Pesawat Tempur F-16 RSN Siap Amankan Raja Salman

Pesawat F-16 TNI AU di Pitch Black 2016 (RAAF)

Pesawat Tempur F-16 RSN Siap Amankan Raja Salman 1

Pekanbaru – Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Riau menyiapkan skema pengamanan dengan menyiagakan dua pesawat tempur F16 untuk mengamankan kedatangan Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi ke Indonesia pada 1 Maret 2017.

“Apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan, mungkin ada pesawat tidak dikenal masuk, kita siap ‘airbone’ (terbangkan),” ujar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Henri Alfiandi di Pekanbaru, Senin, 27/2/2017.

Danlanud mengatakan saat ini rombongan Raja Salman berada di Malaysia. Ia memperkirakan, pesawat rombongan akan mengambil rute singkat dari Malaysia menuju Indonesia.

“Perkiraan saya, mereka mengambil jalur singkat melewati Singapura, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, dan masuk ke Halim (Bandara Halim Perdana Kusuma),” ujarnya.

Marsekal Pertama Henri menjelaskan Lanud Roesmin Nurjadin selalu menyiagakan dua F16 setiap hari. Baik itu ada tokoh penting yang melintas atau tidak.

Namun begitu, ia mengatakan untuk status pengamanan tetap menggunakan sistem siaga, baik itu siaga 1, siaga 2 maupun siaga tiga.

Marsma Henri mengatakan sejauh ini belum ada perintah langsung untuk pengamanan udara menjelang kedatangan Raja negera Teluk yang kaya akan minyak dan gas tersebut.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Kedatangan ini tergolong bersejarah, setelah kunjungan terakhir pada 1970 atau 47 tahun silam.

Raja Salman akan membawa serta rombongan yang diperkirakan berjumlah 1.500 orang. Lokasi yang akan dikunjungi diantaranya adalah Istana Bogor, Masjid Istiqlal dan berlibur di Bali.

Antara

Leave a Reply