Sep 102018
 

Ilustrasi: Pilot jet tempur F-2A Jepang bersiap lepas landas. © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Berdasarkan penyelidikan internal militer Spanyol, menyimpulkan bahwa penembakan rudal udara-ke-udara secara tidak sengaja di wilayah udara Estonia oleh pesawat NATO pada tanggal 7 Agustus adalah disebabkan kesalahan pilot atau “Pilot Error”, seperti dikutip dari harian Postimees, Estonia.

Sementara penyelidikan menyeluruh atas insiden itu masih berlanjut, menurut sumber militer anonim mengklaim bahwa kesalahan terletak pada pilot jet tempur Eurofighter 2000 atau EF-2000 Angkatan Udara Spanyol.

Artiket tersebut menyebut, berdasarkan hasil uji investigasi menunjukkan bahwa pilot EF-2000 memulai urutan peluncuran rudal selama pelatihan. Dan mestinya mekanisme “safety” harus bisa menghentikan peluncuran yang sebenarnya dalam hal-hal seperti itu, sehingga insiden tersebut dilaporkan jarang terjadi.

Namun, disebutkan pula bahwa sistem persenjataan di jet tempur multiperan Typhoon sangat kompleks dan beragam.

Rudal udara-ke-udara jarak jauh AIM-120 AMRAAM itu ditembakkan ke desa Pangodi, dekat Tartu, dan diduga telah jatuh di dekat rawa Endla, sekitar 100 km utara. Perbatasan Estonia-Rusia terletak sekitar 60 km sebelah timur desa Pangodi. Pesawat itu terbang di ketinggian 6.000 meter pada saat kejadian.

Rawa Endla seluas 600 hektar digeledah pada hari berikutnya menggunakan peralatan, dimana seluas 200 hektar lebih diperiksa secara visual, tidak menghasilkan jejak rudal atau puing-puingnya.

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan material yang dilaporkan sebagai akibat insiden tersebut, meskipun tampak ada kebakaran kecil setelah benturan. Investigasi lainnya terkait rudal nyasar ini masih berlangsung.

Bagikan:

  4 Responses to ““Pilot Error”, Penyebab Rudal Nyasar di Estonia”

  1.  

    Untung bukan pesawatnya yg nyasar.

  2.  

    meriang nato…jng sampe nyasar masuk ke tanah beruang..nanti dikira invasi ditimpuk pake ketapelnya …

  3.  

    yg sabar om pilot

 Leave a Reply