Jul 162019
 

Sukhoi Su-30SM. (@ Alex Beltyukov – commons.wikimedia)

Jakartagreater.com – Rusia sedang mengembangkan modifikasi baru dari pesawat tempur Su-30SM multiguna, ujar sebuah sumber di industri penerbangan kepada Interfax, dirilis Bastion-karpenko.ru, 14-7-2019.

“OKB Sukhoi telah memulai pekerjaan pengembangan (R & D) untuk menciptakan pesawat tempur modern dengan kode Su-30SMD.

Modifikasi ini akan menerima mesin paling modern, AL-41F-1C (produk 117C), yang sekarang dipasang pada produksi pesawat Su-35, ”kata juru bicara agensi. Menurutnya, pekerjaan ini dilakukan bersama dengan Irkut Corporation, yang memproduksi pesawat tempur Su-30SM secara massal.

“Penerbangan uji Su-30SMD dengan mesin baru harus dilakukan pada tahun 2020. Menurut hasil pencapaian RCD, dengan demikian, keputusan akan dibuat – apakah itu layak untuk melengkapi semua Jet tempur kombatan dari jenis ini dengan mesin ini, “tambah sumber agensi.

Su-30SM, pesawat tempur serba guna yang sangat bermanuver dikembangkan oleh biro desain Sukhoi dan diproduksi secara massal di Irkutsk Aviation Plant, cabang dari Irkut Corporation (kedua perusahaan merupakan bagian dari UAC).

Pesawat tempur pilot ganda Su-30SM memiliki kemampuan manuver super, dilengkapi dengan radar phased antenna array, mesin pemandu vektor dorong, dan ekor horizontal depan. Jet tempur Su-30SM mampu menggunakan senjata presisi tinggi modern dan canggih dari kelas udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Mesin pesawat AL-41F-1C (produk 117C) dikembangkan oleh Lyulka Design Bureau (bagian dari United Engine Corporation, UEC). Ini adalah mesin turbojet dua sirkuit twin-shaft dengan desain modular dengan kontrol vektor dorong dan regulator terintegrasi digital. Mesin dipasang pada pesawat jenis Su-35.

Performa mesin yang ditingkatkan dicapai melalui penggunaan kompresor tekanan rendah baru dengan peningkatan aliran udara dan efisiensi, serta turbin baru dengan sistem pendingin blade yang lebih efisien.

Footage Video Su-30SM:

Bagikan: