JakartaGreater.com - Forum Militer
Aug 142016
 

Pesawat tempur F / A-18F akan menerima sistem Infre-Red Search and Track IRST-21 buatan Lockheed Martin.

IRST-21 merupakan perangkat penjejak pasif, dengan sistem sensor gelombang infra merah yang akan mencari dan mendeteksi sumber panas dengan spectrum yang luas, yang memungkinkan F / A-18F untuk melacak pesawat tempur musuh meski mendapat tekanan serangan elektronik.

mfc-irst.jpg.scale.LARGE

Sistem sensor IRST-21 menggunakan teknologi pencarian dan pelacakan inframerah untuk mendeteksi dan melacak ancaman udara. Dibandingkan dengan radar, IRST-21 memiliki resolusi lebih baik untuk melacak beberapa target sekaligus, memungkinkan pilot untuk secara akurat mengidentifikasi formasi ancaman musuh dengan jangkauan yang lebih jauh. Hal ini memberikan pilot F /A-18F kemampuan untuk “Lihat dulu, serang dulu” dengan waktu reaksi yang lebih cepat.

IRST-21 adalah generasi terbaru dari sistem sensor IRST buatan Lockheed Martin yang juga digunakan pada pesawat tempur F-15.

Intelligent. Aerospace

Bagikan:

  26 Responses to “Pesawat Tempur F /A-18F Kini Dilengkapi Perangkat IRST-21”

  1.  

    Pertama

  2.  

    Tes

  3.  

    Kedua

  4.  

    Patas jatim

  5.  

    Ketiga

  6.  

    Keempat

  7.  

    Kelima

  8.  

    Keenam

  9.  

    Ketujuh

  10.  

    Kedelapan

  11.  

    Kesembilan

  12.  

    Kesepuluh

  13.  

    Sipp lah

  14.  

    Tp blm bisa tandingi su 35k milik indonesia nanti, entah tahun brp tiba dimari, tunggu saja tgl mainnya..

  15.  

    Wajib juga dpasang di f16 TNI…

  16.  

    mantap
    ditambah dengan radar apg 79 aesa radar yg merupakan radar jammer di ea 18 growler pesawat ni patut diperhitungkan.

  17.  

    Kalo kornet nya malin cukup dilawan pake f5 aja

  18.  

    jelas bung..
    hornetnya malon kan masih yg tipe c/d yg radarnya aja msih blom aesa, jelas kalah..
    yg perlu diwaspadai tu punya aussie yg tipenya e/f soalnya mereka jg pasang perangkat jammers growler di super hornetnya yg pake apg 79.
    raptor yg pake apg 77 aja ditindas habis ama apg 79 growler padahal apg 77 jg strong banget untuk perang elektronik apalagi f 16 kita..
    makanya indo hrus konsisten klo mw beli su 35……..

    NKRI JAYA
    SALAM PARA SESEPUH…

  19.  

    Persiapan usa buat ngadepin t50 pakfa rusia.. Kyknya mereka punya data otentik bhwa pakfa bklan sgra diprdksi scra massal..n bnar2 stealth (stara f22,so kalo radar ga bisa ngedeteck mreka,dhrpkan tetap kdetectk ma ni irst) Just s opini pribadi.. Maaf kalo salah.. 😀

    •  

      Betul , Locheead Martin membuat Irst 21 untuk melawan sipat siluman T50 Pak Fa Rusia , Locheead sendiri meniru sistem kerja SU35 Rusia yang mengadopsi IRST61 sebagai pemburu F22 & F35 yang tidak bisa dilacak radar Masive IRBIS-E Flanker . Untungnya , IRST61 memiliki jangkauan yg lebih jauh dari IRST21 dengan perbandingan 90Km Irst61 dan 50km untuk IRST21 Locheead Martin .

  20.  

    Bisa juga di install ke F35. Sehingga F35 ok punya.

  21.  

    sorry bung
    tp pakfa sendiri mengalami masalah produksi akibat masalah ekonomi yg menerpa rusia. akibatnya produksi pak fa dipangkas dr yg 48-60 jd hanya sekitar 12-16y sampe dengan 2020. untuk masalah manuver pakfa diatas angin walaupun raptor jg hebat dlm manuver, tp dlm faktor stealth raptor masih unggul (0,0001 vs 0.1).
    pakfa didesain berdasarkan su 27 dan lebih mengutamakan manuver dan mengesampingkan urusan stealth sedangkan raptor merupakan pesawat bru hasil program ATF yg mengutamakan first shoot first kill, tu sebabnya raptor unggul dlm stealth dengan manuver yg mumpuni.
    keduanya hampir sama dlm persenjataan, tp harus diakui raptor mempunyai keunggulan mutlak dalam jaringan dan fusion data.
    satu hal lg yakni segala informasi mengenai pakfa baru sebatas pernyataan sepihak dari beberapa org serta kaum fanatik yg begitu memuja pesawat ini, sedangkan raptor suka tdk suka harus diakui sudah teruji kemampuannya dlam berbagai misi walaupun belum sepenuhnya battle proven seenggaknya udh mission proven.
    dgn segala faktor diatas dan beberapa faktor lainnya maka harus saya akui raptor masih unggul.

    •  

      Soal jumlah yg diproduksi hanya masalah waktu saja , semakin baik ekonomi maka semakin banyak juga produksinya , betul F22 / F35 unggul dalam hal mode silumanya namun kalah dari speed dan manuver , namun keunggulan mode siluman F22 /F35 sudah teratasi dengan hadirnya IRST61 pada pesawat SU35 dan T50 Pak Fa , yg kemungkinan jg akan dipasang di pesawat tempur jenis lain . Saat inipun pihak Locheead Martin meniru Rusia dengan mengembangkan IRST21 pada pesawat tempur mereka guna menanggulangi mode siluman PAK FA Rusia . .kesimpulannya Usa adalah negara pengembang pesawat siluman , sementara Rusia adalah negara pengembang penangkal sistem USA ..ujung2nya kemampuan doogfigh dan skiil pilotlah yang menentungkan duel udara di antara mereka ..Mf dalam doogfihg ini sepertinya kemampuan Manuver Shukoi lebih menjanjikan plus kemampuan terbang lama dan jangkauan yg lebih jauh serts speed yg rata2 diatas mach 2. Su35 speed mach 2.25 verry ranger 3600km Vs F35 mach 1.8 verry ranger 2300km..T50 Pak Fa speed mach 2.3 verry 3600. Vs Raftor mach 2.3 verry 2200km….

  22.  

    btul bung..
    tp ada satu hal lg. dalam medan tempur ada hal yg hrus diperhatikan selain yg anda sebutkan yakni faktor lain. contoh bantuan dr pesawat awacs untuk mendeteksi bantuan dr tanker untuk memperpanjang masa terbang, belom lg yg dibawah mengintai pake SAM dan juga pesawat gk mungkin maen sendirian, minimal satu skuadron tempur diberangkatkan.
    perhitungan bung noer tadi cuma berlaku untuk 1 vs 1 tanpa ada faktor diatas.
    nah klo keadaannya seperti yg saya sebutkan maka hasilnya bakal berbeda….
    salam nkri
    maaf kalau salah karena itu analisa saya sendiri

 Leave a Reply