Des 142018
 

Hawker Hunter F.58 (kode ZZ190) dari Hawker Hunter Aviation Ltd tiba di Royal Air Air Tattoo 2018, RAF Fairford, Inggris. (Adrian Pingstone via commons.wikimedia)

Seorang kontraktor sipil Garda Udara Nasional Hawaii berada dalam kondisi serius setelah pesawat yang diterbangkannya jatuh di lepas pantai Honolulu selama latihan militer, kata pihak berwenang.

Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pilot jet Hawker Hunter dikeluarkan dengan aman dari pesawat. Dia awalnya diselamatkan oleh perahu layar pribadi dan kemudian dipindahkan ke Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Layanan Darurat Honolulu, Dustin Malama, mengatakan bahwa pria berusia 47 tahun itu tampaknya memiliki luka traumatis dan dibawa ke rumah sakit.

Sementara juru bicara Federal Aviation Administration, Ian Gregor, mengatakan bahwa jet Hawker Hunter jatuh di laut sekitar jam 2:25 malam, setelah lepas landas dari bandara Honolulu.

Pilot sedang berpartisipasi dalam latihan militer yang disebut Sentry Aloha, yang sementara ditangguhkan setelah kecelakaan itu. Latihan akan dilanjutkan Kamis pagi.

The Hawaii Air National Guard menjadi tuan rumah latihan, yang melibatkan sekitar 800 personel dan 30 pesawat dari sembilan negara bagian.

Pihak militer menyatakan penyebab kecelakaan masih sedang diselidiki.

Hawker Hunter merupakan jet Inggris yang dikembangkan pada akhir 1940-an dan awal 1950-an. Awalnya, versi single-seat digunakan sebagai pesawat tempur yang bermanuver. Pesawat itu kemudian digunakan sebagai pesawat tempur dan pembom serta untuk misi pengintaian.

Sumber: NBC News

 Posted by on Desember 14, 2018