Pesawat Militer Tewaskan 5 Pasukan Tempur ISIS di Irak

Baqouba – Pesawat Militer Baghdad pada Senin 31 Juli 2017 melaksanakan serangan udara terhadap Pasukan Tempur ISIS dan menewaskan 5 orang di Provinsi Diyala, Irak Timur, sewaktu pasukan keamanan melancarkan operasi ke daerah yang dikuasai ISIS di provinsi tersebut.

Kelima gerilyawan itu tewas sewaktu Pesawat Tempur Irak membombardir kendaraan mereka di Desa Albu Awad di dekat perbatasan Provinsi tersebut dengan Provinsi Salahudin, yang bertetangga, kata sumber keamanan provinsi kepada Xinhua.

Sementara itu, pasukan gabungan dari Angkatan Darat Irak, Polisi dan satuan Lintas Udara Tentara Hashd Shaabi melancarkan serangan dengan tujuan menyerang Pasukan Tempur ISIS dari daerah pedesaan di dekat Kota Kecil Sa’diyeh, sekitar 120 kilometer di sebelah Timur-Laut Ibu Irak, Baghdad, kata sumber tersebut.

Tentara Irak menghancurkan 3 tempat persembunyian ISIS dan merebut sejumlah senjata serta amunisi di daerah itu, kata sumber tersebut.

Masih pada hari yang sama, tidak kurang dari 12 keluarga dipaksa meninggalkan rumah mereka di Desa Owj-Tapa, sekitar 170 Km di sebelah Timur-Laut Baghdad, demikian laporan Xinhua, yang dipantau Antara pada Selasa 1 Agustus 2017 pagi di Jakarta. Sebelumnya, mereka menerima ancaman dari Pasukan Tempur ISIS yang beroperasi di daerah di dekat rumah mereka, sementara banyak keluarga lagi di desa tersebut berencana pergi dalam beberapa hari ke depan, kata sumber itu.

Pasukan Tempur ISIS sering kali menyerang daerah desa di Provinsi tersebut dengan memanfaatkan kebun di dekat desa dan daerah tak rata yang memanjang di bagian Barat-Laut Diyala. WIlayah itu juga menuju ke tempat persembunyian utama anggota ISIS di Mteibijah di garis perbatasan Provinsi tersebut dengan Provinsi Salahudin.

Banyak orang menuduh Amerika Serikat sebagai penyebab ketidak-stabilan kronis, lingkaran kerusuhan dan kemunculan kelompok fanatik, seperti ISIS, sesudah pasukan pimpinan Washington menyerbu dan menduduki Irak pada Maret 2003. Antara/Xinhua-OANA

TERPOPULER

Tinggalkan komentar