Pilatus PC-7 Mk.II TUDM Mendarat Darurat di KTU Kedah

Pesawat latih Pilatus PC-7 Mk II Angkatan Udara Malaysia (TUDM) © Alert5 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sebuah pesawat pelatihan pilot Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) Pilatus PC-7 Mk.II terpaksa melakukan pendaratan darurat di landasan pacu yang terdapat di Universitas Angkatan Udara Alor Setar (KTU) di Kedah, seperti dilansir dari New Strait Times pada hari Sabtu, 12 Januari 2019.

TUDM melalui sebuah pernyataan mengatakan bahwa selama insiden tersebut, pesawat milik kampus Universitas Angkatan Udara Alor Setar dikemudikan oleh seorang trainee di Kampus Penerbangan 1 (INSPENSE 1) dalam penerbangan solo malam hari.

“Pesawat berangkat pada pukul 10.14 malam waktu setempat sebelum mengalami keadaan darurat ketika itu mencoba mendarat pada pukul 10.38 malam. Namun, pesawat mendarat dengan selamat dan pilot tidak mengalami cedera”, menurut pernyataan itu.

Setelah kejadian tersebut, TUDM membentuk tim investigasi untuk segera mengidentifikasi penyebab masalah ini.

Pesawat latih Pilatus PC-7 Mk II Angkatan Udara Malaysia (TUDM) mendarat darurat di Kedah © New Strait Times

Pilatus PC-7 Turbo Trainer adalah pesawat latih berkursi tandem dengan sayap rendah, yang diproduksi oleh Pilatus Aircraft of Switzerland, Swiss. Pesawat ini mampu melakukan semua fungsi pelatihan dasar termasuk aerobatik, instrumen, taktis dan terbang malam.

Pilatis PC-7 telah dipilih oleh lebih dari 20 angkatan udara sebagai pelatih ab initio – dasar – mereka. Sejak diperkenalkan pada tahun 1978, hampir 500 telah terjual, dengan mayoritas masih ada dalam pelayanan.

Tinggalkan komentar