Jul 312017
 

Pekanbaru – TNI AU bersama Royal Thai Air Force (RTAF) menggelar latihan militer gabungan Elang Thainesia XVIII tahun 2017 di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Melalui latihan gabungan ini kita berharap dapat bertukar ilmu pengetahuan serta kemampuan,” ujar Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Age Wiraksono, dilansir Antara, Senin, 31/7/2017.

Latihan gabungan dengan melibatkan 200 prajurit dari RTAF dan 100 prajurit TNI AU ini akan berlangsung mulai hari ini hingga dua pekan mendatang.

Latihan gabungan ini juga melibatkan enam unit jet tempur jenis F16 dan dua Hercules milik RTAF. Sementara itu, TNI AU mengerahkan jet tempur F16 “Fighting Falcon” serta Hawk 100/200 masing-masing dari Skadron Udara 16 dan 12 Lanud Roesmin Nurjadin.

Latihan gabungan bilateral ini merupakan yang ke 18 kalinya dilakukan antara TNI AU dan RTAF. Kali ini, Pekanbaru menjadi tuan rumah latihan gabungan tersebut, setelah pekan lalu latihan yang sama dilakukan bersama Republic of Singapore Air Force.

Lebih jauh, Marsma Age berharap melalui latihan gabungan itu semakin memperkuat hubungan bilateral antar ke dua negara.

“Untuk ke depan harapannya hubungan ‘people to people’ antara kita dengan Thailand semakin dekat. Sehingga komunikasi prajurit kita yang merupakan calon pemimpin masa depan semakin baik. Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sini,” tuturnya.

Latihan gabungan ini nantinya akan dilangsungkan di langit Provinsi Riau dengan sejumlah pola latihan tempur telah disiapkan antar kedua militer.

Group Captain Suppachai Silanil dari RTAF mengucapkan terima kasih atas sambutan dan dukungan yang diberikan oleh TNI AU sehingga diharapkan latihan gabungan berjalan dengan baik.

“Selain mempererat persahabatan diantara kita, selama berlatih kita juga dapat bertukar pengetahuan, pengalaman, taktik, bahkan juga budaya. Saya percaya hal tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” kata Suppachai.

Bagikan:

  8 Responses to “Pilot F-16 TNI AU – RTAF, Tukar Ilmu & Kemampuan”

  1.  

    Juga harus menjaga persaudaraan,ora oleh cengkre.

  2.  

    Indonesia kalau nggak diusik duluan.. nggk mau ngusik gan..NKRI selalu jga persaudaraan tpi jiran2 selalu usik..

  3.  

    Cobain gripennya thailand lah harusnya

  4.  

    Tes

  5.  

    indonesia sifatnya mirif lebah klo ga di ganggu ga bakal ganggu .tp klo di ganggu sampai lari kemana pun kau di kejar

  6.  

    gambar yang di ekor pesawat rtaf rame banget kayw bis akap……

  7.  

    f-16 racing

 Leave a Reply