Jul 232016
 

TNI Angkatan Udara memberikan pengamanan khusus bagi dua wilayah di Indonesia, yaitu Natuna di Kepulauan Riau dan Kupang di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna, mengatakan bahwa pihaknya menyiagakan pesawat tempur secara bergantian di dua titik itu.

Namun, Marsekal Agus tidak menjelaskan secara rinci alasan dua titik tersebut yang menjadi pilihan bagi TNI Angkatan Udara untuk melaksanakan pengamanan wilayah udara. Ia hanya mengatakan bahwa ada aset pemerintah yang perlu diamankan.

“Alasannya, ada sarana dan prasarana yang kami lihat perlu diawasi. Situasi dan kondisi di wilayah itu perlu adanya penanganan kewaspadaan,” ujar Marsekal Agus di Wisma Angkasa, Jakarta, Sabtu (23/7).

Lebih lanjut, KSAU menjelaskan bahwa pengamanan udara oleh TNI Angkatan Udara di Natuna tidak serta-merta karena pengamanan terkait konflik beberapa negara di Laut Cina Selatan. Menurutnya, pengerahan pesawat tempur tak hanya menangani hal-hal semacam itu karena yang utama adalah yang bernilai strategis.

Sumber: kompas.com

  46 Responses to “Pesawat Tempur TNI AU Siaga di Natuna dan Kupang”

  1. Pertamax

  2. Mantaaapp.. Lanjutken
    Bravo TNI

  3. ada apa yg strategis terkait sarana prasarana di lokasi tersebut? radar otht ? silo?

  4. Kasihan pesawat tempurnya bolak balik..??..makanya beli pesawatnya yg banyak pak .

  5. Ada aset strategis….
    Hehehe…curiga pd dateng arsenal pertahanan yg tersembunyi secara bertahap…dn bukan buat nyari pikachu kaya malon….wkwkwkwk

    • Ada aset pemerintah yang perlu dijaga.

      Mengapa harus dijaga pespur ?

      Karena aset itu terlalu jauh dari pangkalan militer yang ada di darat.

      Jadi apa aset strategis di laut yang perlu dijaga ?

      Tempat pengeboran minyak dan gas.

  6. Ada pengiriman alutsista ke Natuna!
    untuk lebih ke hal strategis dan patroli

  7. Spertix ada ancaman dri sebrang,,,dmn kita sbg bangsa indonesia terkepung oleh negara raksasa ada india,usa,n china,,,,
    China sedang uji latihan mliter di lcs,,
    Waspada nkri

  8. Pantesan aja nih si sukri 27 dan 30, meraung-raung di langit kota saya di makassar, berjalan beriringan dan menggemakan 1 kota makassar, ternyata di tugasin ya ke natuna dan kupang…ya gak papalah, demi nkri dan kekayaan laut negara kita….tapi setelah tugas selesai balik kandang lagi ya ke makassar, gw gak mau tau, yg penting jangan ada 1 pun yg lecet….ok

  9. Pantesan aja nih si sukri 27 dan 30 menggemakan 1 kota saya di makassar, ternyata di tugas ya ke natuna dan kupang, tapi…gak papalah demi nkri dan kekayaan laut kita, tapi setelah tugas selesai langsung balik kandang lagi ya ke makassar….saya gak mau tau, jgn sampai ada yg lecet…..ok

  10. Jangan salah cina amerika rusia inggris malay singapor dll

    Gak ada sejarahnya di dunia ini utk tidak curang n rakus jika ada negara yg militernya jauh di atas rata negara lain.

    Salahkan diri sdri knp tdk bisa sehebat mereka.

    Bagi indonesia jauh lbh berbaya menghadapi cina drpd usa kedpnnya
    Langkah bijaknya adlh bersahabat dg cina dan meeropa berteman dg usa.

    Hanya satu TNI hrs solid dan prof

    Turkie turkie inga turkie

  11. beli pesawat lapis k 2 smisal gripen/fa-50 bt patroli baru yg urgent/pnting su family bru keluar.

  12. beli pesawat lapis k 2 smisal gripen/fa-50 bt patroli baru yg urgent/pnting su family bru keluar.dan TNI harus Solid!!!! antar TNI dan Manunggal dgn Rakyat.

  13. Menyedihkan sekali…jet tempur tni au hanya sejumlah sandal jepit…penjaga kedaulatan langit begitu luas mengandalkan 4 unit su30..? betul..Tni au Tak akan mampu menghadapi jet tempur cina ataupun singapura yg memiliki pesawat jet canggih puluhan bahkan ratusan unit jumlahnya…
    Pasti digoreng oleh mereka..setelah habis perang apa yg diandalkan?…memble tni!!
    Secepatnya tni au mengadakan kekuatan rudal S 400 rusia sebagai alat penggetar negara2 tetangga yg senang usil dg wilayah nusantara..

  14. PENGGENTAR (DETTERENT) ya ?

    bukan PENGGETAR (VIBRATOR) … kikikikikikih …

  15. ah sial, MEGA KARTI salah tulis : DETERRENT

    jadi malu … kaaabuuuur …

  16. Pesawatnya krg banyak pak

  17. Jadi inget dulu hindia belanda… disikat jepang hanya dalam 3 hari… akibat telat mikir.

  18. Ada F-16 atau F-5 Tiger di Iswahyudi yg dekat dng kupang dan ada Hawk-109/209 di Supadio yg lebih dekat ke Natuna ketimbant yg di Makasar. Lalu alasan apa yg menyebabkan TNI AU lebih menyibukkan Sukhoi di Makasar utk hilir mudik ke Batam dan ke Kupang ya.? Dari segi biaya operasional katanya biaya operasional Sukhoi/jam nya seharga mobil Honda CR-V. Knp tdk memilih ketiga jenis pesawat yg jg sudah menjadi koleksi arsenal TNI AU yg notabene biaya operasionalnya lebih murah.? Apa kira2 pertimbangan petinggi TNI ya khususnya TNI AU.?

  19. Sukhoi jos!

    Ntar kalau pesawat si upil nyelonong, langsung di hajar saja.

  20. Tambah secepatnya pesawat tempur beneran yg bs diandalkan macam sukhoi, gripen atau rafale typhoon.. Jgn beli fa 50 cuma ngabisin anggaran tp gk ada efek penggentarnya

  21. Kasian pesawat2 tni.. Yg harus diawasin banyak.. Tp pesawatnya sdikit.. Masa sih harus selamanya begini.. Emng gk mampu Negara sekaya nkri belanja pesawat tempur dlm jmlh bnyk..??

  22. bung ruskye btul tuh, tp jgn salah bung klu sukoi kita tersebar bukan hanya di makasar saja,. jd klu masalah jumlah hanya petinggi dan itulah rahasia negara.

  23. wajar antisipasi si aussie dan bisa langsung terbang ke papua sekitarnya. itukan heavy fighter makanya selain su35 harus dibeli juga Jas Gripen nya biar Hight fighter & Medium Fighter. Colaboration Hight cost and low Cost jg joint ….. yakan gunkan juga tekno nya Gripen Buat Ngembangin IFX jadi kita makin mandiri bangsa kita ini.

  24. Natuna berkaitan dengan migas sedangkan kupang berkaitan dengan tambang emas ptfi.makanya di kedua willayah tersebut keamananya di perkuat ( red zone / hazard area ).

  25. Sdh selayaknya dan sepantasnya. Melindungi radar dan pensil baru.

  26. baca yang baik bung, untuk menguasai LCS apa mau digelontor air 12 ton air kah ??
    ///

    China telah menyelesaikan pembuatan sebuah pesawat amfibi terbesar di dunia, yang direncanakan akan digunakan untuk menangani kebakaran hutan serta menjalankan misi penyelamatan di laut.
    Pesawat amfibi tersebut memiliki berat maksimal 53,5 ton saat lepas landas, jarak terbang maksimal 4.500 kilometer dan bisa memasukkan 12 ton air dalam waktu 20 detik, menurut perusahaan pesawat negara, Aviation Industry Corporation of China (AVIC)

  27. KALAU GAK SUKA ATAU KECEWA TNI, PINDAH WARGA NEGARA SAJA
    MALON PASTI SUKA TERIMA ENTE JADI WN MALON

  28. pesawat tempur tni minimal harusnya ada 15 skuadron.satu kapal induk aja isinya bisa 50 pesawat tempur.masa satu pulau cuma dikasih 16 pesawat.apalagi kalo cuma 5 pesawat tempur ampun ngiritnya!!!

  29. Akurat gak nih artikel ?

  30. ada apa ya…?kl ada yg macem”timpuk aja langsung….

  31. herm..??? klo tni pasti tau alasannya.. xixixi

  32. Manfaatkan f5 hawk dan super tucano….kan kita punya byk….pakai aja utk patroli di LCS, lengkapi persenjataan modern dan system radar mumpuni….saya yakin musuh jg akan mikir lagi kalau mau nyerang….jika lawan punya kebranian utk melawan karena punya pesawat yg jauh lebih hebat….patutlah kita tetap harus melawan apapun resikonya.

  33. Ngawasin upil, beruk dan sonotan yang pusing gak bisa lagi ngusilin tetangga. Pfffffffttttt.. nkri edisi senggol bacok

  34. Mantap….

  35. hm….

  36. Kupang ya..?? Saya kan tinggal disini kok blom dtg ye sukhoinya??

 Leave a Reply