bisa terdengar di seluruh kota dan asap kelam terlihat di beberapa bangunan saat pertempuran terbesar sejak kelompok Syiah Houthi menguasai ibukota September lalu.

Menurut Menteri Penerangan Yaman, Nadia al-Saqqaf, Houthi telah menguasai kantor berita dan stasiun televisi. Tim medis mengatakan lima orang tewas dan lebih dari 20 orang terluka, jumlah pasti diduga lebih banyak lagi.

Saqqaf mengatakan bahwa istana presiden diserang dan itu adalah bukti bahwa Houthi tengah melakukan kudeta. “Jika ada yang menyerang istana presiden dengan agresif, tentu saja itu adalah percobaan kudeta,” kata Saqqaf.

Istana presiden saat ini dijaga oleh pasukan khusus pelindung presiden. Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi kebetulan tidak berada di istana dan tengah ada di rumahnya di bagian lain Sanaa.

CNN memberitakan bahwa pertempuran itu berakhir setelah kedua pihak sepakat melakukan gencatan senjata.

Sebelumnya pada Sabtu lalu, Houthi diduga berada di balik penculikan kepala staf kepresidenan Ahmed bin Mubarak. Saqqaf mengatakan, serangan kali ini diduga terjadi saat pemerintah coba menerapkan rencana keamanan untuk mencegah penculikan pejabat tinggi terjadi lagi.

September tahun lalu, kelompok bersenjata Houthi menguasai ibukota, menuntut reformasi pemerintahan yang melibatkan kelompoknya. Setelah permintaan itu dituruti, tidak semua Houthi yang meninggalkan ibukota, beberapa masih berkeliaran di Sanaa.

Didukung oleh Iran, kelompok Syiah ini mengatakan akan membuat Yaman mencekam jika permintaan mereka tidak dipenuhi. Salah satu tuntutan mereka adalah hak-hak yang lebih besar untuk sekte Syiah Zaidiyah dan berdalih cara ini untuk mencegah korupsi sebagian golongan. (CNN Indonesia).

Bagikan Artikel :

  37 Responses to “Pertempuran Sengit di Istana Yaman”

  1. mari sama” berdoa agar kedamaian slalu ada di Indonesia

  2. semoga…amiiiiin.

  3. Asu cs bakalan usil lagi utk msk ke yaman, konspirasi teror charlie hebdo salah satu
    Kebohongan mereka.

  4. Ujung Ujung nya dalang besar Propaganda , Terorist , HAM , Standar Ganda dunia adalah ASU

    • cukongnya s4ud bung, alutsista no wahid slalu dibeli, pahamnya wa-abi biasa jg disebut salafi buat kamuflase (pernah sodara cerita, ada tetangganya wa-abi/salafi sakaratul maut, di ajarin talqin tahlil nyebut ga bisa2, yg disebut malah bid’ah..bid’ah..bid’ah.. sampe hembus nafas terakhir, nauzubillah..

      • Jadi kalau wa-abi/salafi lagi sakaratul maut yang mereka baca apa dong? Maaf OOT agak bigung juga sama mereka -__-

        • tdk tau sayah, he..
          seandainya muslim masuk islam secara kaffah, dlm artian belajarnya secara keseluruhan, yakni ilmu syariat, tareqat, hakikat, dan ma’rifat, maka tak ada lg kekerasan, tapi yg nyambung ke rosul ya tareqatnya, slamat mencari, ha..ha..

          • bung Deni, yayaya udah cari2 tau…ngerti kenapa tetangganya ngigo2 bi’dah bi’dah…huff bkin geleng2 aja deh tu ajaran / paham partai sapi

  5. Tanda tanda akhir zaman salah satunya adalah ketika negri yaman sudah membara

  6. Siapa lg dalang dr kekacauan ini kalo bukan ASu dan israel ,

  7. KETIKA KANTOR CHERLI HEBDO PRANCIS D SERANG,,ORANG PRANCIS MENGIBA IBA,MELOLONG MINTA TOLONG,MINTA BANTUAN DUKUNGAN NEGARA EROPA DAN DUNIA,,,,BARU SEGITU AJ DAH CENGENG…
    MEREKA MAU MENCUBIT TAPI TAK MAU D CUBIT.LIAT ULAH SEKUTU D NEGARA TIMUR TENGAH DAN AFRIKA.SENGSARA SEUMUR UMUR

  8. Kalo logika ini dipakai maka ISIS hanya gerombolan yg dibiayai Saudi sama negara Teluk plus dukungan Amrik /Israel utk memberikan nafas/waktu kpd Saudi utk memperbaiki pertahanan thd kemungkinan invasi dimasa depan..

    • logika sdr PN sgt menyedihkan…apakah kita hrs membenci Vatikan yg dulu juga memerintahkan ribuan ‘jihadis'(salibis) ..menuju Yerusalem dgn iming2 pembebasan dosa..yg kita tahu hanyalah kepentingan politik Vatikan utk mempersatukan negara Eropa agar tdk saling bertikai sesamanya..menjaga keutuhan Tahta Romawi Suci…he7x…analisa politik berbungkus agama..berbeda dgn ritual agama tersebut sendiri..saya sendiri malah melihat ISIS itu sendiri adalah kelompok orang anti kemapanan barat yg gagal dgn baju sosialis/komunis…shg berganti baju dgn pakaian Islam…he7x..

  9. Vantura @ Belajar dulu biar komentmu bermutu.. Ojo asal njeplak

  10. yaman selama beberapa bulan terkhir menjadi ajang pertempuran sengit antara Ansarallah & kelompok teroris al-qaeda.
    mereka memiliki bukti & dokumen yg menunjukkan jaringan teroris al-qaeda di yaman memiliki hubungan dekat dgn negara” barat & arab.
    mereka berhasil mengusir teroris dari berbagai kota penting, khususnya dari
    Sanaa.
    khaled bahah, PM yaman setelah menjabat pd Oktober lalu menandaskan, kabinet baru memperioritaskan perang melawan terorisme dlm agenda kerjanya serta siap untuk mendukung gerakan Ansarallah.
    namun selama perang anti terorisme berlangsung, militer yaman hanya menjadi penonton & tdk melakukan langkah apapun.
    pasif,a militer dlm menghadapi al-qaeda ditujukan untuk menarik simpati riyadh, tak diragukan lg bahwa ada tangan” yg berusaha merusak kesepakatan damai yg dijalin pd september 2014 antara pemerintah & Ansarallah.

  11. Kalian semua belum tentu tahu permasalahan sebenarnya, jadi jangan berspekulasi atau percaya terhadap berita yang belum tentu benar!!

  12. yup,sama2 musuh islam..mereka terlihat bertikai di depan tapi bergandengan dibelakang.

  13. D Timur tengah mudah meletus konflik karna isu2 sara

  14. Agama cuma kedok aja.
    S4ud terancam israel asu jg terancam.
    politik, minyak dan senjata
    adalah sesuatu yg tdk bs dipisahkan dr timteng.

  15. timur tengah sungguh membingunkan?

  16. oooo

  17. Damai….

  18. aku ora melu-melu yooooo….. mikir ake SU 35 wae wis mumet…..

  19. Makanya imam mahdi yg d ceritakan sebagai pnyelamat pada akhir zaman bukan berasal dari timteng ato negara2 arab,,berasal dri timur..tp g’ dsebutkan rinciannya negara mna yg dari timur..cma dblang dri timur…krna negara timur tersebut mengamalkan ajaran islam sesuai tuntunan Rosul,,yg mna mengutamakan kedamaian dripda kekerasan…

  20. terus perang hisbuloh vs israel apakah itu bohong?
    kalo bohong, ngapain tni berjaga disana?
    berita terbaru, jendral iran tewas di bom israel, apakah itu bohong juga?

    • “sandiwara berbiaya tinggi” termasuk nyawa serdadu israel?
      ditambah merkava yg rontok?
      kalo boleh tahu nanya nya kemana?
      terus kenapa tni gak ditarik aja, kalo tetap disitu jadi pemain sandiwara juga kan?

  21. Sekarang ini yaman…

  22. dihapus

  23. dinegara2 Yaman, Qatar, cs, sudah sering terjadi demo menuntut perubahan rezim. Slma rezim di negara2 ini tunduk pada barat, selama itu kekuasaan meraka akan senantias di jg utk langgeng. Uniknya, kisah demo di negara2 ini jarang terekpose media mainstream.

    Situasi disana kompleks, bermain spekulasi tnp penelitan lebh real n detail terasa sulit utk memetakan apa yg sbnarnya terjadi di medan laga..

 Leave a Reply