Jul 122017
 

Yak-130, pesawat latih tempur Angkatan Udara Bangladesh. © Bangladesh Air Force

Sebuah pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130 Angkatan Udara Bangladesh telah jatuh di Lohagora, Chittagong dan kedua pilotnya telah berhasil menelamatkan diri, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Pesawat latih tempur subsonik Yak-130 buatan Rusia dengan nomor ekor 102 telah jatuh di Lohagora, Chittagong. Pesawat tersebut jatuh pada hari Selasa, pukul 15:00 waktu setempat, pada saat melaksanakan penerbangan rutin setelah mengalami masalah teknis.

Yakovlev Yak-130 adalah pesawat jet latih subsonik canggih berkursi ganda dan pesawat tempur ringan atau pelatih tempur “lead-in”.

Pesawat latih tempur Yak-130 dapat mensimulasikan taktik pesawat tempur yang berbeda. Ada sebuah cantelan pada titik tengah bodi pesawat dan jumlah cantelan pada bagian sayap untuk mengangkut persenjataan telah ditingkatkan menjadi delapan titik, ini meningkatkan kapasitas muatan senjata menjadi 3.000 kg.

Pesawat itu dapat membawa senjata, tangki bahan bakar tersuspensi, pod pengintaian dan sejumlah pod pertempuran elektronika (pernika), termasuk pengacak radar beserta sistem penanggulangan infra merah.

  One Response to “Pesawat Latih Yak-130 Bangladesh Jatuh, Pilot Selamat”

  1. Numero setunggal

 Leave a Reply