JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 102016
 

Angkatan Udara Rusia menghentikan pengoperasian armada pesawat tempur Sukhoi-27 Flanker, setelah salah satu pesawat itu jatuh di dekat Dewasa Muranovo, Distrik Pushkinsky, Moskow, Kamis 9 Juni. Akibat peristiwa yang telah menewaskan pilot penerbang Sukhoi-27 Flanker itu, Kepala Staf Angkatan Udara, Viktor Bondarev, memerintahkan pengentian pengoperasian sementara Sukhoi-27 sampai penyebab pesawat jatuh diketahui secara pasti.

Kementerian Pertahanan Rusia memutuskan untuk mengandangkan semua jet Sukhoi yang mereka miliki. (Istimewa)

Kementerian Pertahanan Rusia memutuskan untuk mengandangkan semua jet Sukhoi yang mereka miliki. (Istimewa)

Menurut sumber Kementerian Pertahanan, pilot tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar ketika berusaha mengarahkan pesawat ke lokasi yang tidak padat penduduk.Pilot kemudian dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Pilot diduga tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar. (Istimewa)

Pilot diduga tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar. (Istimewa)

Kementerian Pertahanan Rusia selanjutnya memutuskan untuk mengandangkan semua jet Sukhoi yang mereka miliki. Dalam sebuah keterangan, Kemhan Rusia mengatakan, langkah ini akan dilakukan sampai pihaknya menemukan penyebab jatuhnya salah satu jet kebanggaan Rusia tersebut. “Menurut temuan awal, pesawat itu jatuh karena mengalami kesalahan teknis,” ujar Kemhan Rusia, seperti dilansir Itar-tass pada Kamis (9/6).

Sementara itu, menurut seorang sumber di Kemhan Rusia, kotak hitam jet tempur tersebut saat ini sudah ditemukan, dan dalam waktu dekat proses pemeriksaan terhadap kotak hitam akan segera dimulai untuk mengetahui penyebab sebenarnya kecelakaan itu.

Sebelumnya diberitakan, sebuah pesawat jet tempur Su-27 Rusia jatuh dan meledak di wilayah yang berjarak 30 km di luar Ibu Kota Rusia, Moskow. Pilot jet tempur dinyatakan tewas.

Laporan awal dari sejumlah media Rusia menyebut, jet tempur yang jatuh di daerah permukiman adalah MiG-29. Namun, Perusahaan pembuat MiG kemudian menyatakan jenis MiG-29 tidak melakukan penerbangan apa pun sepanjang hari ini. Beberapa saat kemudian kemenhan Rusia mengkonfirmasi bahwa jet tempur yang jatuh adalah Sukhoi Su-27.

Sukhoi Su-27 Flanker termasuk pesawat tempur ternama di dunia dan laku secara internasional. (Istimewa)

Sukhoi Su-27 Flanker termasuk pesawat tempur ternama di dunia dan laku secara internasional. (Istimewa)

 

Pesawat tempur Sukhoi-27 Flanker diduga akan melakukan atraksi untuk memeriahkan pembukaan monumen penerbangan di Ashukino, dekat Muranovo, dan terjadi insiden kecelakaan yang telah menewaskan sang pilot. Sumber Kemenhan Rusia menyebutkan, tidak ada amunisi di dalam pesawat jet tempur tersebut. Tubuh pilot dilaporkan ditemukan, namun identitasnya belum diungkap.

”Tubuh pilot telah ditemukan di dekat pesawat yang jatuh dan meledak saat menghantam tanah,” kata seorang sumber di lokasi kecelakaan kepada RIA Novosti. (marksman/ sumber : antaranews.com, sindonews.com dan okezone.com)

Berbagi

  26 Responses to “Pesawat Tempur Sukhoi-27 Jatuh Meledak, Angkatan Udara Rusia Hentikan Operasional”

  1.  

    pertamax

  2.  

    Namanya buatan manusia ya ada kelemahannya

  3.  

    ngga jadi pertamax 30+6 😀

  4.  

    Hmmm…

  5.  

    Knalpotnya masih nyala pdhl dah menghunjam tanah. Sukhoi emang joss..

  6.  

    pesawat kagak moncer nih barang (putra,2016).

  7.  

    pesawat tempur pakai kotak hitam?
    hmm…

  8.  

    ktanya indo mendapatkan interfensi dari asu….tentang pembelian pesawat su 35….

    ada apa gerangan

  9.  

    Ilustrasi pertama editan 😀

  10.  

    saatnya diupgrade struktur rangka dan mesinnya

  11.  

    dari pada dikandangkan mending di tawarkan ke asean, saya yakin NKRI dan vietnam siap meminangnya…

  12.  

    komen..lebai mengandangkn semua…(baru liat pesawt jatuh ga ancur d artikel.y pilot mati krn menghindar jatuh d rumah penduduk)..sedang yg nyungsep aja..gosong tak berbentuk..

  13.  

    terserah….vietnam mau bikin rudal kek,pentungan kek,emang gue pikirin.lw seandainya ameriki en astralia mau menduduki indonesia terserah,toh ada TNI.lw memang indonesia dikuasai amerika dan jadi wargax ya terserah.bukankah warga negara amerika warga kelas satu didunia.daripada susah susah,ngiritik pemerintah katanya benalu.lha kalau sesuai peraturan kan ga mungkin dikritik toh yo?

  14.  

    koment rudal vietnam kok masuk melbunya sini….barangkali saya lelah ya

  15.  

    lgi musim jet tempur jatuh rupanya..

  16.  

    BENAR BENAR PESAWAT SUPER SAMPAI SAMPAI KEPALANYA BISA NYUNGSEP KE TANAH WKWKWWKWKW PESAWAT SAMPAH KAGAK MONCERRRRR….

  17.  

    biasa namanya sudah menua,,,wajar nyungsep ketanah…..

  18.  

    Begitulah mahalnya teknologi…ada pengorbanan nyawa sekalipun…biasa..

  19.  

    strutur.y kuat ..tu…pilot.y juga ok.menghidar rumah peduduk meski nywa taruhn.y….yg lain ada ga…yg jatuh tdk ancur.and berantakn……??

  20.  

    Kok identitas tubuh pilot belum di ketahui… ??? Bebas pakai ya… Atau ada sabotase…

  21.  

    nah loh….pesawat sukhoi selain bisa joget di udara ,juga bisa MENANCAP seperti busur panah..

    cek.cek..cek….hmmm memang hebat pesawat ini…..:))

  22.  

    Ini pesawat dari skuadron akrobatik black knights yang jatuh. Di swiss juga dari skuardon akrobat mereka. Minggu kemaren blue angels sama thunderbirds juga jatuh. Kebetulan sekali

  23.  

    Mungkin dia lelah.
    KEDUAX…

  24.  

    Tak ada satupun pabrikan pesawat tempur nomer wahid yg canggih bahkan super canggihpun yg pesawatnya gak pernah jatuh, semua pasti pernah jatuh mau meledak kek, nabrak kek, kepleset bahkan nyungsep pun ya semua ngalami.

 Leave a Reply