Feb 222016
 
Sukhoi T-50 Pak Fa

Sukhoi T-50 Pak Fa

Ada dua informasi yang selaras terkait pesawat tempur Sukhoi T-50 PAK FA yang sedang dikembangkan Rusia. Beberapa hari ke belakang Jenderal Angkatan Aerospace Rusia mengatakan, pesawat siluman Sukhoi T-50 telah memasuki batch akhir dari uji coba penerbangan dan segera diproduksi serta diserahkan ke militer Rusia pada tahun 2016.

Tak heran, Rusia tidak menggebu gebu untuk memproduksi massal pesawat Sukhoi 35, karena T-50 yang sedang dikembangkan, siap memasuki produksi massal.

Rusia pun memutuskan pesawat siluman T-50 akan diekspor mulai tahun 2020.

Di akhir akhir keputusan pembelian Sukhoi Su 35 oleh Indonesia, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, mengubah jumlah pembelian jet tempur tersebut. Ryamizard memutuskan untuk mmebeli 8 atau 10 pesawat tempur Sukhoi 35, dengan alasan, akan ada pesawat dengan teknologi baru yang dibeli Indonesia, setelah Su-35. Apa langkah strategis yang disasar ?.

“Kita jangan ketinggalan, akan ada pesawat tempur yang lebih canggih dan Indonesia, harus juga up date”, ujar Menteri Pertahanan, beberapa hari ke belakang.

Memang ganjil terasa jika membeli 8 pesawat tempur, atau bisa dikatakan belum pernah terjadi selama ini di Indonesia. Biasanya akan dibeli satu skadron, 12 atau 16 pesawat, walau pembelian bisa secara bertahap.

Sementara untuk pembelian Su-35, tidak ada kalimat seperti itu yang keluar dari Kementerian Pertahanan.

Patut diduga, armada Su-35 yang sebentar lagi dibeli Indonesia akan dikombinasikan dengan Sukhoi T-50 Pak FA, yang dibeli pada tahun 2020. Formasinya adalah delapan pesawat pesawat Su-35 ditambah empat pesawat T-50 PAK FA, sehingga lengkap satu skadron, 12 pesawat. Jika ekonomi membaik atau ancaman di kawasan meningkat, pembelian T-50 PAK FA, bisa jadi dinaikkan jumlahnya menjadi 8 pesawat.

Pesawat T-50 PAK FA, sangat dibutuhkan Indonesia, karena Indonesia dan Korea Selatan juga mengembangkan pesawat tempur siluman KFX/IFX, yang secara bertahap dibangun dari generasi 4,5 terlebih dahulu.

Anda tidak bisa membuat pesawat tempur siluman, kalau Anda sendiri bukan pionir dan belum pernah mengenal barangnya. Militer dan para insinyur Indonesia harus berkenalan dan akrab dengan pesawat generasi kelima, seperti Sukhoi T-50, jika ingin membuat pesawat siluman KFX/IFX. Anda pegang itu pesawat, rasakan, kendalikan, lalu ciptakan varian Anda.

Itulah yang terjadi dengan asal usul pembuatan senjata SS Pindad, yang diawali dengan pengembangan FN Belgia serta Panser Anoa, yang sebelumnya Indonesia berkenalan dengan VAB Prancis.

Dengan memiliki pesawat tempur T-50 PAK FA yang dipesan pada tahun 2020, maka Indonesia tahu, apa yang harus dibuat, untuk mengembangkan pesawat tempur IFX menjadi pesawat tempur generasi kelima.

  182 Responses to “Pesawat T-50 PAK FA, Gerbang IFX Gen 5 Indonesia”

  1.  

    wahhhh

  2.  

    Keren

  3.  

    ttest

  4.  

    Icikiiwiiiir…?

  5.  

    Sip semoga lancar perjalanannya

  6.  

    Cukup 1skuadron pak fa…untuk merespon australia…

  7.  

    Mantap i love itt

  8.  

    Tetangga punya siluman masa kita engga, mantaplah semoga lancar NKRI harga mati.

  9.  

    Saya..suka gaya..lu..brooo…

  10.  

    Tak ada pembelian setelah 2020. Bermimpilah dan kecewalah setelah bangun.

  11.  

    Apa yg Rusia punya Indonesia punya… hahaayyy…. T50 ini gak ghoib lagi donk…hihiii….

  12.  

    Yes , kalau emang diberi rasa 4 campuran pakfa , itu mungkin yang di tes layangan kemren deangan judul

    MAXIMUM IT CAN BE

    sebelum di launch baik dipake ruski ato RI , sebelumnya dijajal kemampuannya terlebih dahulu

    pakfa berkemampuan edisi pernika

    CMIIW

  13.  

    Menurut berita, PAK FA hanya dilengkapi PESA utk radarnya sebagaimana SU35. Kok jd gitu yaa.? Gak jadi pake AESA radar.?

  14.  

    Kabar gembira untuk kisa semua su35 kini ada estrak nya…wkwkwk

  15.  

    Pegang.. rasakan.. kendalikan..

    Keren nih kalimat..

    Tapi kyknya masih jauh loh klo mau bikin ifx yg bisa siluman. Bukannya tidak mungkin..tapi klo sblmya blm pernah bikin pespur trus tau tau bikin yg stealh kan berat..

    Jadi ngah ngoh.. lolah loloh.. plonga plongo..

  16.  

    cukup AMIN yg saya ucapkan..

  17.  

    10 unit jet fighter yang mumpuni dibeli dengan dana dari APBN 2016 itu sudah hebat untuk ukuran RI.

    Jika masa pemerintahan adalah 5 tahun, dan sudah dikurangi 1 tahun pemerintahan berjalan, maka tinggal sisa 4 tahun.

    4 tahun x 10 unit Su-35 dibeli = 40 unit Su-35

    40 unit Su-35 baru full armament tetap lebih baik dari 24 unit F16 bekas refurbished dengan persenjataan kelas 2.

    Xixixixi

    •  

      untung presiden yg sekarang cuma hobi pelihara hewan liar yg ada di sawah, gak kebayang klo misalnya beliau hobi pelihara hewan yg masih hidup aja harganya milyaran trus butuh lapangan. (edisi melamun).

      4 tahun x 10 unit Su-35 dibeli = 40 unit Su-35 duite siopo om..minta rotchritt aka fabian baru bisa kebeli om..

      40 unit wih..kira kira lama pengerjaannya buat satu unit di kali 40 unit jd berapa tahun tuh om??

      •  

        1 unit Su-35 nggak sampai 1 trilyun rupiah.

        Jadi 10 unit cuma butuh max 10 trilyun yang diambil dari dana APBN 2016

        10 unit = 10 T di APBN 2016 datang 2021
        10 unit = 10 T di APBN 2017 datang 2022
        10 unit = 10 T di APBN 2018 datang 2023
        10 unit = 10 T di APBN 2019 datang 2024

        40 T untuk 40 unit lengkap di 2024.

        Itu baru dari APBN tahunan lho.

        Kok dibilang duite sopo sih wong sudah jelas diambil dari APBN. Baseline APBN untuk pembelian tahunan alutsista saja selama 5 tahun = 293 T. Belum termasuk dana MEF 2015-2019 resmi namun bukan dari APBN yang 532 T. Kok masih bilang duite sopo lho ?

        Cobalah googling lagi dengan kata kunci “dana baseline 293”

      •  

        kemampuan produksi su-35 diproyeksikan 18 unit pertahun di knaapo. jika kapasitasnya juga melibatkan iaapo maka minimal dikalikan 2 atau kira2 36 unit pertahun. estimasi kebutuhan modernisasi au rusia direncanakan akan mendapat 12 unit pertahun. jadi ada sisa 6 unit yang bisa dialokasikan buat ekspor.

        kemungkinan proyek modernisasi su-27/30 sm rusia akan berakhir di tahun 2018. setelah itu akan full throttle produksi su-35 dan su-30ng/su-34

        •  

          mf bung Alugoro klo gak salah di Jkgr pernah ada artikel tehnisi cewek perakit komponen sukhoi 35 yg perbulanya bisa menyelesaikan 3 unit

        •  

          mungkin itu hanya menjelaskan kemampuan assembling line saja bung asbun. bukan semua proses dari tahap awal sampai tahap pengujian kelayakan terbang. seperti kemampuan line assembly di astra group misalnya punya takt time avanza/xenia 5 menit keluar 1 unit mobil dari final assy line. tetapi kenyataannya 1 mobil membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menjadi unit utuh.

      •  

        Hi..hi.., dibanting.

      •  

        Knaapo 18 unit Su-35 per tahun.

        2016, 2017,2018 = 3 tahun.

        18 x 3 = 54 unit
        54 – 36 pesanan Rusia = 18 unit untuk ekspor

        2019,2020,2021 = 3 tahun

        18 x 3 = 54 unit ekspor

        18 unit ekspor + 54 unit ekspor = 72 unit ekspor

        72 – 24 unit pesanan China = 48 unit

        Karena RI pesan nomor 2 setelah China maka jika RI :

        2016 pesan 10 unit
        2017 pesan 10 unit
        2018 pesan 10 unit
        2019 pesan 10 unit

        Tahun 2021 bisa sudah datang semua 40 unit.

        Jika IAAPO ikutan produksi bisa lebih cepat lagi datangnya.

        Masih mau bilang mustahil ?

      •  

        sakit e dibanting

        hidup om phd

        •  

          Jika tak ada perubahan, Ryamizard terbang ke Rusia bulan depan, Maret. Ada delapan Sukhoi Su-35 yang akan dibeli pemerintah Indonesia. Harga satu unit diperkirakan US$65 juta atau sekitar Rp951 miliar. Soal pembiayaan pesawat supermahal itu, beberapa waktu lalu Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Dwi Badarmanto berujar, “Pembayaran dilakukan oleh pemerintah, tepatnya Kementerian Pertahanan. Mau dibayar tunai atau dicicil, terserah. Pokoknya dibayar sampai satu skuadron terpenuhi.”

        •  

          key word nya “duite siopo” dont try this key word

          dijamin rame..dibanting sampe patah patah…xixixixiixi

        •  

          pespur “JOS” seharga usd 65jt kok dibilang super mahal ? bombastis sekali ya. gimana kalau akuisisi gripen ng yang seharga usd 125jt atau typhoon trance iii yang seharga usd 225jt harus dikasih apa julukannya ya ? xixixixixixi

        •  

          @alugoro: julukannya “mustahil kebeli hehehe” kebeli banyak maksudnya

    •  

      Jika di padukan antara Ramalan, Itungan bung PhD, obrolan Jemaah Gyubyah, perkataan dari Pak Menhan, dll. mungkin seperti ini jelasnya.

      Kita sekarang beli 10 aja dulu pertahun. sampe PAKFA 2020 nnti di Ekspor.
      nah untuk pemesanan SU35 Flanker E kita sekitar 10 x 4 tahun lagi maka 40 Unit.
      sedangkan 10 unit akan berjlan selama 5 tahun dengan Batch penerimaan akhir 2024 (jika pada pemesanan akhir SU35 pada tahun 2019).
      maka di saat 2020 pula Prototype IFX/KFX jadi jika tiada arang melintang. maka pespur elit kita jika di total +50 pesawat sudah termasuk skuad F16, S T, Hawk 209, dll.
      setelah Indonesia pada tahun 2024 IFX/KFX jadi dan pemesanan PAKFA juga sudah di ttd pada tahun 2020 dengan adanya ToT tiada hal yang mungkin jika nantinya pada tahun 2025 IFX akan meriset untuk membuat Pespur Gen 5 atau lebih dengan Russia.

      #jika ada yang salah mohon pencerahanya bung PhD.. 😀

      •  

        bung @Alugoro suwun babaranya, ane sempet husnudzon klo Su 35 april 2016 dah menclok dimari, soalnya diartikel bung Yayan kita nyalip pesenanya tiongkok.
        ternyata jd hot topik 2016 tenan si Pak fa, pdahal comen ane dulu cuma asbun

        •  

          secara konsep rusia mungkin memakai “Hi-Lo” air superiority. Hi = Su-50 dan Lo = Su-35. mungkin kira2 su-35 akan bergeser dari mrca menjadi air superiority sebelum pakfa resmi beroperasional. dan raja mrca di rusia akan bergeser ke su-30 series. semakin rusia optimis dengan keberhasilan su-50, maka su-35 akan menjadi sebatas stop gap saja. jadi memang tidak ada salahnya beli dalam jumlah terbatas. kalau mau nambah lebih baik nambah su-30/34. pergeseran product positioning ini yang harus diantisipasi oleh kita.
          semua itu dipicu dengan keyakinan mereka akhir2 ini (tahun 2016) dimana ditahun sebelumnya mereka masih pesimis.

        •  

          @alugoro

          Kalo pilot-pilot rusia rajin minum “Hi-Lo” dijamin badannya kekar seperti saya

      •  

        Pak RR minta pembelian terbatas karena dia tau ada yang lebih canggih dari susu 35.. kemungkin indonesia ikut dalam R&D susu 50 dan ekspor pertama tahun 2020 ke indonesia.. tafsir mimpi…?

      •  

        Pak RR minta pembelian terbatas karena dia tau ada yang lebih canggih dari susu 35.. kemungkin indonesia ikut dalam R&D susu 50 dan ekspor pertama tahun 2020 ke indonesia.. tafsir mimpi…?

  18.  

    Paparan yang mantap…….semua telah diperhitungkan dgn matang oleh TNI….kecerdasan jendral dan prajurit kita di atas rata2 negara lain bro….

  19.  

    membangun suatu ekosistem pesawat tempur siluman sangat menantang karena banyak hal baru yang harus dilakukan dan perawatan material yang benar2 berbeda.

    semoga kita bisa

  20.  

    Siluman WAR has begin……………………. Siluman Naga dari Utara VS Siluman Kerbau dari Selatan

    Siapakah pemenangnya, tunggu kabar selanjutnya…………

  21.  

    Terkadang kita terlalu mudah berkomentar negatif tanpa kita berfikir jauh kedepan.

  22.  

    beli PAKFA apa hrs mendapat izin dr India ?, mengingat kita nggak pernah membeli alutsista dari India ? jd jgn terlalu berharap indonesia membeli PAKFA dari india

  23.  

    Ditunggu 2020nya Pak RR….,moga kepincut juga sama seperti Bpk Jokowi…,trus tanda tangan 2 skuadron cukup,hehee.

  24.  

    Sejak Awal Ane Yakin Mr. President mengingkan yg terbaik. setau ane Mr. kita menginginkan Fakfa bukan SU 35. mudah mudahan terwujud. Amin…….

  25.  

    mantap ……. pakfa, tapi F 16 Viper jangan lupa diborong

  26.  

    pertamak kah

  27.  

    haaa,,, jadi malu sayahhhhhh

  28.  

    Saya pikir mending beli 11-12 lah.. soalnya memang ada niatan beli PAKFA tapi kan sebatas rencana .. kita jangan sampai dibuai dengan rencana.. kekuatan sekarang ini sangat mendesak dibutuhkan TNI AU.

  29.  

    Kolaborasi yang mantap.
    Pesawat tempur IFX dengan produk unggulan dr rusia.

    I Like it, Move it, Move it

  30.  

    Moga” pemikiran pemimpin” Indonesia Kita akan slalu begitu….

    Hal ini ber’laku juga utk bidang” yg lain…

    Ng’gak usah nunggu 50 thn, Indonesia Kita pasti akan damai & sejahtera…

  31.  

    Sangat salute joka memang keputusannya krg lebih demikian. Semoga 2020 sd 2025 sdh keluar barang ghoib yg anti gravitasi…

  32.  

    saya pikir satu skadron isi 16 pesawat SU-35 itu sudah merupakan jumlah yang paling kecil untuk persiapan akuisisi T-50 Pakfa, sekaligus juga sudah bisa untuk detteren sebelum T-50 Pakfa datang toh; kalau cuma 8 itu amat minim, tapi sudahlah yang penting datang itu barang…….

  33.  

    Ada kmungkinan benang merahnya, kita yg nyiapkan IFX dgn rasa Lokal….dan “adik” diseberang meng back up dana utk kemajuan bersama……inget “poros jab”….apa spt itu clue nya…..ya. Smoga….

  34.  

    di tunggu lahirnya ifx rasa pak fa..
    walaupun hampir mustahil..:)
    ifx rasa f15 aja dah seneng bgt..

  35.  

    JIKA BACA JUDUL
    Pesawat T-50 PAK FA, Gerbang IFX Gen 5 Indonesia

    So,….IF-X Bukan Gen. 4.5 tapi Gen. 5
    langkah maju menuju cita-cita besar indonesia impian menguasi matra udara semoga cepat terwujud dan rakyat semakin kuat.

  36.  

    JAYALAH NEGRIKU….INDONESIA
    Su 35 + Pakfa + ifx spt mimpi yg jadi knyataan….tolong cubit pipi gw !!!
    INDONESIA IS THE BEST….GO TO HELL AUSTRLIA & AMERICA serta konco2nya

    •  

      IF-X dan PAK-FA masih lama di bikin bray….
      mending kita nunggu info KASEL dan UAV yang semakin GAHAR katanya DRONE Swasta sudah semakin canggih sampai 24jam terbang. berarti tuh DRONE gede banget kyak drone RAPPER MQ1 sang Predator.

  37.  

    Tuh kan..sgitu aja komennya,nanti sambung lg. Permisi….

  38.  

    Asyik BUNG PHD dapet lawan berat kikikkk
    mana suara bung PHD nih.

  39.  

    Sekedar mengingatkan aja……..warjag. dari atas ampe bawah..
    BELUM ADA YG NGEBULLY MELON.

  40.  

    iya kalo yg dianggap pak RR itu PAKFA, lah kalo yg dianggap lbh canggih dr Su 35 itu IFX gmana 😛 nyengir lg deh

  41.  

    Setuju bung, gak usah pusing2.
    keliatan nya untuk mendapatkan PAK-FA harus miliki SU-35 dulu. selain untuk menutup gap kebutuhan pespur TNI.

  42.  

    2020 baru buka keran eksport lalu tahun berapa datangnya IFX sudah jadi belum tuh

  43.  

    Nice artikel pakfa

  44.  

    SU-35 indonesia lengkap 2019,
    2020 pesen lgi T-50 PAK FA,
    2022 IFX jd, mju TNI.

  45.  

    @spying spoi-spoi

    Ceritain ttg “end life management” dong

  46.  

    Ifx kemungkinan thn 2025 br produksi…,sebelum thn itu dah bnyk pesawat kita yg hrs dikandangkan karna faktor usia,pilihan emang Pakfa yg paling tepat tuk regenerasi pesawat2 tua kita.

    •  

      estimasi pakfa seharga usd 150jt atau setara typhoon trance 2

      •  

        Kemungkinan pak fa diakusisi kecil bung.. kalo dilihat dari proses pembelian yg rumit yg ada di kemenhan.. proses pengkajian dan lain2 bisa butuh waktu 3thn yaitu 2023 sementara 2024 ifx harus sudah produksi masal.. utk mengisi kekosongan hingga 2024 su 35 pilihan tepat..apalagi ada TOT utk perakitan komponen su 35.. kemungkinan indonesia mengakusisi su 35 lebih dari 8 unit trbuka lebar..

        Pak fa bakal menjadi opsi trakhir jika program ifx molor hingga 2028 atau kondisi LCS mulai semakin memanas walaupun dgn harga yg mahal indonesia pasti mampu mengakusisi pak fa, apalg kondisi ekonomi 5tahun kedepan pasti jauh lebih baik dari sekarang..

        •  

          ada hal bertentangan dalam opini anda bung al.

          “Kemungkinan pak fa diakusisi kecil bung. kalo dilihat dari proses pembelian yg rumit yg ada di kemenhan” di satu sisi vs “apalagi kondisi ekonomi 5 tahun kedepan pasti jauh lebih baik dari sekarang”

          silakan dicermati akuisisi beberapa tahun belakangan yang dari sekedar berharga murah menjadi pemilihan cutting edge technology. contoh grom/qw –> starstreak, rbs-70,mistral. giant bow/simbah series –> oerlikon series (bahkan forceshield platform)

          kira2 berubah dari paradigma “quantity over quality” menjadi “quality over quantity”. bahkan dalam beberapa model akuisisi alutsista tni menjadi trendsetter di kawasan.

          juga perlu dipertimbangkan positioning product dari ifx sebagai apakah ? “air superiority” ataukah “all around product aka mrca aka kelas medium ” ? selama diposisikan sebagai mrca otomatis posisi air superiority dalam hal ini su-50 harus diamankan. karena kita tidak akan bisa mengakuisisi f-22.

        •  

          Ifx memang disiapkan sebagai air superiority.. karena sadar akan beban yg akan dibawa nantinya, ifx butuh tenaga yg besar dan menjadikan ifx menjadi superior dikelasnya.. makanya pihak indonesia tetap keukeuh dgn dual engine di proyek ifx.. ditambah lg alasan pt DI minta TOT utk pembuatan Conformal Fuel Tanks (CFT) utk menambah daya jelajah ifx..

          Maksudnya dari masalah ekonomi membaik.. ketika ekonomi membaik, pemerintah akan tetap membangun aramada udaranya melalui sukhoi series sambil menyerap ilmu yg didapat dari hasil TOT mengenai kekurangan dan kelebihan sukhoi series sampai masa produksi ifx berjalan.. yg nantinya bisa di aplikasi ke ifx blok 2 sama halnya seperti china dlm mengakusi su 35.. yg nantinya indonesia memiliki pesawat ifx gen 5 sehingga tidak memerlukan pakfa.. yg pasti tahun 2024 indonesia tetap akan fokus mempersiapkan ifx utk produksi 80 unit dengan alasan kemandirian bangsa dan memiliki kemampuan melebihi su 35.. bukan hal yg sulit di tahun 2024 utk mengakusisi pakfa dan ifx secara bersamaan jika keamanan kawasan sudah mengganggu teritorial bangsa ini..

  47.  

    Banyak juga yah yg ingin menyamai perhitungan bung Phd dalah hal analisis (saingan).
    😀

  48.  

    si vietcong bukannya jg mau ambil nih pespur???

  49.  

    yeee 2025 su 35, ifx, sama pak fa terbang satu formasi

  50.  

    bukannya 2016-2018 knaapo cuman bisa ekspor 6 unit, tapi seterusnya bisa full ekspor 18 unit pertahun (kalau rusia gak pesen lagi)

  51.  

    mantab perhitungannya Bung @Spying spy that spying spy & Bung TH.PHD. Turut Berdo’a semoga ProyekKFX/IFX beserta Pengadaan Sukhoi 35 & PakFa mulus-mulus saja tanpa kendala yang berarti..
    Aamiin…
    Nanti kita liat bareng2 Para Jama’ah Yg koar2 “duite sopo”/”Hora percohyo yen hora hono gambahre” DLL pada Hoex-hoex..masuk angin..

  52.  

    @ bung Spying:
    data awal : Knaapo diketahui bisa memproduksi 18 unit Su-35 per tahun.

    yg menjadi concern saya adl data jumlah kapasitas produksi itu lho yg dinyatakan 18 unit per tahun.
    pertanyaan saya:

    1. adakah teman-teman warung nya bung diego bisa “confimed” bhw adalah benar kapasitas produksi knaapo adalah hanya 18 unit Su-35 per tahun?
    (jika data tersebut belum valid krn pertimbangan intelijen strategis bagi russia, maka angka 18 unit itu adalah asumsi belaka untuk publik).

    2. russia adl negara yg cerdik dan cerdas serta pandai dalam mengelola kemampuan dan kapasitas produksi dari industri pertahanannya. krn russia berpikir jangka panjang (baca: selamanya) atas eksistensi negaranya yg bernama russia.

    3. cobalah kita bicara reality ttg entitas bisnis, jika pabrik bisa bilang ” ya, pabrik kami mampu memproduksi pesawat tempur sejumlah yg anda minta dengan tenggat waktu yg anda minta sekalipun selama ada kesepakatan harga sesuai syarat dan ketentuan berlaku pada kontrak pembelian itu”. jika pabrik sudah bilang begini, maka asumsi kapasitas produksi yg hanya 18 unit per tahun akan buyar.
    sebenarnya, jika berpikir lebih dalam, adanya tantangan permintaan khusus dari negera sahabatnya , maka pemangku kepentingan russia akan mensupport total dan mengukur kemampuan industri pertahanannya dalam memenuhi permintaan khusus itu dengan mengkondisikan seakan2 russia mengalami darurat perang yg mana waktu dan kecepatan produksi alutsista menjadi krusial.
    tantangan memenuhi kebutuhan alutsista dalam negari untuk russia dan untuk eksport dalam tempo singkat inilah yg akan diuji baik kemampuan produksi, kehandalan, time management, time gap produksi per batch, procurement, dll.

    dari situ akan terlihat dimana letak kelemahan dari seluruh rangkaian sistem yg ada sehingga perlu diperbaiki dikemudian hari kelak tidak terjadi, bahkan jika, keadaan darurat perang sekalipun, maka kemampuan industri pertahanan russia tetap handal dan on time production. ini akan menjadi kekuatan riil yg dasyat bagi russia.

    sisi lainnya, bagi russia adalah nothing to lose jika diterapkan karena alutsista pesanan dalam negeri russia bisa dialokasikan untuk memenuhi target pesanan khusus dari negara sahabatnya krn apa ? krn secara kemampuan militer riil saat ini russia sangat kuat dan jika terjadi perubahan jadwal pengiriman alutsista kpd negara sahabat karena prioritas maka untuk pesanan dalama negeri russia itu hanya tertunda selama kurang dari 2 tahun dan yg terpenting cash inflow russia tetap sehat dan lancar serta laku dagangannya.

    ahhhh…..omongan sopir truck….jangan terlalu serius ya..hanya omongan di warung kopinya bung diego…..yuuuukkkk….kita kerja lagi….kerja benar…kerja amanah…kerja cerdas…kerja ikhlas….

    Salam Kebangkitan Indonesia Raya

    jika ada salah dari pendapat aku, mohon disalahkan ya dulur2 dan tolong sampaikan kebenaran apa adanya dalam berdiskusi khas Indonesia Raya.

    •  

      perihal kemampuan produksi su-35 dikisaran 18unit itu adalah angka perkiraan saja berdasarkan berita2 yang telah dirilis. kemampuan itu hanya untuk satu pabrik saja. karena dalam satu pabrik bisa memproduksi beberapa type pesawat. tinggal switch ke model yang diinginkan otomatis kemampuan akan berubah. yang menjadi masalah adalah au rusia meminta pabrikan untuk mengupgrade kemampuan su-30 yang jumlahnya ratusan dalam rentang waktu yang pendek (4 tahun) diluar tetap mempertahankan kemampuan memproduksi unit baru. hanya sekedar trade off belaka. itupun baru prioritas su-30, belum yang model su-24, su-27, su-25 dan lainnya. seperti kita ketahui bahwa refurbished lebih memakan waktu dibanding membuat unit baru.

    •  

      jawaban awam saya yh, untuk memenuhi orderan khusus dan cepat dari user maka pembuatan su35 untuk rusia sendiri dipending dan di dahulukan utk kepentingan eksport..

      saya mau tanya kenapa kemaren KASAU mencak mencak sama PT.DI krn mundurnya skejul pesanan pesawat TNI AU. tetapi kenapa pesanan untuk eksport semua tepat waktu..apakah karena spt itu dahulukan yg eksport??

      maaf nih saya awam..gk seperti tuan tuan lainnya

  53.  

    Ikut nyimak

  54.  

    yang nyari dana…???
    udah ajah nyari duit dari rakyat,..
    duit apa???
    rakyat kan bnyak yang pake motor.
    bikin ajah razia nasional ,buat nilang
    rakyat yang ga komplet kendaraan nya.
    (coba itung,kalo tiap tahun motor baru keluar 7 juta unit,di tilang 30% nya aja,berapa tuh ???.trus dananya buat beli alat militer)walo ga se sederhana itu…
    hayalan kang grosir liat banyak nya motor
    di indonesia.

  55.  

    Pak Fa semoga semoga kebeli nih pespur beli 6 juga lumayan jd sparing partner IFX, makin bergetar luar biasa langit asia. Elang-elang besi berterbangan menerkam burung nuri..

    rusia dpt banyak garapan proyek dan izin dari pemerintahan sekarang, pastilah rusia mau berbagi barang bagus nan semok TU-160 black jack, karena sepuhnya yg dulu juga pernah di asuh oleh AURI.

  56.  

    PAKFA & IFX, let the dream cume true…..

  57.  

    Su27 planker yg katanya rusak parah yg di bawa ke rusia kmaren itu akan di ufgraed menjadi su27 MUTAN alias su35….

  58.  

    Bulan depan mo alesan apa lagi ya?

    Aha….mayan, masi ada waktu seminggu buat nyiapin jawaban

  59.  

    Bung Spying,

    Bung lupa kalo pesanan Rusia cuma 36 unit.

    Kapasitas Knaapo 18 unit per tahun.

    Awal 2016 s/d akhir 2021 = genap 6 tahun.

    6 x 18 = 108 unit

    Pesanan Rusia cuma 36 unit

    108 – 36 = sisa 72 unit untuk ekspor

    Pesanan China 24 unit

    72 – 24 = 48 unit

    Indonesia bisa beli 40 atau semuanya 48 unit dan bisa diantar di tahun 2021.

  60.  

    bakalan IFX jadi punya dua nyawa
    varian rasa sukhoi & varian rasa korsel
    kita tunggu tahun depan … mana yg kepilih atau dua² nya diambil

    ane lebih suka IFX rasa sukhoi … bisa lebih joss

  61.  

    terimakasih telah mewakili pikiran liar saya bung joko…salam kenthir. hehe

  62.  

    Beli pesawat tempur SU 35 seharusnya di kombinasi dengan rudal pertahanan udara S-400 ,agar pesawat tempur tetangga ga lalu lalang di udara NKRI,dan TNI tidak perlu cape2 mengejar dan mencegat pesawat yg melanggar,karana mereka sudah pasti takut bila kita pasang di pulau2 yang berbatasan langsung dengan mereka….AMIN….Merdeka NKRI.

  63.  

    @Bung Rusky : Burung hantunya sedang merenung dibilik sarangnya,,,,
    wkwkwkw…..berdendang dulu senggol Mbak cita citata, aku Meriang…Aku Meriang,,
    Merindukan Merak Terbaang,,,, xixixxixi…Kabur aaah….

  64.  

    Mantab, semoga Indonesia tetap jaya selamanya dan tetap bebas aktif.

  65.  

    min tampilanya bagus yang kemarin-kemarin tidak silau

  66.  

    Kita disini membahas tentang alutsista. Jgnlah kita saling mencela satu sama lain, justru ide-ide positif dr kita semua dpt menjdi bahan diskusi bersama untuk kemajuan NKRI. Majulah Indonesia.

  67.  

    yang pakai browser UC Mini. di situ ada pengaturan mode : night mode.

    tampilan background akan menjadi hitam gelap alias mata gak silau. bisa digunakan itu yg pakai android.

  68.  

    Hoooaaammmzzzzz…..????