Nov 272016
 

su-35

Satu pesawat tempur tempur Rusia terbang di atas Huelva dan Cadiz, Spanyol, Kamis pagi 24/11/2016. Pesawat itu kemudian dicegat oleh dua pesawat F-18 Spanyol di depan wilayah Rota, yang merupakan daerah penjagaan pesawat tempur Spanyol yang berbasis di Zaragoza. Pesawat Rusia kemudian memasuki area strategis ruang udara Spanyol di Gijon, dan kemudian terbang ke Galicia, lalu menyeberangi laut ke depan pantai Portugal.

Pesawat itu diidentifikasi sebagai Sukhoi-35 (Su-35). Sebelumnya pesawat ini telah diikuti dan diawasi oleh pesawat dari negara-negara Eropa lainnya. Penerbangan dari Angkatan Udara Rusia ini bertujuan untuk mengukur waktu reaksi dan menemukan kesalahan prosedur dalam respon pertahanan dari negara-negara Eropa.

Tindakan ofensif dari pesawat tempur Rusia terdeteksi Rabu 23/11/2016 malam oleh radar NATO, Baltic Air Polisi, yang dipasang untuk melindungi wilayah udara dari Latvia, Estonia dan Lithuania. Setelah pendeteksian itu, Su-35 diikuti dan diawasi oleh sejumlah pesawat Norwegia, Inggris dan Perancis.

Intrusi ke wilayah udara Spanyol terjadi Kamis pagi. Dua F-18 Spanyol menempel pesawat Rusia di depan pelabuhan El Musel di Gijón. Pesawat Rusia itu berbelok ke barat, untuk terus terbang di lepas pantai Galicia, turun ke Finisterre dan menuju pantai Portugal. Setelah dekat perairan Portugal, pesawat F-18 Spanyol kembali ke pangkalan, yang mana tugas mereka diganti oleh dua pesawat F-16 Portugal yang telah lepas landas dari lapangan udara militer Monte Real, di distrik Leira.

Setelah terbang sekitar satu jam, jumlah pasukan penjaga pantai Portugal di Cape San Vicente, dilipatgandakan. Pada saat itu F-18 Spanyol terbang kembali meninggalkan Zaragoza untuk melakukan pemblokiran. Pesawat tempur Rusia itu kembali dicegat oleh pesawat Spanyol yang terus melekat padanya saat terbang di atas pantai Huelva menuju Teluk Cadiz. Selama perjalanan ini, pesawat penyusup mematikan perangkat IFF (identifikasi kawan atau lawan), sebuah praktek yang merupakan pelanggaran protokol NATO.

Selanjutnya, Sukhoi-35 mulai berbelok dan terbang kembali ke pangkalannya, setelah melewati pangkalan udara angkatan laut Rota, lalu menjauh dari pantai dan pulang. Dalam perjalanan ke luar dan kembali, pesawat tempur itu dibantu oleh pesawat tanker Rusia, yang mengisi bahan bakar dalam penerbangan.

Sumber : Diariodesevilla.es

Bagikan:

  51 Responses to “Petualangan Su-35 di Langit Spanyol dan Portugal”

  1.  

    Sido tuku ora?

  2.  

    su35 emang keren

  3.  

    Jago goyang tp gk ada yg brani ngelawan mang…. Nyata tuh aman2 aja ampk pulang k rumah nya

  4.  

    Kok dibilang pelanggaran protokol NATO sih ?

    Rusia itu tidak masuk anggota NATO jadi kalo tidak ikuti protokol NATO ya sah-sah saja.

    TU22M3 RI saja bisa ke jalan2 ke situ kok sebab RI bukan anggota NATO.

    Emangnya apa RI punya TU22M3 ?

    Lho kok nanya gitu sih, komentar tadi khan hanya khayalan saya saja, jangan dianggap serius…

    Xixixixi

  5.  

    Kalo sampe gak kebeli ….

  6.  

    lagi ngetes kekuatan lawan

  7.  

    Kapan NKRi punya su 35..ko blm datang juga

  8.  

    Nah lohhh…

  9.  

    Lah…yang nyamper su35 (katanya) kok ga pake f22?ato f35?

  10.  

    Seru juga
    Kaya di film film

    Cuma kalau di film yg menang Amerika Serikat

  11.  

    wah ..su35 bergoyang d langit eropa….

  12.  

    tinggal tunggu kedatangan sukro telu limo aja,…gitu aja kok repot

  13.  

    BOROOONGG

  14.  

    Su 35 bisa keliling Eropa hanya ngisibsekali saja..kalo di NKRi bisa bulak balik Sabang smpe meroke berapa kali ya..

  15.  

    Sekedar Tes Flight 1 pesawat Doank Pesawat2 Tempur NATO pada Ronda malam

  16.  

    emg oke nie barang….

  17.  

    Sangarr..uji nyali dan melihat reaksi eropa ..cukup 1 bikin repot .kalau skali fligt ..butuh berapa pesawaat buat ngawall manuk sukro…heheheg

  18.  

    sasaran empuk f-18

  19.  

    Ini baru namanya uji terbang real..dari pesawat tempur…goodjob

  20.  

    Padahal peraturan penerbangan, kalo gk salah jika ada pesawat asing masuk ke wilayah udara negara maka oesawat asing itu wajib di cegat dan di paksa mendarat, jika tidak mengindahkan maka di tembak di tempat. Tp ini gk berlaku utk rusia mana berani erope..

    •  

      Satu Su35 Rusia berani terbang sendiri, gak ada force down atw tembak jatuh. Gimana gak takut, sekali nembak ntar seluruh eropa bisa dihujani rudal SARMAT abis rata tanah tuh eropa. 1 rudal aja bisa ngancurin seukuran Perancis, apalagi disalvo 100 rudal. Jadi laut ntar eropa.

      •  

        Sebenarnya walaupun su35 ditembak jatuh si rusia kagak bisa nembakin sarmat ke eropa, wong su35 uda masuk wilayah udara nato, wajar jika ditembak jatuh, karna dianggap sebagai ancaman, tapi ya mau gimana lagi wong nato gk punya nyali, padahal cuma modal beberapa SAM.

  21.  

    Meskipun negara2 NATO main keroyokan tetap saja terotorial nya dapat di acak2 hanya oleh satu SU-35 Rusia, siap2 sahaja SU-35 Indonesia nanti bakal obok2 langit malon, ………… he he he !!!

  22.  

    pembuktian untuk para calon pembeli,. tidak di jelaskan jg itu su 35 nya bawa rudal or bom pa kaga..? pilotnya jg bkn sembarang pilot tu, brani adu nyali.

  23.  

    .

  24.  

    Klo dri sisi lain.nampaknya rusia sedang melakukan tes ukur jarak terbang sukhoi sampai sejauh mana menjangkau eropa..biar bs di prediksi biaya bahan bakar dan waktu tempuh nya.lumayan buat jaga jaga klo perang. Knp ga di tembak jatuh.karena terbang sukhoi masih di jalur internasional.ga sampe memasuki wilayah. Karena zona udara eroopa tdk besar sehingga sekali flight langsung mepet batas batas negara.kaya singapura dan nkri.

  25.  

    lanjutkn

  26.  

    Wow amazing….test drive yg extreem..bravo..bravo..su.35. Selanjutnya su.35 RI Test drive ke tetangga songong nih..xixixi…

  27.  

    Tes

  28.  

    Tes reaksi yg memancing ketegangan

  29.  

    Oye

  30.  

    uji response kecepatan reaksi pesawat nato

  31.  

    Lagi manasin mesin itu bung

 Leave a Reply