Agu 292018
 

AVIC AG600. (photo: Alert5 via commons.wikipedia.org)

Beijing, Jakartagreater.com  –  Pesawat Amfibi buatan Cina terbesar di dunia, AG-600, telah menyelesaikan uji coba penerbangan dari kota Zhuhai, provinsi Guangdong Selatan menuju kota Jingmen di provinsi tengah Hubei. Pesawat kini siap untuk memulai tes di atas air, ujar juru bicara Aviation Industry Corporation of China (AVIC), dirilis Sputniknews.com, Senin 27-8-2018.

Pesawat itu terbang di tiga provinsi China – Guangdong, Hunan, dan Hubei, ujar pihak perusahaan, tanpa menyebutkan tanggal mulai tes pada air. Pesawat telah melewati serangkaian tes sejak penerbangan perdananya pada bulan Desember 2018. AVIC mengatakan pada pertengahan Mei 2018 bahwa China diharapkan untuk memberikan AG-600 kepada pelanggan pada tahun 2022.

Pesawat ini adalah yang terbesar dari jenisnya tidak hanya di China, tetapi juga di dunia. Pesawat dirancang untuk memadamkan api dan melakukan operasi penyelamatan di atas air. Selain itu, AG600 dapat menggunakan peralatan tambahan untuk memantau lingkungan laut, lalu lintas penumpang dan barang, serta eksplorasi deposit mineral.

Pesawat ini dilengkapi dengan 4 mesin turboprop dan mampu menerima 12 ton air dalam 20 detik. Menurut pengembangnya, Aviation Industry Corporation of China (AVIC), AG600 memiliki pesawat sepanjang 130 kaki, lebar sayap 127 kaki, jangkauan penerbangan maksimum 2.800 mil dan berat lepas landas maksimum 53,5 ton.

Bagikan:

 Leave a Reply