Pesan Vladimir Putin untuk Jokowi

132
1107
Presiden Rusia Vladimir Putin (photo: telegraph.co.uk)
Presiden Rusia Vladimir Putin (photo: telegraph.co.uk)

Jakarta – Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim utusan khusus dari negaranya untuk menghadiri pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI. Dia adalah Menteri Industri dan Perdagangan Denis Manturov.

“Pemerintah kami mengirim utusan khusus untuk seremoni inaugurasi Pak Joko Widodo, beliau adalah Pak Denis Manturov, menteri industri dan perdagangan Rusia,” kata Dubes Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/10/2014).

Selain menjabat sebagai menteri, Denis juga kini duduk sebagai co-chairman dalam Komisi Ekonomi Rusia dan Indonesia.

Menurut Galuzin, kehadiran utusan khusus dalam pelantikan sebuah kepala negara merupakan pesan bahwa hubungan bilateral antara kedua negara sangat baik. Baik Indonesia maupun Rusia sudah menjadi negara sahabat dan partner dalam berbagai bidang.

Gulazin berharap, kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dapat berlanjut di kepemimpinan Jokowi-JK.

“Kami sudah sukses dalam kerjasama di bidang ekonomi dan mencari solusi atas berbagai isu. Kami berharap langkah positif ini bisa berlanjut dan melaju lebih baik di bawah kepemimpinan Pak Joko Widodo,” tambahnya. (detik.com).

132 COMMENTS

    • Pada 2007 Rusia memberi fasilitas kredit belanja alutsista sebesar US$1 miliar kepada Indonesia.. Semoga datangnya utusan khusus Putin, Menteri Industri dan Perdagangan Denis Manturov sekaligus kembali menawarkan kredit belanja alutsista yg lbh besar kepada Indonesia..

  1. lare alit says:
    October 15, 2014 at 7:41 pm
    Hp lemot telat terus,tak
    banting sisan hp iki
    engko.mudah2an kemesraan
    ini janganlah cepat berlalu…
    amin.

    buat saya aja bung hp nya hehe

    @pak jokowi
    jangan lupakan kenangan bung karno dgn negeri beruang,biar nkri kuat.

    maaf cucu lancang

  2. Kedatangan utusan khusus om Putin untuk menyampaikan pesan, agar pemerintahan baru tetap menjaga & menjalin hubungan persahabatan yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Selain itu juga untuk memastikan, agar kepentingan Russia di Indonesia tetap terjada dan pemerintahan baru jangan berbalik haluan ke barat atau persahabatan yg sudah terjalin ini akan putus….

  3. β€œPemerintah kami mengirim utusan khusus untuk seremoni inaugurasi Pak Joko Widodo, beliau adalah Pak Denis Manturov, menteri industri dan perdagangan Rusia,” kata Dubes Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/10/2014).

    Beliau akan menyampaikan pesan: “Tu Su-35 kapan mau diambil? Mumpung masih hangat.”

    Hehehehe… #menghayal.com

  4. Utusan dr mr putin ingin skalian memberitahu ke pak jokowi,,,klo kilo nya masih kurang bisa di tambah lg sama amur dan akula…truz klo mw beli su-35 tar bisa di percepat khusus untuk indonesia…s-400 klo mw juga siap di obral…
    Xixixixi
    Cuma tebakan aja . Jangan di anggep serius

  5. jangan sampai Presiden Terpilih jokowi meniru Pak Harto yg terlalu Barat sentris padahal politik luar negeri Indonesia bebas aktif yg diwujudkan dalam gerakan Non Blok. itulah mengapa Rusia menagih hutang kepada Pesiden Soeharto waktu itu, padahal hutang tsb peninggalan Soekarno. seandainya Soeharto pada waktu itu bisa sedikit saja mengimbangi antara barat (amerika and the gank) dan Timur (Rusia dll) saya yakin seyakin-yakinnya Rusia akan berfikir dua kali untuk menagih hutang ke Indonesia, malah bisa jadi hutang tersebut diputihkan. πŸ™‚ πŸ™‚

      • Saya setuju dengan anda Bung @Ayoeng krn konon katanya Rusia juga berhutang utk memperkuat & mengembangkan Industri dalam negerinya. Indonesia salah satu Negara yg diprioritaskan oleh Rusia utk menggunakan produk mereka terutama Alutsista sekaligus mendapatkan Asistensi. Pertanyaanya siapa yg jadi KACUNG & siapa yg jadi RAJA? Kalau sampai Kacung datang nyembah-nyembah agar hubungan yg telah terjalin baik selama ini harus tetap dipertahankan atau ditingkatkan tapi RAJAnya malah cuek yaa jangan salahkan klw KACUNG akan berontak/melawan lalu meninggalkan.

        Saya jadi kangen sama Mbah BOWO nih yg selalu bicara Tiongkok. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  6. tdk ada yg istimewa atas hadirnya utusan moskow,suatu hal yg biasa jk setiap pergantian pimpinan akan di hadiri utusan dr negara2 sahabat…
    kita semua tahu negara2 mana yg mendukung penuh naiknya jokowi sbg presiden,yg pasti bkn rusia..jd terjemahannya sdh jelas!

    • mungkin rusia bukan negara yang mendukung penuh terhadap capres jokowi, atau capres lawannya. mengapa karna rusia mengerti benar apa itu dukungan apa itu tekanan. saya kira papa bear lebih menghormati apa yang menjadi pilihan republik ini, siapapun dia pasti menyambutnya dengan pelukan mesra sebagai seorang sahabat.lain hal dengan negara yang lebih condong ke satu pasangan,

      pertanyaannya
      1.seandainya yang terpilih menjadi presiden bukan jokowi – JK seperti apa sikap negara negara yang mendukung penuh tadi?
      2.bisakah mereka bersikap seperti rusia?
      3.rakyat bertanya ada apa dengan dukungan penuh dengan satu pasangan tadi

      salam kenal bung frans. salam hangat buat keluarga
      minum kopi bung.

  7. Bung Karno Rusia sentris, Bu Mega juga, Pak Jokowi semoga juga meneruskan kebijakan pendahulunya. Klo di Medsos Pak Jokowi sering di tuduh berhaluan komunis, klo berhaluan komunis mestinya bersahabat dg Rusia. IMHO

  8. setahu saya dulu waktu Mr.Putin ultah pak Sby nyanyi selamat ultah sama Mr.Puitn sambil main gitar,entar kalau pak Jokowi pas ucapin selamat ultah sama papa bear dengan apa ya, apa pakai gitar juga.
    Maaf only kiding .

  9. Sebagai salam perkenalan dan pesan pemerintahan Putin terhadap pemerintahan Jokowi supaya melanjutkan program MEF yg dirintis oleh pemerintahan SBY, dan proses pengadaan beberapa jenis alutsista ghoib&gahar dari Rusia untuk RI, supaya jangan sampai dihambat dan dibatalkan !

    • numpang jawab ya..dulu Soeharto dimane-mane pidatonya kaga pernah pake inggris, B. Indonesia melulu…tapo Wordl Bank, IMF ame IGGI (tau ga?..) kaga pernah berhenti pinjemin duit ke Indonesia, …Hu Jin Tao ame Xie Jinping same juga Cina melulu..eh negaranya raksasa ekonomi ye…kaga usah sok-so-an inggris ntra kaya pembantu di pondok indah lagi…

    • daripada cas cis cus di luar, saya lebih appreciate jika jokowi bisa menghentikan kebakaran hutan kronis yang membuat RI tampak gak becus di mata dunia (dulu pernah nyewa 2 beriev dari rusia dan terbukti efektif, tapi gak dilakukan lagi, mungkin yang menginginkan kebakaran menang -pokoknya banyak aneh2 emang di negeri ini)

      juga klo jokowi bisa mengangkat peringkat asian games RI dari kelas anak bawang ke sekitar 5 besar -up there where we belong, tempat dimana seharusnya kita berada sebagai salah satu bangsa terbesar asia…

  10. Presiden Rusia Vladimir Putin sdh menegaskan komitmen kpd Indonesia, ketika pertama kali ke Indonesia dia pernah mengutarakan rasa bangga & terkejutnya bahwa di Indonesia masih banyak yg mengingat memori indah hubungan mesra Rusia (dulu Uni Sovyet) yg dibangun Presiden Soekarno & PM Sovyet saat itu, Nikita Kurschev, dia mengatakan ingin melanjutkan HUBUNGAN YG MESRA itu, jadi kita semua rasanya sepakat di masa presiden Jokowi harus lebih ditingkatkan lagi, kita perlu Rusia (ukt Teknologi & Ipteknya) & Rusia perlu Indonesia utk pasar & sebagian bahan tambang & hubungan ini saling menguntungkan bukan Indonesia di exploarasi & exploitasi alamnya lalu diberi imbalan BARANG RONGSOKAN spt yg dilakukan AS & sekutu kpd kita, kita semua sepakat Jokowi sadar betul dgn hal itu & dia akan melanjutkan apa yg sdh dibangun oleh Bung Karno.

    • Bung heriyanto, apakah anda bisa memberikan pencerahan kepada saya tentang kedekatan calon Presiden terpilih dan si Ibu dengan Arkansas Connection dimana didalamnya termaksud partai demokrat yg sedang berkuasa di US dan Mr Obama sebagai simbolnya ??

      • Maaf ya bung Rafly, saya ngga punya datanya…
        tetapi bila kita bandingkan dgn dgn pertemuan rahasia presiden Soeharto & pebantu2 (yg disebut mafia Barkeley) dgn para konglomerat AS spt Rockfeller, Henry Kisingger, Roschild (pendiri Fed. Reserve) dll di Zurich, Swiss thn 1967 yg menghasilkan deal2, spt IGGI, exploarasi sumber daya alam (minyak & gas) oleh perusahaan AS, mobil oil, sampe Free port spt saat ini dst, lalu Seoharto akan dijaga kekuasaannya selama mungkin, sejauh analisa saya rasanya Jokowi bukan org spt itu, alasanya (1).dgn begitu terbuka media saat ini di Indonesia bila ada deal2 atau hub. spesial spt itu cepat sekali publik tahu, (2). Jokowi sadar ngga hal yg positif mengingat konstitusi kita saat ini membatasi masa jabatan presiden 2 x prioede …mudah2an analisa saya ngga melenceng..

        • Bung Heriyanto, era suharto dan era jokowi berbeda jadi tidak bisa disamakan.

          Utk alasan pertama, apakah kita tahu deal2 dibalik koalisi KIH atau KMP begitu juga deal2 dibalik pintu lainnya?

          Alasan kedua, yg namanya kesepakatan tersembunyi kita tidak pernah tahu, apa saja, bagaimana dan aturannya. Sy tidak sama sekali berpikiran negatif mudah2 kalaupun ada kesepakatan tujuan nya untuk memajukan Indonesia.

    • Saya juga lihat bantahannya bung danu disalah satu tv swasta, yg pelintir bukan wall street journal tapi koran dan tv lokal (MI & Mtv) tanpa ada klarifikasi pada beliau.

      Tapi sepertinya saya yakin lah apabila Jokowi tidak melanggar konstitusi, maka apapun usaha penjegalan tidak akan berjalan dan itu pula bukan yang di yakinkan para pimpinan parlemen?

      Karena sepertinya ada penggiringan opini publik yg memenginginkan ada pembully an di parlemen?

        • Hehehe… saya memegang prinsip asas praduga tak bersalah bung frans, hasyim berpikir utk membawanya ke dewan pers jadi kita lihat saja nanti. Masalah menyerang sangat masif bung, cendrung tidak objektif dan berimbang sesuai asas jurnalistik makanya 6 kali kalah terus dari tv kompetitornya.

          Bung KS, Arkansas Connection πŸ™‚

      • bung Rafly,

        ini kalimat yang bernada ancaman (pribadi),

        β€œYes, Mr. Jokowi there is a price to be paid,” he added, referring to Mr. Widodo by his nickname.

        Mr. Djojohadikusumo said he is motivated in part by what he sees as Mr. Widodo’s personal betrayal.

        sementara kredibilitas ‘Arkansas Connection’ apakah lebih baik dari ‘king university’ di brisbane yang fiktif?

        • Bung danu, harus dicatat pernyataan hashim dalam wawancara itu mengatakan.

          “Our long term aim at least for next five years is to be an active constructive opposition”.

          Yg artinya hashim secara khusus dan KMP pada umumnya, akan menjadi oposan selama 5 tahun kedapan dengan mengkritisi secara aktif dan konstruktif. Bila ada kalimat “ada harga yg harus dibayar” menurut saya adalah harga oposisi tersebut yg tidak berada didalam pemerintahan dan akan selalu mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yg tidak berpihak kepada rakyat.

          Oleh karena itu kita tidak perlu paranoid dengan keputusan oposan tersebut, malah sangat bagus utk demokrasi kedepan dan tidak perlu takut bila tidak melanggar konstitusi seperti yg saya sebutkan diatas.

          Untuk Arkansas Connetion saya kira kita tidak usah melanjutkan diskusi lagi, untuk menghormati suasana yg telah kondusif dan saya yakin teman2 disini juga sudah bisa mengetahui dari apa yg telah muncul kepermukaan sebagai penandanya.

        • …KMP sebagai oposan selama 5 tahun ke depan akan selalu mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yg tidak berpihak kepada rakyat…

          bagus ! !
          menteri memang hak prerogatif presiden, tapi DPR bisa mencecar dan membully habis2an dalam rapat dengar pendapat jika lelet dan kedodoran, lalu ingatkan presiden bahwa pemerintahannya tidak pro rakyat jika hak2 rakyat menjadi tertunda akibat menteri gak becus tsb…

          soal kartu kuning, bisa jadi yang memberi kartu justru yang salah.
          ingat insiden salah kartu merah arsenal, yang sengaja
          mendorong bola di depan gawang adalah alex oxlade chamberlain, yang diberi kartu merah kieran gibbs, padahal chamberlain udah ngaku ke wasit “it was me, ref !”
          kebetulan keduanya blasteran, hitam bukan, bule bukan…

          pak DI klo sampai memecat direksi BUMN pasti bukan karena ybs sekedar kurang cerdas, tapi karena brengsek kronis dan perlu dibuang daripada bikin busuk yang lain, lagian pranata hukumnya ada untuk itu.
          buang kursi di gardu toll karena antrian panjang tapi gardu kosong, petugas gak ada…

          klo yang begini dikartu kuning pantes aja kita kelas anak bawang di asia, PNG aja gak respek…

      • saya kok prihatiiiiiinnnnnn bgt dgn komentar bung talwar ini,….nevermind, ini alam demokrasi, setiap org bebas punya pandangan sepanjang ngga menghasut, memfitnah, memprovokasi dst.. NERVOUS sekali jika kita bilang Jokowi jadi presiden dgn bantuan AS, lalu saat ini militer kita sedang gencar2nya membangun kekuatan, memodernisasi persenjataan dimana mayoritas alutsistanya berasal dari Rusia dgn menhabiskan dana milyaran dollar AS hasil dari pajak rakyat, pasti AS ngga sudi, dia pasti minta Jokowi utk mem’banned’ alutsista itu & menggantinya dgn produk barat, itu akan jadi besi tua, sama persis spt saat peralihan dari Ore Lama ke Orde Baru, AS minta Soeharto utk membesi tuakan alutsista RI yg berasal dari Uni Sovyet & menggantinya dgn produk barat..dst, saat ini saja sangat jelas indikasinya Jokowi akan melanjutkan kebijakan yg sdh ada yaitu meneruskan perjanjian pembelian termasuk T.o.T dgn Rusia, jika Jokowi menjadi presiden krn bantuan AS, Jokowi ngga mungkin melakukan itu, , jadi bagi saya pandangan JOKOWI BISA JADI PRESIDEN KRN AS, TERLALU PREMATUR TANPA DIDUKUGN DATA YG VALID. kalah….he.he.he.he.he.he.he

  11. Memoar Kejayaan NKRI…Sngat Didambakn Oleh Bangsa Qta yg DiSegani baik Lawan maupun Teman…@Bung Heryanto Setuju pndpt anda,Semoga nie bukn pepesan kosong Brhrp Indonesia bs Sejajar dg Bangsa2 Besar n Kuat…Jaya Indonesiaku…

  12. sebenarnya ada yang mengganjal pikiranku sich.. ad hal yg ingin aku bagi..

    Bukan-nya tidak suka hanya ada sedikit… dengan Munculnya Wajah Bapak Presiden Terpilih di majalah TIME..

    It memang kebetulan atau pesenan ya ( ma’af bukan suudzon) hanya takut Teori Konpirasi ASU..

    moga kita bisa mengunyah dengan baik (tidak ada istilah kebetulan)…

    New Hope (Moga menjadi harapan baru bagi Indonesia, bukan menjadi harapan baru bagi kapitalis dan kolonialis)

    Salam NKRI

LEAVE A REPLY