Pesawat Tempur Hawk MK-53 Resmi Pensiun

46
138
Hawk MK-53
Hawk MK-53

Sleman – Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) hari ini resmi mempensiunkan salah satu jenis pesawat tempur yang dimilikinya, Hawk MK-53. Selanjutnya pesawat buatan Inggris tersebut akan digantikan pesawat generasi terbaru, T-50 Golden Eagle.

“Rencananya pesawat Hawk MK-53 yang akan pensiun akan melakukan penerbangan terakhir dari Lanud Iswahyudi Madiun ke sini (Lanud Adisutjipto-red). Landing sekitar pukul 11.45 sampai 12.45 nanti,” ungkap Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Mayor Sus Hamdi Londong Allo, Kamis (12/3) pagi.

Setibanya di Lanud Adisutjipto, ujar Londong, pesawat Hawk MK-53 itu akan dimasukkan ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ada di dalam kompleks Lanud. Menyusul satu pesawat sejenis yang sudah dimuseumkan. “Kami pensiunkan untuk selanjutnya dimuseumkan dan disimpan di sini,” imbuh Londong.

Londong menambahkan, untuk selanjutnya peran dan tugas Hawk MK-53 akan digantikan pesawat T-50i Golden Eagle buatan Korean Aerospace Industries (KAI). Pesawat tempur ringan ini sudah dimiliki Indonesia sejak 2014 silam sebanyak 16 unit.

Mereka ditempatkan di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Madiun menggantikan tugas Hawk MK-53 yang sudah bertugas 30 tahun. Atas penggunaan pesawat T-50i ini menunjukkan Indonesia sebagai operator perdana pesawat itu di luar Korsel.

Dari penelusuran, jumlah pesawat Hawk MK-53 yang tersisa hanya dua unit, dari sekitar 20-an unit lainnya yang dibeli pemerintah era 1980-an. Usianya yang sudah uzur serta kesulitan mencari suku cadang ditambah harganya yang sangat mahal membuat jumlahnya terus berkurang.(SuaraMerdeka.com).

46 KOMENTAR

  1. kenapa gak ditawarin lalu djual ke Timoer Leste or filipina…atw papua nugini…ya….. sapa tau mereka mau…? lumayan hasilnya. neg mereka butuh pesawat tempur.

    & kalau bisa dipajang di AU makassar…sebagai tambahan.bosen liat A4 skyhawk mulu…ddpn AU makassar.hhe

    • Betul bro. Enek kalau inget itu smua. Dan anehnya mrka itu tdk pernah malu untuk kemudian menawar2kan lg barangnya ke kita. Sama seperti belanda waktu tolak jual leopard tp setahun kemudian jg rayu2 kita u beli barang mrka. Bangsa eropa memang slalu mrsa sok hebat tp tdk punya malu.