Jan 212019
 

Arleigh Burke Class destroyer USS Donald Cook, Norfolk, Virginia. (TMWolf, upload by Herrick via commons.wikimedia)

Komando Armada Keenam Amerika Serikat mengumumkan bahwa USS Donald Cook (DDG-75) sedang menuju selat Bosporus melalui Dardanelles, dan akan memasuki Laut Hitam dalam beberapa jam.

“AS dan Angkatan Laut AS terus berdiri bersama sekutu dan mitra kami dalam mendukung kepentingan kawasan bersama dan stabilitas maritim,” kata Matthew J. Powell, komandan perusak. “Kedatangan kami ke Laut Hitam akan memamerkan interoperabilitas Angkatan Laut dalam mengejar tujuan keamanan bersama di wilayah ini.”

Angkatan Laut AS mencatat bahwa mereka secara rutin mengirim kapal ke Laut Hitam sesuai dengan Konvensi Montreux dan hukum internasional. Saat berada di Laut Hitam, USS Donald Cook akan mengambil bagian dalam latihan militer dengan sekutu dan mitra NATO.

Duta Besar Ukraina untuk AS, Valeriy Chaly, juga mengumumkan bahwa kapal itu akan melakukan perjalanan ke Laut Hitam.

“Berita baik: kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke dari Armada Atlantik AS, USS Donald Cook (DDG-75) melewati selat Laut Hitam dalam perjalanan ke Laut Hitam. Senang memiliki,” tulisnya di Facebook.

USS Donald Cook merupakan perusak generasi ke-4 yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk, yang memiliki jangkauan hingga 2.500 km. Kapal juga dipersenjatai dengan senjata artileri, termasuk pistol Mark 45 127 mm.

Sebelumnya pada bulan Januari, kapal pendarat USS Fort McHenry juga memasuki Laut Hitam.

Sumber: UAWire

 Posted by on January 21, 2019

  2 Responses to “Perusak Rudal USS Donald Cook Masuki Laut Hitam”

  1.  

    jangkauan rudal tomahawk sama dengan rudal klibr , bahkan korvet 60meter kelas buyan M Rusia memiliki rudal Kalibr … apa yg mau di pamerkan oleh kapal perusak donald cook yg pernah off sistemnya yg konon di jamming Su24 rusia ( meski belum terbukti tapi amerika juga tidak menyangkal hehehe )

  2.  

    beraninya gabungan sama no action talk only.