Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara Akan Disiagakan di Kepulauan Riau

30
14
Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara dari lanud Hasanuddin Makassar terparkir di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/10/2014). (tribunnews batam/elhadif)

Komandan Lanud Tanjungpinang, Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan permintaan lahan guna membangun bandara dan landasan pesawat militer.

β€œSudah di acc permintaan kami, sudah diusulkan, kita masih menunggu persetujuan Gubernur,” ujar Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, seperti dilansir Tribun Batam pada Minggu (2/10).

Menurut Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, keberadaan base camp pesawat tempur penting karena Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah berbatasan. Tujuannya, untuk antisipasi menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan pihak asing.

Pesawat Hawk saat tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, Jumat (17/4/2015). (tribunnews batam/ikhwan)
Pesawat Hawk saat tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, Jumat (17/4/2015). (tribunnews batam/ikhwan)

β€œDaerah perbatasan haruslah memiliki keamanan yang kuat, sesuai undang-undang yang ada, pertahanan di perbatasan itu harus ada,” kata Danlanud Tanjungpinang.

Lanud Tanjungpinang rencananya akan dibangun sebagai parkirnya pesawat jenis Sukhoi dan F-16. Oleh karenanya, dibutuhkan persetujuan Gubernur untuk memberikan bantuan alokasi lahan. Jika rencana ini terealisasi, pihaknya kemungkinan akan menempatkan satu skuadron tempur.

Saat ini, TNI Angkatan Udara memiliki base camp pesawat tempur di sejumlah daerah, seperti di Pontianak Kalimantan Barat, Makassar Sulawesi Selatan, Pekanbaru Riau dan Jakarta.

Sumber: Tribun Batam

30 KOMENTAR

  1. Lalu di Papua di tongkrongin apa Rin? Ingatlah loh, kapal induk USS Nimits bisa membokongi Papua dari arah selat flores sambil mengirim drone jelek untuk mengamati wilayah Papua, untuk memastikan tdk ada anggota OPM di sentil oleh TNI…

  2. @wong sole : Biarin saja bro…
    Inggris adalah ibu kandung lain bapak negara Malaysia, jadi sudah tidak heran, jika Inggris minta setoran dari anak buahnya. πŸ˜€
    Btw jika mau beli jangan S300 bro…
    S300 adalah petasan uzur (kata Rusia)
    Kalau mau beli S400 berikut ToT-nya…
    Bila perlu S500 buat di instal di PKR Sigma kita…
    Di jamin negara luar kalau mau masuk Indonesia akan sopan dan santun… πŸ™‚

  3. Wow, Teknis bgt bahasannya diatas !, πŸ˜› IMO,
    kayaknya analoginya sama aja dgn memilih permen vanila atau coklat deh.

    Juga, Walau RI punya ribuan pespur dan disebar,
    tapi kalau ground support & mtc facility blom punya, ya kedodoran !
    BBM supply facility, amunition supply & storage, mtc facility , integrated radar,
    air def & integrated CMS base/command control facility Dll.
    klo blum ada itu semua, sekali gempur air strike oleh musuh juga jebol pertahanan.
    dan kalaupun perang sungguhan , JANGAN sampai cuma kuat cuma 3 hari, contoh:BBM habis, Sparepart habis, amunisi habis, kelelahan pilot, coordination error antar divisi, Logistik indomie habis πŸ˜› Dll.

    analoginya spt telur, yg paling keras adalah cangkang luarnya nya, pertahanan terluar dulu alias garis depan , baru antibiotiknya didalam telur untuk serangan bakteri.
    sorry sotoy, CMIIW.

  4. indonesia negara kaya tpi jdi malapetakan bgi indonesia itu sendiri
    dmn usa dan china negara besar yg haus akan energi dan pangan untuk jumlah pnduduk yg milyaran,untuk itu qt hrrus bersiap damai mka bersiap diri untuk perang