JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 032014
 

Kapopunas Letkol Pnb Jhonny Sumaryana di dampingi Pabandya Sops Kohanudnas Letkol Pnb Ucok Enrico Hutajulu dan Kapen Kohanudnas Letkol Sus Taibur Rahman serta perwira terkait saat memantau pergerakan lasa x melalui Radar Thales dan Radar TDAS di ruang Yudha Popunas Halim Perdanakusuma, Jakarta 03 November 2014.

Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (POPUNAS) kembali menangkap lasa x, menurut Kapopunas Letkol Pnb Jhonny Sumaryana didampingi Letkol PNb Ucok Enrico Hutajulu Pabandya Sops Kohanudnas kali ini pesawat yang melintas wilayah udara Indonesia tanpa memiliki FC (Flight Clerance) adalah milik maskapai penerbangan Royal Saudi Air Force.

Berselang enam hari setelah pesawat tempur Sukhoi 27/30 milik TNI AU memaksa turun pesawat sipil milik Singapura di Pangkalan udara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, karena tidak memiliki izin terbang melintas wilayah udara Indonesia ( FC ), pada tanggal 28 Oktober 2014. Kini hal yang sama terulang kembali pesawat sipil milik penerbangan Royal Saudi Air Force jenis pesawat Grulfsream IV dengan Colsain HZ 103 terbang melintas wilayah udara Indonesia dengan tidak memiliki (FC) terbang dari Singapura menuju Australia.

http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/content/2014/11/03/313569/pAMazDOlXw.jpg?w=668

Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II (Pangkosekhanudnas II) Marsekal Pertama TNI Tatan Herliansyah memerintahkan dua pesawat Sukhoi untuk melakukan intecept diantaranya pesawat Sukhoi TS 3006 dengan Penerbang Letkol Pnb Vincent dan Mayor Pnb Wanda untuk pesawat Sukhoi TS 3011 Penerbang Letkol Pnb Tamboto dan Mayor Pnb Ali kedua pesawt Sukhoi milik TNI AU ini berhasil memaksa mendarat pesawat Gulfstream IV milik Royal Saudi Air Force pada pukul 14.23 Wita di pangkalan udara Eltari Kupang dibawah pengawasan Kohanudnas dan Kosekhanudnas II. (tni-au.mil.id)

Berbagi
 Posted by on November 3, 2014  Tagged with:

  194 Responses to “PESAWAT SUKHOI TNI AU FORCEDOWN PESAWAT ASING”

  1.  

    wow

    •  

      Di tunggu berita “DIBAWAH KENDALI KOHANUDNAS DAN KOSEKHANUDNAS II, DUA PESAWAT SUKHOI TNI AU SHOOTDOWN PESAWAT ASING”

    •  

      Siapa pun jangan main” dg wilayah udara NKRI….

    •  

      Sukhoi lepas landas dgn bahan bakar penuh, dgn menenteng rudal udara ke udara R-73 Archer. Marsekal pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, awalnya kecurigaan disampaikan Kosekhanudnas 1 Halim Perdanakusuma. Setelah di cek ke Kohanudnas, Bais TNI, Kemenlu, dan Makasar Air Traffic Service Center (MASTC) dipastikan pesawat itu tanpa ijin. Petugas MASTC menanyakan izin melintas wilayah udara Indonesia. Kapten pilot Waleed Abdulaziz pun menyatakan izin penerbangan, yang setelah dicek ternyata milik pesawat haji jenis Boeing 747-400. Kohanudnas kian curiga saat ditanya berkali-kali, pilot malah menambah kecepatan jelajah pesawat dari 700 km/jam menjadi 920 km/jam. Panglima Kosekhanudnas ll Marsma Tatang Harlyansyah memerintahkan Sukhoi utk mengejar dengan kecepatan lebih tinggi, “Thunder…!! Tambah kecepatan hingga 1 Mach. Dan pengejaran semakin di percepat hingga mencapai kecepatan lbih tinggi lg yaitu skitar 1400-1700 km/jam. Pengejaran dibantu Satuan Radar 226 Buraen. Pengelabuhan ijin penerbangan oleh pilot penyusup itulah yang mungkin menambah waktu pengejaran menjadi agak lama. Slamat sore teman-teman Warjag,,

  2.  

    Tni au syrongg…

  3.  

    Pertamax

  4.  

    mantap tni au

  5.  

    Yuk siapa lagi….makin sering az nylonong

  6.  

    Pertamax

  7.  

    mantafff….

  8.  

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat malam semua..

  9.  

    mantab… ๐Ÿ™‚

  10.  

    ayo ayo..syp yg mau lg yg lewat kami tunggu di sni.hehehe
    mungkin gtu kta tni au

  11.  

    tu pensil SU 27/30 ngebet banget pengin nulis diangkasa padahal. hehe

  12.  

    mdh2an ada pesawat tempur asing yg cb2 nylonong,sekalian mo liat kemampuan radar serta pesawat tempur dan pilot kita…

  13.  

    sekali kali kasih f16 yg intersep…

  14.  

    wow kendel temen….. TNI ku Jangan di anggap Remeh…. anda Masuk kami Sikat…..

    TNI ku stronggggg Bingittttt……..

  15.  

    absen dulu

  16.  

    kemana nih F-16 kok yang intecept cuma Sukhoi family.. :C, kayaknya jumlah sukhoi lebih banyak dari perkiraan IMHO ๐Ÿ˜€

    •  

      Kayaknya ingin mengetahui dimana2 sj ada Sukhoi bermarkas.
      skg mereka sdh tau klu diwilayah sekitar ambon papua dan sulawesi ada, kalimantan dan natuna ada, disekitar kupang ada. Sisa wilayah sumatra dan jawa yg blm diketahui.

    •  

      Posisi scramble sukhoi atas penugasan kohanudnas II Makassar..
      pesawat berangkat dr Hasannudin…cukup telat sebenarnya…karena titik temunya bisa di laut jawa dengan F-16 iswahyudi yang scramble…sepertinya F-16 sedang dilarang terbang sampai status incident pandanwangi clear…..

  17.  

    ini diskenario atu memang tak sengaja? kalau tidak disengaja mengapa sejak pemerntahan baru sampai sekarang terjadi berkali-kali. Saya menduga AS beserta sekutunya ingin melihat kemampuan radar pertahanan kita, apkah pertahanan udara kita rapat atau tidak? terbukti yg melanggar adalah negara2 sekutu AS; upil, sonotan n saudi. Saya usul tolong P.Menhan n Panglima TNI lebih tegas begitu ada pesawat masuk tanpa ijin langsung tembak..biar jadi terapi bagi mereka. Geram rasanya seakan2 mereka meremehkan kita.

    •  

      Ada prosedurnya bung iwan, kita kan g lg perang,jd g bsa ujug2 nembak. Kalo misalnya di laut sih iya bisa2 aja kalo ada kapal yg ketangkep maling ikan, tapi kalau di udara kan blum jelas apa maksud dan tujuanya..

  18.  

    Kayaknya dr dulu banyak pswt yang tanpa izin tapi gag ketahuan, mungkin udah banyak yang ngira.. “ah biasanya gue lewat sini juga ga knapa napa…”
    Brarti ada sesuatu yang lebih mantab yang dimiliki AU hingga banyak kedetek dan yang force down

  19.  

    ….ayo ditambah dan diperkuat sarana dan prasarana untuk hulubalang negara….kedaulatan NKRI terjaga, dan bisa menambah pendapatan negara lewat ijin terbang di wilayah NKRI…..

  20.  

    User lagi punya bujet lebih nih..hatrick intercept pake sukhoi ๐Ÿ™‚

  21.  

    3x intersep dengan denda 60juta perpesawat : 60×3 : 180 juta

    3x intersep 6 sukhoi diterbangkan,hitung sendiri ongkosnya

    xixixixi :mrgreen:

  22.  

    besar jg dendanya nti bung..

  23.  

    bisa jd tu @ bung iwan darma….tp kagak maen asal tembak aja ….hrus lalui prosedur dulu hehehe…

  24.  

    TNI AU Ok Mas Bro, Belum Lagi kalau digabung AD sama AL “Mantap Tenan”

  25.  

    dendanya kurang besar, jadinya ga kapok2, sekali2 tembak pake kanon aja ga usah pake rudal buat latihan dogfight biar mikir pilotnya

  26.  

    Doi lagi pengin nambah sukhoi makanya doi tunjukin sukhoi itu strong bingittt

    •  

      logika yang kurang pas
      dihadang kanon super tucano pun pesawat itu pasti turun

      yang hebat justru jaringan radar kohanudas
      sepertinya sudah tidak ada lagi wilayah udara Indonesia yang luput dari pantauan radar

      satu lagi yang belum jelas, Flanky berangkat dari Hasanuddin atau El Tari?
      mungkinkah 16 biji di-deploy di tiga AFB : Hang Nadim – Hasanuddin – El Tari?

      •  

        Bung xtrada, rencananya Kohanudnas masih akan tambah 6-8 radar lagi di tempat yg bolong.

        Flanker pos-nya di Hasanudin Makasar, suatu tempat yg strategis, jauh dari jangkauan Ossie, tapi masih bisa cover. El Tari terlalu dekat dengan pangkalan Ossie, mungkin bisa di Lombok, karena jarak Makasar-Darwin hampir sama dengan jarak Lombok-Darwin.

        •  

          setahu saya, Makassar masih masuk dalam radius “pengendusan” JINDALE. saya justru berharap pespur2 berkategori air superiority ditaruh di perbatasan agar daya gentar-nya bermanfaat.

          bayangkan tiap kali Flanky take-off dari Hang Nadim atau El Tari, si Upil dan Sonotan pasti was-was (mo kemana nih? apa misinya? menggendong pensil 2B ataukah spidol Snowman:D). apalagi jika radio dimatikan dan tidak mau berkomunikasi dengan ATC tetangga pasti lebih menggentarkan.

      •  

        Maaf bung extrada klu kurang pas,,tapi akan lebih kurang pas lagi kalau super tucano yang hadang,,berapa kecepatan super tucano dibanding pesawat itu,,,maaf bukan kelasnya klu ga salah

        •  

          anda benar.
          kec. maks Super Tucano hanya 590km/jam
          sedangkan Gulfstream IV 850km/jam

          maksud saya adalah dengan pesawat biasa, ga terlalu canggih pun asalkan ia bersenjata pesawat penyusup ini pasti akan turun. jika tidak kanon pespur kita mampu merobek pesawat ini (ga perlu missile, buang-buang duit)

  27.  

    ijin kesingaporno negara upil, memang indonesia gak kelihatan dipeta kali. ono ono wae.

  28.  

    Nggak sayang nih Sukhoi terus yang dipakai jadi satpam… F-16 kok disayang-sayang malahan?

    •  

      dari laman viva nih pesawat lari pake sonic bomb buat kabur dari kejaran.makanya nyang ngejar si sukro.

    •  

      Interception biasanya diplot vektornya yg pada suatu saat akan ketemu dengan vektor Lasa X yg terbang lurus. Akan tetapi bila sdh kepepet, misalnya si Lasa sdh mau meninggalkan wilayah udara Indonesia, maka terpaksa tancap gas dikejar. Dalam urusan tancap gas ini, kalau perlu supersonic, SU-30/35 jauh unggul dari pespur lainnya, karena punya fuel fraction yg besar, 0,34 sd 0,40. Dengan demikian bisa lebih lama mengudara tanpa takut kehabisan bensin utk pulang, biasa disebut dengan istilah “bingo”. Misalnya perlu waktu 1/2 jam kecepatan tinggi utk mengejar, OK saja, sedangkan F-16 mungkin 10 menit sudah “bingo”. Drop tank bagi F-16 bisa menolong, tapi ini tambah repot dan membuat pesawat tidak lagi lincah atau kecepatannya terbatas.

      Coba lihat lagi dokumentasi foto udara Pitch Black 2012, dimana tampak SU-27/30 kita terbang dari Makasar ke Darwin TANPA drop tank, disambut F-18 Ossie di perbatasan udara dimana setiap F-18 mengusung TIGA drop tank! Sudah begitu masih ada lagi air photo session selama 30 menit sebelum mendarat di Darwin.

  29.  

    F16 kemana ? Lg kena embargo ya, soalnya yg lewat sekutunya asu yg suka nyelonong. Jadi F16 terpaksa jd penonton.

    •  

      baca sejarah, bro. googling dengan keyword Bawean Incident.
      yang intercept di Bawean emang pesawat apa?
      saat itu yang kita hadapi bukan lagi si upil, sonora atau sonotan tapi langsung berhadapan dengan F-18 US Navy.

  30.  

    ada yang ngeh ga.
    plat kendaraan makasarnya.
    katanya su30 cuma sepuluh..
    nah ntu 3011 artinya paan?

  31.  

    dari laman viva nih pesawat lari pake sonic bomb buat kabur dari kejaran.makanya nyang ngejar si sukro.

  32.  

    Radarnya dah rapet bener, semua celah keliatanya dah tercover semua

  33.  

    Ayo lah bung Erich kasih babarannya …

  34.  

    Asssalamualaikum…
    IMHO…
    sptny sdh berkali;kali (baik udara/laut)..jd sblumny mang benar autsista kita (terutama radar) bisa dikatakan minim (kl tidak ingin disebut lemah)…mngkin kapal” yg nyelonong masuk sdh mndpt clearence dr si upil, krn mang merka slama ini yg menjd acuan int”l dlm mengatur lalin udara (terutama wil barat kita)…tp skrang, pecegatan ini menunjukan bhwa kita skrg serius utk mengambil kontrol ruang udara (maupun laut) dr si upil…itu alien blh aj minta clearence sm changi…tp tetep aj kl dah masuk perkarangan kita, tuh alien hrus minta ijin dl sama yg punya wilayah…
    maap kl sotoy…

  35.  

    wowwww dapat uang kas lagi……

    •  

      boro2 bung, yang ada tekor untuk biaya terbang per jam sukhoi…

      •  

        Kalo gitu biar ga tekor becak klo ga andong aja lo suruh terbang. Gitu aja qo repot.

        KOPLAX

        •  

          dasar koplak,

          1/ udah pasti tekor, jadi percuma mikir denda recehan

          2/ walaupun pasti tekor, harus selalu diusahakan solusi optimal, tujuan tercapai, biaya operasi paling rendah.

          pak pur menulis buku ‘ekonomi pertahanan’ (gramedia) -buku ini diharapkan dapat membantu pemahaman fenomena pertahanan, khususnya yang terkait dengan aspek ekonomi, juga menampilkan situasi perkembangan bidang pertahanan dalam konteks global, regional, maupun nasional dengan menggunakan pendekatan ilmu ekonomi.

          3/ JSF atau JLTV adalah manifestasi pertimbangan ekonomi dalam konsep rancangan alutsista,
          http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/13/JLTV_Config1.jpg

          4/ klo mampunya cuma mikir sukhoi atau andong sebagai alternatif, ya otak lo jauuuuh…

          •  

            Bung [email protected] Ente ga usah pusing2 mikirin biaya operasional…orang2 pinter diatas ente ntu banyak banget…ibarat jalan, ente baru 1 langkah dan para pemikir ud 1000 langkah…lagian ente qo kaya orang “PELO” . Lagian kalo mo intercept pesawat asing jangan cuma 2 Sukhoi. Klo perlu 1 skuadron.

            Masalah biaya gampang bray, pasti di tanggung sama rakyat Indonesia….Bentar lagi kan BBM mo dinaikin…

            KOOOPPPLLLLAAAAXXXX

          •  

            Brita di TV one denda Rp 600 jt ketika pesawat singapork ketangkep kmrn

          •  

            mana tuh contoh “pemikir ud 1000 langkah”, wong pesawat saudinya deket lagi nyampe darwin ?

            koplak, koplak…

    •  

      denda 60 juta, biaya terbang 500 juta per jam. Denda harus dinaikan atau pakai pesawat lain.. tukino misalnya

      •  

        Keburu kabur duluan pake tukino mah..klo buat ngejar Jet GulfStreamIV…
        dan saat mereka Berhasil Sampai ke luar perbatasan indonesia…
        Pilotnya langsung Ngakak Guling2.. ๐Ÿ™‚

  36.  

    Ini sebenarnya negara lain penasaran dengan radar indonesia berfungsi baik atau tidak

  37.  

    Sepasang Sukhoi take off mengejar maka duit 1M lenyap,kalau dlm satu tahun ada 50 black flight pesawat sipil maka duit 100 M akan lenyap.Knp tugas mencegat tk diberikan kpd Hawk,F5 Tiger atau T50id atau super tuca yang notabene biaya operasional agak murah.Apakah Sukhoi menjaga langit wil Timur bertugas menggebug pesawat sipil dan pesawat tempur sekaligus.Sukhoi biarlah berfungsi asal menghadapi jet tempur lawan sementara pesawat sipil yang melakukan black flight biarlah Tugas Hawk,Tiger5,T50i yang melakukannya.
    Kejadian ini mengingatkan kpd kita tentang Tetangga utara kita yang menggempur sekumpulan kelompok radikal menggunakan Pesawat Hornet mereka.Dan grrrrrrrrrr…….seluruh dunia mentertawakannya.

    •  

      Ada yg bisa beri penjelasan dari pertanyaan Bung Lek U-mar ?
      #nyimak

    •  

      Biar tetangga pd mikir mau lewat kgk slonong boy..
      yg di kluarin herdernya.. tekor sedikit gag papa yg penting efek nyali tetangga akan mikir.
      Nanti klo udah pd sopan ijin baru yg f 16nya suruh intersep. Klo msh bandel.

    •  

      Ya bung, teman di fb saya yang orang malaysia juga ngmong gitu, katanya cuma pesawat lotok doang masa yang ngejarnya sukhoi. . .

    •  

      Usul saja sbg org awam, perlu digelar pesawat berkarakter interceptor di titik2 rawan. Kalau air patrol akan terlalu mahal. Pesawat interceptor harus bisa tinggal landas secara cepat, langsung “on fire” dan mampu membawa rudal bvr. Sayangnya pesawat spt ini tidak populer.

    •  

      biiaya dikesampingkan bung, yang penting harga diri bangsa..
      BRAVO TNI

    •  

      kalo sdh tw sukhoi mahal di biaya operasional lalu kenapa ngebet beli su35, mending grippen aj..

      •  

        Hari gini masih mikirin denda sama ongkos operasional…santai aja bung, ntar juga rakyat Infonesia yg nambahin biaya operasional.Bentar lagi kan bbm mo dinaikin.

        •  

          rakyat nanggung biaya tuh udah dari jaman kuda gigit besi bung…

          …Hari gini masih mikirin ongkos operasional…

          makanya cari buku pak pur di gramedia, bacaan untuk hari gini,

          tebal : 832 halaman
          terbit : Oktober 2014
          ISBN : 978-602-03-0998-9

      •  

        Sukhoi mengejar pesawat sipil apakah tidak terlalu berlebihan? Demi kedaulatan dan harga diri duit lenyap tidak masalah,yupzz benul tapi sudah lupakah kita? BBM di sunat aja seluruh rakyat indonesia mencak2!. Bagaimana pula dgn Pesawat tempur yg mau minum setiap hari?
        Kita sebagai rakyat jelata mmg menginginkan ratusan pesawat tempur SU35 dan Ratusan pesawat tempur SU34,Ratusan kapal selam dan ratusan baterry S400.Pak beye pernah berkata negara akan bangkrut bila kita asik belanja pespur aja.Mari kita berpijak di bumi yg nyata,daripada berangan kosong jauh api dari panggang.Sukhoi biarlah bertugas meladeni pesawat tempur lawan,dan Hawk,Tiger5,Super tucano bertindak menyergap black flight pesawat sipil.kejadian Sukhoi mengejar pesawat sipil adalah terlalu berlebihan dan justru radar jindale Australia dengan mudah bisa meraba pesawat Sukhoi kita.Imho

        •  

          Super Tucano tdak dirancang untuk intercept ! Super Tucano dirancang untuk perang anti gerilya !!
          Hawk 109 / 209 juga gitu tidak dirancang untuk intercept, mereka sama dengan Super Tucano yaitu perang anti gerilya
          F-5E/F Tiger II kita ada Lanud iswahyudi, terlalu jauh kalau mau intercept pesawat di daerah NTT, apalagi kecepatannya cuma 1,6 mach dan harus pakai 3 drop tank !! biar gak kehabisan BBM di tengah jalan !!
          Kalau pakai F-16 bisa ! Kecepatannya mencapai 2 mach ! Tapi harus pakai 3 drop tank dulu !! Yang paling efektif ya cuma Sukhoi Family !!! Kecepatannya aja mencapai 2,2 mach !! Gimana bung Lek U-mar ?

        •  

          bung bapermas,

          The Hawk 200 is a single-seat, lightweight multirole combat fighter with emphasis on air defence, air superiority, anti-shipping, air-denial, long-range interdiction, short-range close air support and ground attack.

          peran pencegatan pesawat sipil anggap aja bagian dari air denial.

          untuk mencegat pesawat tidak harus di NTT, dari tiap lanud (pontianak, madiun) cukup terbang tegak lurus memotong lintasan pesawat sasaran (=paling efisien bahan bakar), tentunya diarahkan radar GCI.
          lintasan pesawat asing harusnya berupa garis lurus antara upil – darwin.

          dengan koordinasi yang baik dengan radar GCI, pespur tidak mengejar, tetapi menunggu / mencegat di titik2 tertentu sesuai lintasan pesawat sasaran,
          tidak perlu dipacu hingga kecepatan supersonik.

          jarak madiun – banjarmasin aja 587 km, dengan hanya nenteng 2 sidewinder dan mencegat di atas laut jawa, 1 ext tank udah cukup,

          http://defense-update.com/products/f/f-16-fuel.htm

          karena tugasnya hanya 1 dan enteng (mencegat pesawat sipil) istilah yang lebih tepat adalah ‘efisien’,
          jika yang harus dicegat f-16 upil, baru sukhoi akan lebih ‘efektif’…

        •  

          @ Bung Danu
          -Kalau Yg Mau Di cegat lalu Berubah arah Gimana?, Ntar balapan dunk mereka /Racing pesawat deh..! , seperti main Benteng..

          Hawk 200 max Speed = Mach 0.84
          GulfStreamIV Max Speed = Mach 0.88

          Lagi2, Kalau GulfStreamIV sampai berhasil kabur keluar perbatasan, bakal ngakak Guling2 lagi Pilotnya ๐Ÿ™‚

        •  

          Kalo saya sih melihat yg tersirat dalam kejadian seminggu ini, 3x blackflight di 3 area yg berbeda..
          Boleh gak klo saya bilang nih TNI AU kita lg nunjukin Sukhoi family nya alias bilang coba hitung brapa quantity Sukhoi Indonesia ? Hehe…

        •  

          bung Viper1234,

          kalaupun sukhoi bisa menyalip dan berada didepan,
          gulfstream tetap bisa berkelit ke kanan kiri, ke atas dan bawah ?

          klo udah nyata nekat dan bandel, ujung2nya terserah kohanudnas, apakah siap mengambil resiko mengulang peristiwa KAL ?

    •  

      Maaf bung Diego beribu [email protected] komentar saya sangat kasar karena emosi,jam gini ada yang bikin Provokasi.Komentar saya di hapus saja semua.Buat bung GEDE TAHAN LAMA,kalau ngajak debat mohon pakai bahasa sopan santun dan cerdas.Saya tidak takut akan siapa2 bahkan mahluk halus pun saya tidak takut ,saya hanya takut sama Tuhan.(kalau tidak puas hati bisa cari di FB saya ).dan minta maaf banyak2 karena sudah mencaci anda.semoga Tuhan memberkati anda,salam

      •  

        Rekor warjag kasarnya ๐Ÿ™‚

      •  

        alternatif lainnya utk hapus koment diatas bung umar bisa hubungi bung diego/gue di fb : jakartagreater atau gue jkgr

        salam bung

      •  

        sbr bung Lek U-mar… ๐Ÿ˜€ sy sj srg trpancing klo liat koment yg provokatif gt….pdhl mnggunakn bhsa yg sopan kn gk ada slhny…mlh lbh terhormat..tp yah..inilh dunia maya..klo dunia nyata org yg sk asal nyeletuk bs bonyok kena toyor ๐Ÿ˜€

        kmbali mngutip kalimat bung satrio : “hargai setiap komentar,luruskan dengan bijak”
        ini INDONESIA… tata krama sopan santun ditegakkn ๐Ÿ˜€

    •  

      Komen seperti ini di delete aja min..jangan ditampilkan ๐Ÿ™‚

  38.  

    Good job,

  39.  

    pencegatan apakah tidak bisa dilakukan lebih dini ?

    tak lama setelah take-off di wilayah udara upil, arah gerakan pesawat udah terpantau satrad dumai + tanjung pinang (lalu tanjung kait, kemudian pemalang) yang berkemampuan GCI / ground control intercept, begitu dipastikan akan masuk wilayah RI, hawk 209 dari pontianak bisa mengantisipasi melakukan intersep di atas bangka/belitung dengan terbang ke arah barat daya (kecepatan max 0.84 mach / 1,028 km/jam, cruise speed gulfstream iv 850 km/jam), atau f-16 dari madiun (up to mach 2, 2120 km/jam) bisa mencegat di atas selat sunda / laut jawa, yang penting pesawat tak dikenal dicegah mendekati wilayah ibukota…

    http://www.theentrepreneurialchallenge.com/img/image-33.jpg

    •  

      itu klo sukro atau f35 musuh yg masuk ke indonesia, jakarta udah kena bom bung….

      •  

        ya itu dia, mumpung lg gak perang kejadian2 seperti ini seharusnya dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan scrambling pespur kita.

        In military aviation, scrambling is the act of quickly getting military aircraft airborne to react to an immediate threat, usually to intercept hostile aircraft…

        •  

          Kalau masih sekelas pesawat sipil Insyallah masih bisa diantisipasi, tapi kalau sudah missile yg diterbangkan ke mari siap2 ngungsi-lah. Sukhoi pun tak bisa berbuat apa2, kita cuman bisa berdoa aja.

    •  

      Yupzzz benul bung [email protected] kayaknya kurang sreg semua tugas di tanggung Sukhoi ( di eksploitasi) .pesawat sipil arab jauh ketangkap mendekati nusa tenggara penerbangan dari singapura ke Australia,katakan yg terbang itu adalah pesawat tempur lawan dan mereka sudah 3/4 hampir siap dg misi mereka.Bisa dibayangkan kemusnahan yg sdh mrk bikin walaupun pada akhirnya bisa di lock Sukhoi.

  40.  

    Cerita pespur yg disambut mbok minah sama es telu blm nongol nih

  41.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    imho
    ini latihan buat para satria udara kita
    latihan stamina fisik biaya ๐Ÿ˜†
    tapi yang perlu di garis bawahi adalah kemungkinan peraturan internasional belum menyantumkan berapa jumlah pesawat sipil yang di tolerir sebelum di tembak dengan rudal udara
    sehingga setiap kali terjadi penyusupan yang di lakukan pesawat sipil selalu saja cuma melakukan intersep dan di paksa turun
    jika satu bulan terdapat 20 pesawat apa tidak capek?
    belum lagi jika di lakukan oleh beberapa pesawat sekaligus dengan arah kedatangan yang berbeda-beda
    ini tentu saja menguras tenaga para satria penjaga udara dan tentu saja menguras kantong buat beli bahan bakar pesawat ๐Ÿ˜†

    hal ini perlu dirundingkan kembali ke peraturan internasional sehingga kedepannya bisa di lakukan penindakan tegas
    untuk saat ini mungkin kita belum bisa melakukan penindakan dengan misil karena mungkin kita termasuk wilayah damai dan belum lagi gejolak perselisihan antara kedua kubu
    kalau misile di luncurkan maka di anggap kita tidak bisa menguasai ruang udara kita dan tentu saja perselisihan kedua kubu akan menambah buruk situasi.

    karena tujuan mereka menempatkan pasukan mereka kedalam wilayah kita.

    kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€

  42.  

    ….wuiiihhh….level tantangan meningkat dari pesawat kitiran menjadi jet….berikutnya bisa kitiran / jet / kombinasi dengan masuk pada “area dipandang lemah coverage radar dimata penyusup” dengan 2-3 pesawat sekaligus dgn low dan high altitude….

    wis…tambah mantabs aja….semoga pagar-pagar udara NKRI sudah rapat…penindakan semakin tegas terhadap penyusup…tim penyergap juga ready position…..radar station active/passive siap….tim pemanah jarak jauh/sedang juga sudah siap….

  43.  

    untuk sosialisasi FIR baru kali ya.. (atau malah udah diterapkan?)

    •  

      Ini baru penjelasan yg masuk akal. Ingat berdasarkan surat diplomasi pemerintah RI ke ICAO bahwa FIR akan diambil alih pada January 2015. Kalau tdk disetujui, pesawat apapun tanpa pemberitahuan kpd FIR indonesia akan dipaksa turun by any means.
      jadi semuanya ada step2nya. Setelah surat dikirim dilanjutkan dengan memperlihatkan otot alursista TNI setelah itu mendemonstrasikan kekuatan dan kejelian radar KOHUDNAS dengan disertai scramble Flanker team (karena efek daya getarnya thd kawasan). Semua ini dengan tujuan membelalakkan mata singapore dan ICAO. Selanjutnya mau coba dengan f15 singapore….siapa takut.

      jabat erat selalu

  44.  

    Maaf masih awam, SR ijin bertanya, apa pesawat2 itu tidak mengindahkan peringatan2 melalui radio komunikasi? Hingga harus di forced down.

    •  

      Dlm hal ini berkaitan dengan biaya operasional

    •  

      @johntitor, sudah jelas mas mereka berkelit soal radio , biasanya ditegur sama radio dahulu, masih tak peduli , disuruh pindah koordinat , ngeyel masuk juga, baru di intercept, dengan Visual range untuk memaksa turun , kalau nekat , baru diancam ditembak diatas ,
      biasanya tahap segini sudah ndak ada yang ngeyel lagi ….

      silakan dicari artikel intercept di Eltari ,yang mana pilot F-18 di lock sama Hawk kita , akhirnya kontak visual terjadi sesama pespur , Si pilot F-18 angkat tangan dengan alasan tidak bersenjata , kepada pilot hawk Indonesia .

      @John thebroer – saya setuju dengan analisa anda …

      @Lain -lain , tak usah pakai kalimat berdebat yang biasa memicu potensi “rusuh” , harap di ingat forum ini pun juga di pantengin intelejen asing , maupun antek-2 asing .
      mereka suka bila sampai ramai dan timbul perpecahan ,
      yang rugi kita , hendaknya tetap sopan santun dan jaga masing-2 kalimat ,
      sebelum di send baca ulang -ulang dengan baik , saran/tulisan anda .
      seperti anda mengirim email kolega , sebelum press send anda baca ulang khan

      Sayang nantinya Forum JKGR ini ditinggal penggemar hanya masalah beginian

  45.  

    biar tk berulang terus menerus denda yang tinggi buat mereka yang tk berizin lewat. bila perlu buat malpraktik latihan sasaran tembak TNI AU. biar jera mereka!!! ๐Ÿ˜€

  46.  

    Sekali2..jgn itung biaya intercep berapa x 500jt
    jgn liat kok sukro yg dilape

    Sekali2 tutup mata tutup telinga dari kata tetangga…
    lalu busungkan dada..ini NKRI..karepmu opo selawar seliwir??

  47.  

    dasarnya apa ya, kog besarnya denda 60jeti, kog ga 600jeti misalnya,

  48.  

    Sepertinya waktu interceptnya masih lama…masuk dri singapora trus skitar natuna menuju sonotan tpi di paksa turun di kupang…itu sudah jauh bingit jar..kalau membaca tentang pesawat rusia yg di cegat f22 asu..itukan masih 50 mil dari wilayah asu artinya masih di udara internasinal sudah di cegat..tpi kita..itu pesawat sudah masuk jauh kdalam bru d cegat..kalau seandainya itu pesawat bwa rudal d dlmnya..sudah bisa di tembakannya ke sasaran di dlam wilayah kita..cmiiw..
    Mohon pencerahannya dri yg lebih tau
    salam nkri

    •  

      Skenario yang memungkinkan:
      1. Belum masuk udah di cegat blm terbukti melanggar, nah kalo udah masuk jauh lalu di cegat berarti ketangkep basah beserta barbuk.
      2. mau masuk sudah terdeteksi radar di diamkan sampai masuk jauh karena terdeteksi hanya pesawat sipil, sudah jauh baru di cegat seolah2 radar TNI emang bolong2 (ini baru cerdik)

      Ada skenario lain?

      •  

        ๐Ÿ™‚

      •  

        3.Bayangin kalau di radar saat itu ada 30 pesawat sedang melintas, nah si operator/ATC militer nanyain satu persatu ke tiap pesawat, “Eh Lo udah bayar jatah preman Blom?”, Mana Kuitansinya?.. trus ngecek deh..by OL. ,
        dan saat pesawat ke 20 dstnya, blom sempat ditanya, ehh mereka udah keluar perbatasan semua… ๐Ÿ™‚ … ,
        Saking keselnya, si ATC mencet tombol tuk Langsung Tembakin Rudal S400 aza.. heheheh ๐Ÿ™‚

  49.  

    Menarik dari pencegatan pesawat black fight ini adalah betapa pentingnya radar buat pertahanan kita. Ada dua motif utk kejadian2 ini yaitu karena memang mereka sdh tahu wilayah blank spot kita dulu atau memang mereka sengaja utk menguji pertahanan wilayah udara kita.

    Saya ambil alasan positif kenapa TNI AU memakai sukhoi utk intercept black fight tsb yaitu pesawat black fight tsb sdh akan meninggalkan wilayah indonesia shg perlu diintercept sukhoi yg memiliki kecepatan dan daya jangkau yg sgt mendukung utk itu. Penggunaan sukhoi utk intercept mrpkan pilihan yg tepat bagi TNI menurut saya jika dilihat dari sisi keamanan. Kalau utk sekedar penjaga dan pengawas udara kita bisa digunakan F16 kita.

  50.  

    jgn terlalu di permasalahkan klo pesawat arab yg masuk mah,yg penting wasalamualaikum walaikumsalam aja…
    Apa nggak takut kuota haji indonesia dipangkas sm raja saudi jd tinggal 10rb atau malah nggak dpt sm sekali…yg udeh ngantri 15 th bertambah jd 150 th,keburu ko’it hehehe

    •  

      halah…malahan saudi tu yg doyan duit dari mari bung..kalo dipangkas ntar raja arab sono mau makan duit dari mana? masyarakat Indonesia itu aset bagi raja arab, sekali diembargo gak boleh haji tu negara bisa cuma jualan minyak hihihihi….#ayo berani beneran gak??

      •  

        klo bgtu haji itu bisnis dong sm dgn wisata,katanya ritual suci..koq dibisniskan sm arabsaudi?

        •  

          Bung frans,
          komentar anda offside bahkan bertendensi pelecehan agama. Hati2 kalo komentar ! Saya yakin anda bukan seorang muslim dan tidak mengerti haji itu apa (tata cara & prosedurnya). Jadi sebaiknya komentari saja yg anda paham & mengerti atau agama anda sendiri. Urusi agama anda saja, ga perlu comel ngurusi agama orang lain.

    •  

      komentar anda mulai rasis dan sara ๐Ÿ˜€

      •  

        nggak bermaksud ke arah sana kawan xtrada,tp klo mengganggu saya minta maaf,delete aja

        •  

          salut bung @frans….budaya mengakui “kesalahan” dan minta maaf adalah budaya toleransi kita yg berbhineka tunggal ika….smoga bisa menular ke kt smua agar tdk tjd debat kusir sampai diakhiri kata2 kasar/kotor….salam kenal bung @frans

        •  

          dari awal si frans itu sudah tau kalau komentarnya menyinggung forumer yg beragama islam…. karena ada yg protel lalu dia minta maaf, dan kalau tidak ada yg protes pasti pelecehannya jalan terus, betul kan bung frans….

          bagi yg beragama islam makhluk yg kaya gini gak usah di tanggapin sebab kita sudah diberitahu bahwa hati mereka lebih benci dari kebencian yg mereka ucapkan

    •  

      @bung frans : Dari sini “klo pesawat arab yg masuk mah,yg penting wasalamualaikum walaikumsalam ajaโ€ฆ”
      anda terlihat melecehkan bung.klo anda bersikap dewasa saya yakin kata2 ini harusnya tidak keluar kalo sebaliknya, saya maklum.

      •  

        ya sekali lg saya mohon maaf sm kawan2 disini,khususnya kpd kawan xtrada,barbie,surti,semita,pensilajib..nggak ada niat saya utk melecehkan saudara2ku,skali lg saya mohon maaf

  51.  

    saya minta refensi kawan kawan yg bilang biaya operasional su sekali terbang 500 juta , kecuali yg keluar dari mulut Pak Moeldoko.

    saya pernah dapat penjelasan dari perkiraan bung Antonov tentang biaya operasional sukhoi . dan ini yg lebih masuk akal menurut saya.
    mungkin bung Antonov bisa jabarkan lagi , saya lupa thread yg dimana. atau mungkin lebih baik Bung Diego bisa jadikan thread baru. terimakasih.

    •  

      @andam dwi : “saya minta refensi kawan kawan yg bilang biaya operasional su sekali terbang 500 juta , kecuali yg keluar dari mulut Pak Moeldoko” mungkin kata2 nya bisa diperhalus dikit bung, secara Beliau kan orang yang berwibawa. bukan bermaksud menggurui, maaf klo ada salah kata.

      trims

  52.  

    Kita hanya bisa komentar..tapi keputusan dan permainan tingkat tinggi ada di jendral_jendral kita…mantap seandai nya orang awan spt kita tahu..maap saudara2 sekaliann…tukang panjat tower…

  53.  

    Boleh gak sih indonesia membuat aturan/memberikan ancaman bahwa setiap pesawat asing yg masuk secara ilegal ke wilayah udara nkri,akan di tembak jatuh?

  54.  

    Rejeki tak terduga HEHEHE, wahh lumayan dapet 60 juta, mestinya biarkan saja gak perlu tebar ancaman, seandainya sehari dapet 60 juta wahh saya jadi orang kaya ya HEHEHE, jangan ditanggepin saya Lagi berhayal maklum orang kecil HEHE ๐Ÿ˜€

  55.  

    Pilot TNI cuman mau kenalan sama pilot Saudi.

  56.  

    langkah yg menarik. sales sukhoi yg justru user sukhoi itu sendiri. bisa jadi su35 nyalip di saat saat terakhir.

  57.  

    coba punya SAM minimal s300,kan cukup berkomunikasi aja,tanpa perlu biaya minyak sukro,lumyan 500jt di tabung,,,klu tidak mengindahkan tinggal klik tombol peluncur,apa ada yg sependapat?

  58.  

    Sdahlah kawan..gasah trlalu mkirin ongkos sukhoi..kita orang sipil gakan lbih tau/pintar dari mreka/Tni AU..biarlah mreka bekerja dgn caranya..prcyakan spnuhnya..mreka lbih mngrti bgmna menjaga mngurus langit kita…bgi sya ongkos sukhoi sgitu sangatlah murahh meriah…

  59.  

    para tetangga lg cari info berapa n dimana pesawat sukro sekalian disuruh sales pswt barat ngebuktiin bhw lebih hemat bila pake bikinan mereka, tapi tni au malah mau buktiin bhw sukro memang dpt diandalkan.

  60.  

    Ngejar pake sukhoi, trus cuma di suru turun kyaknya ga ada efek getarnya tu.. klo sdh keluar kandang tu sukhoi yg dikejar harusnya jatuh di tembak jatuh, baru sukhoi di bilang punya efek getar..
    SENGGOL BACOK.., biar ga diremehin terus…

    •  

      Iya, Kalau Komandan Skuadron 11 dulunya mantan Preman Priok…., Bisa Jadi bang ๐Ÿ™‚
      Untung, sekali gertak, mereka tiarap, kalau kabur trus nolak Force down, bisa jadi law enforcement lanjutan, mungkin tembak kakinya dulu kali ya?, minimal sayapnya…dikiiittt …Dikiit Aza,… Pake R-73… trus nembaknya pelan2.. ๐Ÿ™‚ hallaahh ๐Ÿ™‚

  61.  

    @yogise… opa sangat setuju dengan anda, dari pada pakai sukhoi untuk ngejar dan ngabisi 500 jt lebih baik pelan pelan beli s300/ 400 untuk ganti kinerja sukhoi, tapi untuk pendapat- pendapat yang menyatakan untuk tembak jatuh opa kurang setuju dengan pendapat itu, semua ada prosedurnya, diingatkan, suruh pindah koodinat baru opsi terakhir kalo masih ngeyel baru di burndown.opa harap di masa yang akan datang jenderal lebih jeli dalam membeli alutista …..

    salam damai.
    jangan ada perpecahan di antara sesama warjager.
    perbedaan pendapat boleh tapi tidak harus dengan kata kasar,
    SALAM KOMANDO.

  62.  

    dari tv one denda u/ pesawat singapork yang nlonong kena tilang rp 600 jt baru kemudian di lepas

  63.  

    sistem denda selanjutnya dilakukan setelah pendaratan, jadi tidak adalagi shutdown

    semisal, jika melanggar area terbang maka perusahaan penerbangan tersebut akan dikenakan denda blabla bla ..

    dengan syarat dan ketentuan berlaku,
    seperti identifikasi pesawat dan kontak diatas ,
    jika tidak bayar denda, dan melakukan pelanggaran selanjutnya pesawat ditahan dan dikenakan denda 10 kali lipat

  64.  

    pertemuan Presiden Jokowi & Presiden Vladimir Putin mendesak, utk membahas tambahan alutsista bagi Indonesia, terutama matra udara nelihat gelagat belakangan ini, mungkin ada pengecualian oleh Putin utk Indonesia memperoleh Su-35 dipercepat mengingat Indonesia & Rusia sangat dekat & harmonis.

  65.  

    Komen bung wawan dan bung jhon nmer 45 bkanlah suatu yg tdak mngkin..andaikaTa seumpama goyangan sukhoi adalah bgian dri strategi merbut fir bgmna..?? Ingat statmen bhwa kita akan mrebut fir dgn cara apapun..jika fir sdah kmbali ke kta brapa duit yg kita dpat dlam shari sbulan staun sratus taun..?? Bndingkan dgn ongkos sukhoi..gada entut2nya..muraaaah sekali tuh ongkos sukhoi..

  66.  

    kayaknya memang tekor, tapi itung itung latihan intercept buat pilot pilot kita kan latihan pun tetep keluar uang he he he just Kidding bro, semoga dendanya 2 M biar gak pada brani lewat slonongan

  67.  

    Peristiwa ini semakin menunjukkan bahwa Indonesia sangat kekurangan pesawat tempur, seandainya di Kupang atau Mataram atau Bali ditempatkan 1 skadron pesawat tempur tentu cerita akan lain, tidak perlu terlalu lama untuk mengintersep pesawat tersebut

    TNI AU harus diapresiasi, amatlah sulit menjaga angkasa seluas eropa hanya dengan mengandalkan 8 skadron tempur …….. hiks

  68.  

    frns semakin jelas ente ga suka islam. memang kenapa kalau keburu koit duluan? ga masalah yg penting sudah ada niat berhaji dan itu sudah dicatat malaikat sebagai 1 kebaikan. haji bukan bisnis kalaupun biaya yg dikeluarkan mahal itu karna masalah ongkos, biaya inap,makan dll, disana ga sebentar lho frans. coba ente keluar negeri coba habis berapa juta? apalagi kalau lama. frans ane mau nanya soal 10% ini bisnis juga bukan?

 Leave a Reply