Jun 082017
 

Pesawat transportasi medium Shaanxi Y8F200W Angkatan Udara Myanmar. © Defence Blog

Lebih dari 100 orang dinyatakan tewas setelah pesawat transportasi menengah Shaanxi Y-8 yang diproduksi oleh Shaanxi Aircraft Corporation milik Angkatan Bersenjata Myanmar kecelakaan disekitar Laut Andaman.

Menurut sumber di Kementerian Pertahanan Myanmar, mengkonfirmasi bahwa pesawat Shaanxi Y8F200W telah jatuh di Laut Andaman, dekat Dawei, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pesawat angkut medium Shaanxi Y8F200W dengan nomor 5820. © Defence Blog

Pesawat Shaanxi Y8F200W milik Angkatan Udara Myanmar dengan nomor ekor 5820 telah hilang pada pukul 13:35 waktu setempat saat melakukan penerbangan dari Myeik ke Yangon, menurut keterangan militer negara tersebut. Sumber anonim dari bandara mengatakan 105 orang dan 11 awak berada dipesawat yang nahas itu.

Beberapa sumber yang lain melaporkan bahwa di pesawat tersebut ada 102 penumpang dan 6 orang awak.

Shaanxi Y-8 adalah pesawat angkut medium jarak menengah yang dirancang dan diproduksi oleh Shaanxi Aircraft Company, China. Y-8 digunakan untuk operasi militer dan komersial. Ini dapat digunakan untuk mengangkut tentara, menjatuhkan persediaan dan juga berfungsi sebagai ambulans udara.

Pesawat ini mampu beroperasi dalam segala kondisi cuaca, dapat lepas landas dan mendarat di lapangan terbang atau landasan pacu yang belum siap termasuk rumput, salju dan lumpur. Shaanxi Y8 dirancang untuk membawa 90 prajurit dan 5 orang kru serta 20 ton kargo.

Pada tahun 2016, Angkatan Udara Myanmar telah menerima pesawat angkut taktis Shaanxi Y8F200W baru dari China. Dua pesawat angkut taktis Y8F200W tiba di Bandara Mingaladon di Myanmar pada tanggal 19 Maret 2016.

Negara-negara yang menjadi operator pesawat Shaanxi Y-8 adalah China, Myanmar, Sudan, Pakistan, Tanzania dan Venezuela. Sri Lanka pernah mengoperasikan 3 unit pesawat Y-8 ini namun ketiganya telah mengalami kecelakaan.

  19 Responses to “Pesawat Militer Myanmar Jatuh, Lebih 100 Orang Tewas”

  1. Mati kita dibuat cina :amazed: :amazed:

  2. Shaanxi Y8F200W Made in China
    APC WZ551 Made in China
    ZU-23 Giant Bow Cannon Made In China
    C 705 Made In China

    mobil-mobilan anakku yang rusak, padahal barusan beli juga made in China

  3. Owalaaaaah… kasihan Sri Lanka… Beli 3 lha koq ketiganya jatuh…
    Emang gak ada garansinya ya? Klaim garansi dong dari China? Meskipun nyawa gak bisa diganti ya minimal ada penggantian pesawat dong 😀

  4. Makanya bagusan beli pesawat dari indonesia N-295 atau CN-235 sudah terbukti bagus dan safety

  5. Hihihi… Padahal Itu Pesawat Baru Di Pake Beberapa Tahun Loh…

    #Membuktikan Kualitas Barang KW…

  6. Jadi ke-inget Peralatan Telekomunikasi buatan H**W** yang dibeli oleh salah satu operator kita, Ada satu Feature yang gagal terus dicoba disini ..padahal peralatan buatan Perancis, Jerman, Swedia serta Finlandia pada bisa semua…dan saya pikir feature tsb bukan mayor…, terus apa yang terjadi….alat tersebut dikerubuti 1 profesor dan 9 engineer….pada diskusi..dan parahnya mereka ngga ngerti bahasa inggris…, jadi kesimpulannya… sebagian besar produk china …percobaanya ada dilapangan saat sdh dibeli oleh user…..heuhehe
    #just issue…takut kena UU ITE….hihihi…
    :ngacir2

    • Hihihi… Yg Di Tahun 90an Itu Tho?… 😆 :sup2: :sup2:

    • anda tepat bung mazandri
      lebih tepatnya yang memajukan cina itu adalah indonesia.
      Bayangkan dulu saat maraknya produk hp cina baru satu ,dua bulan dah mati no garansi. Loh kok no garansi.? iya lah la wong layanan servisnya aja 6 bulan kaya hp epercross.
      Kita ini dibuat coba-coba, 😎 hehe kaya iklan kayu putih saja. Skrg cina mulai maju, produk2 cina dah mulah agak awet, gantian semsung rakitan cina yang mulai o’on . 😀

    • anda tepat bung mazandri
      lebih tepatnya yang memajukan cina itu adalah indonesia.
      Bayangkan dulu saat maraknya produk hp cina baru satu ,dua bulan dah mati no garansi. Loh kok no garansi.? iya lah la wong layanan servisnya aja 6 bulan kaya hp epercross.
      Kita ini dibuat coba-coba, 😎 hehe kaya iklan kayu putih saja. Skrg cina mulai maju, produk2 cina dah mulah agak awet, gantian semsung rakitan cina yang mulai o’on. 😀

  7. Aku kudu komen opo yoo?

 Leave a Reply