May 012016
 

Biak – Tentara Nasional Indonesia akan membuat pangkalan pertahanan di pulau terluar Biak, Papua. Hal ini diungkapkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat meninjau pangakalan udara dan pangkalan laut Biak, Sabtu (30/4/2016).

“Di Biak ini kosong tidak ada pesawat tempur, padahal landasan sudah ada, jadi kita akan membuat pangkalan-pangkalan baru dengan memanfaatkan bangunan yang telah ada,” ujar Panglima TNI.

Dia mengatakan, selama ini kekuatan angkatan udara berfokus pada Pulau Jawa. Dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menginginkan Indonesia menjadi poros maritim dunia, Indonesia harus terbuka.

“Kita membangun poros maritim dunia, jadi lebih luas lagi jalurnya. Semua wilayah Indonesia harus benar-benar dikuasai, maka kunci dari poros maritim ini adalah menguasai lautan dan udara,” kata Panglima TNI.

Untuk itu, pesawat tempur yang selama ini terpusat di beberapa kota, seperti di Madiun dan Makassar akan dipindahkan ke Biak. “Agar jumlahnya rata karena sekarang kita tidak bisa prediksi musuh akan datang dari mana. Pasti musuh mencari peluang dengan cara melihat daerah kosong yang tidak ada pertahanannya. Oleh karena itu, kita isi,” ujarnya.

Menurut Pangllima TNI, potensi Indonesia yang kaya akan pulau-pulau perlu dimanfaatkan menjadi kapal induk. “Kita tidak butuh kapal induk, pulau-pulau kita jadikan kapal induk. Kalau di sini bisa kita letakkan pesawat tempur, pesawat transportasi, kemudian kapal-kapal, dan juga logistik, terus apa bedanya pulau ini dengan kapal induk, untuk menjaga wilayah nusantara,” ujar Panglima TNI.

Sumber : Republika.co.id

  42 Responses to “Pesawat Tempur Akan Ditempatkan di Biak”

  1. Mantap pak lanjutkan

    • Sekarang para pejabat tinggi baru sadar rupanya, indonesia itu sangat luas, dan masih lemah pertahanannya, dengan jumlah pespur, kapal perang, kasel, sam yg sangat minim, mana mungkin mampu melindungi keamanan indonesia secara keseluruhan,,,
      Kemarin2 itu kemana saja ???

      • he…he…bung antasena gak tau yah, kan yang kemaren itu banyak belanja peralatan khusus untuk kontrol negara, makanya kita bisa pasang mode Autopilot, alias bisa berjalan tanpa harus disetir pemerintah…..wkwkwkwk

      • yaahh gitulah bung … kapal induk dengan pergeseran kekuatan udara , darat dan laut .. penambahan harap ditunggu dulu …

    • Asal jangan beli alutsista dari china aja bung, apalagi taruh dipulau, bisa” gampang karatan kena hawa laut alutsista kita.

    • Ide yang sangat bagus Sudah seharus begitu ….
      Landasan Dan fasilitas penting sudah lama ada ….lebih dari 70 tahun.. sejak PD II Dan trikora …
      Wajar kalau Sekarang dimanfaatkan …
      Tinggal diisi pesawat tempur ….pesawat intai& transport…radar …SAM Dan arhanud …
      Petinggi TNI Dan dephan Sekarang lebih punya visi dari pada jaman OrBa …
      Dimatikan semua potensi TNI AU & AL…akhir nya sampai tidak jadi apa apa Dan diremehkan tetangga …

  2. Top

  3. Bung PS sekarang dimana ya.sepi g ada komentnya

  4. tambah pesawatnya kalo bisa pesawat peringatan dini

  5. eng ing eng pak menhan
    sudah di moskow

  6. Kok baru Presidennya Jokowi br kepake ni bandara pdhl infrastruktur dr sblm Indonesia merdeka. Kemaren2 kmn aja…. Apa br ada dana skrg? Atau brbisa tarik dana skrg? Atau jgn2….

  7. Jangan dibilang tidak butuh pak
    Untuk ngawas zee dan berburu lontong liar dilaut kita yang luas tetap sangat dibutuhkan

  8. Biak dibeliin skuadron baru aja.. Isinya SU34 atau rafale M atau F16 CJ, biar kapal2 pencuri & perompak mikir2 kalau maen kesitu.. Hhe”

  9. Seperti hal nya natuna… NKRI dkepung negara tetangga yg tdk mnyukai Negara Kesatuan Republik Indonesia…
    Jika tdk sesuatu, pasti tdk akan begini… Hanya presiden, intelijen, menhan dan panglima yg tau…
    Lanjutkan…

  10. Yups, brarti kita butuh sam yg gahar2 buat nglindungin kapal2 induk kita itu kan pak?! Kami Dukung pak idenya.. Laut adalah perekat dan bukan penyekat persatuan kita. Dan peswat trbang n kapal2 baik sipil dan militer adalah lem nya.. Laut adalah masa depan bangsa Indonesia! Jangan biarkan orang asing mengobok2 nya! INDONESIA PASTI JAYA! 😮

  11. Jangan lupa SAM nya pak … Syukur-syukur yang medium …

  12. Akan di kaji ya mungkin 200 th lagi akan dan di kaji

  13. Mainannya udah mau pada dtng ya smua di siapin dn kesannya kok ngebut bngt hehe..ati”lho kl ngebut entar kena tilang lagi xixixi..

  14. Kita tidak butuh kapal induk, pulau-pulau kita jadikan kapal induk. Kalau di sini bisa kita letakkan pesawat tempur, pesawat transportasi, kemudian kapal-kapal, dan juga logistik, terus apa bedanya pulau ini dengan kapal induk, untuk menjaga wilayah nusantara” ujar Panglima TNI

    tempatkan di pulau pulau terluar NKRI masing masing 1 skuadron pesawat tempur, skuadron heli dan pesawat angkut, kapal perang, Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI, insya Allah aman

  15. apakah Su 35 ato elang botak tua

  16. 2 unit SU-27, 3 unit SU-30MK2 dan 5 unit HAWK 109/209
    😀

  17. jangan lupa .. taxi nya ia… sama bendera putih.

  18. plus 2 Super Tucano buat gerilya opm 😀

  19. Utk di biak cukup 2 unit f 16 dan 2 unit hawk 200, utk di merauke ckup 2 unit tucano + 2 unit 2 unit hawk 200, utk di jaya pura ckup 2 unit t 50 golden eagle dan 2 unit tucano, utk el tari agak diperkuat dgn 2 unit f16 block 52 krn brbatasan dgn aussie + 2 unit tucano…. utk su 27,30,35 ttp harus di objek vital kita, barat dan tengah harus jet tempur kelas berat, jakarta, natuna, pekanbaru, makassar, bali, surabaya, madiun dan kalimantan… sebar rata jet sukhoi dtmpat2 itu @2-3 unit… dgn harapan smbil nggun s400 dan iskander… terwujud!!!?????

  20. Perasaan sudah ada itu pesawat di Biak dari 2014….hehehe

    • @cakrabirawa

      F-16 ditempatkan disana scr temporer bang,,,setahun ada bbrp kali penempatan dsn & saat kasus Black flight frekuensinya meningkat

  21. setuju jenderal,,,negara kita tidak butuh kapal induk krn negara kita bkn negara agresor,lagipula kapal induk sangat mahal harganya,lebih efektif membangun pangkalan militer di pulau”kita yg berjajar dr sabang sampai merauke

  22. Admin…banned yang di atas ini…mulai ngetrooll

  23. buat menghalangi aussie

  24. Masih ada aja orang2 pencaci maki tanpa solusi…

  25. F 16 d bagi 2, 1skuad di riau dan 1skuad di biak

  26. MiG-35 jga long range multirole fighter gen 4++

  27. Beli payung udara yang long range dong pak, biar ngga ada celah dan pespur kita kalopun mau nyegat merasa ada backup

  28. Tambah lg alutsistanya dgn berbagai varian,… klo perlu F5e di refurbish dan Hawk utk menutupi black hold,… heli serang modifikasi PT DI diperbanyak,.. jgn lp S400, buat drone yg ada armamentnya,…

  29. Saatnya bekerja dan kerja dan mempercepat sblm terlambat,…

  30. udah asyik2 baca eh liat koment elo
    tiba2 gue jd mules mo muntah …
    tolong donk koment yg asyik dikit napa ya ….

  31. utk pangkalan2 di morotai, biak, seumlaki sebaiknya diisi dengan pespur2 buatan rusia antidot terhadap kekuatan amerika di philipina (gerbang utara), kekuatan amerika yg datang dari laut pasifik (gerbang timur), dan kekuatan yg datang dari australi (gerbang selatan)
    sedangkan di wilayah barat dan tengah, bolehlah diisi dengan pespur2 campuran buatan eropa, rusia dan amerika.
    maaf, analisis meong..

  32. Beda donk Pak gengsinya punya kapal induk beneran ..sama kapal induk2an dari pulau pulau, bagaimana ini pulau itu jelas tidak dapat berlayar untuk mobilisasi.

 Leave a Reply