Pesawat Tempur Sukhoi-27 Jatuh Meledak, Angkatan Udara Rusia Hentikan Operasional

Angkatan Udara Rusia menghentikan pengoperasian armada pesawat tempur Sukhoi-27 Flanker, setelah salah satu pesawat itu jatuh di dekat Dewasa Muranovo, Distrik Pushkinsky, Moskow, Kamis 9 Juni. Akibat peristiwa yang telah menewaskan pilot penerbang Sukhoi-27 Flanker itu, Kepala Staf Angkatan Udara, Viktor Bondarev, memerintahkan pengentian pengoperasian sementara Sukhoi-27 sampai penyebab pesawat jatuh diketahui secara pasti.

Kementerian Pertahanan Rusia memutuskan untuk mengandangkan semua jet Sukhoi yang mereka miliki. (Istimewa)

Pesawat Tempur Sukhoi-27 Jatuh Meledak, Angkatan Udara Rusia Hentikan Operasional 1

Menurut sumber Kementerian Pertahanan, pilot tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar ketika berusaha mengarahkan pesawat ke lokasi yang tidak padat penduduk.Pilot kemudian dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Pilot diduga tidak mempunyai waktu untuk ke luar dari pesawat dengan kursi pelontar. (Istimewa)

Pesawat Tempur Sukhoi-27 Jatuh Meledak, Angkatan Udara Rusia Hentikan Operasional 2

Kementerian Pertahanan Rusia selanjutnya memutuskan untuk mengandangkan semua jet Sukhoi yang mereka miliki. Dalam sebuah keterangan, Kemhan Rusia mengatakan, langkah ini akan dilakukan sampai pihaknya menemukan penyebab jatuhnya salah satu jet kebanggaan Rusia tersebut. “Menurut temuan awal, pesawat itu jatuh karena mengalami kesalahan teknis,” ujar Kemhan Rusia, seperti dilansir Itar-tass pada Kamis (9/6).

Sementara itu, menurut seorang sumber di Kemhan Rusia, kotak hitam jet tempur tersebut saat ini sudah ditemukan, dan dalam waktu dekat proses pemeriksaan terhadap kotak hitam akan segera dimulai untuk mengetahui penyebab sebenarnya kecelakaan itu.

Sebelumnya diberitakan, sebuah pesawat jet tempur Su-27 Rusia jatuh dan meledak di wilayah yang berjarak 30 km di luar Ibu Kota Rusia, Moskow. Pilot jet tempur dinyatakan tewas.

Laporan awal dari sejumlah media Rusia menyebut, jet tempur yang jatuh di daerah permukiman adalah MiG-29. Namun, Perusahaan pembuat MiG kemudian menyatakan jenis MiG-29 tidak melakukan penerbangan apa pun sepanjang hari ini. Beberapa saat kemudian kemenhan Rusia mengkonfirmasi bahwa jet tempur yang jatuh adalah Sukhoi Su-27.

Sukhoi Su-27 Flanker termasuk pesawat tempur ternama di dunia dan laku secara internasional. (Istimewa)

Pesawat Tempur Sukhoi-27 Jatuh Meledak, Angkatan Udara Rusia Hentikan Operasional 3

 

Pesawat tempur Sukhoi-27 Flanker diduga akan melakukan atraksi untuk memeriahkan pembukaan monumen penerbangan di Ashukino, dekat Muranovo, dan terjadi insiden kecelakaan yang telah menewaskan sang pilot. Sumber Kemenhan Rusia menyebutkan, tidak ada amunisi di dalam pesawat jet tempur tersebut. Tubuh pilot dilaporkan ditemukan, namun identitasnya belum diungkap.

”Tubuh pilot telah ditemukan di dekat pesawat yang jatuh dan meledak saat menghantam tanah,” kata seorang sumber di lokasi kecelakaan kepada RIA Novosti. (marksman/ sumber : antaranews.com, sindonews.com dan okezone.com)

Leave a Reply