Pesawat Tempur AS Gempur ISIS

90
149

Us isis

Jet tempur Amerika Serikat dan Drone berulangkali menjatuhkan bom pada kelompok militan di Irak Utara. Mereka membidik markas unit pasukan yang mendeklarasikan diri sebagai negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) serta iring-iringan yang menuju kota Irbil.

Dilansir oleh CNN, Sabtu 9 Agustus 2014, serangan udara itu telah meningkatkan keterlibatan Amerika di Irak. Di mana pasukan ISIS merebut kendali kota dan menguasai infrastruktur utama, sehingga memaksa ratusan bahkan ribuan warga terpaksa lari untuk menyelamatkan diri.

Pejabat berwenang di Irak mengatakan bahwa bendungan Mosul kini telah diambil alih para pejuang ISIS. Sementara itu, di wilayah timur, puluhan ribu kaum minoritas Yazidi, tersandera di gunung oleh pejuang ISIS yang mengancam untuk membunuh mereka.

Dilaporkan bahwa serangan udara gelombang kedua Amerika datang sesaat setelah Gubernur Irbil mengatakan ISIS mungkin berada 30 kilometer dari kota yang berpenduduk lebih dari 1 juta orang itu.

Serangan udara dimulai hanya beberapa saat setelah Presiden AS, Barrack Obama, menyerukan untuk melancarkan serangan udara yang ditargetkan’ dalam pidato di televisi pada Kamis malam. Ia mengatakan bahwa AS memliki kewajban untuk melindungi warganya di Irak dan mencegah adanya potensi pembantaian kelompok minoritas oleh ISIS.

ISIS-in-Iraq-8-9-jpg

Obama menegaskan tidak akan ada penumpukan pasukan tempur AS di Irak. “Sebagai panglima tertinggi, saya tidak akan membiarkan Amerika Serikat terseret dalam pertempuran perang lain di Irak,” kata dia.

Juru Bicara Pentagon, John Kirby, menyatakan, serangan pertama pesawat jet tempur F/A 18 Amerika mengenai altileri ISIS di luar kota Irbil, dengan menjatuhkan 500 pon bom pada hari Jumat.

Kemudian, ketika para pejuang ISIS kembali pada lokasi beberapa saat setelahnya, sebuah drone kembali menyerang. Drone itu menargetkan mortir ISIS.

Serangan udara gelombang kedua kemudian dilancarkan kembali oleh 4 pesawat jet tempur dengan menargetkan konvoi ISIS, yang terdiri dari 7 kendaraan dan mortir ISIS lainnya. “Total, ada 8 bom yang dijatuhkan dalam dua kali gelombang serangan itu,” kata Kirby. (VIVANEWS.COM).

90 KOMENTAR

  1. cuma miris lht sesama islam diadu domba ama intel musuh islam liat aja lambang tauhid islam (Laa ilaaha illallaah) yang dipake buat bendera ISIS, jika ada yang tidak setuju ISIS jangan hina atau bakar bendera tapi lsg ke oknumnya saja.

    Buat kita muslim yang awam jangan terpancing dengan intel luar (Hillary Clinton dalam bukunya sdh akui mereka yg buat ISIS tapi kedubes AS lsg membantah…piye). Denger2 ada petinggi TNI yg mau bkr bendera ISIS jika ada (mudah2an beliau sadar bahwa ini hanya settingan intel luar spy kita alergi sm bendera tauhid islam). Sekali lagi jangan jelekkan bendera tauhid karena ini lambang Rasulullah SAW tapi salahkan oknumnya yg merupakan bentukan dari intel musuh.

      • anda jg harus belajar ngerti…krn Amrik dan Zionis Israel adalah negara yg mengelontorkan dana besar di budget APBNnya utk anggaran ngacak2 negara Arab…dan berkepentingan agar negara Arab itu tdk solid maka wajar kecurigaan selalu di arahkan kpd mereka..jangan2 pura tdk menengertilah kasus penggulingan Saddam Husein dgn clue palsu senjata pemusnah massal…penggulingan Mursi…dll…jangan pura2 loonlah…..he5x…

  2. Betul cuma pengalihan isu … kita yg faham cuma bisa mesem, pintar jg asu … makin heboh makin besar budget dana yg diminta … alesannya dana pengamanan anti teroris, bisa milyar dollar neh …
    ntar besok lusa isu ISIS disebar ke seluruh dunia, trus banyak negara yg panik … akhirnya duit gaban jg yg musti dikeluarin dompet dari negara yg panik …
    capee deh !

  3. Sesuai ultimatum pbb dan dukungan international, akhirnya US berbaik hati untuk kembali.

    Hahaha, inilah filosofi dari kepahlawanan, dicinta sekaligus dibenci. Tidak ada yg rasional dalam cinta kata bang totee..

    RAPTOR datang darimana coba? ^_^
    Next : IRAN vis a vis US+Israel ^_^

  4. ini baru ” Konspirasi yg sebenarnya”, semua sudah diatur,diperhitungkan dan dilaksanakan. smakin banyak perang semakin banyak pula uang, Semoga makin banyak warga negara Indonesia yg mengetahui Drama dibalik semua peristiwa di timur tengah, dan tidak menelan mentah2 berita & opini di media masa,

  5. Dan bagaimana kita menyikapi kekerasan bung wench? Dan dimana posisi agama terhadap isis selama ini? Utk sementara us sudah arbitrasi. Tapi setelah itu apa?

    Semoga TNI tegas dan anti kekerasan dalam menghadapi terorisme dan sparatisme di Indonesia. Tidak ada lagi penembakan yg tidak perlu.

    • Posisi agama bagi ISIS seperti ucapan kaum bolshevik: agama itu candu!

      Jika kita menggunakan agama sbg tameng perbuatan binatang kita,maka kita lebih buruk dari binatang karena binatang saja tahu batas,tdk akan menyerang kalau dia kenyang…manusia yg sdh kecanduan tdk!

      ISIS hanya akan menjadikan lelucon keji kaum komunis itu benar!

  6. Saudaraku NKRI, ISIS itu adalah murni bukan bentukan USA/ISRAEL.
    Mengapa hilary mengatakan demikian? Karena PENTAGON pernah melepaskan tangan kanan saddam dgn alasan tawanan itu berjanji akan memberi info persembunyian saddam.
    Saddam tewas, tangan kanannya ini lh yg membentuk ISIS
    USA berencana akan menangkap kembali dia setelah saddam tewas tp nyatanya tangan kanan saddam sudah merencanakan semua dgn sempurna n dia berhasil lolos dari pengawasan pentagon.
    Siapakah dia? Biarlah pihak inteligent saja yg tahu.

  7. @freakout: tp sangat disayangkan ya bung para haters USA disini akal pikirannya tertutup hanya karena kebencian mereka, dikit2 dikaitkan dgn Barat, saya juga pembenci skenario barat, tp bukan berarti itu membuat akal pikiran saya tertutup, karena saya dilatih untuk menyukai hal yg paling saya benci

  8. Fanatisme kedalam itu adalah sah saja
    Bila kita mengatakan Istri kita yang paling cantik didunia itu sah sah saja dan dapat dimaklumi

    Tetapi bila fanatisme sudah mengarah keluar ,,itu yang gak boleh dan bahaya…
    Wujutnya jadi begini “Istri saya paling cantik sedunia ,,bila ada yang gak setuju dan tidak mengakui gua bacok kepalanya,,”dan itu adalah gangguan dan wajib diperangi

    ISIS sudah berubah menjadi IS dan itu tujuannya sudah Global tidak hanya untuk Suriah dan Irak saja,,
    Dan ini bahaya laten yang memang harus dicegah masuk di Indonesia ,.
    Panglima sudah berstatemen keras menghalau IS bila memaksakan fahamnya di Indonesia.,karena ini faham binaan untuk merusak Persatuan dan kesatuan semua negara.

    bagi yang mengenal pak Moel ” beliau bukan main main dengan statement2 nya dan selalu Konsisten ,,
    saat pilpres kemarin pun Warning dari Panglima bener bener di perhitungkan oleh kedua kubu,karena Integritas beliau .
    Jadi jangan main main
    hehehehehe