Jul 112017
 

ilustrasi : Pesawat F-16 Turki (Allied Joint Force Command Brunssum)

Istanbul – Serangan pesawat tempur Turki menyasar para petempur Kurdi di dua wilayah bagian tenggara Turki, Senin malam, 10/7/2017, menewaskan 11 petempur Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kata pihak tentara pada Selasa, 10/7/2017.

Satu serangan udara dilakukan di dekat perbatasan Suriah, di distrik Dargecit, Provinsi Mardin, di mana pesawat tempur menghancurkan dua posisi senjata dan membunuh delapan petempur yang diyakini tengah bersiap menghadapi serangan, ujar pihak militer dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters/Antara, 11/7/2017.

Pernyataan itu juga menyatakan bahwa tiga anggota PKK lainnya tewas dan sebuah gua hancur dalam serangan udara di daerah pedesaan propinsi Hakkari, wilayah yang berbatasan dengan Irak dan Iran.

PKK angkat senjata melawan Turki pada 1984. Sejak saat itu, lebih dari 40.000 orang, kebanyakan merupakan suku Kurdi, tewas akibat konflik. Mereka dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Sebuah kesepakatan gencatan senjata antara Turki dan kelompok petempur itu terhenti pada Juli 2015, dan wilayah Turki tenggara kemudian mengalami sejumlah aksi kekerasan terburuk sejak pemberontakan itu dimulai.

Bagikan:

  5 Responses to “Pesawat Tempur Turki, Tewaskan 11 Petempur Kurdi”

  1.  

    Jazirah Arab dan Afrika gak pernah akur dr zaman bahauela! Wahyudi yg diuntungkan dgn melemah dan terpecahnya dunia Arab dan Afrika Utara!

  2.  

    Bravo Turki

  3.  

    Loh tapi di irakk tentara kurdi berjuang lawan isis

  4.  

    Erdogan salah satu suporter isis,soalnya kurdi suriah dah ngerusak mainan erdogan(isis),dan juga erdogan takut sama kebangkitan kurdistan di turki

 Leave a Reply