Dec 082014
 

Photo F-16 C/D 52 ID : dok. PENTAK LANUD ROESMIN NURJADIN

 

NATUNA (BP) – Panglima Komando Operasi (Pankoops) TNI AU 1, Marsda Agus Dwi Putranto mengungkapkan, frekuensi Pangkalan Udara (Lanud) Ranai akan ditingkatkan.

Kegiatan rutin tersebut kata Agus, untuk antisipasi pengamanan wilayah udara Natuna yang luas. Dalam waktu dekat akan dilakukan gelar pesawat tempur. ”Pesawat tempur jenis F-16 akan rutin patroli di wilayah Lanud Ranai. Ini untuk antisipasi pengamanan wilayah Natuna,” kata Pangkoops di Lanud Ranai, Sabtu (6/12).

Diakui Pangkoops, kemampuan Pangkalan Udara TNI AU di Ranai saat ini masih terbatas. Dukungan pesawat tempur masih dipusatkan di Pekanbaru maupun dari Pontinak.

Untuk Lanud Ranai sendiri, masih banyak sarana prasaran yang kurang. Termasuk untuk penempatan pesawat tempur dan peningkatan kelas pangkalan. Seperti penambahan personel.

Agus mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan aset Lanud Ranai sebagai langkah kebijakan pemerintah ke depan. Baik aset alusista, sarana prasarana lain, gudang bom, dan mes. Agar operasional Lanud Ranai lebih efektif dan efisien.
”Peningkatan kemampuan pangkalan belum secepatnya ditingkatkan, hanya saja frekuensi kehadiran skuadron ditingkatkan di Lanud Ranai,” pungkasnya. (batampos.co.id)

Bagikan Artikel :
 Posted by on December 8, 2014

  138 Responses to “Pesawat Tempur F-16 Disiagakan di Natuna”

  1. tambah SU nya

  2. 1… wih makin panas nih

    • Lanud ranai sudah disediakan shelter untuk shukoi, dan th 2015 panjang landasan diperpanjang mjd 3 km
      Jadi lanud ranai jelas dipersiapkan pangkalan aju terdepan kekuatan TNI terdepan dlm melihat konflik lcs

  3. mantab

  4. Slammer mana? Kok nggak dateng2 padahal dah pesen 20 unit…..
    Kasian pilot falcon kita, nggak pernah latihan nembakin BVR

    • bung Reaper Hunter, rudal AGM-84E SLAM-ER adalah jenis rudal utk menembak sasaran yg berada di darat, bukan jenis rudal anti pesawat……..gimana bung? paham?

      • Siapa juga yang ngomongin AGM-84….. lagian nyebutinnya salah, yang bener tuh AGM-84F SLAM-ER….. Kalo yang AGM-84E last namenya SLAM (Stanfold Land Attack Missile)…..
        Yang gw omongin tuh AMRAAM AIM-120 “slammer”…… “Resulting in the AMRAAM being informally named “slammer” in the second half on the 1990’s”
        gimana bung? paham?

  5. lanjut terus pindah pesawat tempurnya ke natuna,..

  6. Paspur yg sayap delta kapan yaaah datangnyaa…???
    mau d i tempetin disini ngak yah..???

  7. f35 ghoib dah ada?

  8. Mantaab..

  9. Wow, sampai segitunya….
    Mungkin itu cuman ngambil hati rakyat mereka, seperti kita ketahui sebentar lagi pemilu sudah didepan mata. Saya yakin mereka gak berani, saya sering ke Malaysia, dan yg saya lihat Malaysia tidak berani melepas tenaga kerja kita. Seperti di galangan kapal mereka, welder atau tukang las banyak dari negara kita, coba dilepas mereka akan kesulitan mencari sdm segitu banyak terutama untuk kilang minyak mereka. 😀

    • Oohhh, ternyata TKI yg tidak memiliki ijin. Maaf baru baca, kasus2 seperti ini kan sudah sering terjadi.

    • Saya malah beranggapan ini respon mereka terhadap indonesia agar longgar longgar sikit lah terhadap pelaut mereka….hehehe

      Negera mana sih dikawasan yg ga butuh TKI..mereka butuh tenaga kita apalagi malaysia…

      Salam hangat bung jalo dari saya dan keluarga…

      • Yah memang mungkin bisa juga lewat TKI, tapi saya rasa mereka juga akan diprotes rakyat mereka sendiri karena masalah kebutuhan tadi itu. Tapi yg akan sangat kelihatan adalah mereka akan memprovokasi kita agar masalah ini diselesaikan melalui hukum internasional. Salam hangat juga bung untuk anda dan keluarga.

  10. B-2 spirit? EF Typhoon? Dassault Rafale? SAAB Gripen? Dassault Mirage 2000?

    • Meleset

    • bung REAPER HUNTER, pembom B-2 SPIRIT tidak dijual ke negara lain, hanya US AF yg punya!! Trus ngapain kita beli Mirage-2000? utk ukuran skrg pswt ini sdh ketinggalan jaman!!

      • Lakh, bukannya kita luar biasa….. Kata blog final fantasy sebelah (ifyouknowwhatimean) Astute aja “katanya” dikasih sama inggris jadi gak kaget kalo kita punya B-2 ato Raptor ato jangan2 project bomber aurora AS joint ama Indonesia….. Kalo mirage 2000 bukannya salah satu penyebar hoax disini pernah bilang kita ambil nih pesawat? gak percaya kita udah punya? Ini yang bilang sesepuh sini lho bung?…… Kalo gw sih emang gak percaya….. wkwkwk :v

  11. Perkuatan Natuna memang memiliki dimensi stratetegis yg luar biasa bagi NKRI,
    dan bagi Malaysia hal ini menjadi DURI GEDE, yg memasung kedaulatan negaranya.
    merecoki ambalat, tapi Natuna yg jadi tujuan akhir mereka.

    • Mungkin ada baiknya Lanud Ranai dirubah menjadi tipe B, saat ini masih tipe C. Selain Natuna, Kepulauan Anambas juga bisa jadi sasaran mereka.

      • Gimana khabarnya bung Jalo..?
        (semoga sehat2 selalu)

        agree, tipe B.
        terlalu powerfull dengan aset melimpah menjadi Boomerang juga..

        paling tidak, boomerang masalah DANA.. 😀

        • alhamdulillah baik juga.

          kalo dilihat dari kacamata malaysia, keberadaan natuna yg kuat memang mengganggu qo.. 😀

          dan khabarnya Malaysia sedang mempersiapkan pembentukan Corps marinir mereka dgn dibantu USMC.

  12. Mantap……

  13. kayax nih mewaspadai cewe tetangga mailanisia wkwkwkw…

    yang pasti sy harap kebutuhan utama tni au & tni al harus berimbang dgn tni ad sinergikan sj yakin klo dah d samakan semua porsi alutsista khusus pasti tetangga mikir2 dl d tambah bxk masy nkri itu jg bisa jadi cadangan gmn klo d jadikan paramiliter aj kaya korea selatam sama RRK nkri harga mati….

  14. Mbah bowo bisa kelojotan nihh..
    Piye mbah..TNI AU sdh siaga di Natuna..segeralah sadarr..

  15. wah..thanx ya.

  16. Perkuat natuna
    perkuat anambas
    masing2 5 KRI AL standby
    1 ska AU standby

  17. Makin susah dah skrng, pespur&kapur malaysia barat mau patroli ke malaysia timur

  18. Kalau hanya sebatas warning bisa* saja hanya untuk pengembalian KFIR dari negri upil akan tetapi bila pecah perang dengan china Asean yg tidak mendukung china harus menyatu…itu pun jika china tidak menggunakan alutsista konvisionalnya…seperti ngronda saja seperti didaratan yg tidak ada fasilitas yg kurang dari memadai…

  19. klo ada f35 lbh mantep lg neh…tinggal adu skill pilot aja dgn sesama pengguna f35

  20. Ya maksimalkan jumlah Alutsista yg ada dulu…mau gimna lagi dengan luas wilayah Udara NKRI, jumlah Alutsita TNI-AU masih belum mencukupi jumlah Minimumnya kalo masih banyak daerah yg bolong ya maklum

  21. Percaya mbah ya adek adek sekalian,

    NGAK ADA ARTINYA SEMUA ITU, F16 SU 35, PESAWAT EROPA, ATAU LAEN-LAEN., PLAN TIDAK AKAN BISA TERBENDUNG.

    Mbah memberi saran sesuai bisik bisik yang mbah dengar :
    1. Jika Konflik laut china selatan sudah meletus, maka segeralah ungsikan seluruh Kapal perang terutama fregat. Karena fregat barang mahal pak, kasian pak kalau ditenggelemkan PLAN, itu dibeli dari uang rakyat. Ungsikan ke Laut Australia sambil menunggu iring iringan armada ke 5 dan ke 7 USA.
    menurut bisik bisik PLA akan membagi pasukan dalam beberapa grup :

    Grup A pla akan menuju Natuna,
    Grup B pla akan menuju semenanjung
    Grup C pla akan menuju serawak dan sabah

    2. Jika memang natuna tidak terselamatkan maka biarkan saja, dan Biarkan saja china memasuki serawak, karena tujuan mereka memang itu SETELAH NATUNA, mereka akan menyerbu sampai ke selatan, membelah kalimantan dan menguasai daerah pulau kalimantan sebelah barat.

    3. Setelah PLAN mendarat di semenanjung maka pukul dengan kekuatan matra darat, pukul dan lari, pukul dan lari, pukul dan lari…. teruslah seperti itu sampai PLA males melawan kita.

    4. Tujuan mereka menurut prediksi mbah adalah Natuna, semanjung, serawak dan sabah.

  22. menurut saya PLAN akan akan sejauh itu Bowo..ga akan berani masuk natuna meskipun punya senjata lebih canggih…lihat saja bowo..

  23. mbah bowo benar mengingat KRI kita pernah di ancam kapal perang tiongkok setelah KRI kita menangkap nelayan tiongkok karena mencuri ikan di perairan kita, maka ancaman tiongkok tetap ada walaupun kecil tetap harus di waspadai oleh TNI, minimal sering patroli pesawat2 tempur akan meminimalkan pelanggaran2 kedaulatan baik di laut maupun udara.

  24. beberapa hari mls ngasih bocoran nunggu tahun baru biar entar baru ada bocoran lgi

  25. Tujuan China adalah menghajar dan melumpuhkan Malaysia, memblokade semenanjung dengan menduduki Natuna. Ingat ya adek adek sekalian, Natuna adalah Tujuan PLA paling Utama,

  26. Saatnya bergabung dan Berkoalisi dengan Malaysia bukan malah bertengkar sendiri

  27. membiarkan Malaysia di gempur oleh PLA sendirian dan membiarkan malaysia kalah adalah sama dengan memberikan leher kita pada CHINA.

    • Abis kecapekan gempur malaysia baru kita gebuk gt mbah

    • makin jelas bowo keturunan Malon nich………..

      • setega teganya dengan malaysia mbah yakin rakyat kita tidak akan tega banget.

        Bilamana malaysia digempur oleh China, mbah akan angkat senjata, sebagai sesama muslim wajib membantu saudaranya.

        Tega ta liat malaysia di gempur udara, laut dan darat ?
        Sasaran selanjutnya kita lho ?????

        • Kemarin2 katanya udah tua? Gak akan ikut perang? Gimana nasib anak2 mbah klo ikut perang? Emang tingginya si mbah berapa? Emang gak takut sama tentara PLA yg tinggi2 tegap2? Emang berani mandang matanya? Emang gak takut apa sama tentara abadi? Ntar klo digebuk gada mereka gimana? Hayooo? Hihihi
          Ya udah sih mbah, ngotot amat manas2in nyuruh perang, kata mbah th 2022 ya? Dulu katanya th 2015? Kok skrg mundur? Hihihi

          • mbah banyak tanggungan dek, sebenarnya gamang juga kalau disuruh maju melawan PLA. Apalagi mbah sudah sepuh dan yang dihadapi adalah Monster monster yang diciptakan untuk membakar, menghancurkan dan memusnakan populasi sebuah kota.

          • Ya udah, tanggungannya diselesaikan secepatnya, ntar 2022 biar bisa maju perang sana, ane doain selamat mbah..
            Monster apaan mbah? Monster inc?
            Tenang mbah, masih ada ultraman yg siap menegakkan keadilan dan membasmi segala macam monster.. kita cukup liat aja mereka di tipi klo lg perang.. hihihi

  28. Hm….. Tapi ada satu kekurangan Falcon kita yaitu nggak bisa nyusu sama KC-130B….. sistem air refuelingnya falcon pake flying boom sementara kita punyanya yang metode probe and drogue, jadi daya jelajahnya nggak bisa ditambah kayak hawk ato flanker kita

    • gk masalah… kan cuma untuk patroli… klo udah lewat batas estafet sama flankers… gimana bung?

    • Gak masalah. masing-masing F-16 C/D BLOK 52 ID dilengkapi 3 tangki BBM cadangan…….atau transit dulu di pangkalan udara terdekat.

      • Iya pas masa damai nggak masalah….. Yang jadi masalah tuh pas masa perang….. radius tempur Falcon dengan bawa bom 4 masing2 seberat 450kg dan 2 sidewinder cuma 550km, artinya falcon nggak bisa diajak terbang lebih jauh dari 550km dan harus kembali ke pangkalan lagi, lagian tangki bahan bakar eksternal ngurangin manuver….. kan gak lucu nyerang australia nggak bisa ke pangkalan gara2 kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut….. Semua negara pasti ingin semua alat perang tuh terpenuhi….. Lihat AEW&C padahal setiap fighter punya radar sendiri, tapi angkatan udara yang ingin kuat pasti mempunyai keinginan membeli ini pesawat….. Nggak jauh beda ama tanker, setiap pesawat udah dilengkapi tangki bahan bakar sendiri tapi angkatan udara yang ingin kuat pasti punya keinginan beli tanker…..
        Are you understand with my opinion?

  29. ini hoax gak bung? tolong di jelaskan… klo beneran… makin bahagia …

  30. untuk menghadapi strategi china maka kita sangat perlu dukungan dari russia di natuna mengingat teknologi russia banyak yg di tiru china , ya misalkan russia di kasih investasi di natuna pasti rusia akan melindungi investasinya dari ancaman luar , tentang gotong royong militer asean memang sangat di perlukan untuk menghadapi china, ingat! bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

  31. adakah yg pernah tau,kalau di pulau bintan ada tmpt sandar kapal selam………?

  32. membaca komentarnya mbah bowo saya teringat buku di bawah bendera revolusi, cerita tentang bagaimana hitler menjiplak cara jengis khan, dengan cerdiknya melumpuhkan semangat musuh, bahwa tidak ada guna melawan mereka yang sangat kuat dan tak terkalahkan. memecah konsentrasi lawan dan mengadu dombanya. namun saya pikir, keadaannya tidak sesederhana cara pandang mbah bowo, ada banyak kekuatan yang bermain di sini. walaupun saya menghargai siasat mbah bowo tersebut yang sebenarnya telah dilakukan oleh pendahulu kita ketika tentara mongol menyerang tanah jawa dahulu kala. salam hangat mbah bowo.

  33. ini yg di tunggu2 mbah bowo…

  34. Waduh! bakalan ramai nih, ayo mbah lanjutkan pencerahanya. Ane coba nyimak dulu.( 22 nelayan PLA 300 Gt )

  35. Bilangin sama yang nulis Kalo buat hoax tuh yang logis dikit….. Semurah hatinya Inggris gak akan ngasih kapal selam nuklirnya ke kita

  36. U2n@
    bung andA tepat sekali
    s bowo tuh pny agenda tersendiri biar mental kita jatuh sblm berperang,pdhl dia gk ngerti sejarah militan nyA bangsa indonesia..saya sarankan wowo baca dulu sejarAh bangsa indonesia yg sesungguhnya..
    dan itu terus bergelora pada stiap generasi

  37. PercayAlah,,ada jutaan generasi militan yg tak takut mati,,yg siap mempertahankan NKRI..klo mau tau kekuatan bangsa indonesia sesungguhnya ,silahkan usik kami dengan frontal,krn kalau ngusik kami cma nyubit,kami tdk akan sepenuh nya bangkit,tp jika ngusik kami dengan sungguh,maka kami akan bangkit dan menenggelamkan anda kedasar lautan

  38. Bowo@EGP
    berapapun tingginya..gk bakal pake tangga…seberapa hebat dan byk nya PRAJURIT negara yg mau nginjak NKRI,kami TIDAK TAkKUT,cam kan itu

  39. @ Mbah Bowo
    Kalau kita sbagai masyarakat sipil Harus gimana Mbah Untuk siap siap Perang jika memang Harus Terjadi PERANG

  40. soyo suwe kok tambah parah iki si bowo…….

  41. Siapa juga yang ngomongin AGM-84….. lagian nyebutinnya salah, yang bener tuh AGM-84F SLAM-ER….. Kalo yang AGM-84E last namenya SLAM (Stanfold Land Attack Missile)…..
    Yang gw omongin tuh AMRAAM AIM-120 “slammer”…… “Resulting in the AMRAAM being informally named “slammer” in the second half on the 1990’s”
    gimana bung? paham?

  42. Kalo sudah datang, Typhoon bisa juga tuh ditaruh di Lanud RINAI untuk unjuk kebolehan

 Leave a Reply