Jul 142017
 

Jet tempur latih subsonik Aero L-159 Ceko dan helikopter Sikorsky CH-53 Sea Stallion. © Caslav Tactical AFB

Para personil dari Caslav Tactical Air Force Base pada hari Senin telah kembali dari Kursus Instruktur Taktis Helikopter (HTIC) selama 2 minggu yang diselenggarakan di Arvidsjaur, Swedia, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Tujuan kursus tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan taktis para pilot dalam pertarungan udara-ke-udara antara pesawat terbang dan helikopter.

“Kami memiliki kesempatan unik untuk berlatih di lingkungan Nordik tertentu dengan berbagai jenis helikopter dan pesawat terbang. Dengan bangga kami katakan bahwa profesionalisme serta kemampuan beradaptasi kami sangat dihargai oleh negara-negara anggota NATO dan para mitra”, kata Kapten Pavel Linhart, Komandan Gugus Tugas Ceko.

Gugus Tugas Ceko atau Czech Task Force, yang terdiri dari anggota Skadron Taktis Ke-212 yang mengoperasikan pesawat tempur subsonik Aero L-159 ALCA, telah ikut berpartisipasi dalam HTIC secara teratur sejak tahun 2014 yang lalu.

Peran para pilot Caslav adalah bertindak sebagai penyerang di simulasi pertempuran udara melawan helikopter. Pesawat tempur L-159 ALCA terbang pada ketinggian minimum, yaitu 30 – 100 meter di atas tanah, dan pilot helikopter mendapat keuntungan dari kemampuan manuver serta kemampuan ketangkasan berlatih pada kecepatan rendah saat terbang di atas medan yang tidak rata atau tidak beraturan.

Pesawat tempur, di sisi lain memiliki keuntungan dari radarnya, bisa naik dengan cepat, dan taktik lainnya seperti memanfaatkan sinar matahari untuk menyilaukan pilot helikopter. Ini adalah aktivitas taktis yang berbeda dan perlu di asah serta ditingkatkan selama kursus.

“Jika terjadi ancaman atau peningkatan risiko keamanan, Sistem Pertahanan Udara Nasional Republik Ceko akan diaktifkan dan itu termasuk L-159”, kata Linhart, sambil menjelaskan bahwa para pilot Caslav, bersama dengan staf teknis, telah mentransfer pengalaman dan pengetahuan mereka kepada Angkatan Udara Irak.

Selain mengikutsertakan tiga unit Aero L-159, kursus dan pelatihan tahun ini juga termasuk pesawat Hawk T1 Inggris, heli Bell 212 Austria, heli OH-59 dan UH-60 Blackhawk, dan juga helikopter Sikorsky CH-53 Sea Stallion Jerman serta jet tempur supersonik SAAB Gripen Swedia.

Foto © Caslav Tactical AFB, Ceko

Bagikan:

  2 Responses to “Pilot L-159 Ceko Tingkatkan Kemampuan Taktis Melawan Helikopter”

  1.  

    Aero L-159 ALCA jd kelihatan mungil ktk berdampingan dg helikopter Sikorsky CH-53 Sea Stallion….

  2.  

    Sayang juga padahal Dulu sempat dilirik TNI…

 Leave a Reply