Aug 122014
 
Presiden SBY dan Joko Widodo (photo: jurnal3.com)

Presiden SBY dan Joko Widodo (photo: jurnal3.com)

“Perang adalah jalan terakhir. Kalau memang cara politik dan diplomasi tidak bisa selesaikan masalah, bagi Indonesia maka perang harus dilaksanakan”. (Presiden SBY).


Jakartaย  – Pada peringatan Hari Veteran Nasional 2014,ย  Presiden Susilo Yudhoyono meminta kepada Joko Widodo bila menjadi presiden nanti, memastikan kedaulatan Indonesia tidak diganggu pihak manapun.

“Tahun 2045 mendatang, 100 tahun kemerdekaan Indonesia, kita ingin Indonesia yang menjadi negara yang kuat dan maju, politik kuat, ekonomi kuat, pertahanan kuat, bagaimanapun kekuatan pertahanan harus kita jaga, keutuhan NKRI adalah harga mati,” kata Yudhoyono.

“Hadir hari ini Bapak Jokowi, kita menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi, tetapi jika bapak ditakdirkan jadi pemimpin Indonesia, harapan veteran dan rakyat Indonesia kita ingin kedaulatan dijaga tidak boleh siapapun mengganggu kedaulatan kita,” kata Presiden SBY.

Pada acara di Balai Sarbini itu –juga dikenal sebagai Gedung Veteran– Presiden SBY mengatakan, Indonesia harus maju dan berkembang menjadi negara yang kuat dan tetap memiliki kedaulatan atas wilayahnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan sebelum mengambil setiap keputusan politik yang menyatakan perang, maka para pemimpin politik harus menghitung secara cermat konsekuensi dari keputusan itu.

“Perang adalah jalan terakhir. Kalau memang cara politik dan diplomasi tidak bisa selesaikan masalah, bagi Indonesia maka perang harus dilaksanakan. Jika kedaulatan NKRI kapanpun oleh pemimpin dan rakyat Indonesia adalah harga mati,” tegasnya.

Selain banyak anggota Legiun Veteran Indonesia, hadir juga Ketua LVRI, Letnan Jenderal (Purnawirawan) Rais Abin, Ibu Negara Ani Yudhoyono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Sutarman, dan para pejabat lain. (ANTARA News).

  71 Responses to “Pesan Presiden SBY untuk Jokowi”

  1.  

    1

    •  

      Alhamdulillah nomor wahid kembali semoga Indonesia khususnya aman dan damai begitu juga dunia kita

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      saya kira pesannya di suruh ganti gaya rambutnya :v
      menurut saya sebelum ada tindakan biasanya ada informasi yang masuk dulu, kalau tim pembisiknya error ya bisa jadi tindakannya error semoga tim pembisiknya yang benar-benar berkualitas :v
      ya moga-moga tidak ikut jamaah amblesiah :v
      atau jamaah ibu-ibu arisan yang butuh dana sampai-sampai satelit dijual :v
      ya semoga lancar dan sukses aja
      demi kedaulatan NKRI ๐Ÿ™‚

    •  

      kalau harus disuruh pilih antara jokowi dan sby, saya lebih milih sby… tanya kenapa? jangan lupakan sejarah

    •  

      Betul bung MZ

    •  

      lha bilang muak tapi kog malah ngomongi pak bowo yg peserta pilpres. Sabar bung…

    •  

      Masak sih bung? Kompas TV, SCTV-Indosiar itu condong ke Jokowi lho..
      Kalo Metro kan karena ownernya bikin partai dan dukung Jokowi. Lha korannya yg biasanya bagus dan berimbang aja mendadak jadi tabloid gosip murahan hingga hari ini. Saya bisa ngomong gini karena sudah berlangganan dari tahun 1992.

  2.  

    kahiji

  3.  

    Sip,pak SBY,perang adalah jalan terakhir,tp kita harus siap jika jalan terakhir adalah perang…!!!

  4.  

    Telu

  5.  

    Nyimak..

  6.  

    10

  7.  

    hehehe biasanya ada inpoh kelas paus kalo di brondong banyak artikel kayak gini.
    yang mana yah ๐Ÿ˜ˆ

  8.  

    nah adminnya lagi stress test stabilitas politik warjager ha ha ha.

  9.  

    pantang menyerah … bisa join MMM bung ๐Ÿ™‚ hi hi hi

  10.  

    Pesan kramat dr babe…

  11.  

    wejangan yg bijaksana…selamat malam warjager

  12.  

    kemana aja bung akung, bung flores. udahlah ngga usah maksa pilpres biar ajah. mending ngurusin hoax alutsista. hayo kemarin plenki mkm. hahaha tiap orang ngomongnya aneh2 tapi dasar kita warga negara bineka tunggal ika. walaupun bilang ‘anu’ udah ngerti hehehe
    bung ps udah dapet kerang banyak tuh, saking saya ol nya terlambat. kali aja nongol lagi ngga usah bakar kemenyan .
    ๐Ÿ˜€ maap bung PS :mrgreen:

    •  

      hahaha..hayu kita bakar menyan aja bung..biar gosip alutsistanya tetep semilir.. :mrgreen: maap maksa ndan PS ๐Ÿ˜ˆ

      •  

        Skrg kyk nya bakar menyan gk ampuh lg Bung..msti bakar ikan sm kambing/kambing guling.. Sya yakin para Narasumber psti lgsg nongol.. ๐Ÿ™‚

        Khusus utk Om Satrio..kambing guling nya yg tawar aja..inget tensi.. :mrgreen:

        Utk Ndan PS..Spesial order Torpedo bakar.. :mrgreen:

  13.  

    Bersama TNI Rakyat kuat … Lanjutin tidur lagi hooooAammm

  14.  

    KITA BIKIN RAME

  15.  

    terima kasih atas pesannya Pak…

  16.  

    Lagi.. lagii dan lagiii…
    Pesan SBY JELAS!! Saat diplomasi tdk berjalan maka PERANG H A R U S dilaksanakan..
    Kan secara tersirat Sir SBY sdh ngasih petunjuk dan arahan.. “lu ga usah takut.. nohhh alutsista dah mulai kekar.. lu terusin ye belanja nya.. yg ada sekarang aja udah sangat cukup buat gaplokin tetangga2 terdekat yg songong..”

  17.  

    Mau damai dengan negara lain harus punya penggetar teelebih dahulu,,,jika kita lemah maka negara lain akan menyepelekan kita,,,kita harusnya jadi negara yang SIAP PERANG sebelum menjadi negara siap damai,,karena sengan mengetahui negara kita negara angker maka mer eka akan melunak,,,harusnya jadi SBY pesen ke pak Jokowi,,,”jadikan negara kita negara yang siap perang” dalam artian siap menghadapi embargo dr negara lain,,seperti minyak,perdagangan,dll,,,karena itu adalah efek dr perang,,jika kita kuat bisa mandiri,,maka kita siap perang,,,,,,

  18.  

    Andai saja pak muldoko yg jadi presiden… Maaf ngigau.. Tidur lg ah…

  19.  

    NKRI harga mati…

    •  

      Kita rapuh dr dalam negeri sendiri bung Bisma,,saya sangat setuju dengan slogan NKRI harga mati,,tp lebih penting lagi bagaimana kita mereflesikan slogan tersebut,,,tanpa dukungan dr pemerintah yang import mania dan tidak pernah menghargai produk dalam negeri,,meski lebih jelek,,siapa lagi dengan produk jelek karena masih dalam tahap pengembangan,,pasti lama kelamaan akan menjadi bagus dan mandiri,,setiap kemajuan pasti ada pengorbanan bung,,,yang penting didada kita setiap jiwa2 yang lahir dr darah para pahlawan bumi pertiwi harus ada slogan NKRI harga mati,,

      •  

        Mudah-mudahan ada JK bisa merepresentasikan keinginan bung Arul, yang penting mentri jago improt dari warung sebelah jangan diajak gabung meski doi gak nungul nemenin bosnya waktu bosnya pidato di sidang MK….

      •  

        Setuju bung, kita mulai dari diri kita sendiri. minimal pesen ke Istri. kalau belanja ke supermarket/pasar/warung baca dulu di bungkusnya. sebisa mungkin cari dan beli yg ada tulisan Made In Indonesia. Kalau 100 juta saja rakyat melakukan hal yg sama, bisa rugi ut importir.
        Supaya efek multi levelnya kita turut menghidupi saudara-saudara yg bekerja di dalam negeri.

        Sampai-sampai lebaran saya tdk setuju untuk beli minuman kaleng dari negeri sebelah yg membanjiri pasar di Medan. lebih murah lagi.

  20.  

    wah bung arul ngelantur. mana ada jiwa lahir dari darah.
    ๐Ÿ˜†

  21.  

    Skill, knowledge & leadership Pak Sby sebagai presiden memang mantap. 5 tahun yg akan datang harus jadi Capres lagi.

  22.  

    Mantap pisan euy …

  23.  

    pak sby sdh memberi arahan yg secara tersirat skrg alutsista kita sdh mumpuni dan membuat pondasi yg kuat untuk kemandirian dimasa yg akan datang, semoga pemimpin yg akan datang bisa melanjutkan .,.

  24.  

    hadir

  25.  

    stuju bang !!!!…mantp,,,lgsg tpat mnuju sasarn ulasnny…

  26.  

    Menurut Clausewitz, โ€œWar is a mere continuation of policy by other meansโ€ .

    โ€œPerang adalah jalan terakhir. Kalau memang cara politik dan diplomasi tidak bisa selesaikan masalah, bagi Indonesia maka perang harus dilaksanakan. Jika kedaulatan NKRI kapanpun oleh pemimpin dan rakyat Indonesia adalah harga mati,โ€ tegas SBY Contohnya Ambalat, siap atau tidak, kita siap perang lawan Malon.

    Jadi prinsipnya red line-nya adalah kedaulatan NKRI. Apakah definisi/ kriteria dari kedaulatan NKRI dalam konteks ini? Perlu pendefinisian dan penegasan kembali, supaya kita tidak perang untuk urusan lain, karena akibatnya sangat besar.
    Dalam konteks inipun, perlu penegasan, apakah kedaulatan kita termasuk ZEE? Ingat ikan kita dicolong China dengan pengerahan armada mereka.

    Bicara perang, zaman sekarang perang adalah a short & intense war, kemudian didamaikan oleh tetangga.
    Artinya kekuatan udara pespur penggempur, dan AEWS sangat menentukan.
    Karena itu bersiap untuk perang beresin dulu :
    – logistik terutama BBM
    – beli SU-35 dan AEWS
    – beli banyak senjata rudal pespur
    Kalau tidak, percuma perang hanya untuk kalah.

    •  

      Tergantung juga Kita berperang dengan siapa…

      Kan clausewitz juga bilang soal center of gravity yg bs meruntuhkan semua garis pertahanan musuh sekali pukul…

      Center of gravity malay tentu beda dgn center of gravity singapork….senjata untuk menghancurkannya tentu berbeda…kalau anda generalisir semua yg anda sebutkan bs menghancurkan seluruh musuh anda salah…clausewitz jg menyebutkan kok senjata non konvensional dpt meruntuhkan center of gravity musuh…

      Ingat kata sun tzu: ketahui isi perut musuhmu maka kau tidak akan kalah dlm 100 pertempuran…inilah yg sejalan dengan ajaran clausewitz…bkn sekedar senjata bertumpuk…

      •  

        Zaman Clausewitz (Jerman + Austria) belum ada AU, yg ada hanya AD. AL-pun terbatas. Center of gravity lawannya adalah AD, yang dapat diserang relatif mudah mengandalkan internal/ continental lines jalur kereta api. Dalam konteks sekarang Asia Tenggara + sekitarnya, Center of gravity berubah menjadi AU (lanud), AL (lanal) dan pusat komunikasi lawan, dan internal lines adalah jalur udara.

        Dalam konteks internal lines, Indonesia dalam posisi yang kuat. Lanud dan lanal utama kita serta pusat komunikasi berada jauh di interior. Bandingkan dengan Malon (terpisah Semenanjung dan Sabah), Ossie (harus menempuh ribuan km sebelum menjangkau Lanud dan lanal utama serta pusat komunikasi kita; p. Christmas ngga masuk hitungan karena keterbatasan infrastruktur), serta China yg cuma punya pangkalan di Hainan.

        Ini mungkin sebabnya TNI AU pilih Flanker dan KFX/ IFX bermesin dua. Tinggal diperkuat saja.

  27.  

    “Perang adalah jalan terakhir. Kalau memang cara politik dan diplomasi tidak bisa selesaikan masalah, bagi Indonesia maka perang harus dilaksanakan.”

    ini sindiran buat jokowi dengan bahasa yang paling alus n elegan dari sby.

    kemampuan diplomasi jokowi dipertanyakan n sby sudah siapkan bekel-nya kalo terjadi apa2.

  28.  

    Pesannya ditambahain Pak.. Kalau ternyata terpilih jadi Presiden maka siap2 lah diturunkan dan dicaci maki bila ingkar janji dan coba buktikan janjimu untuk :
    1. tol laut jakarta papua
    2. membuat program untuk e budjeting dan e e
    lainnya dalam waktu 2 minggu
    3. etc..
    dan yang terpenting jangan sampai sejengkalpun tanah indonesia hilang ditelan bumi.. Tolong jangan hanya menjadi tong kosong nyaring bunyinya.. BUKTIKAN…!!!

 Leave a Reply