Pilot Brasil Pertama Kali Terbangkan Jet Tempur Gripen E/F

Jakartagreater.com – Pilot Brazilian Air Force (FAB), Mayor Aviator Cristiano de Oliveira Peres melakukan penerbangan pertamanya dengan jet tempur F-39 Gripen E buatan Brasil di Linkoping, Swedia, lansir Defenseworld.

Pilot menerbangkan jet di atas Laut Baltik selama kurang lebih 50 menit. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari verifikasi kualitas penerbangan dan uji coba pesawat, rilis pengumuman FAB.

Menurut FAB, persiapan penerbangan telah dilakukan sejak bulan Januari dengan menjalani serangkaian sesi pelatihan untuk memenuhi persyaratan menjadi pilot tempur Gripen. Diantara pelatihan adalah studi tentang pengetahuan teknis F-39 Gripen dan banyak melakukan pelatihan dengan simulator.

Mayor Cristiano berkata, “Gripen E FAB 4100 masih berupa prototipe dan membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan penerbangan itu.”

Kerjasama antara Brasil dan pabrikan Gripen dimulai pada tahun 2014 dengan penandatanganan kontrak untuk pengembangan dan produksi 36 pesawat tempur Gripen E / F untuk Angkatan Udara Brasil, termasuk embedded systems, dukungan teknis dan peralatan.

Platform Gripen E/F dikembangkan dan diproduksi dengan partisipasi teknisi dan insinyur Brasil. Integrasi ini merupakan bagian dari transfer teknologi untuk memberikan pengetahuan teknologi perakitan pesawat tempur Gripen kepada Brazil.

Tinggalkan komentar