Jul 242016
 

Pesawat Hawk 200 Lanud Rusmin Nuryadin (Rsn) Pekanbaru berhasil menjalani tes flight hari terakhir. Pesawat Hawk 200 telah menjalani tes flight sebanyak 3 kali dan dinyatakan berhasil. Dengan ketinggian 15.000 feet dan kecepatan rata rata 1000-2000 km/jam, test flight pertama di piloti Letkol Pnb Adhi Safarul Akbar dan selanjutnya oleh Kapten Pnb Made Yogi Indra.

Pesawat Hawk 200 Skadron 12 Lanud Rsn telah menjalani Major servicing dua yang merupakan perawatan tingkat berat setelah berada di angka selama 2000 jam terbang.

Setiap pesawat melaksanakan perawatan rutin baik tingkat ringan oleh Skadron masing masing, tingkat sedang oleh Skatek dan tingkat berat oleh Depohar.

“Pesawat Hawk 200 dengan nomer TT-0214 telah berada di Depohar 30 sathar 32 selama 10 bulan mulai 13 Oktober 2015 sampai 21 Juli 2016 “ ujar Dan Depohar 30 Kol Tek M. Yani Rudiansyah, S.T.SIP.

Kini pesawat telah kembali ke Skadron 12 Pekanbaru.

Pesawat Hawk 200 kembali ke Pekanbaru (MalangVoice)

Pesawat Hawk 200 kembali ke Pekanbaru (MalangVoice)

Menurut Dansathar 32 Letkol Tek Dody Kurniadi, perawatan pesawat ini meliputi Overhol aircraft yang notabene membongkar bagian-bagian penting dari pesawat sehingga waktu pengerjaan cukup panjang.

Pesawat Hawk 200 buatan British Aerospace (BAE) Inggris ini, banyak menjaga wilayah udara di bagian barat. Pesawat ini bermesin Turbo Fan 871 Adour twin-spool, mesin turbofan rendah dari Rolls-Royce. Tangki bahan bakar fleksibel dipasang di tangki pesawat dan compartmented yang berada di sayap. Hawk 200 juga memiliki tangki eksternal yang bisa dipasang di sayap bawah. Pesawat ini bergabung dengan TNI AU tahun 1996.

Sumber : Abdsaleh.mil.id

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  36 Responses to “Pesawat Hawk 200 Usai Jalani Perawatan Berat”

  1. Ini yg akan digantikan F-50.

  2. Jd kayak baru lagi donk….

  3. kecepatan 1000-2000 km / jam ?..bukankah kec hawk hanya subsonic.belum supersonic.mohon yang lebih tau menjelaskan.matur nuwun

  4. Sering jatuh …tapi cukup efficient Dan ..irit …
    Semoga segera diganti …dgn Grippen….
    Jangan lama lama …pak RR ..

  5. Suhu2, hawk aktif kita ada brpa? Ada radar dan dipersenjatai kah? Atau cuma sekedar pesawat latih?

  6. menkom sahsu, komen susah

  7. Kalo masih bisa di empowering dan diperpanjang masa pakainya kenapa harus di scrap…lumayan makin banyak koleksi pesawat…

    Ini harapanku apa harapanmu…??? Ahahahaha

    • Maksudnya tetep beli yg baru tapi yg lama kalo bisa diupgrade..:):))))

      • Casing boleh hawk, tapi mesin elektronik senjata avionik ganti gripen..joss

        • hawk 100/200 serie…ini pesawat bisa di sejajarkan dengan su 35/pakfa
          bila di upgread..siap menghajar su 35…china
          ha ha ha

    • Tidak efisien dan tidak cost effective.
      Total biaya upgrade lebih mahal daripada beli baru.

    • Misal aja nih,

      Saya punya HP nokia senter.
      Mau upgrade jadi layar sentuh, ada GPS, wifi, bluetooth, ya minimal sama seperti HP Samsung Galaxy Mini aja deh.

      Lebih murah mana kira-kira?

      • Hahaha..hp bukan pesawat bung..beda..

        Kunci jawabannya adl krn pabrikan hawk tidak mengembangkan jadi ya itu itu saja..yg dipasang..

        Beda dg gripen atau f16 bisa upgrade lebih mudah…tentu sparepart nya yg upgrade..plug and play..

        Itulah pesawat masa depan..bisa mudah untuk diupgrade..comat comot upgrade..

        Kira kira gitu kalo saya salah maafkan saya ya hahahajaha…

        • Itu yang kita harapkan dari proyek KFX/IFX sehingga tidak bikin pusing kita saat mau upgrade. Apalagi mikirin embargo sparepart 😀 😀

      • kayakanya kebih baik tdk usah diupgrade berlebihan yang penting bisa kompatibel dan presisi untuk gotong bom jatuh atau FFAR buatan dalam negri untuk misi serang darat….sidewinder sama canon Aden dibiarkan aja untuk pertahanan diri….atau habiskan sisa jam terbangnya sbgai pesawat latih bila sudah ada pesawat pengganti baru

        • Sebenarnya kalau masih ada peluang untuk upgrade, terutama upgrade persenjataan sih tidak ada masalah… apalagi bisa mengusung senjata MBDA Meteor misalnya, yang minimal bisa bikin tetangga jadi uring-uringan 😀

          Dalam sebuah perang, semua pesawat dapat berguna begitu juga pesawat yang terlihat sangat tua juga bisa menjadi berbahaya, karena lawan pasti akan sepele dan tertawa dalam hati… Pasti akan kaget saat tiba-tiba pesawat canggihnya di lock oleh hawk yang mengusung MBDA Meteor atau R-77 Vympel (dengan catatan upgrade bisa dilakukan oleh engineer kita tanpa sepengatuan negara lain).

          Hahaha…

  8. Hawk 200 kecepatan bisa 2000 km/jam ??.
    Garuk2 pala kumendan.

  9. Dgn badan yang kecil,kemampuan pilot terbang rendah, kemampuan menggotong rudal anti kapal permukaan, hawk bisa seperti rudal jelajah yang bisa diluncurkan mendekatin kapal lawan kemudian melepaskan 2-4 rudal anti kapal dr jarak 100-200km dr target di permukaan laut, pasti akan sangat efektif jika sekaligus 1 flight melakulan yang sama.

    Bravo!

    • Hehehehe… Pemikiran yang sederhana, tp yang menjadi masalahnya, tidak sesederhana itu untuk melakukan itu semua. Perbandingan mudahnya aja deh ya, saya punya komputer desktop dengan prosesor pentium III, rencana mau upgrade agar bisa maen Metal Gear Solid V. Maka sudah pasti yang harus diganti adalah mainboard, prosesor, ram, kartu grafis, power supply, harddisk, keyboard+mouse. Yang tersisa cuma Casing doang. Misal semua sudah jadi dan kita test main, dgn monitor jadul yg masih CRT dengan ukuran 14 inch. Kebayang gak sih gimana rasanya?

  10. Satu pesawat 10 bulan utk perawatan berat..wah2 perlu ditinjau ulang nih kesiapan Prasarana dan ground crewnya serta ketersediaan Sucad krn waktu nya yg terlalu lama utk sekelas Hawk

  11. Sekilas info “Militer Jerman Latih 100 Imigran asal Suriah Kuasai Teknologi”

  12. Jiplak aja, kalo berhasil minta lisensi untuk pengembangan lebih lanjut dengan body lebih besar & double jet engine..

  13. Comment:gunakan yang masih bisa sambil kumpulin dwet beli ya g baru.

  14. ne pesawat hawk udah pake avionik dari PT. Info Global itu ya …. ???

  15. Hawk ini jd backbone tni au krn paling byk populasinya…. ganti rudal sidewider terbaru pasti maknyuss… wassalam

  16. Lapor bung!
    Uy. . . .uhuy. . . .ane kembali lagi setelah sekian lama, wkwk. . . .ada jet tempur 4 uy di atas rumah ane. Lagi f0rmasi 4 muter2 gitu, suaranya makny0ss…baru kali ini ane liat pespur terbang dg jelas. Btw kira2 itu apa ya? Su30 kah? Apa f16? Terbangnya gk kenceng paling dibwh 1 mch.

  17. Rumah ane purworejo, jateng.

  18. penggantinya T50i??

  19. Bung CTNS… Itu T50 bung… Pas terbang agak rendah saya sempat perhatikan catnya biru motifnya kuning…. Sering latihan pagi….

  20. Mending ini dari pada sukro, yg harus mondar mandir ke ruski buat overhoul

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)