Sep 022019
 

Pesawat KT 1 B Woong Bee TNI AU. (@ TNI AU)

Yogyakarta, Jakartagreater.com,   Beberapa persiapan tengah dilakukan oleh Lanud Adisutjipto yang akan menggelar kembali kegiatan lomba lari Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR) 2019 yang merupakan lomba lari dengan beberapa variasi kegiatan lomba, Jumat 30-8-2019.

Setelah melaksanakan beberapa uji coba lintasan lari dan obstacle run, maka selama 2 hari ini yaitu Jumat dan Sabtu 31-8-2019 dilaksanakan kegiatan latihan Dynamic Show yang akan tampil pada 1 September mendatang.

Jupiter Aerobatic Team yang merupakan team aerobatic kebanggaan Indonesia melaksanakan sesi latihan dengan menampilkan 16 manuver di atas langit Yogyakarta. Sebanyak 6 pesawat KKT-1B Wong Bee di bawah pimpinan leader Letkol Pnb Marcell Dirgantara. “Latihan intensif terus dilaksanakan agar pada hari “H” pelaksanaan dapat menampilkan performa terbaik kepada masyarakat”, jelasnya.

Selanjutnya dilaksanakan sesi latihan Bravo Flight dibawah pimpinan Letkol Pnb Frando Marpaung menggunakan pesawat latih Grob 120 TPA dan di sesi selanjutnya langit Yogyakarta digetarkan dengan hadirnya 6 pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 dan pesawat T 50 i Golden Eagle dari Skadron Udara 15 Lanud Iswahyudi Madiun.

Dalam latihan tersebut, pesawat tempur TNI AU ini melaksanakan flypast formasi arrowhead dengan posisi tiga pesawat F 16 dan tiga pesawat T-50i. Untuk sesi latihan terjun payung juga telah dilaksanakan sehari sebelumnya yang diikuti oleh para peterjun TNI AU dan FASI DIY.

Menurut Ketua Panitia AUOR Danskadik 104 Letkol Pnb Muhammad Sugiyanto menyampaikan bahwa kegiatan AUOR yang sudah terselenggara kedua kalinya akan mengambil tema Go Green yaitu event dengan konsep ramah lingkungan serta mengkampanyekan untuk mencintai lingkungan hidup dan mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga lari.

Selain itu keunikan lain dari acara ini adalah merupakan lomba lari yang memadukan olahraga militer kepada masyarakat. Event ini juga merupakan salah satu sarana TNI AU untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada TNI AU serta Dirgantara Indonesia.

Gelaran AUOR ini juga merupakan kesempatan emas bagi masyarakat untuk dapat melihat secara langsung Pangkalan TNI AU Adisutjipto. Yang tidak boleh terlewat adalah adanya display Drumband Taruna AAU Gita Dirgantara, static show dari pesawat-pesawat TNI AU, FASI dan Automotive Show serta Bazaar bagi pengunjung. Esok hari Minggu akan dilaksanakan start dari Museum pesawat TNI AU Dirgantara Mandala mulai pukul 06.00

Lebih lanjut disampaikan akan ada beberapa kategori yang akan digelar dalam kegiatan ini yaitu Race Category 5 K (Fun Run) dan 10 K (Kompetisi) kategori Pria dan Wanita, kemudian kategori Obstacle Run baik personal, militer maupun kelompok (4 orang/kelompok) dan Kid Dash (500 m) khusus untuk anak-anak. Beberapa hadiah menarik akan senilai puluhan juta bisa diraih para peserta lomba lari ini. (tni.mil.id)