Apr 242018
 

Landing Platform Dock (LPD) BAP Pisco (AMP 156) Angkatan Laut Peru © Youtube

JakartaGreater.com – Landing Platform Dock (LPD) domestik baru yang dibangun oleh perusahaan galangan kapal SIMA di Peru, BAP Pisco (AMP 156) telah berhasil memulai uji coba lautnya, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Menurut Angkatan Laut Peru tanggal 19 April 2018, uji coba laut dari Landing Platform Dock (LPD) AMP 156 Pisco yang dibangun di perusahaan kapal galangan kapal serta asosiasi perbaikan kapal Peru, Servicio Industrial de la Marina de Guerra del Perú atau SIMA di Callao. LPD multi-misi BAP Pisco (Makasar-Class) dijadwalkan akan ditugaskan ke Angkatan Laut Peru pada akhir 2018.

Menurut Naval Technology, kapal multi-peran kelas Makasar itu dimaksudkan untuk transportasi dan pendaratan pasukan yang cepat dalam mendukung misi peperangan amfibi.

LPD Makasar-Class ini dapat melakukan operasi dalam domain maritim nasional atau beroperasi sebagai bagian dari gugus tugas internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan logistik disaat terjadinya bencana alam.

Platform pendaratan dermaga tersebut dibangun oleh SIMA ini bekerjasama dengan Korea Selatan yakni Dae Sun Shipbuilding and Engineering, yang bertanggung jawab untuk menyediakan gambar desain, sertifikasi dan teramasuk bantuan teknis untuk pembangunan dua LPD.

Kapal yang memiliki ukuran panjang 122 meter dan lebar 22 meter, draft 4,5 meter dan berbobot sekitar 11.390 ton, menjadikan BAP Pisco sebagai salah satu kapal terbesar di Angkatan Laut Peru.

Bagikan