Feb 092019
 

JakartaGreater.com – Gambar terbaru yang beredar di internet menunjukkan Hornet F/A-18C Hornet berbalut warna hitam dari Naval Aviation Warfighting Development Center (NAWDC) sedang dalam penerbangan, dan dicat dengan warna yang sama seperti pesawat tempur Federasi Rusia.

Foto-foto tersebut dipublikasikan pada laman Facebook Scramble Magazine di hari Kamis, 6 Februari 2019 menunjukkan pesawat Amerika dalam penerbangan pelatihan di Naval Air Station (NAS) Fallon di Nevada. Posting disertai dengan beberapa foto pesawat yang dilukis dengan “skema abu-abu gelap/hitam itu” sangat khas dengan warna Sukhoi Su-30 Rusia.

“Skema ini secara khusus mengingatkan pada Su-30 yang beroperasi dengan Federasi Rusia – Penerbangan Angkatan Laut (AVMF-RF)”, menurut bunyi dari tulisan di Facebook tersebut.

Jet tempur Su-30SM alias Flanker-C Angkatan Udara Rusia © Alan Wilson via Wikimedia Commons

Pos itu juga diikuti oleh foto Su-30 Flanker-C Rusia yang terbang.

Ini bukan pertama kalinya AS dilaporkan mengecat pesawat tempurnya dengan warna pesawat tempur Rusia untuk mensimulasikan agresor.

Sebelumnya pada Januari lalu, komandan Wing 57 Brigjend Robert Novotny membenarkan bahwa F-16C Skuadron Agresor ke-64 AS yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada dihias dengan skema kamuflase pixel digital gaya Su-57.

Jet tempur siluman F-35 (atas) bercorak J-31 China dan jet tempur F-16C (bawah) bercorak seperti Su-57 Rusia © 57th Wing Commander via Facebook

Pesawat “agresor” dirancang untuk mensimulasikan pertempuran udara “secara realistis” melawan calon “musuh yang mungkin”, dengan perincian lain termasuk taktik, prosedur, tembakan SAM musuh yang juga direplikasi dalam latihan dan berdasarkan data intelijen AS.

Angkatan Udara A.S. memiliki sejarah panjang melukis pesawat agar terlihat seperti Rusia, China, Iran, dan calon musuh lainnya, bahkan kadang-kadang berlatih menggunakan MiG-21, MiG-29 dan Su-27 Rusia yang sesungguhnya, pada pangkalan-pangkalan yang tersebar di Alaska, Nevada, Virginia dan Florida.

  5 Responses to “Pesawat Hornet A.S. Tampak Berbalut Warna Gelap, Khas “Flanker” Rusia”

  1.  

    Sepertinya itu lebih mirip dengan camo Su-35 generasi awal 😀

  2.  

    negara yg katanya paling canggih kog.suka niru karya dari yg katanya musuhnya.
    dasar si amer parnoroid.

  3.  

    cat boleh di tiru.tapi kl model bentuknya kn beda.
    orng jg tahu mana sukhoi mana f18

  4.  

    Itu sih maksudnya supaya saat ketemu Flanker, si pilot cukup bilang “kita teman lho jadi jangan serang kami ya”, itu cara aman biar tidak bertempur sama Flanker

    😎 huehuehue