Mar 122015
 
Hawk MK-53

Hawk MK-53

Sleman – Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) hari ini resmi mempensiunkan salah satu jenis pesawat tempur yang dimilikinya, Hawk MK-53. Selanjutnya pesawat buatan Inggris tersebut akan digantikan pesawat generasi terbaru, T-50 Golden Eagle.

“Rencananya pesawat Hawk MK-53 yang akan pensiun akan melakukan penerbangan terakhir dari Lanud Iswahyudi Madiun ke sini (Lanud Adisutjipto-red). Landing sekitar pukul 11.45 sampai 12.45 nanti,” ungkap Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta, Mayor Sus Hamdi Londong Allo, Kamis (12/3) pagi.

Setibanya di Lanud Adisutjipto, ujar Londong, pesawat Hawk MK-53 itu akan dimasukkan ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ada di dalam kompleks Lanud. Menyusul satu pesawat sejenis yang sudah dimuseumkan. “Kami pensiunkan untuk selanjutnya dimuseumkan dan disimpan di sini,” imbuh Londong.

Londong menambahkan, untuk selanjutnya peran dan tugas Hawk MK-53 akan digantikan pesawat T-50i Golden Eagle buatan Korean Aerospace Industries (KAI). Pesawat tempur ringan ini sudah dimiliki Indonesia sejak 2014 silam sebanyak 16 unit.

Mereka ditempatkan di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Madiun menggantikan tugas Hawk MK-53 yang sudah bertugas 30 tahun. Atas penggunaan pesawat T-50i ini menunjukkan Indonesia sebagai operator perdana pesawat itu di luar Korsel.

Dari penelusuran, jumlah pesawat Hawk MK-53 yang tersisa hanya dua unit, dari sekitar 20-an unit lainnya yang dibeli pemerintah era 1980-an. Usianya yang sudah uzur serta kesulitan mencari suku cadang ditambah harganya yang sangat mahal membuat jumlahnya terus berkurang.(SuaraMerdeka.com).

  46 Responses to “Pesawat Tempur Hawk MK-53 Resmi Pensiun”

  1.  

    Ehm lagi

    •  

      udah dibongkar aja diteliti buat experimen buat modal bikin pesawat tempur made indonesia,.original

    •  

      nanggung sekalian fa-50 multi rool selain untuk latihan juga bs combat jika keadaan darurat apalgi pesawat tempur kita masih sedikit.

      atau ini gantinya untuk jatah gripen NG karena pengganti f-5 direbut ama sukhoi su-35 gimana warrjag kali ini setuju ??… 🙂

  2.  

    sudah waktunya istirahat

  3.  

    Masuk musium dah si hawk..53.

  4.  

    1st

  5.  

    He he he sabar bung. Pertamax itu butuh pengorbanan.kesabaran. he he

  6.  

    Selamat beristirahat hawk..

  7.  

    selamat beristirahat

    merdekaaaaa

  8.  

    jasamu akan selalu di kenang sepanjang mazaaaa

  9.  

    ehem juga

  10.  

    Mau terbang ke LIMA tuh.

  11.  

    kenapa gak ditawarin lalu djual ke Timoer Leste or filipina…atw papua nugini…ya….. sapa tau mereka mau…? lumayan hasilnya. neg mereka butuh pesawat tempur.

    & kalau bisa dipajang di AU makassar…sebagai tambahan.bosen liat A4 skyhawk mulu…ddpn AU makassar.hhe

  12.  

    Bukan . Katanya sih negara maling. Suka klaim gitu. He he he. LIMA(langkawi international maritime dan aerospace.)

  13.  

    Bung@jamil,,,,,,, mgkin anda rabun jauh ya,,,,,, itu pesawat susi air,,,,, makanya,,,, periksa dulu matanya bung,,

  14.  

    Sedih aja dengarnya
    mangkin bekurang deh pesawat tempur tni yg ada, sementara penggantinya tak kunjung terealisasikan

  15.  

    Sayang di taro museum. Sumbangkan saja ke filipina

  16.  

    minta satu aja, mau tak bikin monumen menghadap langsung kearah kedutaan Inggris

  17.  

    Terus jokinya gimana yahh?? Dpt mainan baru..jadi tim kantoran di belakng meja..atau ikut istirahat?

  18.  

    ikutan nyimak gan

  19.  

    Dibawa ke jogja buat ngelamar janda cantik wina lia. Beli rumahnya dapat pemiliknya. Lokasi kalasan deket adisucipto, monggo…..

  20.  

    Kyaknya pemerintah kita lebih cendrung ke blok timur, iran ma india udh transit tu, rusia tiba2 tot tot tot,……

  21.  

    Mungkin bu susi dapet order ngembalikan nelayan asing yang ketangkep, karena orangnya banyak, sementara punya pesawat ukuran mini ya jadinya konvoy dah :mrgreen:

  22.  

    ya hawk ini pesawat banyak sejarahnya, termasuk dilarang oleh Inggris untuk tidak menggunakan pesawat ini saat melawan GAM, sudah makan asem garam embargo

    •  

      Betul bro. Enek kalau inget itu smua. Dan anehnya mrka itu tdk pernah malu untuk kemudian menawar2kan lg barangnya ke kita. Sama seperti belanda waktu tolak jual leopard tp setahun kemudian jg rayu2 kita u beli barang mrka. Bangsa eropa memang slalu mrsa sok hebat tp tdk punya malu.

  23.  

    Selamat menikmati hari tua hawk 😀

  24.  

    20, tinggal 2. wah eman2 bgt. Mig 15 Korut smpe skrng msh operasional.. Ajaiab Maintenancenya..

    Desain Mk53 msh sdkit elegan, mngkin klo di icik icik PTDI bs dibkin Versi Advance nya

  25.  

    selamat istirahat & terima kasih atas pengabdianmu selama ini mengamankan bangsa ini hormat saya….

    nkri harga mati…..

  26.  

    Kok digantiin Gripen bung??. Lah wong penggantinya sudah lengkap 1 skadron datang dari taon kemaren kok.

  27.  

    Pesawat latih penggantinya ya pesawat latih juga lah bung. Kalau digantikan yang beda kelas itu mah nambah namanya bukan mengganti.

 Leave a Reply