Pilot Rusia yang Rusakkan Su-27P Akhirnya Bebas dari Tuntutan

1
42


Su-27P (foto : Common wikipedia)

Di wilayah Kaliningrad, kasus pidana seorang pilot yang merusakkan pesawat tempur Su-27 saat mendarat akhirnya ditutup.

Penuntutan pidana terhadap pilot tempur yang merusak Su-27 dihentikan, rilis layanan pers Mahkamah Agung Armada Baltik Rusia seperti ditulis oleh Koresponden Kaliningrad.Ru.

Pada 18 Mei 2017, Letnan Senior Sergei Nefyodov menerbangkan pesawat tempur SU-27P dan membuat kesalahan ketika mendarat di lapangan udara Chernyakhovsk.

Saat itu Letnan Sergei Nefedov melakukan penerbangan latih sendirian pertamanya. Pada awalnya semuanya berjalan normal tanpa ada kendala, tetapi ketika mendarat Sergey bingung dan salah menekan tombol.

Bukannya melepaskan parasut rem, pilot menekan tombol memasukkan roda pendaratan.

Akibatnya, dengan kecepatan 250 km per jam, pesawat, Su-27P yang sudah di landasan dengan tiga roda, mulai melipat roda pendaratan dan langsung mencium landasan pacu.

Akibatnya SU-27P mengalami kerusakan pada bagian sensor, hidung depan, fairing, dan mesin. Buntut dari insiden tersebut negara mengalami kerugian lebih dari 2,7 juta rubel.

Pilot itu didakwa melanggar pasal 347 KUHP Federasi Rusia – “Penghancuran atau pengrusakan properti militer karena kelalaian.” Pembela meminta agar menghentikan segala penuntutan terhadap pilot Su-27.

Pihak berwenang pengadilan militer menilai pilot Nefyodov bertobat, memberikan kesaksian yang jujur dan secara sukarela mengganti rugi kerusakan senilai 41 ribu rubel sebagai kompensasi. Sisa kerusakan lainnya juga harus diganti oleh pilot.

KGD.ru / Zandex.ru