Sep 092019
 

Jet tempur Su-35 Rusia (foto:Su-35Twitter)

Pesawat tempur Sukhoi dianggap sebagai salah satu pesawat tempur terbaik di dunia. Sukhoi tidak hanya bersaing dengan pesawat tempur Amerika Serikat, tetapi juga lebih baik dari jet tempur buatan negara lain. Berikut adalah tiga jet tempur Sukhoi yang membuat kagum negara-negara anggota NATO, seperti dilansir oleh RBTH.

Su-25 Frogfoot (foto : Su25Twitter)

1. Su-25
Pesawat serang darat Su-25 dirancang untuk mendukung pasukan darat. Su-25 tidak tergantung pada lapangan terbang utama, Su-25 juga dapat lepas landas dan mendarat di landasan pacu darurat yang kasar atau jalan raya di dekat garis depan pertempuran.

Su-25 adalah salah satu pesawat bersenjata paling baik di Angkatan Udara Rusia. Tergantung pada tugasnya, 32 jenis senjata dapat dipasang pada Su-25, termasuk rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Su-25 sudah kaya pengalaman tempur selama lebih dari 40 tahun, Su-25 telah ikut ambil bagian dalam 18 perang dan konflik di tiga benua yang berbeda, dari perang Soviet hingga operasi Rusia saat ini di Suriah.

Su-27 fighter (foto : Wikipedia)

2. Su-27
Sangat bermanuver dan cepat, Su-27 dianggap sebagai salah satu pesawat tempur Rusia yang terbaik. Dikenal oleh NATO sebagai Flanker, Su-27 sama-sama luar biasa dalam pertempuran dan di pertunjukan udara, di mana jet tempur itu mampu melakukan aerobatik yang kompleks.

Flanker dirancang sebagai jawaban untuk F-15 Amerika. Pesawat-pesawat ini tidak pernah bertemu dalam pertempuran nyata. Namun, selama latihan pertempuran udara, jet tempur Rusia itu lebih baik daripada lawannya pada jarak dekat, sementara F-15 memiliki peluang lebih baik pada jarak yang lebih jauh.

Lusinan negara sudah mengoperasikan Su-27 hari ini. AS sendiri juga memiliki beberapa Su-27. Amerika telah membeli beberapa pesawat Su-27 dari Ukraina dan Belarus untuk melatih pertempuran udara.

Su-27 juga banyak ditingkatkan dan dimodifikasi menjadi berbagai varian jet tempur, termasuk Su-30, Su-35 dan Su-33 yang berbasis di kapal induk.

3. Su-57
Su-57 adalah pesawat tempur generasi kelima Rusia terbaru, yang dirancang untuk menggantikan pesawat tempur Su-27 dan Su-35. Pesaing utamanya adalah Raptor F-22 dan F-35 Lightning milik Amerika Serikat.

Su-57 adalah pesawat operasional Rusia pertama yang menggunakan teknologi siluman. Su-57 dirancang untuk bisa mendapatkan sedekat mungkin dengan jet tempur stealth musuh, memaksa jet tempur siluman musuh melakukan pertempuran udara jarak , di mana Su-57 yang supermaneuverable lebih memiliki keuntungan.

Salah satu kelebihan lain dari Su-57 adalah dilengkapi kursi lontar yang dapat menyelamatkan nyawa pilot di ketinggian berapa pun, bahkan dari tanah. Direncanakan di masa depan kursi lontar dapat “membuat keputusan” melontarkan pilot tanpa partisipasi pilot.

Rusia adalah satu-satunya operator pesawat siluman Su-57 saat ini. Tidak ada rencana saat ini untuk mengekspor Su-57 agar tidak melemahkan pasar ekspor Su-35. Namun, di masa depan, Su-57 bisa dijual ke India, Aljazair, Cina, Vietnam dan bahkan anggota NATO, Turki.

 Posted by on September 9, 2019