May 152016
 

Program MRCu Malaysia berangsur menuju tahap akhir. Dan pesawat terpilih telah dipotong menjadi dua kandidat, yakni Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale.

Industri dan pelayanan pejabat Malaysia mengatakan Boeing dan Saab menyadari perkembangan terbaru, mereka masih berusaha, meski mengetahui sulit. Jika dananya jadi muncul, maka pesawat Typhoon atau Rafale yang akan dipilih.

Keputusan untuk MRCu akan dibuat segera, saya diberitahu meskipun dana tetap menjadi masalah terbesar. Namun, karena Inggris dan Perancis menawarkan opsi pendanaan berdasarkan kesepakatan pemerintah dengan pemerintah, maka masalah yang rumit bisa diselesaikan.

Jet Tempur Rafale Perancis (photo by Andrew Dro)

Jet Tempur Rafale Perancis (photo by Andrew Dro)

Jika kita mengikuti opsi pendanaan yang diusulkan, periode pembayaran untuk pesawat mungkin dalam rentang setidaknya 10 tahun berdasarkan laporan yang dibuat oleh Menteri Pertahanan di masa lalu. Saya bukan ahli keuangan tapi saya pikir itu bisa sampai 20 tahun. Yang juga berarti bahwa kita hanya akan mendapatkan 18 jet saja dan tidak lebih.

Kedua pesawat memiliki kelebihan sendiri sehingga pada akhirnya, pertimbangan politik akan menentukan.

Bagaimana dengan usulan tentang membeli pesawat Hornets dari Kuwait ? Itu hanya sebuah proposal yang dibuat di website, dan tidak pernah diutarakan oleh pemerintah.

Sumber : Malaysiandefence.com

  148 Responses to “Pilihan Malaysia Mengerucut : Pesawat Typhoon atau Rafale”

  1. Makanan empuk

  2. Semoga bs d beli

  3. Ohhhhhhhhhhhhh

  4. Punya duitnya ngga ??? Masa nanti sewa…… wkwkwkwk

  5. Palingan nanti melon beli Rafale..

  6. Kemungkinan yg berpeluang besar adalah Typhoon. Pembelian melalui kredit ekspor jg sama dng yg dilakukan pemerintah Indonesia. Sisanya melalui imbal beli dagang karena kesepakatannya G to G. Mungkin akan ditukar produk minyak sawit dari Malaysia.

  7. …dengan catatan smua tergantung keputusan “POLITIK”..kalau melihat kedekatan Malon dengan British sebagai bagian dari negara Commentwelt..sepertinya pilihan jatuh pada Typhoon..dengan catatan..Malon da uwang..

  8. wahh..di bantu britis…nyicil..sampai 20tahun…mau bengkrat kah….kasian….3x…ekonomi melambat.apalagi kalau..TKI pd pulang semua mau jadi apa nih..negara…ga ada yg kerja..ancur..2x…makanya jgn songonggg….

  9. Ngutang. Nyicil 10-20 tahun untuk 1 skuadron.

  10. kasian amat nyicil smpe 20thn ini si malon mau dpt jet pejuang haha

  11. Repot juga sih kalo takde wank..

  12. ambil aja yg di tawarin Kuwait…jangan malu2….?

  13. malaysia lebih cepat dalam mengambil keputusan soal pembelian pesawat tempur daripada Indonesia yang selalu akan dan masih rencana….. ujung2nya masih dilakukan tawar menawar kpn kebeli… hadeuuh….

  14. Biar saya luruskan, Tidak ada itu 20 tahun, 20 tahun itu cuma andaian dan pendapat peribadi ADMIN malaysian defense sendiri saja. Yg ada itu 10 tahun offer perancis. dari british tidak tahu.

    • Kredit ma utang pd prinsipnya sama….nganjukkkkkk….wkwk

    • Tipikal warga negara malaysia.
      “100% berdasarkan media atau statement pemerintah”

      Gunakan logika dagang sajalah..
      Perancis offer 10 thn, ntar ditawar lagi sama pemerintah malaysia 20thn. Ujung2nya sepakat 15 tahun.

      Dan, Kredit itu yaa HUTANG namanya. Anda punya kartu kredit toh, yaa itu KARTU HUTANG namanya.

  15. Ya jelaslah malon pilih eurofighter typhoon, krn malaysia negara dominion alias anaknya british alias england alias uk. Bnyk amat yak namanya…hehe

    • Ya benar bung. Indonesial juga beli sigma dari belanda makanya anak belanda. Indonesial juga beli rudal starstreak ama mama eli makanya Indonesial itu antek inggeris

      • Ntar kalo beli alutsista dari Russia, dibilang antek Russia… ntar kalo beli alutsista dari Amrik, dibilang antek Amrik… ntar kalo beli alutsista dari Ostrali, dibilang antek Ostralia…. ntar kalo beli alutsista dari kutub, dibilang antek kutub….. logika sampean ko aneh !!…. kwaaakk…kwaaakk…kwaaakk….

  16. mungkin ..RI..banyak yg rahasia.y..jadi ngejlimet..he..he…takut kawasan membara…..sehingga agen mata2 berseliweran..

  17. Nah kalo pak RR mau bungkus gripen, lumayan nih ada sparring dari malaysia, canard vs canard

  18. kita sdh siap makan tidak makan. makan sehari walau dengan Jagung tak apa. kita juga diajarkan tk hidup sederhana oleh pendiri bangsa. asalkan kita tetap dlm kebersamaan nkri. kalau negara tetangga sebelah barat selatan coba coba misahin nkri kt perang aja.

  19. @gegelSama, BEDANYA Indonesia menang BANYAK

    Pengadaan 2014-2019

    Untuk arsenal udara terbaru Indonesia

    -1 squadron rafale
    -1 squadron SU-35
    -1 squadron Saab Jas Gripen (BS)
    -7 unit F-16 V
    -3 unit saab AWACS
    -68 unit KFX ( 5 gen multirole aircraft)
    – 2 squadron pesawat latih
    – ? batrai rudal pertahanan udara jarak menengah
    -?RBS-70 NG
    -? UAV LSU male
    -?Drone Lapan and china cooperation

    Untuk arsenal Laut Indonesia

    -4 unit Amur
    -3 unit U-209/1400 (2 unit menggunakan AIP)
    -10 Unit light frigate (1 sudah jadi, 1 lagi menyusul launching bulan 1. tiap 1,5 tahun pengadaan berlanjut menggantikan fatahillah class)
    -8 unit OPV damen/PT. PAL
    -1 unit scorphane 1000 (project percontohan)
    -3 unit heavy frigate ( dari pengembangan sebelumnya)
    -12 unit heli AKS panther
    -4 unit penambahan CN-MPA
    – ? klewang class( masih di grounded sampai melihat sejauh mana kemampuan klewang 2 pengganti klewang yang pertama.
    -Tank boat
    -pengembangan Torpedo wire guinded system
    – 2 squadron pesawat latih AL
    – UAV LSU

    Angkatan Darat

    – kedatangan sisa MBT revolution
    – medium tank
    -apache 12 unit
    -1000 unit Anoa
    -20.000 pucuk SS3/ssx battle rifle and short barrel
    -? killer drone for SOF
    -BMS
    -? Garda special recoon
    -? mobile artilery rocket join development China

    Space program
    – beberapa hari lagi BriSat meluncur
    -menyusul kemudian 6 satelit sampai 2025
    -roket orbital

    Dan banyak lagi saya sampai lupa. karena saya tidak mungkin mengingat semuanya hanya dengan sekali lihat.

    kalau mau menyombongkan diri, tentu apa yang saya tulis itu masih kalah hebat dari apa yang malaysia miliki. malaysia kaya, malaysia negara terdepan. tentu saja mampu membeli persenjataan apappun yang malaysia mampu.
    Jelas Indonesia kalah dari malaysia.
    ya, jelas Indonesia kalah dari malaysia Dalam segala Hal. termasuk sistem demokrasi, malaysia negara paling demokratif nomor 2 di dunia. nomor 1 di asean. negara paling maju no. 2 di dunia dan nomor 1 di asean. selamat malaysia. malaysia memang berjaya.

    • Data pean ada yg bnar byk yg ngawur juga

      • @wilki leaks KW 6..

        ngawur??
        otak & intelektualitas anda yg NGAWUr..
        ciri anakan alay, otak dikit, banyak ngomong, jago ngebully n ngetroll, sekolah banyak bolos, cari perhatian dgn tingkah norak bin kampungan, kali berpikir kembali kezaman batu alias terbelakang…

        wkwkwkwkekekekeke…

    • 100% minimum semakin terlihat….aje Gileeee….mari kita kawal MEF kawan2…semangat Indonesia Ku…semoga kita semua aman sejahtera sentosa dibawah lindungan Tuhan Yang Mana Esa…aamiin

    • Waduch ngamuk ya bung hehe tp memang moncer data”nya….

    • wuuiiiiihhh, mantap kali bocorannya bang step..

    • Hahahaha…
      Kali ini saya setuju 1000% dengan pemikiran B.Stephanus

      Sebagus apapun Indonesia, pasti mereka (Malaysia) gak akan pernah mau mengakui. Karena udah mindset nya mereka SELALU merasa lebih ungul dari Indonesia.

      Jadi, biarkan aja mereka seperti adanya pikiran mereka.
      Indonesia jangan terpancing “show off”.. Tetap “be humble”..

      Istilahnya: “Diam diam mematikan” seperti kata Panglima saat HUT TNI kemarin..

      NKRI harga mati

    • Betul, pengen dengar sesekali sekelas menteri di Malaysia di tangkap atau diadili krn korupsi, mampukah?
      Di Indonesia kita ini, Raja pun bersalah harus dihukum..

    • Trima kasih B.Stepanus, datanya bkin mrinding. Hee…. Hee…
      Smoga smua trlaksana spenuhnya, Aamiin.
      Kita rakyat biasa cma bisa Brharap dan bedoa smbil mngawasi…
      JAYA SELALU NKRI…. SALAM PERSATUAN!!

    • Itu baru pengadaan 2014-2019, datangnya mungkin baru tahun 2020-2024.

    • Thypoonnya mana bang ..? , katanya EJ 200 mau di cangkokkan di IFX ?…xixixixi….

  20. bcatat !! kalau perlu di stabilo
    Jika dananya jadi muncul, maka pesawat Typhoon atau Rafale yang akan dipilih.
    Keputusan untuk MRCu akan dibuat segera, saya diberitahu meskipun dana tetap menjadi masalah terbesar

    KALAU ADA UANG !!! KALAU GAK ADA ???

    • Ya cukup ngiler saja !!…….. kwaaakk…kwaaakk…kwaaakkk..

    • Kau kira ngak punya wang malaysia sama istilahnya dgn ngak punya wang di indonesia?? Tiap2 tahun malaysia berbelanja berbilion ringgit cash utk mengurangi bebanan hidup warga..andai saja bantuan itu dihentikan..warga malaysia juga masih tetap aman2 saja…dan silakan anda kira berapa pesawat tempur yg malaysia bisa beli cash dgn wang itu tiap2 tahun indoners???

  21. oh iya.. saya juga mau bilang. saya lupa.. ternyata Indonesia juga beli Typoon. maaf, kalau Indonesia meniru banyak sekali arsenal mikiter malaysia. MUNGKIN UNTUK MENYEIMBANGKAN KEKEUATAN. maklumlah.. negara kami lemah. pejabat militer kami juga tidak ounya clue untuk memutuskan apa yang perlu di beli. jadi mungkin lebih bijak meniru malaysia yang lebih berpengalaman.

    bila ada salah kata mohon di maafkan.

    • hahhahahahahah…..kayak dilapangan badminton…smeessh!!!!..

    • @ Bung B. Stepanus: benar Bung, Kalo Kemhan akan akuisisi Typhoon untuk Kohanudnas (Mabes TNI) pisah dari TNI AU, kemungkinan 2 Skuadron, isunya seperti itu di Mabes tp saya kurang paham masalah kedatangannya, fungsinya untuk BS.. Salam Kenal Bung.. Hidup NKRI..!!

    • Komennya nonjok ulu hati tetangga…
      Gkgkgkgkgkgk………. (Smbil mgang perut)

    • saya tau mksud bpak,pasti kebalikanya ya bpak stefanus,,,,malaysia yg meniru kita? karna mereka iri jelas dngn pergerakan tentang militer dan alutsista kita yg buat mereka kalang kabut…mngkin dulu kita kalah tpi diam2 perlahan kita dah jauh mninggalkan negara dikawasan…yg saya tau itu?

  22. dana TUDM utk MRCA dialihkan utk upgrade MIG 29 SMT maka upgrade mig 20 smt menbolehkan mig 29 TUDM melakukan serangan darat & radar lebih canggih serta rudal mkm mampu dikongsi bersama.credit France 10 tahun untuk Rafale maka budget TUDM waktu terdekat tidak terganggu..Rafale diganding dgn drone Neuron didekad akan datang maka ada tujuan upgrade komunikasi satelit ATM

  23. haha nyindir alus malon bung stepanus, kata2nya kbalikan nya

  24. @wikileaks_ kalau begitu tolong mas kasih tahu, yang mana yang benar yang mana yang ngawur.
    saya newbie soal militer. cuma dapat hasil searching di google 🙂

    • Ojo galak2 mas….

      Hahahaha….

    • ha ha ha….bung stepanus bisa jg kocak rupanya. Ya dimaklumi aja lah bung, kalo baca mentah2 dr media ya begitu jd nya. Tp sebenarnya kalo dirangkai antara berita yg satu ke yg lain lalu dianalisa pasti dpt maksud yg tersirat. Hanya saja ada 2 kubu yg saling serang. Ghoibiyah vs Resmiyah. Wong namanya rahasia negara kok minta dilihatkan kontraknya sama foto serah terima barang. Emangnya menang undian berhadiah pake di foto serah terima kunci segala. Tapi ya sudahlah ditunggu sampe berakhirnya MEF 2 aja sambil ngelus dada….sabar….sabar…xixixi

  25. Mending Hornet ex Kuwait aja lon, second tapi siap pake, tapi ya harus pake duit…… kalo ga ada duit minta aja noh sama arab !!… kwaaakk…kwaaakk…kwaaakk….

  26. WoW!!!
    Bung stev…jangan kepancing kesabaran ma mereka mereka yg suka merasa “HEIBATT”… Waduuuuuh… Satu satu ja bung stev njelasinnya… yg sdh ON THE WAY dan DELIVER jangan di ungkap bung stev…BAHAYA!!!
    ntar di tanyain mana web nya … duite sopo… Koq gak di beritain tv oner ma metro mini ato jeng jane’s ???
    Pelan pelan ja bung stev…
    Sepertinya si @wiki leaks bakal jd admin baru JKGR ni… Show up U’r knowledge… if you dare!!!

  27. nonjoknya jgn keras” bung…
    atit bingit …

  28. @alfaiz_ saya tidak akan memandang remeh bung Wikileas. saya tahu dia mengerti banyak. makanya enak rasanya kalau dia mau bergabung. sumber juga bukan dari 1 orang saja. jadi bila ada perbedaan pendapat itu sebenarnya sangat wajar. saya berharap bung wikipedia mau berbagai informasi yang dia tahu.
    tolong jangan pelit berbagi. toh kita sama-sama mendukung dengan aspirasi pengutan militer kita.
    @bung wikileas.. di sini saya bukan siapa-siapa. jadi saya pun tak berhak mengatakan hanya saya yang benar dan orang lain salah. mungkin saja bung wikileaks adalah seorang sangat dekat dengan beberapa petinggi. mungkin saja bung wikileaks adalah wartawan angkasa atau dari dinas penerangan kemenhan yang kebetulan sedang bersantai dengan obrolan-obrolan di sini. bukan begitu bung @wikileaks

  29. sudah dipastikan malaysia membeli kedua jenis pesawat tersebut dengan jumlah yang banyak tanpa hutang dan tanpa pikir panjang.hari ini baru rencana besok akan datang barangnya.engak pake lama kaya tetangga.jadi siapa yang mau cepat lihat pesawat baru disarankan ganti ktp dengan pasport malaysia.mumpung malaysia lagi jaya beras kerajaan numpuk digudang untuk dibagikan.entak kalou besok????.
    baik buruknya indonesia ini tanah air beta .maju mundurnya indonesia jadi tanggungan bersama.bila ada yang baik kita sukuri,bila ada yang salah kita kita perbaiki bersama.

  30. Baru ngirim artikel satelit ma bang diego.. satelit militer belom ada.
    tapi, kalau mau gampang,.. buat aja petisi di change. org minta di buatin satelit militer SECEPATNYA. 🙂

  31. apapun itu, dari mana duitnya, pesawat jenis apa yang diambil, kalaumalaysia lebih dahulu tanda tangan kontrak, berarti pemimpin mereka lebih berani ambil keputusan dari petinggi kita, untuk yang satu ini ane salut sama Malaysia. ini fakta yang tidak bisa dibantah bung semua

  32. Kalau tetangga ga ada wang sini main2 ke indo disini banyak perusahaan leasing bisa diajak kerjasama untuk pendanaan tp paling lama ngereditnya 5 taun bisa all risk bisa TLO takut nya ilang…eheheehe

  33. @DCNS_ Gile punya kerja. kenapa tak ganti saja Mig awak. kan da tua. tapi, ya pulak ya.. tu semua pasal budget. mang negara engkau ada rencanakan budget berapa million untuk angkatan tentra udara?

    makin banyak forumer luar beborak kat sini..
    itu hari ada @TMB kita orang punya bro dari trengganu. sopan punya orang. berbeza dari rakyat malaysia lain(saya lama di johor baru. jadi saya faham), ini lagi ada @salim Admin Malaysian defence (agaknya awak dah lama ya salim tinggal kat indo, awakpun best punya orang) ini pulak awak @DCNS. apa hal.. macam tak biasa je?
    tapi, macam ni bro.. bila ada kawan-kawan awak datang kat blog ni.. tolonglah fahamkan sebut indonesia dengan betul. kita tak nak mula kan pertengkaran. oklah bro setakat tu je saya boleh sampaikan. have a nice day

    • panglima TUDM sendiri menberi penyataan MIG 29 akan diupgrade setaraf negera lain@india..pasal sikap forumer malaysia yang lain saya no komen kerana itu hak mereka.saya tetap menghormati indonesia sebagai bangsa besar.

  34. Program MRCA sudah ada hampir 10 tahun, waktu SBY beli 6 su-30 kita, dari mana cepatnya?

  35. jadi nyambung kenapa pak RR terkesan plin-plan dalam memilih pesawat..soalnya tau dikuntit sama negara tetangga!!!!(untuk cari imbangannya,coba dilihat kebelakang,pembelian alutsistanya hampir sama dengan kita,dia disuruh menguntit soalnya dia negara persemakmuran,mungkin pesenan negara yg laennya)Biar jadi bingung dia memilih pespur…saya yakin ini disengaja!!…Dan kita tahu jika memilih pespur dr produsen tertentu akan didowngreat dibawah ke 3 negara tersebut dengan alasan bukan sekutunya..Dan melindungi sekutunya…mengapa Kog dipilih negara tersebut jadi penguntit..karena kalau yg 2 laennya jelas tidak mungkin…hehheh,coba lihat lagi si apa tetangga yg sering usil…ya itu lagi…(maklum suruhan)…coba kalo tidak ada backing 2 negara tersebut..apa berani???…jelas tidak berani!!!…lihat tahun pertama kita punya F16(A/B)… mereka baru punya apa???…setelah beberapa tahun langsung kita kena embargo..kitapun beralih ke sukhoi..apa gampang proses pengadaannya….ndaak..ini sekedar pendapat ane…

  36. @bung stephanus, masih pagi udah mabok..tak biasanya hehe..

  37. beli yg banyak pak cik biar bs main uber”an nanti….

  38. semakin cerdas komen2 jkgr skrang,,,
    mari kita sejenak lupakan masalah SU-35,,, dan alihkan pemikiran anda2 tentang simbol PALU ARIT yg sekarang semakin semarak,,,, ada apa? dan kenapa?

  39. gue ga setuju kalo beli Grippen bung.
    too much the type of the aircraft.
    Grippen malah kalah tangguh dari MiG.

  40. Malon mau beli typhoon tp mereka jual seluruh semenanjung ke british…malon ora nduwe duwit,,,,

  41. Malon is truly malingsia..negara bedebah…ahli caplok kebudayaan dan tapal batas

  42. Yang ada di kuala lumpur itu sebAngsa amuba smuanya

  43. Kajian TUDM tentang Rafale dan Typhoon;
    http://www.malaysiandefence.com/mrca-typhoon-and-rafale/

    Menggunakan Technology Readiness Level (TRL) concept.

  44. Pada jadi gila semua gara2 Malaysia…
    Yg blm jd gila tolong menyingkir.. Hhe”

  45. kesian nii orang. masuk rehabilitasi mental dulu sana. biar gak ngebul otak nya..

  46. Melayang apanya?
    Project dr tahun 2010 ngak ada perkembangan sama sekali.
    Beli pesawat kok 6thn ngak jelas2 kabarnya.
    Mending berita Su35 indonesia. Hhe”

  47. Apa sih, mengerucut tetapi ada 2 pilihan. Mengerucut ya satu titik ibarat ujung pensil.

    • Betul om,kita hanya pilih su35 itu baru mengerucut,walau pun kita beli juga pesawat yg lain…
      Mungkin malaysia dillema,rafale bagus tapi mahal,rafale juga tawarkan TOT,tapi apa enginer malaysia sudah siap menerima TOT ?malaysia tak ada sejarahnya buat pesawat terbang..
      Pengen tolak typhon tapi apa daya merekka takut sama majikan XD

  48. @cecenet kerol
    Lu gak tau ya kalo indonesia juga punya su27 n su30? Malaysia bosan cobra manuver?lol,su30 malaysia kebanyakan tidur di hanggar aja,buktinya airspace malaysia sering kali di langgar oleh pesawat asing bahkan sampe ribuan pertahun…
    Kenapa gak di kejar?takut yah?soal T50 itu adalah pesawat traning,varian yg guna radar yg lengkap adalah FA50,indonesia hanya membeli yg varian jet training aja…
    Indonesia juga gakan tiru malaysia yg hanya mampu beli saja,indonesia juga beli tehnologinya,TOT yg penting karena enginer2 indonesia mampu untuk menerapkan tehnologi itu,beda dengan malaysia,yg hanya banyak mimpi disiang bolong aja..

  49. berarti IFV kita banyak ya bung …BMP 3f aja 54…BTR 80Anya 48….yang sering dipajang hanya yg dr Korea LVT…

  50. kan udah dibeli
    tuh liat fotonya di warung sebelah
    aws hoex hoex y

  51. malon hutang sampai 20 tahun dah keburu bangkrap duluan korang lon hehehehe

  52. kasian juga ya malon..demi sebuah gengsi negara dalam keadan semrawutpun tetap mau eksis..hahaha…buka tidak ada wang kami beli 8 unit SU 35..dana kami besar ada dana budget dan non budget..anda tidak akan paham dana non budget kami..indonesia negara besar pertahanan malay dan singaporn bukan jadi tolak ukur kami..

  53. enjiner malon jadi pelayan jual nasi ayam di restoran cina singaporn hehehehe

  54. @cetceret lawan pejuang sulu jalan kaki pon korang kerahkan 8 jet pejuang , melontarkan 8 peluru berpandu leser , kerahkan tank segala bagai ?? dan apa hasilnya cuma kebun kelapa sawit yang terbakar hehehehe

    memangnya korang insecure sangat ke sampai kerahkan jet pejuang dengan peluru berpandu leser segala cuma lawan sulu yang jalan kaki sahaja ??

    mana mnlf malon sampai sekarang belum berhasil ditangkap ke ketuanya hehehehe

  55. oh ya malon mending bebaskan dulu sandra abu sayyaf korang daripada tunjuk haibat disini

    nanti kena sembelih lagi macam tahun lepas hehehehehe

    tak de wang je berlagak jaguh

  56. Kalo masalah pendanaan masih menjadi kendala buat malon, sewa sahaja lon, ……….. seperti ojek gitu lho, …………… kah kah kah !!!

  57. Usir perkebunan sawit Malaysia dr tanah Indonesia yuk! Agar kredit 20 tahun pespur nya macet, akhirnya disita dealer D

  58. Saya sangat yakin Malaysia tidak akan membeli krn satu saja sebabnya..mrk sudah tidak ada uang..Malaysia hari ini bkn spt Malaysia thn 90an..mrk skrg terlalu banyak hutang,ibarat negara kecil hutang besar…wacana membeli jet ni hanya cita2 bkn mau membeli betul..kementerian keuangan nya sudah bilang”Malaysia tidak akan ada membeli apa2 aset lebih dari 1 billion ringgit sehingga tahun 2020..

  59. kan saya da berapa bilang, bukan hak kita memutuskan apa yang KEMENHAN ingin beli.
    kita cuma bisa support.
    dan untuk sepengetahuan anda, harga jas gripen hampir 2x harga Mig malaysia. jangan anggap enteng pesawat ini. buat anda mngkn ini pesawat ecek-ecek. tapi, buat pilot MIG atau F-16 sekalipun mereka bakal mikir untuk melakukan pertempuran jarak dekat. ini pesawat sayap delta. memiliki kemampuan super manuver. makanya di eropa semua pesawat delta adalah interceptor/buru sergap.
    Gripen bukan pesawat ecek-ecek. harganya hampir sama dengan SU-35. Buat RI SU-35 hanyalah pesawat pemberi efek detterant. cuma sementara. makanya gak ada niat beli banyak. saya gak heran sama hal itu. kenapa??? sekarang sudah doktrin superioritas udara sudah di ganti multi role dan Indonesia juga juga mengikuti dan menerapkan langkah yang sama untuk efisiensi,perawatan dan dana. sampai 2030 mungkin hanya berkutat di 2 squadron. selanjutnya hanya perawatan seperti yang sudah di lakukan pada F-35. fokus kita sebenarnya adalah IFX. itu tulang punggung udara kita kelak.

  60. Min, tolong angkat tentang pesawat N-250 donk. Mana tahu ini bisa jd petisi kpd pemerintah utk menghidupkan lagi proyek membanggakan ini. Apalagi sekarang kita butuh banyak pesawat perintis antar pulau. N-250 paling tepat mengisinya. Mohon ya Min.
    Thanks

  61. Terus anda merasa tahu banyak gitu.? Merasa jaguh.?
    Dengan membalas komen mereka saja sudah bisa diketahui kualitas IQ yg bagaimana yg anda punya.
    Seorang yg dikatakan cerdas tdk akan merendahkan dirinya utk terlibat dlm diskusi yg tdk mencerdaskannya.
    Saya pikir tadinya saya akan berdiskusi dng anda yg punya pola pikir lebih baik dari teman2 anda tentang artikel diatas, namun ternyata kualitas diskusi anda sama rendahnya dng kawan2 dari negara anda.
    Anda menyempatkan mampir di blog ini hanya utk ikut merendahkan diri anda rupanya.
    Salam

  62. wau…… sudah lama gua x lawat blog nih…
    bukan main banyak erk komentar pasal malaysia nih..
    malas gua nak baca… apa pon thanks komen2 anda berkenaan malaysia..
    berita kat malaysia belum panas lagi pasal mrca….
    sini sudah panas yer menganalisis….
    ape pon good luck all
    🙂

  63. Maling ya tetep maling tdk pny skil sukanya menghina nkri

  64. Sudah sarapan.? Buruan sarapan sebelum kepala berasap.!

  65. kamu ni warga indonesia….jangan nak menyamar jd warga malaysia disini.
    gaya bahasa dan penulisan pon dh tau la bro…

  66. Udah jangan bising , pilot negara lain terbang dengan pesawat , ini pilot malon terbang dari pesawat ….wkwkwk……

  67. Emang lu tahu cobra manuver…? , jangan – jangan terbang dengan kursi pelontar disebut cobra manuver….xixixixi….

  68. Yg beli belakangan yg dapat tercanggih teknologinya…

  69. @ SENGAL….kalo ada orang malaysia berbicara sopan dan positip thinking janganlah kau hina bro….kalo kau ada ilmu berdebatlah secara sopan

  70. Semoga Allah memberi hidayah pada Malon agar sadar tidak lg menjadi negara pengekspor Narkoba ke negara tetangga ya pa Cik.
    Semoga Allah mengampuni dosa dan memberi hidayah pada malon agar sadar bahwa Judi itu dilarang agama apalagi menyediakan tempat perjudian ya pak Cik.
    Semoga Malon sadar kalo Ngirim teroris ke Negara tetangga itu dosa ya pak Cik.
    Semoga Malon sadar kalo Tanjung Datuk itu bukan wilayah malon ya pak Cik.
    Semoga Malon insyaf dan tidak buat rusuh lagi di Ambalat ya pak Cik.
    Aamin…

  71. ahaha….. good luck all…

  72. kalo dilihat sepertinya tyhoon lebih pilihan utama drpd rafale(mungkin aspek agak mahal)alternatif lainnya mungkin f18 superhonet(ini karena sudah ada tipe lama f18hornet)
    kalo jf17 china sepertinya sulit melihat geopolitik.

    salam damai selalu met siang:)

    • bukek siansu@ benar bung,jika malaysia ambil rafale atau typhoon,budget mereka gak kuat,terpaksa ngutang puluhan tahun…kalo mau beli JF17 yg murah meriah,cina tak izinkan malaysia beli,ini terkait konflik LCS

  73. Malon kepala udang,,,

  74. Salim ente lulusan playgroup

  75. salim @ apa saya ada komen designer,di baca dulu bagus2 tong…dalam industry yg menggambar dan mendesign suatu rancanagan project di sebut drafter,kalo di dunia fashion yg mendesign suatu fashion di sebut designer…baca dulu tong jangan seperti katak di bawah tempurung sahaja awak tuh

  76. @tanpanama
    tak payah layan sangat forumer indonesia ni. tengok cara mereka komen pun, kita dah tahu tahap pemikiran mereka macam mana… jangan sampai kita jadi seperti mereka. kita ada adab sopan kita terutama kalau bertandang kerumah orang. tunjukkan sikap yang baik dan saling hormat menghormati. sikap nasionalis mereka melebihi sempadan bangsa dan agama. kita berbeza dengan mereka. keutamaan kita agama, bangsa dan barulah negara. sebab tu kita tak kisah kalau kalau TKI masuk ke negara kita walau pun kita tahu mereka illegal asalkan muslim. begitu juga bangladesh, pakistan, pattani, sulu… selagi mereka tahu menghormati budaya dan agama kita…

 Leave a Reply