Jul 022019
 

Pesawat tempur ringan Tejas (foto: Indian Air Force – Common Wikipedia)

Pekan lalu, sebuah tragedi besar berhasil dihindarkan oleh seorang pilot Angkatan udara India (IAF) yang berpikir cepat saat mesin pesawat tempur Jaguanyar ditabrak seekor burung. Sebagai bagian dari prosedur operasi khusus, bom ringan dan tangki bahan bakar eksternal dijatuhkan oleh pilot di daerah yang aman.

Kini terjadi lagi insiden yang kali ini menimpa sebuah jet tempur ringan Tejas. Sebuah tangki eksternal di salah satu Tejas yang diproduksi di dalam negeri India jatuh dari langit pada Selasa pagi di tanah pertanian di Irugur, Coimbatore di negara bagian selatan India, Tamil Nadu. Insiden itu terjadi saat Tejas sdang melakukan sesi pelatihan dari pangkalan Sulur, yang juga merupakan stasiun pangkalan Tejas.

“Hari ini pagi sekitar pukul 0840 waktu setempat satu tank drop bahan bakar jatuh dari pesawat Tejas pada saat serangan mendadak. Pesawat mendarat dengan selamat setelah insiden itu. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan di darat. Penyebab insiden itu sedang diselidiki”, kata IAF dalam sebuah pernyataannya, sebagaimana dilaporkan oleh Sputnik.

Tanki bahan bakar eksternal pada pesawat tempur biasanya dilepaskan saat akan melakukan pertempuran udara atau saat sedang mengalami insiden serius, dan jatuhnya satu tanki bahan bakar eksternal dari Tejas tanpa ada tanda-tanda sebelumnya mungkin karena adanya kendala teknis yang saat ini masih dalam penyelidikan.

Skuadron pesawat tempur Tejas bernama Flying Daggers atau Skuadron 45 Angkatan Udara India. Pangkalan skuadron bergeser dari Bengaluru ke stasiun Angkatan Udara Sulur yang berbasis di Coimbatore pada Juli 2018. The Flying Daggers menjadi skuadron tempur pertama Komando Udara Selatan IAF yang bermarkas di Thiruvananthapuram.

Pada tanggal 27 Juni, sebuah insiden terjadi pada pesawat tempur Jaguar India yang mesinnya menabrak sejumlah burung setelah lepas landas dari stasiun pangkalan Ambala di Punjab. Tabrakan itu mengakibatkan kebakaran pada salah satu mesinnya. Meskipun mengalami keadaan darurat, pilot muda India berhasil mendaratkan jet tempurnya di pangkalan dan juga menyelamatkan nyawa banyak warga sipil di daerah yang berdampingan dengan lapangan terbang.

 Posted by on Juli 2, 2019