Jan 182018
 

Pesawat latih CN-235 militer Turki. © DHA

JakartaGreater.com – Tiga awak pesawat latih CN-235 tewas pada hari Selasa setelah pesawat tersebut jatuh di provinsi Isparta, Turki selatan, kata gubernur tersebut seperti dilansir dari laman Daily Sabah. (17/1/2018)

“Tim penyelamat mencapai bangkai pesawat di lokasi terpencil di distrik Yalvac”, Gubernur Sehmus Günaydin menambahkan.

Dia mencatat bahwa ada kabut tebal di daerah tersebut, yang kemungkinan merupakan penyebab kejadian tersebut.

Angkatan Bersenjata Turki (TSK) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat latih CN-235 tersebut berangkat untuk penerbangan latihan rutin dari Komando 1st Jet Base di provinsi Eskisehir tengah pada pukul 11:03 waktu setempat dengan dua pilot dan seorang teknisi.

Sambungan radar hilang dengan pesawat sekitar pukul 12.50 WIB, dan tim penyelamat mencapai lokasi kecelakaan pesawat di sebelah utara Danau Egirdir sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Ini adalah kecelakaan pesawat CN-235 keempat dalam sejarah Angkatan Bersenjata Turki, yang saat ini merupakan operator pesawat terbang terbesar yang memiliki 59 CN-235 untuk angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Kecelakaan pertama terjadi pada 19 Januari 2001 yang menewaskan tiga awaknya dalam sebuah kecelakaan di provinsi Kayseri tengah.

Kecelakaan paling mematikan terjadi pada tanggal 16 Mei 2001, ketika sebuah pesawat pengangkut CN-235 membawa 34 tentara, para kru dan pasukan komando, yang juga dikenal sebagai “baret ungu”, jatuh di provinsi Malatya timur tanpa ada korban selamat.

Dua hari kemudian, empat tentara tewas saat CN-235 jatuh di Ankara, yang memicu kemarahan publik terhadap kualitas pesawat tersebut.

CN-235 adalah pesawat angkut jarak menengah bermesin ganda yang dikembangkan oleh Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) Spanyol dan Indonesian Aerospace (PT Dirgantara Indonesia), yang sebelumnya dikenal sebagai IPTN.

  26 Responses to “Pesawat Latih CN-235 Militer Turki Jatuh di Isparta”

  1.  

    Ohh no…

  2.  

    Yes…

    •  

      Pesawat buatan setengah anak negri 4x jatuh dari tahun 2001 sampai sekarang, cuma 4 yg jatuh, frestasi yg bagus

      Hahhaahaaaaa

      •  

        Yah, lumayan bung, oleh karena itu kita jangan terlalu berbangga sampai menyepelekan produk negara lain seperti China misalnya… Mungkin kita saat ini bisa berdalih karena yg jatuh itu bukan rancangan kita murni karena masih kerjasama dengan CASA. Setidaknya ini dijadikan pengalaman buat persiapan produksi IFX nantinya, agar betul-betul dipersiapkan sebaik mungkin…

  3.  

    Ada apa ya kwalitasnya???

  4.  

    Si mimin koq gak ada informasi kelanjutan penandatanganan pembelian Su-35 ya? apa jangan-jangan si mimin udah kapok kena PHP? wkwkwkwk 😆

  5.  

    waduh!! ke empat?

  6.  

    Waduh, apes tenan sampe 4 yg kandas. Perlu menjadi perhatian bagi PT.DI!

  7.  

    Hebat ya turki…punya cn-235 sampai 59 biji, lha kalo disini mantan punggawanya malah lebih bangga dengan C-27 buatan negara lain

  8.  

    Pesawat jatuh karena ada kabut tebal, bukan pesawatnya yg bermasalah, pilotnya nekat.
    Secanggih apapun itu pesawat, kalau sudah wayahe jatuh, ya jatuh juga….yaaa namanya aja hukum gravitasi bumi.

 Leave a Reply