Jan 262018
 

China kembangkan pesawat peringatan dini KJ-600 berbasis kapal induk yang mampu mendeteksi pesawat siluman. © Weibo

JakartaGreater.com – China sedang mengembangkan pesawat pengintai canggih yang dirancang untuk diluncurkan dari kapal induk terbaru serta dilengkapi dengan sistem radar untuk menemukan jet siluman, seperti dilansir dari SCMP Online.

Media pemerintah telah mengkonfirmasi untuk pertama kalinya pada hari Senin bahwa China membangun pesawat peringatan dini berbasis kapal induk pertama yang disebut KJ-600.

Pengumuman tersebut dikeluarkan saat Amerika Serikat mengerahkan jet siluman F-35 ke pangkalan militer AS di Jepang dan bagian lain Asia Pasifik selama setahun terakhir, untuk menantang pertahanan udara China di wilayah tersebut.

Pengamat militer China mengatakan bahwa pesawat KJ-600 ini akan dilengkapi dengan radar pemindai elektronik aktif atau radar AESA, yang dapat memungkinkannya untuk menemukan pesawat siluman seperti pesawat F-22 dan F-35 buatan AS.

Pakar militer yang berbasis di Beijing, Li Jie mengatakan bahwa pesawat pengintai baru tersebut juga bisa menjadi pusat komando di udara.

“Radar AESA dapat mendeteksi jet tempur siluman dalam jarak yang sangat jauh”, kata Li.

Dia mengatakan bahwa pesawat tersebut akan mengisi celah senjata penting dengan AS dan meningkatkan efektivitas tempur grup tempur kapal induk China.

Li mengatakan bahwa KJ-600 kemungkinan akan digunakan pada kapal induk ketiga China yang sedang dibangun di Shanghai dan kompatibel dengan sistem peluncuran elektromagnetik yang canggih (EMALS). EMALS dapat meluncurkan jet tempur secara lebih cepat dan efektif daripada menggunakan peluncur ski-jump yang saat ini masih digunakan pada dua kapal induk pertama di China.

Situs militer Eastern Arsenal yang berbasis di AS melaporkan tahun lalu bahwa KJ-600 sedang dibangun oleh Xian Aircraft Corporation, beratnya 25-30 ton, didukung oleh mesin turboprop kembar dan memiliki radar AESA besar di badan pesawatnya.

Bagikan:

  27 Responses to “Pesawat AEW KJ-600 China Bisa Deteksi Pesawat Siluman”

  1.  

    Woof

  2.  

    Gawat itu pespur f35 & f22 yg katanya bisa didetek

    Hahhaahaaaaa

  3.  

    Blm dpt dibuktikan,jika dah terbukti sangat bermanfaat

  4.  

    Makin superpower aja nih china, dgn gelontoran uang mereka memaksimalkan riset , dan ini hasilnya bisa jd game changer bagi pengguna f22 atau f35 , pespur siluman tdk bisa lg berleha2 atau gunakan hit n run

  5.  

    Sebuah radar AESA bisa mendeteksi pesawat siluman??? Lah F-35 dan F-22 pakai AESA semua dan lebih bagus. Kalo mau nyari J-20 dan J-31 udah ketahuan semua.

  6.  

    Saab mendukung pernyataan
    Presiden Joko Widodo tentang
    pengadaan alutsista yang
    transparan dan akuntabel. Saab
    telah masuk kedalam daftar
    Transparency International sebagai
    salah satu perusahaan pertahanan
    yang paling transparan di dunia
    oleh karena prinsip kami untuk
    menjunjung tinggi praktek bisnis
    yang etis. # GripenForIndonesia
    # SaabIndonesia

  7.  

    siluman kok di deteksi,datangnya siluman itu yg kerasa cuma bau sama hawa dinginya la kalu pesawat ya gesekan panas sama udara nya

  8.  

    Mantap jg China walau masih klaim sepihak dan belum botol pulpen, tapi semangat kemandiriannya diancungi 4jempol! Patut dicontoh PT.DI.he3