Jul 232017
 

Jet Tempur Suriah (istimewa)

Beirut – Pesawat Tempur Suriah melaksanakan Serangan Udara pada Sabtu, 22 Juli 2017 terhadap kelompok ISIS di wilayah pedesaan sebelah Timur Raqqa dan dekat kedudukan pasukan dukungan AS beroperasi, menurut laporan Televisi Pemerintah Suriah, mengutip sebuah sumber Militer.

Serangan di kota Maadan dan desa Bir Al-Sabkhawi, dekat perbatasan provinsi dengan kegubernuran Deir al-Zor, “menghancurkan beberapa Markas dan kendaraan” milik kelompok pemberontak itu, ujar sumber tersebut.

Kelompok pemantau hak asasi untuk Suriah yang bermarkas di Inggris, mengatakan kejadian tersebut adalah pertama kalinya dalam beberapa pekan ini, bahwa Militer Suriah melancarkan serangan di daerah itu.

Tentara Suriah mempunyai garis depan yang aktif terhadap kelompok ISIS di wilayah pedesaan Raqqa Barat, di mana mereka sudah menguasai kembali wilayah tersebut dari para pemberontak.

Tetapi serangan Udara di wilayah Timur, membuat pertempuran menjadi lebih dekat dengan kedukan operasi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dibantu AS, sesuatu persekutuan yang didominasi oleh Pasukan Tempur Kurdi.

SDF melancarkan serangan terakhir untuk mengusir kelompok ISIS dari Markas kota Raqqa pada bulan lalu dan sudah mempelopori usaha menyerang kelompok tersebut  wilayah Suriah Timur Laut.

Tentara Suriah yang disokong oleh Pesawat Tempur Rusia, secara terpisah turut menyerang Pasukan Tempur ISIS pada sasaran lebih jauh ke arah sebelah Barat, tetapi mereka juga sudah melasanakan serangan Udara di Provinsi Raqqa dan Deir al-Zor.

SDF menuduh Pasukan Pemerintah Suriah melaksanakan pemboman terhadap sasaran mereka pada Juni 2016 lalu, salah satu dari beberapa kejadian yang menimbulkan ketegangan antara Amerika Serikat di satu sisi dan Suriah dan Rusia di sisi lainnya.

Tidak jelas seberapa dekat Serangan Udara pada Sabtu 22 Juli 2017 itu, terhadap kedudukan pasukan SDF, tetapi jaraknya hanya beberapa kilometer dari wilayah yang dikuasai SDF. Antara/Reuters

Bagikan:

  One Response to “Pesawat Tempur Suriah Serang ISIS di Timur Raqqa”

  1.  

    Semoga aman wilayah Arab dan Suriah

 Leave a Reply