Oct 202014
 
Reaksi Fusi Nuklir

Reaksi Fusi Nuklir

Sebuah tim peneliti di Lockheed Martin Corp telah membuat terobosan besar dalam fusi nuklir dan sedang mencari mitra untuk sepenuhnya menggarap potensi teknologi tersebut. Menurut Reuters, perusahaan itu akan membuat reaktor fusi yang bersifat ringkas/ compact dalam satu tahun ini untuk pengujian dan menyelesaikan prototipe dalam waktu lima tahun. Pengumuman ini muncul setelah empat tahun penelitian rahasia oleh sebuah tim bernama Skunk Works.

“Pesawat generasi berikutnya tidak lagi bergantung pada bahan bakar dan dapat tetap terbang tinggi -jarak jangkau dan endurance yang terbatas- itulah fusi nuklir yang dapat dilakukan untuk pesawat terbang,” ujar Tom McGuire -yang memimpin proyek ini- dalam video YouTube yang dirilis baru-baru ini oleh Lockheed.

McGuire menambahkan reaktor 100 megawatt dari perusahaan mereka dapat masuk di bagian belakang sebuah truk besar, untuk menggambarkan ukuran reaktor.

Perusahaan Keamanan dan kedirgantaraan global ini mengatakan reaktor fusi nuklir yang berbentuk ringkas tersebut (compact), digerakkan bahan bakar deuterium-tritium yang menghasilkan sekitar 10 juta kali lebih banyak energi daripada jumlah yang sama dari bahan bakar fosil/minyak bumi.

Director of the Princeton Plasma Physics Laboratory (PPPL) Stewart Prager mengatakan tidak bisa mengevaluasi klaim Lockheed karena tidak ada siaran pers dan maupun berbagai artikel pers yang memberi informasi ilmiah.

“Dengan tidak adanya informasi apapun, tidak ada yang bisa mengatakan banyak tentang hal itu, “kata Prager. Menurut Prager, stasiun fusi Lockheed “adalah klaim yang luar biasa, yang akan perlu didukung oleh bukti yang kuat.”(washingtontimes.com).

  62 Responses to “Pesawat Terbang Tenaga Fusi Nuklir”

  1. pertamax

  2. Kedua kah?

  3. wow ketiga

  4. 4

  5. Spakoinoi nochi komred

    • Hmmmm , sudah dites beLum safety atau keamanannya , jangan sampai meLedak kayak Bom Hiroshima & Nagashaki Lagi , tapi sayangnya ga’ di sebutin untuk pesawat turbofan atau turboprop

      • tenang saja,amerika setiap menciptakan sesuatu yg mutakhir pasti melalui berbagai pengujian yg ketat,beda sm rusia..apalagi china,terfikirkan aja blm hehe

        • tetapi ternyata banyak hasil teknologi USA di nilai produk gagal.

          malah system aegis bayak yang menganggapnya sebagai produk jelek ..atau gagal.
          kemarin…kena jaming oleh pesawat rusia dg menggunakan knirby, destroyer USA mati total. terus pulang dari laut hitam. sampai sekarang tak pernah lagi kirim kapal perang lagi.

          sytem aegis juga dinilai gagal melindungi USS stark dari gempuran exocet irak..waktu perang irak iran.

          produk F22 dihentikan produksinya karena dinilai membahayakn pilot USA…kesalahan design kokpit…sehingga pasokan oxygen ke pilot sering macet.

          F35 juga dinilai produk gagal dg harga yang sangat muahal.

          bagaimana nih…kayaknya USA lagi kekurangan oang2 genius dibidangnya. gembar gembornya kan disana pusat yahudi…manusia2 paling cerdas sedunia. kok bisa?

      • bung PCM
        pantesan di body f16 nya ada catapault cantelan blakang buat ngerem di kapal induk y?waktu itu sempet ada brita percobaan di lanud sumatera y?jd sempet nebeng kapal induk..begitukah kira2?
        imho
        nuhun

      • apa nih bang?

        kapal induknya siapa..?
        berarti USA sudah tahu ya…?lha ngapain harus rahasia2an.

      • kalo kapal selam bisa …logikanya..pesawat aja bisa…bagus juga kalo ada pesawat yg bisa terbang satu bulan g turun2…he7x…

  6. Ayo Indonesia…pasti bisa ciptakan yang lebih hebat!

  7. hoax kah

  8. teknologi masa depan, pesawat yg tak dibatasi oleh bahan bakar
    ilmuwan Indonesia juga harus bisa menciptakan teknologi fusi nuklir, nuklir yg bersih dan sumber energi tak terbatas

  9. ASU otaknya pintar bangetss ya. Hadehhhh.

  10. hmmm

  11. serem juga kalau pesawat pake nuklir..

  12. kalo berhasil … lompatan teknologi yg bersejarah bagi umat manusia, bisa bikin kendaraan perang macam piring terbang, kapal induk angkasa juga mengeksplorasi jagad raya … sayang yg jalanin asu lagi, maklum dana riset asu gede amit, seandainya terjadi di negri kita … cuma ngarep

    • Tpi sepertinya kalau sudah bisa dibuat untuk pesawat atau pun kendaraan di darat..tetap tidak akan di produksi masal..karena minyak bumi dan gas ga laku lgi…kecuali minyak sudah hampir hbis bru energi alternatif lainya di maksimal kah..CMIIW

  13. sasaran empuk rudal pencari panas nch..

  14. jauh dari pemahaman sekarang
    ane bingung mo bikin turbo kayak apa tu asu
    yg tau tlg jabar dasarnya aja.tq

  15. Makin serem aja kaya bung PS 🙂

  16. Bukan main akhirnya impian untuk menciptakan suatu energi yg bisa memberikan tenaga pendorong yg lh besar dan cukup lama utk menjelajahi antariksa akan terwujud. Energi fusi ini akan menghasilkan energ yg lbh besar dari energi lainnya.

  17. ASU kok di lawan

  18. He..he…pernah di coba di pesawat B 36 peacemaker,keliatane gak berhasil…..berhasil mengudara akan tetapi keamanan tidak menjamin…..ma’af kalo salah….

  19. Kok kayak impian ku ya,(bkin pesawat pake tenaga fusi nuklir)? Tapi sayang aku cuma bsa mimpi.

  20. nyimakkkkkkkkkk

  21. “the soldier of the future is an f 16 on legs”… qoute ini kayaknya bukan cuma khayalan belaka

  22. kisah hiu kencana nonggol lg..

  23. Ketinggalan…bangsa dr golongan jin udh pake teknologi itu dr ribuan tahun yg lalu. Nama nya UFO…

  24. Apa kayak yang nempel di dada iron man .

  25. jadi inget reaktor nuklir milik nazi, yang katanya bukan untuk bikin bom, tapi untuk pembangkit listrik …. kira2 Nazi bikin pesawat apa yang membutuhkan energi listrik yang besar?

  26. Mungkin suatu saat ada diantara peneliti yg bs me mini kan nuklir untuk kebutuhan alat2 rumah tangga shg bs dinikmati semua org

    Kipas angin tenaga nuklir,
    Kulkas tenaga nuklir,
    Setrika tenaga nuklir,
    Magic jar tenaga nuklir,
    Senter tenaga nuklir,
    Hp tenaga nuklir,
    Tv tenaga nuklir,

    Tapi nanti klo rusak, tukang reparasinya hrs hati2

  27. Era Baru..Era Zaman Penemuaan2 Tekhnologi Terbaru & Terkini yg hnya berupa khayaln imajinasi manusia skrg dwujudkn jd knyataan…Terkdg terfkir gmna Otak2 Ilmuwan itu yc mpe longor tuch kepala…he..he..Mf cm bercnda aja…

  28. Mungkinn aj ARC reaktor x ironman bsa dikmbngkan didunia nyata. Dipakek dipesawat atau militer..

  29. sekali lagi amerika menunjukkan kedigdayaan nya di bidang teknologi,hebat..sdh pasti!
    rusia dan china mungkin blm terfikirkan..sm seperti pertama f22 raptor menguasai angkasa dgn teknologi stealth nya,rusia dan china pastinya terhenyak menyaksikan apa yg di sebut sebuah mahakarya dirgantara..satu2nya cara agar mereka tdk tertinggal terlalu jauh,mereka hrs melakukan hal yg sama seperti dibuat oleh amerika,walau hasilnya sampe saat ini msh sebatas prototype..

    • Sebenarnya semua negara sama saja jk jaringan dan loby banyak dan luas setiap negara tdk menutup kemungkinan saling bajak membajak dan tiru meniru dalam hal ingin memguasai teknologi terkini dan mempunyai prospek yg jauh kedepan dan mempunyai efek yg membuat negara lain menjadi gentar dan ketinggalan tenologinya, tentu saja teknologi tsb akan menjadi rebutan utk dipelajari dan dikuasai olh mrk2 yg negaranya mempunyai jaringan dan dana yg kuat akan berusaha dgn jalan apapun wlw dgn cara tot, beli, curi, bajak, tiru dll. gak dapat ilmuwannya, konsepnya bhkn prototifnya pun diembat. gak bisa jln baik2 alias cara kerjasama, cara kasar bin licik pun jd yg pntg missi berhasil. contoh gimana bajak membajak teknologi sewaktu era perang dingin antara amerika dan soviet, dimana sewaktu itu soviet menciptakan pesawat tempur interceptor dan pencegat supersonic mig 31 foxhound yg dibawa kabur oleh pilotnya yg desertir krn dibayar amerika dan didaratkan di jepang, yg mana pesawat tsb dibongkar utk diketahui seluruh teknologinya. yg kemudian dipulangkan kembali ke soviet dlm keadaan terurai. begitu jg teknologi stealht pertama amerika ykn F111 nighthawk yg ditembak jatuh di serbia yg lalu secara diam2 sebagian besar komponen pesawat tsb dikirim ke rusia utk dipelajari. Teknologi adalah dinamis bung.. tdk menetap semua dapat mencapainya, tp dgn syarat trs belajar, bereksperimen tanpa henti dialah nanti yg bakal menguasainya yg pertama kali. amerika blh canggih, tp teknologi itu tdk bs mrk monopoli. suatu saat kiblat teknologi itu kembali ke timur bung, bkn ttp menjadi monopoli barat. salam bung..

    • Kehebatan USA adalah pada teknologi yang mendekati pemanfaatan, artinya teknologinya bukan lagi pembuktian teori atau hipotesis pada ilmu-ilmu dasar.

      Fusi dan Fisi nuklir pertamakali ditemukan di Eropa, Fisi oleh Jerman, dan Fusi salah satunya dari lab CERN di swiss. Begitu juga teknologi manipulasi cuaca di Eropa Timur, akhirnya dikembangkan secara praktik dalam bentuk laboratorium Haarp. Begitu pula teknologi peluncur pesawat pada kapal selam ujicoba, oleh Amrik diubah jadi peluncur rudal.

      Jadi riset di Amrik jauh lebih membumi, dalam arti langsung ke pemanfaatan di dunia nyata ketimbang membuktikan teori-teori hingga betul-betul sahih sehingga memakan waktu lama untuk digunakan sehari-hari.

  30. Serem kapal terbang pake nuklir. apa ga ada energi lain yg sehebat nuklir dan ramah lingkungan.

  31. Dari dulu gak suka nuklir,..lebih baik untuk Indonesia kembangkan energi matahari yang melimpah,meski sekarang belum maksimal hasilnya. Tpi asal kita mau berusaha dan mendapat dukungan riset yang memadai pasti bisa…mari lindungi bumi kita

  32. Sebenarnya perlu utk diketahui energi fusi nuklir seperti artikel diatas bkn sprt yg anda2 bayangkan seperti kayak meledaknya bom nuklir. mmg teknologinya hampir sprt cara meledaknya bom nuklir, tp sebenarnya keduanya berbeda utk mencapai kekuatan sepertinya halnya nuklir, maka diperlukan upaya fisi yg mana atom2 tsb secara rekayasa diman unsur atom2 tsb dibuat saling memisah dgn waktu yg sepers mili ribu2 detik saling melepas dan luruh hingga tercipta energi pelepasan yg maha dahsyat, itulah yg mnjd bom nuklir. sdg klw fusi nuklir sprt artikel diatas adlh unsur atom isotop deterium dan atom isotop terium yg mana sebenarnya kedua atom isotop tsb adlh termasuk dlm unsur hidrogen. nah kedua atom isotop tsb, yaitu detarium dan terium tsb di gabungkan hingga menjadi unsur atom berat yg nantinya akan menjadi unsur helium. dimana unsur helium ini adlh unsur yg paling ringan dan mudah terbakar. sprt matahari yg bahan bakunya dari hidrogen yg krn terjadi fusi nuklir di dalamnya hingga menghasilkan unsur helium dipermukaan bintang tsb dan terbakar hingga menjadi bola api maha raksasa di galaksi bima sakti. jd sebenarnya ada fusi nuklir dan ada jg fisi nuklir. sedangkan yg namanya fusi ada beratus macam cara. krn arti nama fusi itu artinya “mengambil” . btw dari artikel diatas dpt di tarik kesimpulan bahwa amerika sdg menciptakan mesin fusi nuklir yg dapat menghasilkan helium yg mana helium tsb utk menjadi bahan bakar motor jet plasma helium. klw skrg kan berbahan bakar jp8, avtur utk pembakaran udara yg di manpatkan diruang chamber mesin jet. :mrgreen: salam…

  33. wah hebat tuh g lama lg erax film fiksi jadi nyata contohx star trek mantapp…semoga secepatx terwujud,amien

  34. Era Iron Man telah tiba!!!….

    Pertinyiinnyi bagaimana dengan teknologi yang katanya ada digunung padang?, kalau benar fusi nuklir yang dibikin ASU lewat dong :D, dan indonesia siap-siap menjadi sasaran sabotase negara-negara besar untuk mendapatkan teknologi yang ada didalamnya… 😀

  35. Wah makin maju ja neh teknologi asu..itu mungkin bermula dari mimpi2 mereka melalui film2 fiksi ilmiahnya…yang terus di upayakah agar bisa menjadi kenyataan..walaupun orang awam/dan sebagian yg pintarpun menganggap mereka gila atau terlalu berhayal…tpi kita sudah banyak melihat mimpi2 dan hayalan/imajinasi yang jdi kenyataan…jdi buat para ilmuan dan peneliti,,jangan takut untuk bermimpi dan berimajinasi secanggih apapun…dan usahakan/teliti lah mimpi dan imajinasi tersebut semampu kekuatanmu…insaallah akan jdi kenyataam..
    Salam nkri

    • cakep..ini yg saya setuju,intinya amerika memulai sesuatu dr mimpi yg sebagian org justru mengatakan gila,tp amerika mampu membuat dunia tercengang..indonesia hrs bs seperti amerika kawan

  36. Mudah-mudahan teknologi gunung padang
    bisa segera terungkap
    Kejayaan atlantis unutk indonesia

    NKRI HARGA MATI

  37. Projet pesawat nuklir sudah lama ia bikin perusahaan ge . Cuma baru sekarang bikin balikDiscovery Channel – Nuclear Airplane – Part 4 -: http://youtu.be/udLJbSywzBM

  38. aku kok mencium bau2 hoax nih…kalau memang USA sudah mampu /berhasil membuat reaktor fusi sebesar itu..dan kompak…lhah kenapa masih butuh mitra untuk menggarap proyek ini.
    berarti kuncinya masih butuh ilmuwan lain lagi untuk memecahkan masalah yang ada.

    setahu aku energi nuklir fusion ini sudah lama sekali terbengkalai kagak ada kelanjutannya semenjak 30 tahun lebih yg lalu. semenjak pertama kali ditemukan mesin reaktor serupa yaitu mesin tokamak.kendalanya terbentur oleh faktor kemampuan menjinakkan reaksi fusionnya oleh medan elektromagnet. karena diperlukan medan magnet yg besar utk mengendalikan energi besar hasil fusion secara effisien.

    • Gimana gak terbengkalai, lha wong mafia dari seluruh mafia minyak keluarga mr rockefeller dan jaringannya di seluruh dunia sampai sekarang msh mencengkram dunia dan mrk2 itulah sebenarnya yg menghambat penelitian para ilmuawan utk menemukan energi baru yg sebenarnya berlimpah dari tdk hrs dari unsur carbon sprt halnya minyak mentah, batubara dan gas. dari hidrogen saja sebenarnya manusia bs mendapatkan energi tdk sj dari planet bumi, dari planet2 yg lain jg bs di exstrak dan cukup dijadikan perbekalan sebagai energi pesawat antar planet dan bintang. kembali ke awal, kayaknya rockefeller ingin kaya sejagad dgn menjual energi carbon sprt minyak mentah krn kini semakin byk ilmuwan yg percaya klw sebenarnya minyak mentah itu cadangannya dibumi ini sangat tdk terbatas alias tdk akan habis2 selama inti bumi ini masih mencair maka inti bumi inilah yg menjadi fusi nuklir utk menghasilkan unsur2 yg salah satunya menjadi minyak mentah dan krn sesuatu hal sprt tekanan dari akibat suhu yg sangat panas dan jg retakan2 lempeng geologi bumi maka unsur carbon yg blm sempat terbakar tsb naik keatas melalui celah dan retakan kemudian terperangkap di satu dan berbagai lempeng bumi yg cuma bisa di ambil dgn cara pengeboran dan ada kalanya minyak mentah tsb naik kepermukaan bumi dan menjadi genangan kolam rawa2. jd sebenarnya yg selama ini dipelajari klw minyak bumi ini berasal dari fosil hewan dan tumbuhan pada jaman jurasic adlh sangat mengada-ada, bulshiit dan bohong besar yg di hembuskan mafia minyak agar mrk dpt mengontrol harga serta memainkan pasokan kebutuhan akan ketergantungan minyak utk berjalannya roda ekonomi dan industri2 bsr yg mana semuanya tergantung akan energi carbon tsb. saya percaya minyak mentah itu terjadi akibat fusi nuklir di dalam inti bumi yg menghasilkan hasil pembakaran lava di inti bumi yg berupa carbon alias minyak mentah. sdgkn klw batu bara dan gas baru saya percaya itu berasal dari fosil2 tumbuhan yg akhirnya sebagian membeku mnjd batubara dan sebagiannya lg berubah menjadi unsur gas yg bernama metana dll. jd saya percaya batubara dan gas berasal dari fosil masa lampau, sdgkn kalau minyak mentah saya percaya dari hasil fusi nuklir di inti bumi yg mana ada unsur2 mineral bumi yg blm menjadi lava tp sdh berubah menjadi carbon dan naik kepermukaan lempeng bumi dan menjadi sebutan minyak mentah. seperti contoh sederhana gimana sewaktu anda membakar sebuah rokok, maka bara api yg membakar tembakau tsb dpt dikiaskan mnjd lava di inti bumi, sedangkan pengaruh terbakarnya tembakau menjadi unsur nikotin. nah unsur nikotin ini dapat di umpamakan sebagai carbon alias minyak bumi. kesimpulannya.. rockefeller tdk mau manusia2 yg ada dibumi ini bepergian ke antar planet dan galaksi di tata surya krn doi gak mau ilmuwan menciptakan energi yg lbh baik dari energi carbon yg mana energi tsb terbatas cuma ada di bumi sedangkan energi berupa unsur hidrogen sangat berlimpah, bkn sj ada di bumi tp jg ada di planet2 lain, bahkan di ruang angkasa hidrogen dpt di exstraks mnjd bahan bakar roket pesawat ruang angkasa sprt halnya pesawat interprease antar bintang di film startrek. Salam..

  39. jgn2…. fusi dari thorium… hhmm..

  40. 4puluhduaxxxx

 Leave a Reply