Pesawat Tempur Sukhoi Siap Beraksi di Natuna

25
9

pesawat-tni-2

Berbagai pesawat militer Indonesia mulai berkumpul di Ranai AFB, Natuna, untuk latihan Angkasa Yudha 2016

pesawat-tni-3

pesawat-tni-1

pesawat-tni-4

Rencana Indonesia untuk terus meningkatkan pertahanan di Natuna, sebagai wilayah perbatasan terdepan tidak main-main. Sejumlah fasilitas militer sedang dibangun di wilayah ini. Setidaknya ada dua pelabuhan baru yang akan dibangun di wilayah tersebut, sehingga jika satu pelabuhan tidak berfungsi, atau diserang musuh, masih ada pelabuhan lainnya. Runaway dan Pangkalan Udara juga sedang dibangun, termasuk penempatan batalyon tempur baru di sana.

Bersamaan dengan itu TNI AU akan menggelar simulasi perang di wilayah Natuna sebagai penutup dari Latihan Perang Angkasa Yudha 2016. Latihan perang ini akan melibatkan sekitar 80 pesawat yang sebagian telah berdatangan.

Dengan alutsista yang terbatas dibandingkan negara besar, Indonesia tetap ingin menunjukkan keseriusannya bahwa Laut Natuna adalah wilayah Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat. Indonesia akan menghadapi dan meladeni apapun yang harus dihadapi dan diladeni demi mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, yang sempat tercaplok dalam kasus Sipadan Ligitan dan kasus lepasnya Timor Timur.

Kedua wllayah tersebut lepas di saat militer Indonesia sedang lemah. Dari momentum Indonesia pelan-pelan mulai kembali menata kekuatan militernya agar disegani lawan yang coba-coba mengganggu. Hanya dengan militer yang kuat dan modern, lawan berpikir ulang, untuk bermain api dengan Indonesia.

Photos : Defence.PK

25 COMMENTS

  1. Pesawat yg ikut latihan 80 + yg jaga langit 80+ yg lagi di grounded 80+ yg lagi ngopi 80+yg pilot nya lg maen catur 80+yg di taruh di brunei 80+yg lagi di pesen 80+yg lg di Bagun bersama korsel 80+ yg ghoib 80 = Indonesia strong

  2. Hampir sama dg dulu… kalo dl sumber daya alam yg d garap… skrng kekuatan pertahanan yg d garap…. sekali tepuk 2 lalat jatuh…. sekali latihan semua alutsista terutama pertahanan d angkut… diam² yg pulang k home basenya cuma pesawatnya saja… untuk senjata bertahan diam² d tinggal d Natuna…. Ampuh….!!!!!

  3. hebat ya indonesia orang sipil bisa foto dekat pesawat militer bahkan di area militer foto dgn bebasnya kalau di luar udah di sita tuh kamera. padahal pokemon go di ributin eh ini jelas2 foto dgn asik hebat

  4. jangan disasarkan ke Singapura tapi ke kapal penjaga pantai cina dan kapal selam cina yang sedang mengintai latihan ini hulu ledaknya diganti cat saja kalau kita takut sama cina

  5. Perlu Di ketahui buat kalian semua, latihan angkas yudha ini memiliki tujuan lain YAITU MOBILISASI !
    Astros,skyshield oerlekon, AA twin gun 35,vampire RM70,shukoi,f16,T50i,hawk,tucano.

    Tax amnesty sudah berjalan Dan Saatnya rebut FIR kembali!!!!!!!!! Good beye Singapore

    Salam, Konspirasi Waktu

  6. Kirain ada ancaman beneran,ohh ternyata latihan. Kalo natuna diserang lawan,sebagian alutsista udara dan laut bergerak ke natuna semua. Gimana kalo lawan memancing kekuatan RI dg mengarahkan sebagian kecil ( kalo negara besar lawannya atau keroyokan) lantas sebagian lagi menyerang lewat alki 2 dan alki3,apalagi lawan juga memiliki kemampuan besar alutsista dan dukungan logistik yg kuat lantas menyerang juga dari selatan RI. Mampukah???
    Edisi tanpa maksud merendahkan militer RI,tentunya akan lebih baik setiap pangkalan sdh dilengkapi alutsista memadai baik secara kuantitas dan kualitas. Jadi konsep geser sana geser sini yg bisa dibilang spt kelas patroli saja. Coba kalo semua pangkalan punya lengkap sendiri alutsistanya,maka pangkalan lain hanya sebagai bantuan kalo pangkalan lainnya kewalahan. Kalo diserang lewat Alki1 maka alki 2 dan 3 dan sektor selatan pun siap untuk antisipasi serangan lawan lewat jalur lain. Semoga nkri kelak terus menambah kekuatan militernya terutama tni au dan tni al,krn negara seluas indonesia nih butuh banyak sekali alutsista laut dan udara,disamping harapan kita ekonomi indonesia bisa meningkat lebih baik lagi yg pada akhirnya juga kekuatan tni juga turut meningkat.

    • saying nya bung , itu sudah dipikirkan oleh elit petinggi TNI-dan pertahanan kita , disbanding kita yang mikir bung …..

      dampaknya udah jelas , kawasan makin panas saat ini disbanding ketika TNI era 2000-2008 ( posisi TNI lemah )

  7. ini semata2 untuk mnekan pion2 usa sperti singapura dgn tax amnesti jgn mmcam2… bru fir.
    bos usa tdk tinggl diam dia kirimkn kpl induk class nimits ke perairan indonesia
    seru pion vs anti proxy

LEAVE A REPLY