Okt 052016
 

Empat pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang terdiri dari dua Sukhoi Skuadron Udara 11 pangkalan udara Sultan Hasanuddin dan dua F-16 Skuadron Udara 16 Lanud Suwondo, melakukan pertempuran udara di atas langit Ranai, Natuna, Kepulauan Riau (4/10). Latihan pertempuran udara ini merupakan skenario dalam latihan puncak “Angkasa Yudha 2016” TNI Angkatan Udara yang di gelar di Kepulauan Natuna.

“Hari ini kita berlatih terbang jelang acara puncak Angkasa Yudha di Ranai. Sukhoi akan berfungsi sebagai salah satu penyerang pada target misi pengeboman di laut,” ujar Komandan Skuadron Udara 11, Letnan Kolonel Penerbang David Hamzah.

Sukhoi TNI Angkatan Udara bersiap terbang dalam latihan perang bertajuk Angkasa Yudha yang dipusatkan di Lanud Ranai. (Pendrie Poetra/FB/WB)

Sukhoi TNI Angkatan Udara bersiap terbang dalam latihan perang bertajuk Angkasa Yudha yang dipusatkan di Lanud Ranai. (Pendrie Poetra/FB/WB)

Dalam latihan, tiga Sukhoi Su-27/30 MKI diterbangkan ke Kepulauan Natuna untuk bergabung dengan berbagai pesawat tempur lainnya yang terbang dari Natuna.

Ketika hendak mendarat di Bandara Hang Nadim, tiga Sukhoi Su-27/30 MKI Flankers melakukan manuver. Salah satu penerbangan vertikal terbaik bahkan kemudian menukik sebelum memutar dan mendarat.

https://www.youtube.com/watch?v=nq26Bs5zxjE
“Itu salah satu cara untuk melatih ketangkasan bagi pilot pesawat tempur. Agility diperlukan bagi pilot pesawat tempur Angkatan Udara,” ujar Letnan Kolonel Penerbang David Hamzah.

Dalam acara utama, Sukhoi Su-27/30 MKI akan melakukan pemboman udara-darat dengan menyasar target kapal atau sasaran lain yang telah dipasang di sekitar perairan Natuna.

Saat ini, sebanyak lima unit Sukhoi Su-27/30 MKI telah disiagakan di Batam. Pada tanggal 6 Oktober, jumlah Sukhoi Su-27/30 MKI di Bandara Internasional Hang Nadim akan bertambah menjadi tujuh unit dan 10 unit F-16 Fighting Falcon.

Sumber: Youtube/Vom Kriege

jakartagreater.com

  32 Responses to “Pesawat Tempur Sukhoi dan F-16 TNI Angkatan Udara Lakukan Geladi Angkasa Yudha 2016”

  1.  

    Tunggu tahun 2018 Su-35 ikutan nimbrung.

  2.  

    tunggu 2060 f-22 raptor second kebeli.

  3.  

    pantesan ada yg seliweran di batam nih barusan

  4.  

    Yg pegang kamera bingung mau ambil gambar shukoi nya he..he..he…

  5.  

    menurut kakek saya yg no.2 yg kerja sebagai staf ahli pengadaan alutsista strategis kemenhan, katanya
    f16 yg berseliweran di natuna ada VIPER yg nyaru sbg blok 52(secara kasat mata sulit dibedakan)

    juga sukhoi35 yg nyaru sbg su27( secara kasat mata sulit dibedakan)

    juga ada kasel nuklir( g dikasih tau namanya apa) dilepas pantai sabang mawang(natuna besar)

    terus katanya ada pesawat siluman dr arah singapura yg coba2 test drive silumannya tp ketahuan berkat radar( lokal ) langsung digebah oleh su 35. melalui integrasi sistem radar satelite yg mampu mengendus siluman( lokal plus rusia)

    hihihi…

  6.  

    su 27/30 MKI?…

    •  

      Saat ini, sebanyak lima unit Sukhoi Su-27/30 MKI telah disiagakan di Batam. Pada tanggal 6 Oktober, jumlah Sukhoi Su-27/30 MKI di Bandara Internasional Hang Nadim akan bertambah menjadi tujuh unit dan 10 unit F-16 Fighting Falcon.

  7.  

    Yah, MKI disebut lagi…

  8.  

    Ada gak ujicoba air to surface missile untuk tenggelamkan target di permukaan laut punya sukhoi

  9.  

    Apapun itu..bikin stroongg..

  10.  

    Wah parah nih…malon pada bengong smua cuma liat latian TNI d natuna…
    Biasa aj kaleee…

  11.  

    kapan dimas kanjeng taat pribadi disuruh owie ? .menggandakan sukhoi 35.kasel kilo .kapal induk. s400.s300 kalau bisa.

  12.  

    dipasang nanti pas mulai jalan AY -nya
    sekarang masih test ngepot , dan berharap temuin penyusup jarak dekat , agar bisa dogfight

  13.  

    oo..gara2 a*tv sering nayangin bolywood, jd dapet hibah MKI, hihi

  14.  

    emang kakek ente ada berapa dan namanya sapa, siapa tahu sodara ane yang di kementerian pertahanan bisa silahturahmi@8 dewa munyuk.. Sepertinya anda habis ngebong yah…pantesan anda sering ngelindur…

  15.  

    Mki itu berdasarkan negara pengguna bung,layaknya mkm untuk malaysia,mki untuk india,mka untuk aljazair,begitupun mki untuk indonesia

  16.  

    @8 dewa mabuk, hati-hati kualat yah ngatain orang tua… ndak pernah rasain azab yah situ…

  17.  

    @8 dewa mabuk, hati-hati kualat yah ngatain orang tua… ndak pernah rasain azab yah situ… lu masih bocah bau kencur aja belagu…

    •  

      maafin saya ya engkong @mr gabus…
      jangan marah2 terus dong..

      saya cuma mengingatkan supaya engkong @mr gabus banyak bersabar, jgn mengikuti nafsu amarah, nanti penyakit banyak datang( asam urat, darah tinggi, stroke, jantung, hepatitis, hiv, ambein, hernia etc.) yg bisa berujung pada kematian mendadak..

      sabar ya engkong mr gabus..
      hihihihi….
      damai ya ngkong..

  18.  

    Biasa bro,antek (budak) asu kayak si carin biasanya nyari ribut

    Eh salam kenal warjagers,udah 1 bulan jadi silent reader (namun kadang ikutan komentar)

  19.  

    gile mek…setahuku cuma di lapak Jakarta Greater ini yang paling rame dan hot, ini semua karena sayang dan cinta dengan TNI apapun ulasan, komentar, dan tanggapan….sangat demokratis dan sangat hidup, selamat ulang tahun TNI ku….kami bangga dengan TNI walau persenjataan belum memadai, terbukti sampai sekarang tidak ada yang berani nyalakan genderang perang dengan Indonesia, bangsa ini terlahir dari nenek moyang warrior dan penakluk tapi tidak pernah ambisi untuk menguasai negara lain

  20.  

    semoga pada saatnya nanti tni tlh memiliki kekuatan setara amerika dan rusia.

  21.  

    Tes

  22.  

    MKI ???? Teknik mengubat hati yg cemburu
    ..hahahahahaha