Jul 172014
 
Pesawat Boeing milik Malaysia Airlines (Planespotter/Bruno Muthelet)

Pesawat Boeing milik Malaysia Airlines (Planespotter/Bruno Muthelet)

Pesawat Malaysia Airlines Boeing 777 dilaporkan jatuh di Timur Ukraina, Kamis 17 Juli 2014. Pesawat ini diketahui melakukan penerbangan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur.

Seperti diberitakan CNN, Pesawat ini jatuh di dekat perbatasan antara Rusia dan Ukraina. Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Pesawat tersebut sempat tertangkap radar Ukraina dan dinyatakan menghilang dari radar, saat di ketinggian 10.000 kaki. Pesawat dinyatakan hanya hilang kontak dan tidak ada laporan dari kru bahwa pesawat mereka mengalami kerusakan.

Pesawat Malaysia ini diduga jatuh di wilayah Ukraina yang pro Rusia. Sampai saat ini belum diketahui, apakah pesawat tersebut ditembak jatuh atau karena penyebab lain. Yang jelas, sebelum menghilang dari radar, tidak ada laporan dari pilot, jika pesawat mengalami kerusakan.

Sebelumnya pada 8 Maret 2014 pesawat Malaysia MH370, dinyatakan hilang secara misterius setelah hilang dari radar. Seharusnya pesawat jenis Boeing 777-200 ER itu tiba di Beijing pukul 06.30 di hari yang sama. Saat itu MH370 tengah mengangkut 227 penumpang dan 12 kru. Pencarian yang dilakukan oleh beberapa negara, memasuki bulan kedua, masih belum membuahkan hasil positif. (vivanews.com).

Bagikan:

  189 Responses to “Pesawat Malaysia Airlines Jatuh di Ukraina”

  1.  

    cepot@konteksnya beda kawan..di sana bermuara dr provokasi,lg an keduanya sm2 bersenjata..saling serang

    •  

      bener bung frans sama-sama bersenjata????tuh banyak anak kecil yang hilang kepalanya, tubuuh tinggal separuh…itu yang menurut anda sama sama bersenjata???

    •  

      frans memang genius….tapi sayayang otak dan hatinya tinggal separo.

      *merkava itu ga mempan sama ak 47 apalagi lemparan KRIKIL

      *f 16 itu tdk bisa diketepel

      *iron dome ga mempan sama roket rakitan

      BALASAN ZIONIST ISRAEL BERLEBIHAN DILUAR PRIKEMANUSIAN…@fransiskuszionisuskritus.

  2.  

    turut berduka cita warga indonesia yg turut menjdi korban

  3.  

    Hmmm… Jadi inget kisah 747 yang d tembak Su-15 Flagoon saat melintas d area terlarang kamchatka

    •  

      sdh pernah dibabar, pesawat rusia ngejar pespur mamarika. tuh pespur dgn licinnya bersembunyi di balik bayang maksudnya menempel dekat 747. udh pernah difilmkan juga dibintangi van damme…cmiiw

  4.  

    Bukan Berprasanka buruk/menuduh cuma mencurigai klo kejadian ne ada sebuah Konspirasi intelejen tingkt tinggi di balik kejadian jatuhnya/tertembknya Pesawat MH 017ne.
    1.Wilayah Donetsk,Ukraina timurne adlh Daerh yg sedang dilanda konflik antara milisi Pro Rusia vs Militer Ukraina yg di dukung penuh oleh NATO.
    2.Pemerintah Ukraina yg di dukung penuh oleh NATO tdk menginginkn kalo Donetk menggabungkn diri ke Rusia.seperti kasus Crime,sehingga Pemerinth Ukraina+NATO akn melakukn apapn.”Apapun” termasuk insiden MH 017ne
    3.Sudh tau kalo Donetsk ne sedang di landa konflik militer dan jg sipil..ko tdk mengmbl rute lain yg lebih aman.
    4.Dari ketinggian 33000 kaki ko Pilot MH 017ne menurunkn ketinggian sampai jangkauan tembk BUK mk2 di Perbatasan Rusia.
    5.Begitu cepatnya media Ukraina,menyimpulkn tanpa penelitian yg mendalam.klo Pesawat MH 017ne di tembak oleh SAM jenis BUKminah milik Rusia.seolah-olah sdh mengetahui seblm
    kejadian tertembknya MH 017 tersebt.dan trs di blow up oleh media2 barat.

    Terus apa keuntungan Pemerintah Ukraina dan NATO akn Konspirasi tersebt:

    1.Dengan insiden MH 017ne Pemerintah Ukraina dan NATO dengan Alasan
    Penyidikn.akn membasmi milisi Pro Rusia baik lewat Operasi Militer maupn intelejen.
    2.Dengn tertembknya MH 017 maka Rusia akn di bully oleh Pemerintah Ukraina dan NATO.lewt Penggiringn Opini lewt Media2 Barat.
    3.Dengn mendiskriditkn Rusia maka Rusia akn di kecam oleh Dunia Internasional.
    4.Dengn kecaman Dunia Internasional maka Rusia akn melemah daya tawar dan diplomasinya.sehingga akn kesulitan untk mengngakuisisi Donetsk.
    5.Dengn melemahnya Rusia krna kecaman Internasional,maka akn mempermudah Pemerinth Ukraina dan NATO untk membasmi Milisi Ukraina.
    6.Nah dengan kejadian seprti itu yg mrupakn langkh awal untk menuju Bergabungnya Ukraina ke Aliansi NATO.

    Ko sampai mengorbnkn Pihak Maskapai Malaysia air dan jg Perusahaan Raksasa sekelas Boing.apalagi sampai mengorbankn Penumpang MH 017.???
    Masih ingatkah tragedi WTC!!!
    SALAH SIAPA?PERBUATAN SIAPA!?NUDUH SIAPA?!APA YG DI DAPAT?!!!
    LUUAARR BIIIAASSAA.

    Jd Ingt dengan tindakan Israel memborbardir Jalur Gaza secara membabi buta,mengapa Israel menyerang Gaza pd waktu yg tepat.mungkin:

    1.Melemahkn Posisi Mesir dengn cara menggulingkn Presiden Morsi yg padahal terpilih secara Demokratis walaupn menang tipis.dengn cara Demonstrasi yg
    akhirnya Kudeta Militer.yg di dukung oleh Pihak zionis dan barat.sebab klo Morsi tdk di gulingkn akn menjadi ancaman bg Israel.krna Morsi adalh dr Organisasi Ikhwanul Muslimin yg sangt mendukung Perjuangan HAMAS.
    2.Mengkacaukn Suriah dengan Perang Saudara.yg mengkotak-kotakn antara Suni dan Siah.dengn kekacauan di Suriah maka Hizbullah turun untk membantu Basyar al asyat begitu pula Iran.tp untk Hamas tdk terpancing untk membntu Pemberontk Suni yg memerangi asad.

    Dengn Kekacauan di sekitar tetangga Palestina trutama Jalur Gaza.maka Israel melancrkn serangn terhadp Jalur Gaza dengn alasn yg mengada-ada.
    Dengan melemahnya Mesir,Suriah dan Hezbullah.makaharapn Israel adalah Hamas akn menghadapi serangn Israel sendirian.tanpa solidaritas/bantuan serangn dr Hizbullah maupn Suriah.dan bantuan Kemanusiaan,sandang,Pangan.lewt perbatasan Mesir di Rafah.
    Bagaimana mungkn mesir membntu krna Pemerintah mesir sekrng lebh pro zionis.Suria?apalagi?!sedang menghadapi pemberontakan di dalm Negri.
    Hizbullah jg sedang di sibukn untk membantu Pemerintahan Basyar Al Asad.
    Yordania?!
    IMHO
    Ma’af klo ada yg kurng berkenan.

    •  

      Analisa yg sangat Baik & Cerdas utk yg ngakunya seorang cewek remaja setingkat SMU nih 🙂 🙂

      Like This

      •  

        anehnya lagi International Civil Aviation Organization menetapkan kawasan ini aman untuk penerbangan (?)

        Saya juga ragu kalau memang mereka masih di ketinggian 10000 meter , lha wong tuh pesawatnya gak meledak di udara kok …

        maaf kalau salah pendapat anak sma

    •  

      setuju mister hapsari n de-ka

    •  

      analisa yg superb sis….

      gerombolan berat mmg terkenal licik… selain analisa itu sis…
      ada yg lain coba baca kisah tenggelamnya kapal ferry Lusitania, yg membuat asu ikut PD 2..
      orang goooblokkk mana yg masuk kedalam area perang…
      padahal sebelumnya 1 minggu sebelumnya…
      jerman sudah memperingatkan kalau misal Lusitania melintas di area PANAS…. jerman tidak dapat menjamin keselamatan ferry tersebut…

      pas ketembak…. rame rame media massa asu menggiring opini perangi jerman..
      padahal sebelum itu survei 89 rakyat asu ga pengen perang sama jerman…
      sehabis Lusitania ketembak, berbalik 89% pengen perang..
      ini kesuksesan media dan pemerintah asu menggiring opini publik…

      ASU GA RAGU MENGORBANKAN BANGSANYA SENDIRI DEMI TUJUANNYA..

    •  

      Setuju. Dan pbb langsung kirim pasukan Nato. Bnd. Sipil gaza.

      Inilah skenario world bank, imf dan pentagon menaklukkan dunia.

      Bnd. Peran imf dalam perang di Iraq dan indonesia

    •  

      suriah dan iraq melemah,ISIS menguat..

    •  

      Kalau begituu analisisnya bagaimana dengan bangsa indonesia kita ini yang akan menghadapi tanggal 22 juli….. semoga kita bisa selalu waspada akan rencana2 mengacaukan negara kita…. semoga rakyat indonesia selalu di berikan kekuatan hati dan pikiran yang jernih oleh Tuhan YME…. amiiiin…. Mari kuatkan rasa persatuan dan kesatuan… jangan mau di adu domba….

    •  

      ane setuju! ibu hapsariputri,

    •  

      jelas jelas ada kesengajaan dari prusahaannya yg mau dibayar sama mamarika

    •  

      kalo ini betul, alangkah mahalnya harga yang harus dibayar oleh Malaysia (dan negara2x penumpang). Apakah semahal itu jadi kacung ya? Jadi inget film kungfu yang ada geng kapak itu

  5.  

    klo di lihat dr video jatuhya mh17 meledak saat jatuhya di darat bukan terbakar di udara kemungkinan bukan karna misil buk me2.klo di hantam buk me2 pasti terjadi ledakan di udara menimbulkan bola api di udara.apalagi pesawat hanya berada di ketinggian 10.000 ft.kemampuan buk me2 72.000 ft klo bener ketinggian 10.000 ft sja pasti pesawat sudah hancur lebur di udara jika di hantam buk me2.

  6.  

    menanti investigasi lbh lanjut dr kedua media (Pro Barat n Rusia) br proporsional..

    turut berduka cita..

  7.  

    Pertama turut berduka cita atas tragedi ini… Kedua ane sedikit binggung..kenapa terbang di atas wilayah yg sedang ada konflik? Masalah pesawat di hantam pecel buk minah yg pake karet 2 juga aneh..

  8.  

    turut berduka cita atas jatuhnya MH 17…katanya ada warga Indonesia yang jadi korbannya juga

    (semoga amal ibadah mereka diterima disisinya)….Amiennnn

  9.  

    Penembakan pesawat bukan hal yg baru di daearah itu, hanya saja kali ini yg ditembak bukan pesawat kargo militer. Selamat menikmati “embargo” udara utk ukraina. Ikut berduka utk para korban.

  10.  

    Jika ini kmnspirasi antara asu dan sekutunya atau sebaliknya rusia dan sekutunya,semoga dihancurkan keduanya,dan malaysia tdk menuduh indonesia.

  11.  

    Video amatir jatuhnya MH17. “Kebetulan” berada pada saat dan tempat yang tepat.
    http://www.youtube.com/watch?v=RyxIiW9m2mM

    •  

      harusnya memang kebetulan bung Loai, karena sangat sulit memprediksi dimana lokasi persisnya pesawat akan jatuh, salah2 malah ketiban sendiri…

    •  

      Nah…aneh kan bung @loai.

      Coba bung buka arsip dan analisa 911, kalau dicermati kejadian tersebut, ga aneh pesawat segede itu bisa ngilang terus nyungsep. Hebatnya lagi pas ada yg videoin.

      Lebih gila lagi, opini publik digerakan secara sistematis melalui media…..hayo, siapa coba yg mampu bikin huru hara begitu.

      •  

        bung wisnu_dewe,

        rekaman video pesawat pertama yang membentur WTC dibuat oleh jules naudet yang kebetulan (bersama saudaranya gedeon) sedang membuat film tentang aktivitas petugas pemadam kebakaran new york city -pengambilan gambar telah dilakukan beberapa hari sebelum 9/11.
        jules berada di tkp karena ada laporan ke pemadam kebakaran tentang gas bocor.

        rekaman video pesawat kedua 20 menit kemudian jauh lebih banyak karena para wartawan telah berdatangan (bahkan ada siaran live di cnn -yang kebetulan saya saksikan)

        http://en.wikipedia.org/wiki/Jules_and_Gedeon_Naudet

  12.  

    Turut berkabung……by the way USA juga pernah menembak jatuh pesawat sipil Iran sekelas Airbus. Ditembak dari kapal Aegis class. Captain Aegis yakin kalau itu adalah F 14 Tomcat Iran. Pentagon bikin team investigasi, dan hasilnya Captain USS dinyatakan tidak bersalah malah beberapa waktu kemudian sang Captain kapal Aegis class itu diberi medali penghargaan! Pihak investigasi international menyatakan bahwa Kapal Aegis class merontokkan Airbus Iran diwilayah laut Iran

  13.  

    Turut berduka cita untuk seluruh korban MH 17
    di TV Astro Awani lagi hangat2 di beritakan nih tkp langsung streaming untuk berita lengkap nya http://www.astroawani.com/videos/live

  14.  

    Innalillahi Wainna ilaihi Roji’un.. Turut berduka cita dengan Musibah ini.

    semua kemungkinan bisa saja terjadi, ditunggu saja hasil Investigasinya.

  15.  

    turut berduka buat keluarga korban yang ditinggalkan. jika milisia pro rusia yang melakukan pastilah blunder yang parah. ataukah korban remote ?

  16.  

    turut berduka cita

  17.  

    eh bung nara nongol, bung satrio juga kelihatan apakah ini indikasi suasana dalam negeri sudah berangsur angsur aman terkendali, terus isu black sniper yang beredar gimana bung….

    moga2 pihak tni polri bisa meredam……

    trus apa ada bocoran dikit bung ngapain tuh si bill clinsky dateng ke mari….. apa ada hubungannya dengan penegasan capres pilihan mamarika ….

  18.  

    Turut berduka cita………ini adalah peringatan agar kita selalu BERHATI – HATI ….

  19.  

    harus nya MH17 tidak terbang di daerah konflik,
    USA, australia, dan korsel, sendiri sudah mangubah rute nya,,

  20.  

    Korban WNI pd MH 017 11 Orang Dewasa &1 balita.
    Innalillahi waina ilaihi rojiun…
    Puput turt bela sungkawa ats Korban MH017ne.
    Mungknkh nanti:
    1.Pemerintah Ukraina &
    NATO akn membonceng
    Tim Investigasi
    Internasional.dengn tujuan/
    agenda untk Membasmi
    milisi Pro Rusia di Donetsk.
    2.Hasil akhir dr Investigasi
    Internasional kemungkinan
    nanti akn menyudtkn Rusia.
    dengn Alibi Di tembk oleh
    Alutista buatn Rusia di
    perbatasan Rusia.
    3.Alibi-alibi inilah yg akn
    terus di blowup oleh
    Pemrnth Ukraina &
    NATO.baik lewat media
    maupn lewt lobi di PBB.
    4.Akhirnya Rusia mendapat
    tekanan & kecaman dr
    Dunia Internasional.
    5.Tekanan Internasinal
    inilah yg nantinya akn
    menghasilkan Resolusi
    Dewan Keamanan(katanya),
    PBB.dengn alasan Rusia
    melanggar Hukum Militer dan Internasional.
    6.Resolusinya adlh dengan
    mengirimkn Pasukan
    Perdamaian(katanya),PBB
    padhl untk legatimasi
    masuknya Pasukn
    NAT dengn kedok Pasukn Perdamaian.untk
    menguasai kota Donetsk yg
    saat ne dikuasai oleh milisi
    Pro Rusia.ini di kuatkn
    dengn di Perkuatnya
    pasukan dan Alutista NATO
    di Perbatasan Rusia Timur.
    7.Setelah Militer PBB”NATO”
    Menguasai Kota Donetsk.akn melakukn perluasan ke Kota Luhank dan daerah lainnya di Ukraina Timur,untk membasmi milisi Pro Rusia.
    8.Setelah di kuasai & di kendalikn. Ukraina sepenhnya…maka tinggal langkh selanjtnya Untk menggabungkn Ukraina masuk Aliansi NATO seprti tetangga lainnya yg lebih dl mask Aliansi NATO.pasca Runthnya Pakta Warsawa di Era Unisovet.

    klo di Ukraina Pasca tergulingnya Presiden Yanukovic yg Pro Rusia.oleh konspirasi Barat.trs menggantinya dengn Presiden sodagar Kaya ketek eh Kaya raya yg Pro Barat.maka tinggal langkh beriktnya menggabungkn Ukraina ke Aliansi NATO.
    Klo Pilpres di Indonesia Bagaimana ya!?
    biar Masyarakt nantinya yg akn menilai bahwa Presiden pilihan kita ne yg terpilih akan…
    ya apapn Itu yg penting rakyt adil makmur,aman,sentosa
    cukup sandang pangan.
    sekolah ya aman2sj.

    •  

      Tinggal langkah Rusia untk menangkl,mengntisipasi atw Kontra Intelejen untk menggagalkn Konspirasi tersbt.langkh awal sdh di temukannya Blackbox oleh milisi Pro Rusia di Donetsk dan langsung di bw ke moskow..hmpr bersamaan dengn Pemberitaan di tuduhnya intelejen KGB/SVR di balik Penembakan MS017,oleh seorang mantan Dubes AS.wah rumit ne kalo sudh mask ranah Intelejen.tak nampak,tak bersuara tau-tau..!?
      ma’af klo da yg kurng berkenan.

  21.  

    wedus@yaaah masak beli rudal yg cm bs nembak pesawat sipil yg tdk memiliki kecepatan sangat rendah..tak bersenjata lg,kemampuan rudal rusia meragukan

  22.  

    Hendaknya jangan berlebih-lebihan tentang Israel/Yahudi..mereka maunsia biasa, mrk memang cerdas krn genetik turun temurun & pola makan dll,,mrk adalah sekelompok manusia yg kebetulan saat ini mendapat sokongan tanpa batas dari negara2 maju & kuat secaara Militer spt USA, Inggris, Perancis dll.bgmnpun jg mereka bisa dikalahkan,,jika seandainya saat ini tdk bs dikalalhkan hal tsb lebih krn peran negara penyokong & kondisi Palestina yg diIsolasi, tdk boleh memiliki senjata berat dsb,,jg negara2 Arab yg diikat oleh USA,, ingat sejarah Israel/Yahudi,,berabad2 jg menjadi bangsa terjajah, dijadikan budak negara sekitar,,sehingga komunitas Yahudi terpencar dan tdk memilik tanah/negara,,sampai kemudian mereka menduduki tanah yg telah lbh dari 1500 thn ditempati arab Palestina sekarang…

    •  

      @itto israel memang lebih…, krn mereka bagian dr skenario besar utk mendirikan satu nwo, perdana mentri israel selalu keturunan askenazi, ras paling bengis dan paling jenius yg membentuk zion, ras ini telang menguasai dunia +-200thn terqir, ras ini memanfaatkan yahudi islam dan kristen utk kepentingannya, keluarga inti dr yahudi askenazie telah menguasai hampir semua uang di dunia melalui bank sentral, seseorang dari mereka jg memimpin kartel minyak dunia, peredaran emas dan permata, narkoba, hampir semua benih, hampir semua pupuk, semua imunisasi dll yg tentu saja mengendalikan kita, dulu mereka dijajah, namun faktanya hari ini mereka mengendalikan hampir seluruh negara di dunia kecuali, iran korut cuba, termasuk menginjak2 nkri naif nya kita tdk merasa. IMHO

      •  

        Trimakasih bung @theyownitall: setuju dngn pndapat anda..
        Israel mm ditakdirkn Allah mnjdi bngsa unggul tp miskin iman.. mrka lbh cinta dunia n takut mati.. mknya tdk heran mrka mnghalakn sgala cara untk mncpai tujuan mrka yaitu The order new world ( tatanan dunia baru) lewat 1 kpemimpinan .. dngn menguasai setiap sendi khidupan.. poleksosbud dan hankam srta brbgai mcm organisasi dunia imf,world bank, PBB adlh slh satu lmbaga kaki tngn mrka..jd waspdalah sadar/ tdk bngsa kt sdh dlm cngkraman yahudi ..

  23.  

    bs dijelaskan bung “pesawat sipil yg tidak memiliki kecepatan sangat rendah”….??berarti pesawat sipil super cepat dong,,hehe

  24.  

    yg paling diuntungkan adalah sang pelaku, sedangkan yg lebih diuntungkan lagi ya dalangnya

  25.  

    turut berduka cita kepada semua keluarga korban..

    Kalau pun memang ini konspirasi, lagi2 kenapa malaysia yang selalu di umpanin ya?

    Sukur Alhamdulillah bukan Indonesia yang di umpanin..walopun dari dua kejadian tersebut terdapat warga Indonesia

  26.  

    menyerang tidak berani.otomatis dgn cara konspirasi bisa terjadi,….. turut berduka cita atas musibah ini.

  27.  

    apakah ini inisiasi dari peramng dunia ke tiga???

  28.  

    Di tv *ne dibilang, sebenarnya mau nembak pesawat kepresidenan Russia… ternyata salah target… bener2 nih… pengecut banget…

  29.  

    dr mana klompok sparatis dpt snjata berat sejenis buk?

  30.  

    Sebuah percakapan pemberontak saat akan menembak pesawat MH17:

    Percakapan itu terjadi di antara dua orang yang masing-masing disebut “Mayor” dan “Greek”. Mereka disebut dari kelompok militan pimpinan Igor “Bes” Bezler.
    Berikut ini isi percakapan tersebut:
    Sebuah pesawat baru ditembak jatuh. Grup “Miner’s”. (Pesawat itu) jatuh di luar wilayah Enakievo.
    Pilotnya? Di mana pilotnya?
    (Orang kita) sudah berangkat mencari dan memotret pesawat itu. (Pesawat itu) masih berasap.
    Berapa menit yang lalu?
    Sekitar 30 menit lalu.
    Setelah memeriksa lokasi jatuhnya pesawat, kelompok tersebut menyimpulkan bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat sipil.
    Ya, Mayor. Kazaks dari pos pemeriksaan Chernukhino menembak jatuh pesawat itu.
    Pesawat itu hancur di udara, di atas tambang Petropavlovskaya. Mereka menemukan mayat pertama. Orang sipil.
    Bagaimana beritanya?
    Maksud saya, itu benar-benar pesawat sipil.
    Apakah ada banyak orang (penumpang)?
    Reruntuhan (pesawat) berjatuhan di lapangan.
    Pesawatnya apa?
    Saya belum tahu. Saya belum sampai ke lokasi utama. Saya baru lihat di lokasi jenazah.
    Ada puing-puing penyangga kursi, kursinya, dan mayat.
    Oh begitu. Apakah ada senjata?
    Tidak ada sama sekali. Barang-barang sipil, peralatan medis, handuk, dan kertas tisu.
    Ada dokumen?
    Terkait pesawat yang ditembak jatuh di sekitar Snizhne-Tores. Ternyata itu pesawat sipil. Jatuh dekat Grabowo, banyak mayat perempuan dan anak-anak. Orang-orang Kazaks sekarang sedang memeriksanya.
    Menurut TV sepertinya itu pesawat A-26, pesawat kargo Ukraina, tetapi ada logo Malaysia Airlines di situ.
    Ngapain (pesawat itu) ada di atas wilayah Ukraina?
    Itu artinya mereka menurunkan mata-mata. Mengapa mereka terbang di sini, ada perang?
    Percakapan tersebut berhenti sampai di situ.

  31.  

    jumat subuh israel serang gaza dari darat laut dan udara hari ini semua berita di dunia meliput jatuh ya pesawat mh17 apa ini pengalihan dari serangan israel ke gaza???? sebuah konspirasi besar.amerika melarang seluruh pesawat melewati daerah konflik di ukraina trtmasuk badan penerbangan dunia yang mengatur lalulintas udara? kenapa atc di belanda mengijinkan mh17 melewati daerah yang rawan dan di anggap aman ??? paahal beberapa hari sblmya sebuah pesawat militer ukrania su 25 dan pesawat kargo di tembak jatuh ?? korban ya warga negara australia belanda dan malaysia terbanyak? 4 bulan sblmya mh370 berpenumpang china australia dan malaysia yg banyak jadi korban?? pilot mh17 pasti memikirkan safety first sebelum ya dan tidak mungkin mengambil resiko melewati daerah konflik .jika ada perintah aman dari atc ada yang ganjil di situ….

  32.  

    turut bela sungkawa trutama buat penumpang indonesia..

    yaa bijimana yaa..
    pesawat militer kagak ada bedanya ma pesawat sipil, ane seh anggep wajar kalo salah tembak..
    perkiraan seh yg nembak pemberontak secara mereka kagak punya teknologi yg bisa bedain ne pesawat punya militer apa sipil..rusia ma amrik aja pernah, cemana ma pemberontak..biar dalam kemanusiaan ntu sebuah tragedi besar tapi cuman bisa maklumin ma yg nembak, lha wong kagak sengaja, kalo tau pesawat penumpang mana mao n kagak bakal mereka tembak..

    jadi bisa diambil hikmah, pak pres dah umumin kalo penerbangan sipil kagak boleh lewat daerah konflik lage..utamakan selamat, semoga kagak lage terjadi..

  33.  

    ane yang nembak gan, waktu diradar ane liat 2 kapal gan 1 kapal tanker 1 lagi f18, ane pikir tu f-15 lagi loading fuel, ane yakin udah ngelock tu f18, aish malah meleset ane gan, sorry….

  34.  

    kejadian ini sdh cukup menjadi alasan amerika dan nato utk turun menumpas separatis pro rusia..

  35.  

    saya jg betul sekali apa yang dikatakan bung @danu ,dengan ketinggian 10000 meter dan kecepatan 900 km/jam hanya rudal canggih yg mampu melakukannya.Paling kaum separatis di ukraina cuma rudal biasa dengan daya jangkau 4-5 km. srry kalo ane sok tahu, maklum newbie.
    salam kenal bung danu !

  36.  

    Tragedi MH17 Versi Rusia, Ukraina, dan Donetsk

    Angkatan bersenjata Rusia tidak memiliki sistem peluncur rudal jenis BUK-M1

    Pesawat MH17 Malaysia Airlines yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur jatuh di daerah Ukraina tenggara pada Kamis (17/7) malam. Berdasarkan informasi yang beredar di media massa, kontak dengan MH-17 hilang saat pesawat itu berada 50 kilometer dari perbatasan Ukraina dan Rusia. Beragam versi tentang tragedi itu pun bermunculan

    Versi Militan Donetsk: Kami tidak memiliki senjata semacam itu
    Penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina Anton Gerasyenko—dalam akun Facebooknya—menyatakan bahwa pesawat jatuh setelah terkena peluru kendali misil BUK. Sementara secara terpisah, Jaksa Agung Ukraina Vitaliy Yarema menjelaskan bahwa para militan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk tidak memiliki sistem peluru kendali BUK dan S-300 dalam persenjataannya.

    “Tentara Ukraina melaporkan pada Presiden Ukraina bahwa para militan itu tidak mempunyai sistem peluru kendali BUK dan S-300. Tidak ada temuan senjata itu di pihak militan,” ujar Yarema.

    Pemerintah Republik Rakyat Donetsk (RRD) pun menyangkal keterlibatannya dalam peristiwa tersebut. “Para militan tidak memiliki senjata yang dapat menjatuhkan pesawat dari ketinggian sepuluh kilometer. Kami hanya memiliki sistem peluncur rudal yang dapat mencapai ketinggian maksimal tiga sampai empat kilometer saja,” ujar Juru Bicara Perdana Menteri RRD Sergei Kavtaradze, yang menuding angkatan bersenjata Ukraina sebagai pihak yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tersebut.

    Versi Kiev: Ini adalah tindakan terorisme

    Lembaga Pengendalian Ruang Udara Ukraina menilai kecelakaan ini merupakan kejadian naas. Hal tersebut diumumkan oleh juru bicara lembaga itu pada media Jerman, Welt-Online.

    Presiden Ukraina Petro Poroshenko dengan keras menyatakan bahwa kejadian itu bukanlah insiden atau pun kecelakaan, melainkan sebuah tindakan terorisme. Pernyataan itu dikutip Juru Bicara Presiden Ukraina Svyatoslav Tsegolko dalam akun Twitternya. Pemerintah Ukraina menyatakan ada kemungkinan pesawat MH17 terkena tembakan rudal di wilayah Rusia dan menegaskan angkatan udara Ukraina sama sekali tidak terlibat dalam peristiwa penembakan di daerah jatuhnya pesawat MH17.

    Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor pers Poroshenko, Presiden Ukraina menuduh Rusia telah memasok “personil militer dan senjata” ke kelompok separatis pro-Rusia di Ukraina timur dan menyatakan bahwa ia melihat campur tangan Moskow di balik insiden ini.

    “Setelah operasi yang dilakukan Angkatan Darat Ukraina, para tentara bayaran dan ‘saudara besar’ mereka (Rusia -red) beralih melakukan aksi militer tersembunyi terhadap negara kita,” kata Poroshenko. “Hari ini seluruh dunia telah melihat wajah sesungguhnya dari sang agresor (pihak yang menyerang pihak lain terlebih dahulu -red). Menembak jatuh sebuah pesawat sipil adalah tindakan terorisme internasional yang ditujukan terhadap seluruh dunia.”

    Versi Rusia: Kiev harus bertanggung jawab

    Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, pada Kamis (17/7) stasiun radar Rusia 9c18 Kupol sempat mendeteksi adanya rudal dari sistem peluncur BUK-M1 di wilayah Desa Styl yang terletak 30 kilometer di selatan Donetsk.

    Kementerian Pertahanan Rusia juga menjelaskan ada teknologi khusus milik sistem pertahanan udara BUK-M1 dalam satu divisi yang dapat saling menginformasikan sasaran rudalnya masing-masing. Mereka menyampaikan bahwa peluncuran rudal itu dapat dilakukan dari seluruh sistem peluncur BUK-M1, baik yang ada di Desa Avdeevka (delapan kilometer sebelah utara Donestk) atau dari Gruzsko-Zarkhansk (25 kilometer sebelah timur Donetsk).

    “Angkatan bersenjata Rusia tidak memiliki sistem peluncur rudal jenis BUK-M1 seperti yang sekarang sedang gencar diberitakan. Sistem peluncur rudal milik tentara kami adalah BUK-M2 yang dengan kasat mata dapat langsung dibedakan oleh orang yang berpengalaman dalam urusan militer. Sistem peluncur rudal BUK-M1 merupakan persenjataan yang sekarang dimiliki oleh angkatan bersenjata Ukraina,” ujar Kolonel Angkatan Bersenjata Rusia dan pakar militer Viktor Litovkin. Ia juga menjelaskan bahwa di perbatasan Ukraina-Rusia memang terdapat BUK-M2, tetapi lokasi jatuhnya pesawat MH17 relatif jauh dari Rusia, dan jangkauan rudal BUK-M2 hanya 30 kilometer.

    “Lokasi jatuh MH17 berjarak 50 kilometer dari perbatasan kami dan pesawat tidak hancur di udara, mereka masih berusaha mendarat setidaknya 100 kilometer sebelum akhirnya jatuh. Hal ini dibuktikan oleh pernyataan saksi mata yang melihat pesawat tidak hancur di udara, melainkan jatuh ke darat,” kata Litovkin.

    Pergulatan di Udara

    Sebuah media online Rusia Dni.ru menyatakan ada kemungkinan MH17 bertabrakan dengan Su-25 di udara. “Ada saksi mata yang melihat pesawat Boeing 777 tersebut diserang oleh pesawat jet angkatan udara Ukraina. Setelah itu pesawat terbelah menjadi dua di udara dan jatuh di wilayah RRD. Saat ini sedang dilakukan pencarian bagian pesawat itu,” tulis media Rusia itu dengan menyertakan link konferensi pers di Republik Rakyat Lugansk (RRL),

    Seseorang yang mengaku sebagai warga negara Spanyol yang bekerja di salah satu menara pemantau Bandara Borispol Ukraina menulis dalam akun Twitternya bahwa ada dua pesawat Angkatan Udara Ukraina yang terdeteksi terbang dekat pesawat MH17 selama beberapa menit sebelum akhirnya jatuh.

    “Pesawat tempur terbang di dekat Boeing 777 selama tiga menit sebelum akhirnya menghilang dari radar, hanya tiga menit. Tak lama setelah MH17 hilang dari radar, pemerintah Ukraina memberitahu kami bahwa pesawat itu jatuh. Bagaimana mereka bisa mengetahui secepat itu?”, tulis orang Spanyol itu di akun Twitternya.

    Setelah beberapa lama akun pria bernama Carlos itu dihapus, tapi versi cached-nya masih dapat di lihat di sini. Belum diketahui apakah ia benar-benar seorang dispatcher dari bandara Ukraina atau bukan.

    Sumber: RBTH, Nikolay Litovkin, 20 July 2014