May 152016
 

Program MRCu Malaysia berangsur menuju tahap akhir. Dan pesawat terpilih telah dipotong menjadi dua kandidat, yakni Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale.

Industri dan pelayanan pejabat Malaysia mengatakan Boeing dan Saab menyadari perkembangan terbaru, mereka masih berusaha, meski mengetahui sulit. Jika dananya jadi muncul, maka pesawat Typhoon atau Rafale yang akan dipilih.

Keputusan untuk MRCu akan dibuat segera, saya diberitahu meskipun dana tetap menjadi masalah terbesar. Namun, karena Inggris dan Perancis menawarkan opsi pendanaan berdasarkan kesepakatan pemerintah dengan pemerintah, maka masalah yang rumit bisa diselesaikan.

Jet Tempur Rafale Perancis (photo by Andrew Dro)

Jet Tempur Rafale Perancis (photo by Andrew Dro)

Jika kita mengikuti opsi pendanaan yang diusulkan, periode pembayaran untuk pesawat mungkin dalam rentang setidaknya 10 tahun berdasarkan laporan yang dibuat oleh Menteri Pertahanan di masa lalu. Saya bukan ahli keuangan tapi saya pikir itu bisa sampai 20 tahun. Yang juga berarti bahwa kita hanya akan mendapatkan 18 jet saja dan tidak lebih.

Kedua pesawat memiliki kelebihan sendiri sehingga pada akhirnya, pertimbangan politik akan menentukan.

Bagaimana dengan usulan tentang membeli pesawat Hornets dari Kuwait ? Itu hanya sebuah proposal yang dibuat di website, dan tidak pernah diutarakan oleh pemerintah.

Sumber : Malaysiandefence.com

  147 Responses to “Pilihan Malaysia Mengerucut : Pesawat Typhoon atau Rafale”

  1.  

    Malon is truly malingsia..negara bedebah…ahli caplok kebudayaan dan tapal batas

  2.  

    Yang ada di kuala lumpur itu sebAngsa amuba smuanya

  3.  

    Kajian TUDM tentang Rafale dan Typhoon;
    http://www.malaysiandefence.com/mrca-typhoon-and-rafale/

    Menggunakan Technology Readiness Level (TRL) concept.

  4.  

    Pada jadi gila semua gara2 Malaysia…
    Yg blm jd gila tolong menyingkir.. Hhe”

  5.  

    kesian nii orang. masuk rehabilitasi mental dulu sana. biar gak ngebul otak nya..

  6.  

    Melayang apanya?
    Project dr tahun 2010 ngak ada perkembangan sama sekali.
    Beli pesawat kok 6thn ngak jelas2 kabarnya.
    Mending berita Su35 indonesia. Hhe”

  7.  

    Apa sih, mengerucut tetapi ada 2 pilihan. Mengerucut ya satu titik ibarat ujung pensil.

    •  

      Betul om,kita hanya pilih su35 itu baru mengerucut,walau pun kita beli juga pesawat yg lain…
      Mungkin malaysia dillema,rafale bagus tapi mahal,rafale juga tawarkan TOT,tapi apa enginer malaysia sudah siap menerima TOT ?malaysia tak ada sejarahnya buat pesawat terbang..
      Pengen tolak typhon tapi apa daya merekka takut sama majikan XD

  8.  

    @cecenet kerol
    Lu gak tau ya kalo indonesia juga punya su27 n su30? Malaysia bosan cobra manuver?lol,su30 malaysia kebanyakan tidur di hanggar aja,buktinya airspace malaysia sering kali di langgar oleh pesawat asing bahkan sampe ribuan pertahun…
    Kenapa gak di kejar?takut yah?soal T50 itu adalah pesawat traning,varian yg guna radar yg lengkap adalah FA50,indonesia hanya membeli yg varian jet training aja…
    Indonesia juga gakan tiru malaysia yg hanya mampu beli saja,indonesia juga beli tehnologinya,TOT yg penting karena enginer2 indonesia mampu untuk menerapkan tehnologi itu,beda dengan malaysia,yg hanya banyak mimpi disiang bolong aja..

  9.  

    berarti IFV kita banyak ya bung …BMP 3f aja 54…BTR 80Anya 48….yang sering dipajang hanya yg dr Korea LVT…

  10.  

    kan udah dibeli
    tuh liat fotonya di warung sebelah
    aws hoex hoex y

  11.  

    malon hutang sampai 20 tahun dah keburu bangkrap duluan korang lon hehehehe

  12.  

    kasian juga ya malon..demi sebuah gengsi negara dalam keadan semrawutpun tetap mau eksis..hahaha…buka tidak ada wang kami beli 8 unit SU 35..dana kami besar ada dana budget dan non budget..anda tidak akan paham dana non budget kami..indonesia negara besar pertahanan malay dan singaporn bukan jadi tolak ukur kami..

  13.  

    enjiner malon jadi pelayan jual nasi ayam di restoran cina singaporn hehehehe

  14.  

    @cetceret lawan pejuang sulu jalan kaki pon korang kerahkan 8 jet pejuang , melontarkan 8 peluru berpandu leser , kerahkan tank segala bagai ?? dan apa hasilnya cuma kebun kelapa sawit yang terbakar hehehehe

    memangnya korang insecure sangat ke sampai kerahkan jet pejuang dengan peluru berpandu leser segala cuma lawan sulu yang jalan kaki sahaja ??

    mana mnlf malon sampai sekarang belum berhasil ditangkap ke ketuanya hehehehe

  15.  

    oh ya malon mending bebaskan dulu sandra abu sayyaf korang daripada tunjuk haibat disini

    nanti kena sembelih lagi macam tahun lepas hehehehehe

    tak de wang je berlagak jaguh

  16.  

    Kalo masalah pendanaan masih menjadi kendala buat malon, sewa sahaja lon, ……….. seperti ojek gitu lho, …………… kah kah kah !!!

  17.  

    Usir perkebunan sawit Malaysia dr tanah Indonesia yuk! Agar kredit 20 tahun pespur nya macet, akhirnya disita dealer D

  18.  

    Saya sangat yakin Malaysia tidak akan membeli krn satu saja sebabnya..mrk sudah tidak ada uang..Malaysia hari ini bkn spt Malaysia thn 90an..mrk skrg terlalu banyak hutang,ibarat negara kecil hutang besar…wacana membeli jet ni hanya cita2 bkn mau membeli betul..kementerian keuangan nya sudah bilang”Malaysia tidak akan ada membeli apa2 aset lebih dari 1 billion ringgit sehingga tahun 2020..

  19.  

    kan saya da berapa bilang, bukan hak kita memutuskan apa yang KEMENHAN ingin beli.
    kita cuma bisa support.
    dan untuk sepengetahuan anda, harga jas gripen hampir 2x harga Mig malaysia. jangan anggap enteng pesawat ini. buat anda mngkn ini pesawat ecek-ecek. tapi, buat pilot MIG atau F-16 sekalipun mereka bakal mikir untuk melakukan pertempuran jarak dekat. ini pesawat sayap delta. memiliki kemampuan super manuver. makanya di eropa semua pesawat delta adalah interceptor/buru sergap.
    Gripen bukan pesawat ecek-ecek. harganya hampir sama dengan SU-35. Buat RI SU-35 hanyalah pesawat pemberi efek detterant. cuma sementara. makanya gak ada niat beli banyak. saya gak heran sama hal itu. kenapa??? sekarang sudah doktrin superioritas udara sudah di ganti multi role dan Indonesia juga juga mengikuti dan menerapkan langkah yang sama untuk efisiensi,perawatan dan dana. sampai 2030 mungkin hanya berkutat di 2 squadron. selanjutnya hanya perawatan seperti yang sudah di lakukan pada F-35. fokus kita sebenarnya adalah IFX. itu tulang punggung udara kita kelak.

  20.  

    Min, tolong angkat tentang pesawat N-250 donk. Mana tahu ini bisa jd petisi kpd pemerintah utk menghidupkan lagi proyek membanggakan ini. Apalagi sekarang kita butuh banyak pesawat perintis antar pulau. N-250 paling tepat mengisinya. Mohon ya Min.
    Thanks

  21.  

    Terus anda merasa tahu banyak gitu.? Merasa jaguh.?
    Dengan membalas komen mereka saja sudah bisa diketahui kualitas IQ yg bagaimana yg anda punya.
    Seorang yg dikatakan cerdas tdk akan merendahkan dirinya utk terlibat dlm diskusi yg tdk mencerdaskannya.
    Saya pikir tadinya saya akan berdiskusi dng anda yg punya pola pikir lebih baik dari teman2 anda tentang artikel diatas, namun ternyata kualitas diskusi anda sama rendahnya dng kawan2 dari negara anda.
    Anda menyempatkan mampir di blog ini hanya utk ikut merendahkan diri anda rupanya.
    Salam

  22.  

    wau…… sudah lama gua x lawat blog nih…
    bukan main banyak erk komentar pasal malaysia nih..
    malas gua nak baca… apa pon thanks komen2 anda berkenaan malaysia..
    berita kat malaysia belum panas lagi pasal mrca….
    sini sudah panas yer menganalisis….
    ape pon good luck all
    🙂

  23.  

    Maling ya tetep maling tdk pny skil sukanya menghina nkri

  24.  

    Sudah sarapan.? Buruan sarapan sebelum kepala berasap.!

  25.  

    kamu ni warga indonesia….jangan nak menyamar jd warga malaysia disini.
    gaya bahasa dan penulisan pon dh tau la bro…

  26.  

    Udah jangan bising , pilot negara lain terbang dengan pesawat , ini pilot malon terbang dari pesawat ….wkwkwk……

  27.  

    Emang lu tahu cobra manuver…? , jangan – jangan terbang dengan kursi pelontar disebut cobra manuver….xixixixi….

  28.  

    Yg beli belakangan yg dapat tercanggih teknologinya…

  29.  

    @ SENGAL….kalo ada orang malaysia berbicara sopan dan positip thinking janganlah kau hina bro….kalo kau ada ilmu berdebatlah secara sopan

  30.  

    Semoga Allah memberi hidayah pada Malon agar sadar tidak lg menjadi negara pengekspor Narkoba ke negara tetangga ya pa Cik.
    Semoga Allah mengampuni dosa dan memberi hidayah pada malon agar sadar bahwa Judi itu dilarang agama apalagi menyediakan tempat perjudian ya pak Cik.
    Semoga Malon sadar kalo Ngirim teroris ke Negara tetangga itu dosa ya pak Cik.
    Semoga Malon sadar kalo Tanjung Datuk itu bukan wilayah malon ya pak Cik.
    Semoga Malon insyaf dan tidak buat rusuh lagi di Ambalat ya pak Cik.
    Aamin…

  31.  

    ahaha….. good luck all…

  32.  

    kalo dilihat sepertinya tyhoon lebih pilihan utama drpd rafale(mungkin aspek agak mahal)alternatif lainnya mungkin f18 superhonet(ini karena sudah ada tipe lama f18hornet)
    kalo jf17 china sepertinya sulit melihat geopolitik.

    salam damai selalu met siang:)

    •  

      bukek siansu@ benar bung,jika malaysia ambil rafale atau typhoon,budget mereka gak kuat,terpaksa ngutang puluhan tahun…kalo mau beli JF17 yg murah meriah,cina tak izinkan malaysia beli,ini terkait konflik LCS

  33.  

    Malon kepala udang,,,

  34.  

    Salim ente lulusan playgroup

  35.  

    salim @ apa saya ada komen designer,di baca dulu bagus2 tong…dalam industry yg menggambar dan mendesign suatu rancanagan project di sebut drafter,kalo di dunia fashion yg mendesign suatu fashion di sebut designer…baca dulu tong jangan seperti katak di bawah tempurung sahaja awak tuh

  36.  

    @tanpanama
    tak payah layan sangat forumer indonesia ni. tengok cara mereka komen pun, kita dah tahu tahap pemikiran mereka macam mana… jangan sampai kita jadi seperti mereka. kita ada adab sopan kita terutama kalau bertandang kerumah orang. tunjukkan sikap yang baik dan saling hormat menghormati. sikap nasionalis mereka melebihi sempadan bangsa dan agama. kita berbeza dengan mereka. keutamaan kita agama, bangsa dan barulah negara. sebab tu kita tak kisah kalau kalau TKI masuk ke negara kita walau pun kita tahu mereka illegal asalkan muslim. begitu juga bangladesh, pakistan, pattani, sulu… selagi mereka tahu menghormati budaya dan agama kita…

 Leave a Reply