Oct 062013
 
Presiden Filipina Benigno Aguino III dalam KTT APEC 2013, Bali (photo: Antara)

Presiden Filipina Benigno Aguino III dalam KTT APEC 2013, Bali (photo: Antara)

Tidak disangka, Filipina ternyata mencatatkan pertumbuhan ekonomi terbaik di Asia dengan pertumbuhan sebesar 7,5 persen pada kuartal II-2013.

Presiden Filipina Benigno Aquino III mengatakan, tidak ada kebijakan khusus yang diambil pemerintahannya terkait prestasi ini. Aquino menyebut, apa yang dilakukan Filipina tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Menurut Aquino, Filipina awalnya fokus untuk menganggarkan dana negara untuk pendidikan, kesehatan dan infrastruktur umum.

“Namun yang lebih penting adalah kebijakan itu harus bisa untuk mengamankan masa depan negara. Meski kebijakanmu itu tidak populer dan mendapat tantangan dari pihak lain,” kata Aquino di sela acara APEC CEO Summit di Bali International Convention Center, Bali, Minggu (6/10/2013).

Presiden Aquino memang menjalankan perangkat kebijakan yang dinilai radikal, seperti menaikkan pajak, memberantas korupsi yang dilakukan pendahulunya, menangkap pengemplang cukai, mencegah menindak overpopulasi yang menyumbat pertumbuhan.

Dia juga tak segan menggenjot belanja negara. Investasi infrastruktur dijadikan kunci dari trayek pertumbuhan negara dengan perekonomian terbesar ke-13 di Asia itu dalam beberapa tahun ke depan.

“The boss is the people. Kami hanya ingin melayani masyarakat kami. Good governance is a good economy,” tambahnya.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, Filipina pun bisa menambah anggaran untuk pengadaan alutsista mereka, apalagi saat ini mereka sedang bersitegang dengan China, terkait konlflik Pulau Scarborough. (kompas.com)

  29 Responses to “Pertumbuhan Ekonomi Filipina Tertinggi di Asia”

  1. Filipina mantap. Pelan tapi pasti. Nakernya di luar negeri oke dan terkelola dengan baik. Luas tanahnya tidak seberapa, tapi menjadi eksportir pisang terbesar dunia. Terakhir pengusahanya membeli lahan ribuan hektar di Kalimantan. Mudah2an memacu para pengambil kebijakan negeri ini untuk mengurangi pencitraan, fokus ke tugas dan rakyat.

    • mas bejo…
      Kalau filipina beli lahan di kita buat nanem pisang. Kita malah beli lahan di oztrali buat ternak sapiun,,
      kog mmalah kebalik yakk,,

      • Bedanya mereka perusahaan swasta dan tujuan ekspor ( itungan bisnis dan bukan politis). Sementara yang mau beli di australi adalah BUMN, belum realisasi, dan untuk tujuan konsumsi dalam negeri.

        • owalah begitu tho,,ternyata eh ternyata..pisang juga mendunia..
          Indonesia knpa export brang mentah aja yaak,,
          kenapa gk expor cabe,garam,kedelai,beras ke luar,,negri tp cuma ke luar daerah..

          • Garam dan ikan asin saja kita masih import dari luar gan, sementara petani garam dan nelayan kita susah jual. Negeri ajaib

          • aneh tapi nyata gan

          • garam dan ikan,blacan, di tempat saya kintalan bahkan ton tonan,,
            cuma pemda nya MATI,,karena hasil daerah tak bisa di kembangin,

            seharusnya garam dan ikan asin dari wilayah jawa tengah seperti pati,juwono,remmbang,demak,jepara,mbatang pekalongan, kalao untuk mencukupi ikan dan garam 1 indonesi itu cukup,,!!
            Tapi pemerintahan kita tidak bisa dan tidk mau mengangkat petani garam dan ikan lokal,, karena qualitas kurang bguslh ini itulah,,
            sukanya produk luar…
            Sendok made in china,gramm made in singapur, cabai made in vietchong, dan tetek mbengek…

          • padahal selama ini UKM yang menopang negara dari tekanan krisis ekonomi dunia, malah korporasi yang sudah terbukti banyak mencuri uang negara.
            Luar biasa memang, daging sapi, kedelai sampai jengkol bisa jadi masalah di negeri 2 musim dan subur seperti kita ini. negara maritim import garam dan ikan asin juga sangat mencolok mata.
            demi harapan akan ada perubahan,walau lama sudah golput, jika Jokowi mencalonkan capres saya akan menggunakan hak pilih lagi

          • Hasil tanaman pisang Indonesia juga sudah ada yang diekspor namun bukan buah pisang melainkan seratnya yaitu dari varitas pisang abaca. Di sini yang mengembangkan dan mengekspor adalah salah satu unit usaha Sinar Mas. CMIIW
            Serat abaca ini biasa dipakai sebagai bahan pembuatan kertas uang.

          • tambahan gan.
            Serat abaca jg buat kain tenung,seperti di wilayah jimbaran bali,, di sana batiknya sudah mulai menggunakan serat abaca,bahkan sudah mendunia..
            Seperti yg kita pakai kemaren wktu upacara di depan istana WArJAg,,
            heheheh

      • Mas Banas, rencana invest peternakan sapi di Aussie oleh BUMN kita itu justru supaya harga daging bisa turun ke tingkat wajar. Yang dituju dari investasi di sana adalah untuk mendapatkan anakan sapi yang lalu akan dikirim ke Indonesia untuk digemukkan. Hal ini karena menurut hitungan bisnis biaya membuat anakan sapi di sana lebih murah (3-5 jt) dibandingkan di Indonesia (9jt), namun biaya penggemukan justru lebih murah dilakukan di sini.
        Kalau ini berhasil dilakukan maka harga daging bisa turun, para peternak sapi yang umumnya petani kecil juga lebih diuntungkan namun para mafia importir daging sepertinya akan merugi

        • mafia sapiUn ya PKS (party koropsi sapi) wkwkwkw”

          penggemukan di indonesia lebih murah karena ampas tahu bisa mempercepat penggemukan sapi,heheh

          ya semoga sapi” sapiun kt cepet terealisasi sehingga obamie ayam tidak menekan kita / enyuruh paksa kita membeli daging sapi olahan dr uwak sam,,

          • Sampean jngan bawa2 partai …atau SARA..
            Ini forum militer tolong lebih dewasa..
            Semua partai dan lembaga negara sudah tersangkut masalah korupsi oleh oknumnya masing2 …
            LHI adalah korban PERCOBAAN PENYUAPAN ..TPPU..
            KL DI USUT MASIH JAUH dari tindakan merugikan negara..
            Jadilah warga yg lebih pintar…
            Kl sebuah partai ataw lembaga ada oknum yg terjerat korupsi, bukan berarti lembaga itu telah rusak semuanya .tangkap dan adili aja pelakunya’plus kasi hukuman yg memiliki efek jera..
            Kl ada tikus didlm rumah ,tangkap dgn tikus dgn cara cerdik,bukan dgn membakar seluruh rumah..
            Kita sama anak bangsa, mari kita bangun bangsa ini dgn baik ..singkirkan keluh kesah yg di motori media yg selalu mengolok2 kekurangan bangsa ini..
            Ayo bangun indonesia..
            DIRGAHAYU TNI KE 68

          • oknum yg begitu yg harus di usut mpe tuntas..
            perlahan tp pasti….
            masalah bangsa ini emang begitu rumit, tp apakah kita harus berputus asa?
            kita yakin bahwa kita bisa keluar dari kemelut yg melanda bangsa ini..
            walaupun perlahan..
            di sadari atau tidak,asing sedang melancarkan konspirasi baru buat bangsa kita.
            mereka sedang membangun opini kepada rakyat kita untuk tidak mempercayai pemerintahan kita kedepan..ini berbahaya untuk keutuhan NKRI. satu bundle denan penjajahan putih
            ingat bait terakhir slogan TNI..
            …BERSAMA RAKYAT..
            ini menegas kepada anak bangsa bahwa pemerintah ( TNI ) dan rakyat adalah satu kesatuan yg saling membantu, dan jangan coba2 meng adu domba kami..
            =>masalah kebangsaan dan “penjajahan putih” ini role nya ms satrio,
            saya mengundang beliau untuk menjelaskan lebih detil..

            intinya saya mengajak anak2 bangsa untuk terus berfikir optimis untuk bangsa ini..
            jika mayoritas kita berfkir optimis ( positif ) mudah2an bisa menutupi yg berfikiran negatif..

          • Soal LHI adalah korban percobaan penyuapan atau bukan adalah domain Pengadilan Tipikor, kita tunggu saja vonisnya seperti apa..

          • he..he..betul mas..itu adalah domain pengadilan tipikor..mari kita tunggu dan cermati dengan KRITIS kasus suap sapi impor ini..banyak hal yang bisa kita bongkar dari kasus ini kalau semuanya berjalan sesuai dengan fakta persidangan..tidak ada yang dikaburkan atau dipleset2kan…

            saya sendiri tidak yakin KPK mampu membongkar aktor intelektual kasus ini..ini sama saja dengan kasus century dan hambalang sampai sekarang tak jelas juntrunganya dan selalu molor..nunggu ini-nunggu itulah..KPK sekarang lebih ke janji2 manis saja..memberikan angin surga yang bisa menjadi bumerang sendiri bagi KPK sendiri..

            satu hal yang perlu kita ambil hikmah dari kasusnya akil mohtar adalah lembaga tinggi negara yang tidak ada pengawasan kepadanya, apapun itu termasuk MK dan KPK rawan tindakan korupsi oleh para penyelenggaranya, ingat “POWER TENDS TO CORRUPT, ABSOLUTE POWER CORRUPTS ABSOLUTELY” dan infonya diinternal KPK sendiri juga sudah terkontaminasi bau2 busuk oknumnya..banyak kasus yang hanya diulur2 saja untuk menjadi parodi & komedi politik ansich…

            kita lihat saja nanti bagaimana kesudahan kasus2 besar yang mempertaruhkan kredibilitas, indepedensi dan harga diri KPK kedepan..

            KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI..TERLEBIH PADA LEMBAGA PENEGAK HUKUM ABSOLUT YANG KORUPSI…

  2. setuju ambil freeport sekarang…

  3. go go go go go indonesia

  4. pulAu paling barat bukan sabang mas, masih ada satu pulau lagi…

  5. Infrastruktur memang itu kuncinya, Jakarta akan di bikin stuck jauh lebih parah dari macet dengan adanya mobil murah ( pemerintah ) ataupun mobil nasional ( Jokowi ), karena yg penting itu infrastruktur yg lancar, transportasi murah dan efektif. klo Jakarta stuck bersiap saja perekonomian akan ikut”an macet dan itu yg ditunggu oleh pesaing” Indonesia

    Kalau mau buat ya transportasi masal nasional : monorel buatan sendiri, kereta api dimodernkan, jembatan buatan sendiri, jalan tol yg ngrjain orang sendiri.

    • Setuju. Infrastruktur, infrastruktur dan infrastruktur. Daripada ngejar2 pertumbuhan ekonomi satu tahun di depan lebih baik investasi jangka panjang dalam infrastruktur di pulau2 utama Indonesia.

  6. Saya harap ada yang mau posting artikel memberi gambaran jika senat US gagal menaikkan batas hutang sampai batas waktu seminggu ke depan, walau diyakini hal itu tidak akan terjadi tapi menarik untuk menganalisa kemungkinan2 yang akan terjadi jika pemerintah US default. Imo kurang lebih akan terjadi tatanan dunia baru. Konsekuensinya tidak hanya ekonomi tapi juga politik (yang salah satu bentuknya adalah perang)

    Tanpa adanya kekuatan militer USA sebagai polisi dunia entah apa yang akan terjadi di Asia pasific

    • Shutdown adalah Krisis Deadlock politik antara kedua kubu di internal USA,
      BUKAN krisis ekonomi USA.

      TETAPI akan menjadi krisis beneran kalau deadlocknya dan shutdownnya keterusan sampai tgl 17 Oktober nanti.
      Karena pada tgl itu ada hutang USA yang Jatuh Tempo dan bila USA gak bisa bayar maka akan kena sangsi dan status USA akan di DIDEFAULT,

      Pengalaman yang dulu dulu biasanya akan ada DEAL DEAL antara demokrat dan republik sebelum tgl jatuh tempo,,
      Tinggal lihat si ombama saja gimana gerakannya an dan bagaimana Republik akan TAKUT kehilangan suara dalam pemilihan akan datang ,,berkaitan dengan ULAH manuver anggota Kongresnya yang membikin shutdown

      • yang terbaru boehner dari republican masih ngotot tidak akan menaikan batas hutang tanpa adanya negosiasi dari pemerintahan obama, sementara obama sudah menegaskan tidak akan mau bernegosiasi sebelum limit htang dinaikan. jika default terjadi maka semua sumber daya USA akan berkutat untuk urusan dalam negeri. sangat mungkin terjadi resesi besar yang akan menyeret menyeret resesi dunia dan bahkan perpecahan USA seperti prediksi lama komunisme.
        efek ketidakhadiran kekuatan USA di pasific (dan dunia) yang menarik untuk diprediksi. scenario terburuk adalah perang bahkan imperialisme oleh kekuatan kekuatan baru minus USA (dengan India dan Cina sebagai kandidatnya)
        non blok juga tidak akan bertahan, Asean bisa pecah dan bubar. siapa beraliansi dengan siapa juga cukup menarik untuk diprediksi.

      • Setuju Mas Satrio, namun jika berkepanjangan akan menjadi krisis manakala perusahaan2 USA yang mendapatkan kontrak atau pekerjaannya dari pemerintah USA berdampak pada cash flow nya dan operasional kelangsungan usaha atau going concernnya dan apalagi jika perusahaan2 tsb merupakan perusahaan publik maka tentu multiplier effect nya akan besar sekali. Saat ini secara teoritis USA masih bisa mengontrol ekonomi dunia lebih karena mata uang dollar masih disepakati sbg mata uang transaksi seluruh dunia dan sbg back up currency moneter hampir semua bank sentral di seluruh dunia (bretton wood agreement, 1944). Namun ceritanya akan menjadi lain jika misalkan, seluruh negara2 Asia Timur dan Asia Tenggara yg hari ini menjadi lokomotif perekonomian dunia kompak bersepakat lain.

        Maka pemerintah RI harus pintar2 melihat adanya opportunity bagi RI dan rakyat RI (the boss is the people) thd fenomena2 semakin sering munculnya tanda2 dan gejolak2 besar perubahan perekonomian (krisis, resesi, jatuhnya mata uang, collapsnya suatu systems dll) yg tampaknya bakal menjadi keniscayaan suatu perubahan besar untuk menjadi keuntungan yg melayani seluruh tumpah darah NKRI.

        Mas Nowyoudont, setuju analisa yg menarik, krn saat ini medioker power akan saling rebutan pengaruh (spt Rusia, India, China, Brasil, Turki, Afsel,Korsel, Indonesia, Iran, Pakistan, Meksiko) di semua orbitnya masing2 atau mencari orbit baru, hal ini sbg rebalancing memudarnya pengaruh USA yg paling memungkinkan, baik secara soft power atau hard power.

        • secara teory default tidak akan terjadi karena dijamin konstitusi. namun tetap efeknya akan sangat besar jika batas hutang tidak dinaikan. US akan langsung kehilangan kemampuan memprojeksikan kekuatan militer di luar wilayah negaranya, mata uang usd akan terjun bebas, EU akan semakin jauh jatuh dalam krisis dan negara2 seperti Indonesia dan Aus akan semakin tergantung kepada Cina untuk export, padahal disaat bersamaan ancaman keamanan dari Cina (dan India) di kawasan akan semakin besar.
          memperbesar kemungkinan hal ini, permintaan kenaikan pagu hutang terjadi 14 kali dalam 14 tahun terakhir. dan dengan defisit membengkak dalam 45 tahun dari 50 tahun terakhir kemunduran USA hanya nunggu waktu. kegagalan menaikan pagu hutang tahun ini hanya akan mempercepat hal itu
          “jika” ini terjadi kita akan melihat berbagai perubahan cepat di dunia, terutama timur tengah dan pasific dimana banyak terdapat pangkalan militer US, theory WW3 akan mulai menemukan bentuk awalnya secara nyata
          mudah2an pemerintah RI sudah bersiap terhadap segala kemungkinan baik secara ekonomi maupun politik

          • Kondisi US seperti itu (makro ekonomi dalam negeri bermasalah)yang selalu berulang-ulang setiap tahun dalam satu dekade ini, semakin menyadarkan masyarakat ekonomi dunia, bahwa hal ini tentu tidak bisa dibiarkan terus menerus terjadi dan dampaknya menyandera ekonomi negara lainnya dan ekonomi dunia, akibatnya tentu semua orang mulai berfikir kembali, apakah system seperti ini masih relevan untuk diteruskan? dan tentu mulai berfikir thd alternatif lainnya.

            Nah sebelum semuanya terlambat dan terjadi, mirip case awal tanda2 terjadinya dan sebab2 PD 2, yg didahului oleh depresi besar dan “lebensraum”/ruang hidup (soal survivality dan going concern eksistensi suatu bangsa).

            Maka tentu penganut chaos theory dan tata ulang system akan menemukan pra-kondisinya di semua aspek alias WW3 ?Walahualam

 Leave a Reply