Apr 262018
 

Formasi pesawat tempur siluman F-35A milik Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Seorang diplomat senior AS mengancam akan menggunakan jet tempur F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin sebagai alat pembalasan terhadap Turki karena mengakuisisi sistem pertahanan udara canggih dari Rusia.

Seperti dilansir dari laman Flight Global, pidato Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Eropa dan Eurasia Wess Mitchell saat dengar pendapat di Kongres tanggal 18 April telah meningkatkan konfrontasi yang mendidih dengan sekutu NATO dan mitra tempur melawan ISIS, yang mana telah setuju untuk mengakuisisi sistem S-400 Triumf buatan Almaz-Antey, Rusia, bahkan disaat yang sama Turki juga berencana untuk menerima kiriman F-35A pertamanya akhir tahun ini.

Terlepas dari serangkaian pernyataan ambigu yang berasal dari pemerintahan Trump, kesaksian Mitchell menjadi sebuah ancaman khusus terhadap potensi pembalasan jika pemerintah Turki berlanjut untuk mengakuisisi sistem pertahanan udara S-400.

“Ankara mengklaim telah setuju untuk membeli sistem rudal S-400 Rusia, yang berpotensi menyebabkan sanksi di bawah CAATSA seksi 231 serta berdampak buruk terhadap partisipasi Turki dalam program F-35”, tutur Mitchell.

S-400 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara buatan Rusia yang paling canggih di pasar ekspor. Sistem ini telah diiklankan sebagai “anti-siluman” pada jarak hingga 150 kilometer.

Di masa lalu, para pejabat AS telah mengeluh bahwa sistem S-400 Turki tidak akan bisa dioperasikan dengan jaringan pertahanan udara NATO. Namun akuisisi tersebut juga menimbulkan kekhawatiran bahwa kepemilikan Turki atas S-400 dan juga F-35 pada akhirnya dapat membahayakan, dimana Rusia dan sekutu-sekutunya bisa memperoleh intelijen yang tak ternilai.

Tidak dijelaskan secara khusus bagaimana peran Turki dalam program jet tempur F-35 ini dapat terpengaruh, tetapi pemerintahan Trump memiliki beberapa peralatan yang dapat digunakan.

Turki telah bergabung dengan program F-35 pada tahun 2002 sebagai mitra tingkat 3, berinvestasi sebesar $ 195 juta dalam fase pengembangan sistem dan demonstrasi.

Turkish Aerospace Industries (TAI) sangat terlibat dalam rantai pasokan varian F-35A, memasok komponen-komponen komposit sejak 2008. TAI juga merupakan sumber sekunder Northrop Grumman untuk centre fuselge, dengan perjanjian jangka panjang memasok 400 kompleks rakitan kepada Lockheed selama masa program.

Angkatan Udara Turki, berencana untuk mengakuisisi sebanyak 100 unit F-35A. Batch pertama telah membeli 14 unit, pengiriman dijadwalkan akan dimulai akhir tahun ini. Sebanyak 30 unit F-35A dijadwalkan akan dikirimkan ke Angkatan Udara Turki (TuAF) pada akhir 2022.

  18 Responses to “Pesan S-400 dari Rusia, F-35 Turki Jadi Taruhan”

  1.  

    Rusia menerima F-35A pertamanya akhir tahun ini?? Itu salah ketik ya Bung Diego??

  2.  

    Jalan damainya, Kirim aja S-400 Turki ke pusat uji senjata NATO atau USA. Anggap saja untuk pengujian integrasi sistem hanud NATO. Tentunya Rusia takkan keberatan senjata ekspornya diuji oleh musuh karena Rusia sendiri yg menjual senjata ke blok musuhnya bukan??? Hhhhhhhhhh

    •  

      bukan begitu.
      Begini, amerika itu gila sanksi & akan dihajar dgn sanksinya sendiri, jd itu f35 kgk mungkin numpuk digudang saja tanpa menghasilkan, walau f35 itu mmng produk gagal, dgn demikian itu f35 akan dijual ke turky, tapi trgantung turky, masih minat atau tidak

      hahhaahaaaaa

      •  

        Itulah alasannya kenapa saya lebih setuju indonesia beli alusista rusia minim sanksi dan embargo… Contoh saja proyek kfx/ifx karena keterlibatan indonesia dlm proyek itu, beberapa komponen penting pesawat tidak di izinkan di gunakan untuk pembuatan pesawat itu, dari kasus ini apakah masih tertarik indonesia beli produk usa… Ingat f16 yg di embargo dulu

      •  

        Mungkin turki udah gk minat dgn disebut-sebut produk gagal f-35 toh teknologinya sudah di dapat melalui keterlibatan turki dlm pengembangan JSF F-35 dan beralih ke pengembangan jet tempur sendiri TFX. Saya berpikiran turki sengaja mencari alasan agar bs membatalkan pembelian F-35 dan anggarannya dialihkan ke program TFX.

        https://www.f35.com/global/participation/turkey-industrial-participation

  3.  

    Program pembelian S-400 tetap jalan dan Rusia sendiri memastikan bahwaTurki akan menerima rudal tersebut, meskipun ada tekanan dari pihak AS, meskipun demikian, turki tetap juga mengharap pembelian F35 tetap sesuai program semula, dampaknya inilah yg menjadi pening AS.

  4.  

    Ya jelas pilih ini lahh..kemaren2 minta patriot yang beginilah..yang begonolah..banyak kali cengkoneknya.turki mau beli gk dikasih..lah kok malah gulem sama ypg dipelihara asu.dikasih gratis ..mau menang banyak..ya gak mungkin lah..udah f35 cancel aja..xixixi

  5.  

    Yaa jelass pilih s400 dong bung..kemaren2 minta patriot dicuekin..begitu turkey dapet penggantinya yang lebih joss..kok kebakaran jenggot..udah cancel aja f35nya..wong produk gagal kok..mahal pulaa..

    •  

      milih s400 drpd f35
      nih ada bacaan menarik about flight fee khususnya juga pacifik ocean yg jadi “milik amrik”
      ? Video menarik untuk mengetahui komponen biaya yg mempengaruhi struktur harga tiket pesawat penerbangan internasional. Ada komponen biaya tiket penerbangan luar negeri salah satunya biaya melewati wilayah udara negara ttt.

      Ada negara yg terapkan tarif lwt daerah udaranya berdasakan berat pesawat dan jarak tempuh, ada yg hanya berdasarkan jarak tempuh pesawat.

      ? video | Airlines pay overflight fees in order to fly over other countries — here’s why
      https://twitter.com/businessinsider/status/989423083457953793

  6.  

    dah bayar f 35, kemudian pesen s 400. eh f 35nya diancam gak dikirim, trus duitnya bagaimana?
    kalau situasi yang terjadi sebaliknya. kira kira apakah russia akan melakukan hal yang sama? kayaknya kok enggak ya…jadi inget kasusnya hawk tni au dulu.

  7.  

    Kalo kasusnya benar-benar parah, kemungkinan dana akan dikembalikan ke Turki. Seperti halnya kasus pembelian kapal mistral Prancis dengan Rusia

  8.  

    Turky negara berdaulat jgn mau di atur oleh usa, apalagi itu menyangkut tentang stabilitas keamanan negara udah s400 gk banyak syarat seperti usa

  9.  

    Produk russia wuih jos jos tinggi b**** lagi duh ngiler

  10.  

    INDONESIA, VIETNAM DAN INDIA PUN HARUS BERSIAP MENGHADAPI SANKSI DARI WASIT POLISI DUNIA KARENA MEMBELI PRODUK RUSIA.
    https://www.reuters.com/article/us-usa-russia-sanctions-india/some-u-s-allies-caught-in-crossfire-of-sanctions-on-russian-arms-idUSKBN1HV04N
    INDONESIA DIHARUSKAN BELI PRODUK AMERIKA DENGAN KUALITAS DOWNGRADE DAN RAWAN EMBARGO.

 Leave a Reply