Nov 142018
 

ilustrasi: F-16 Israel. (Tomás Del Coro via commons.wikimedia.org)

Gaza/Jerusalem – Israel melancarkan serangan udara lagi atas Jalur Gaza pada Selasa, 13/11/2018, sementara Palestina membalas dengan menembakkan roket ke wilayah Israel.

Pertempuran paling sengit sejak 2014 itu -yang telah membunuh enam orang Palestina, lima di antaranya petempur, dan seorang pria Palestina di Israel sejak Senin- mengancam menggagalkan usaha Perserikatan Bangsa-Bangsa, Mesir dan Qatar untuk menengahi gencatan senjata jangka panjang di wilayah kantung berpenduduk padat dan miskin itu.

Hamas, gerakan Islami dominan di Gaza, dan unsur bersenjata lain menembakkan lebih dari 400 roket atau bom mortir melintasi perbatasan, yang dipagar tembok, setelah melancarkan serangan peluru kendali pada Senin atas satu bus, yang mencederai seorang prajurit Israel, kata militer.

Serangan tersebut adalah yang paling ganas sejak perang Gaza tujuh-pekan pada 2014 antara Israel dan pejuang Gaza. Hamas menyatakan membalas aksi komando Israel di Gaza, yang membunuh satu di antara beberapa panglimanya dan enam pria bersenjata lain pada Ahad. Seorang kolonel Israel juga gugur dalam kejadian itu, dirilis Antara.

Di kota Gaza, orang-orang berkumpul di depan tumpukan puing yang sebelumnya bangunan berlantai. Bangunan itu bersebelahan dengan gedung lima-lantai yang masih berdiri setelah serangan udara tersebut.

Di kota pesisir Israel, Ashkelon, video yang diambil warga menunjukkan seorang wanita berdarah, tergeletak di puing-puing apartemen dan tertutup debu. Wanita itu dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan luka parah.

Jasad seorang pria, yang terbunuh ketika satu roket menghantam rumah, berada dekat wanita itu. Pejabat mengidentifikasi pria itu adalah orang Palestina dari Hahoul di Tepi Barat, yang dijajah Israel. Radio Israel mengatakan ia memiliki izin untuk bekerja di Israel.

Bagikan:

  8 Responses to “Pertempuran Sengit Israel – Palestina, Saling Balas”

  1.  

    Cobalah Palestina beli peralatan perang dari amerikana, siapa tahu Palestina bakal dibela amerikana, siapa tahu loh

    😎

  2.  

    Mestinya,harus dibantu peralatan dan persenjataan buat Palestina.
    Gak imbanglah dari sisi persenjataan.
    Gak ada yang peduli apa dengan rakyat Palestina?
    Mereka sangat sangat menderita.
    Tidak cukup hanya dengan membantu secara diplomasi,harus dibantu juga dengan mengirimkan persenjataan yang memadai untuk melawan tentara zionis yang dipersenjatai dengan lengkap.

  3.  

    Sulit sekali memasukkan senjata utk Palestina…Wilayah Palestina di Blokade, sayang sekali negara2 muslim jg ngikuti/terpedaya oleh taktik Amerika/Israel , memasukkan senjata ringan sj susah ke Palestina, jln yg seharusnya bisa lewat perbatasan Mesir jg diblokade, mesir tersandra perjanjian Camp david, wilayah lain terblokade, yg getol membantu senjata malah Iran, jika perlu perang dg ujung tombak Hizbullah yang berada di Lebanon, Namun perbatasan Lebanon skrng dijaga Pasukan PBB dr RI,, yg masih mungkin lewat terowongan,,namun ini selalu dipantau & sering dihancurkan Isarel & Mesir,,sungguh sangat menderita saudara2 kita di Palestina,, jangankan memasukkan senjata,,memasukan makanan & obat2an aja susah..taktik Israel justru sangat pengecut..TIDAK ADA senjata berat di Palestina,,makanya sangat timpang ,,sementara Israel bebas menumpuk senjata apapun untuk menghantam Palestina,,,Demi Allah semoga Israel yahudi laknatullah ini semoga segera mendapat azab dari Allah SWT

  4.  

    paling enak jadi penonton, memang akan begitu terus palestine vs Israel/ bukan Islam vs Yahudi.

  5.  

    Selama mereka bertetangga, ya seperti itu….padahal, nenek moyang mereka ya sebapak, beda emak…tapi sing mokong memang turunan yahudi

  6.  

    HAMAS PASTI MEMBELA NEGARA NYA…. SUDAH KU DUGA
    ISROHELL PASTI SEPERTI KEBAKARAN JENGGOT… SUDAH KU DUGA

 Leave a Reply