Okt 312015
 

kfx-1

Seoul – Badan Pembangunan Pertahanan Korea Selatan telah resmi mengatakan bahwa teknologi siluman disertakan dalam proyek jet tempur dalam negeri Korea Selatan, yang dijuluki KF-X.

Presiden Lembaga tersebut, Chung Hong-yong membuat pernyataan itu pada pertemuan pleno Komite Majelis Pertahanan Nasional pada hari Jumat, 30/10/2015.

Ditanya tentang bagaimana wujud dari teknologi canggih siluman Korea Selatan, Chung mengatakan dia tidak bisa terbuka mengungkapkan rinciannya, tapi teknologi siluman itu akan masuk ke jet tempur.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat menolak permintaan Seoul untuk transfer teknologi siluman untuk proyek pesawat KF-X, tetapi Korea Selatan telah mengembangkan teknologi sendiri sejak tahun 1997.

Chung mengatakan teknologi siluman Korea Selatan jauh maju dalam segi desain dan bahan, menambahkan bahwa diskusi sedang berlangsung tentang penerapan teknologi yang telah dikembangkan tersebut.

Kbs.co.kr

  44 Responses to “Pesawat KFX Mengusung Teknologi Siluman”

  1.  

    mantap

  2.  

    Topmargotop

  3.  

    semoga tidak cuma hisapan jempol semata

  4.  

    Generasi 5 yee bukan gen.4++ indonesia masih malu” buat mengumumkan ifx yg sekarang sedang di rintis joint production RI – KORSEL adalah gen.5 diatas f35 bukan f16 elbot dan kemampuany manuvery nanti diatas sukhoi xixixi

  5.  

    tumben sepi…absen Om diego

  6.  

    Dari desain yang dimunculkan, sudah kelihatan bahwa pespur ini nantinya akan mengadopsi teknologi steath

  7.  

    toff, lanjutken

  8.  

    Korea Selatan telah mengembangkan teknologi sendiri sejak tahun 1997.
    Chung mengatakan teknologi siluman Korea Selatan jauh maju dalam segi desain dan bahan..
    -_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_
    Indonesia Juga Lho , sejak Jaman Majapahit , Jauh Lebih Maju Lagi, Xixixixi 🙂
    Cuma blom ada yg berani mengaplikasikannya az

  9.  

    mantap

  10.  

    Hmm,.. dari desain gambarnya, kf-x/if-x spertinya perpaduan F22 dan F35,… good job,… lanjutken,….

  11.  

    masih menunggu berita engine dan radarnya . . . . . + berita taurus wkwkwk

  12.  

    Berharap banget proyek ini berjalan mulus. Kl emang bener kfx/ifx sama bahkan lbh canggih dr f35, keamanan project hrs bener2 diperhatikan. Jgn sampe kejadian klewang class terulang. Dan antek2 Asu yg di pemerintahan, dibungkam saja..

  13.  

    Semoga berjalan dengan baik, yang penting hati2 dwngan asu cu

  14.  

    kalau IFX teknologi silumannya pakai kain wewe gombel

  15.  

    Maaf nie anak TK numpang tanya,… yang dimaksud stealth itu apa hanya karena gak terdetek radar dan laser aja yah,… mohon pencerahan para master,…

    •  

      Mengenal Cara Kerja Teknologi Canggih Pesawat Siluman
      02 AUG
      Kemajuan zaman membuat teknologi dirgantara semakin pesat perkembangannya, pada saat ini ada tiga kubu kuat di dunia dengan teknologi pesawatnya yang sangat maju.

      Yang pertama tentunya Amerika serikat, kedua adalah Eropa dan yang terakhir adalah Russia. Ketiganya berlomba membuat pesawat tempur dengan teknologi yang lebih maju dari yang lainnya.

      Untuk urusan stealth yang memimpin tetap Amerika serikat, sedangkan Russia tak bisa diangap enteng dengan kelebihan-kelebihan manuvernya.

      Meskipun Amerika juga telah mengembangkan teknologi manuver yang tak kalah gesitnya dengan Russia seperti penerapan Thrust Vectoring, yang mana “knalpot” pesawat bisa berbelok-belok ke segala arah.tapi diantara semua teknologi tersebut yang akan dibahas disini adalah mengenai bagaimana pesawat mendapat julukan Stealth (indonesia: Siluman, bisa menghilang).

      Pesawat Siluman Buatan Rusia

      Ada beberapa pesawat mutakhir milik Amerika yang masuk kategori ini, yaitu pesawat F-117, F-22, JSF F-35, dan B-2.

      Untuk urusan Stealth sendiri bisa di akali pihak pabrikan dengan membuat design pesawat yang minus lekukan yang fungsinya adalah memperkecil sudut-sudut tajam yang bisa ditangkap oleh radar dan muncul pada RCS (radar cross section).

      Selain itu ada pula pesawat-pesawat yang sudah agak uzur seperti F/A-18 Hornet (walaupun tidak benar-benar uzur karena telah mengalami upgrade lebih dari 30 persen) yang melapisi beberapa bagian pada pesawat nya dengan lapisan anti radar seperti pada ujung-ujung sayap utama dan bagian ruder nya.

      Cara Kerja Pesawat yang Menggunakan Sistem Stealth (siluman)

      Pada gambar diatas Sebuah pesawat F-117 dapat menghindari radar karena pada desain pesawat tersebut memiliki minus lekukan sehingga radar yang datang dari musuh akan di pantulkan sehingga yang muncul pada monitor RCS musuh hanyalah dot-dot (titik-titik) yang sangat kecil yang bisa dianggap sebagai gerombolan burung dan bukanlah pesawat yang sedang menyelinap.

       Mirip cara kerja Burung Walet

      Pesawat tanpa sistem stealth (siluman)
      Gambar kedua ini adalah sebuah F-15 Eagle yang dalam desainnya banyak memiliki lekukan-lekukan tajam pada body nya sehingga dapat di tangkap oleh radar dengan baik dan muncul dalam monitor RCS sebagai dot-dot pesawat tempur yang menyusup.

      Mungkin seperti itulah gambaran mudahnya mengapa sebuah pesawat bisa lolos dari monitor pengawas musuh, namun begitu, pesawat F-117 ternyata memiliki kelemahan juga, pada saat konflik Yugoslavia, pesawat ini tertangkap radar dan tertembak jatuh oleh misil SA-3 SAM buatan Russia.

      Ternyata jatuhnya pesawat itu pada saat bom bay nya (pintu bom) dalam keadaan terbuka sehingga mungkin sudut-sudut tajam itulah yang tertangkap oleh radar kemudian di seranglah dengan misil darat ke udara tersebut (surface to air missile).

      Kesimpulannya, akan perlu penyempurnaan pada setiap generasi pesawat tempur, dengan penyempurnaan tersebutlah pihak suatu negara memperkecil jumlah korban jiwa yang berjatuhan.

      Pesawat Siluman Buatan Amerika

      Untuk mencapai ‘stealth’ ada 3 metode yang saat ini dikenal :

      Rekayasa bentuk (shape) seperti bentuk pada F117.
      Rekayasa material (Radar Absorbant Material) seperti pada U2 (generasi awal).
      Rekayasa teknologi lainnya : plasma stealth, efek pertama kali muncul di satelit sputnik Rusia, namun untuk pesawat sepertinya masih dirahasiakan.
      Namun, ultimate goal nya stealth yang ingin dicapai selain tak tampak di radar, juga kasat mata (seperti bunglon) dan saat ini juga sedang dalam penelitian.

      Kalau tidak salah pernah muncul di acara TV National Geographic tentang hal ini, menggunakan teknologi laser dan rekayasa material untuk membelokkan cahaya yang seharusnya dipantulkan sehingga objek dibelakang benda menjadi tidak tampak (benda jadi transparan).

      Seiring dengan waktu, teknologi radar pun berkembang untuk dapat mendeteksi pesawat stealth, antara lain radar ‘radio’, akustik, radar infra merah, radar thermal (panas), radar cuaca (setidaknya bisa mendeteksi tubulensi udara ketika pesawat melintas).

      Sumber : http://www.apakabardunia.com/2011/04/mengenal-cara-kerja-teknologi-canggih.htm

      Lumayan bung buat wawasan, ane juga masih belajar bung trondol..yg penting tetap semangat dlm belajar & optimis…

  16.  

    mantaplah gen5, berharap sih nanti desain yg gol, desain yg sayap delta alias yang seri c2xx, lebih orisinil daripada yg seri c1xx yg amerika banget

  17.  

    apa kira2 teknologi silumannya yg pernah di temukan oleh ilmuwan kita ya?

  18.  

    yakin tuh tehnology stealtnya dr korsel, apa mgkin tehnology stealtnya pake tehnology sendiri2/masing2.
    http://jakartagreater.com/teknologi-anti-radar-panglima-minta-uji-di-tank/

    •  

      Bahasa politisnye semuanye teknologi dari korea dah pokoke, kan yg pesimis selalu bilang indonesia bisa nyumbang teknologi apaan sih.?? Boro” teknologi duit aje kaga gablek bin kere dah gitu disuruh bangun dari tidur jgn kebanyakan mimpi katenye..blm tau die orang indonesia pinter”. Contoh: teknologi 4G yg lebih canggih dari 3G siape klo bukan orang indonesia yg menciptakanye..hehehe salam bung aabun..!!!

  19.  

    Wayahe Dulinan Catur’an karo Nyeruput Kopi.
    Ora Percoyo kui ayo dilok

  20.  

    Atas nama berdikari;
    dukung trus industri pertahanan dalam negri.
    Pelajari, inovasi, kembang dan tumbuhkan. Cintai. Dan pada akhirnya, tinggilah ilmumu, tinggilah pengabdianmu, tinggilah imanmu. Bersatulah engkau semua. EndonesSiAH.
    (#edisi_suratedaran_penghinaan) wkwk

  21.  

    salut buat korsel ! sampek presidennya ngemis2 ke pentagon utk dapatkan 4 teknologi inti buat KFX… ck ck ck , itu artinya begitu seriusnya korsel menggarap proyek KFX . harap maklum korsel lagi jor joran dg pesaingnya japan dan cina yg jg sdang kembangkan pesawat siluman clas gen 5 . indonesia sih enak gak ngikut ngemis tahu jadi dan dapat teknologinya… HAHA .

  22.  

    Ujian terakhir bila selesai produksi…lulus uji,lulus setifikasi karena pasti akan ada aroma politiknya yang mengganggu.waspadalah.

  23.  

    Akhirnya terbuka semua! Bocor.. Bocor..bocor! Korsel dan RI sdh “mengaburkan fakta” tntng gen pespur ini. Dngn tujuan usa ga akan merasa tersaingi oleh korsel n RI. Tpi apa mau dikata.. Emang ga mungkin ya mbohongi usa mslh design pespur! Kan mreka masternya dibidang itu! So mreka coba menghmbt perkembangn proyek kfx ini dngn jalan menolak tot 4 teknologi kuncinya! Tapi untunglah, jauh2 hari, skenario ini sdh diprediksi oleh korsel, dan mereka sdh mulai penelitian untk memproduksi sndiri ke 4 tekn.kunci tsb (wlo blm benar2 teruji dilapangn /battle proven.tpi lebih baik dgunakan dulu, smbil jalan nanti diperbaiki n dtingkatkan kmampuannya). N saat pespur ini jdi, gw yakin, pespur ini akan lebih gahar ktimbang f35, stealth, 2 mesin (jarak jelajah,manuver lbh baik, safety pswt lbh baik, kalo 1 msin rusak msh bisa trbng dng 1 msin yg lain), tentengan yg dbawa lbih banyak,apalagi kalo dtnjng dngn teknologi trkini,krna kfx lhir stelah f35! Harapan gw.. Kelak Kfx jg ditambahi radar dbagian blkng kyk su35,n jg dlengkapi rudal aam yg bisa nembak pespur musuh yg ada dbelakang! So diposisi ngejar ato dikejar, pespur ini akan “tetap akan menakutkan” bg lawan! Wah pasti lbh gahar lgi nanti! NKRI harga mati! 😀

  24.  

    ha ha ha ha

    need some beer

  25.  

    ada…! anak dan bakmie……mendunia bro